Home / Jawa / Berselancar Di Ombak Terbaik Pulau Merah

Berselancar Di Ombak Terbaik Pulau Merah

Nama Banyuwangi memang tak sepopuler kota lain yang ada di Pulau Jawa. Seperti Jogjakarta yang memiliki keindahan alam yang dipadu dengan wisata budaya. Begitu juga Malang yang terkenal memiliki wisata dengan spot unik dan kekinian. Tapi Banyuwangi juga memiliki kelebihan di segi wisata alamnya. Tak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Pulau Merah, Banyuwangi memang punya pesona tersendiri terutama bagi traveler sejati yang ingin berpetualang sambil menikmati wisata alam yang menakjubkan.

Kamu bisa menikmati berbagai macam wisata alam yang menawan mulai dari pantai, gunung, air terjun dan taman nasional yang sudah dikenal hingga manca Negara. Kota berjuluk Sunrise of Java ini memang dikenal dengan keindahan panorama matahari terbit dari puncak Gunung Ijen, tapi bukan hanya sunrisenya saja loh yang mempesona, di Banyuwangi kamu juga bisa menemukan spot sunset yang tak kalah indah.

PESONA PULAU MERAH, BANYUWANGI

Di Banyuwangi ada banyak sekali pantai yang berjajar mulai dari utara hingga selatan, namun dari semua pantai yang ada di Banyuwangi, ada satu pantai yang menjadi destinasi wisata indonesia terbaru dan ngehits dan sudah sangat terkenal keindahannya hingga manca Negara loh. Apalagi jika bukan Pulau Merah atau Red Island memang menjadi salah satu pesona Banyuwangi yang sudah tak bisa diragukan lagi. Tempat ini sudah dikenal keindahannya sejak puluhan tahun lalu dan kini makin populer. Sejak dijadikan sebagai rumah untuk festival berselancar tingkat internasional. Maka janan heran jika pantai ini tak kalah terkenalnya dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata Bali.

Pulau Merah Destinasi pariwisata terpopuler Banyuwangi
Pulau Merah, Destinasi pariwisata Terpopuler Banyuwangi

Pantai ini sendiri kini menjadi salah satu primadona wisata pantai di Banyuwangi dan menjadi wajah dari kota ini. Sehingga banyak yang mengatakan jika liburanmu di Banyuwangi tak akan pernah lengkap jika belum mengunjungi pantai yang satu ini. Pulau Merah atau Red Island ini sendiri berada di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Baca juga : Romantisnya Suasana di Pantai Indrayanti

Bukan tanpa alasan mengapa pantai ini dinamai Pantai Pulau Merah. Hal ini dikarenakan keberadaan sebuah pulau yang akan kamu lihat berada tak jauh dari bibir pantai. Pulau setinggi 200 meter ini memang tersusun dari tanah yang berwarna merah, terutama jika senja tiba atau ketika musim kemarau. Kamu akan melihat bukit ini berwarna merah. Bukit ini sendiri bisa kamu kunjungi saat air sedang surut. Namun ketika air pasang, bukit ini akan terpisah dengan pantai dan akan membuat bukit ini seolah terapung dan terpisah. Makanya pantai ini disebut dengan pantai Pulau Merah atau yang populer sekarang adalah Red Island.

Selain itu nama Pulau Merah juga diberikan karena tanah di sekitar pantai ini benar-benar berwarna merah. Pemandangan di sekitar akan didominasi oleh warna merah yang berasal dari pepohonan yang mengering. Sehingga waktu yang paling indah untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat musim kemarau tiba.

SUNSET DI PULAU MERAH

Selain itu waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah pada waktu sore hari, karena kamu bisa menyaksikan keindahan sunset yang luar biasa. Selain itu kamu juga bisa bersantai sambil menikmati debur ombak. Dengan garis pantai sepanjang 3 kilometer dan menghadap langsung ke Samudera Hindia, membuat pasir pantai ini memiliki warna yang putih bersih. Tetapi terkadang juga terlihat sedikit pink atau kemerahan.

Pesona Sunset Pulau Merah Banyuwangi
Pesona Sunset Pulau Merah Banyuwangi

Tak jauh dari pantai ini kamu bisa menemukan pura yang sering digunakan oleh umat Hindu untuk melakukan Upacara Keagamaan Mekiyis.

Lokasi Pantai Pulau Merah

Berlokasi di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Untuk sampai di Pantai Pulau Merah kamu harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Karena lokasi pantai ini berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Sekitar 59 kilometer dari Bandara Blimbingsari. Kamu bisa menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam. Kamu harus berkendara ke arah Srono dan diteruskan menuju Kesilir untuk sampai di Pantai Pulau merah.

Akses jalannya sendiri sudah bagus dan melalui jalanan beraspal.Namun jalan yang berkelok-kelok membuat perjalanan sedikit membingungkan, dengan papan penunjuk jalan yang cukup lengkap kamu akan bisa sampai di Pulau Merah dengan mudah.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai di Pantai Pulau Merah, namun jika ingin perjalanan yang lebih mengasyikan ala petualang, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum dengan naik bus jurusan Pesanggaran dari terminal kota Banyuwangi dan turun di Terminal Pesanggaran. Baru setelah itu kamu bisa menaiki ojek karena lokasi pantai dari Terminal tak terlalu jauh. Sementara untuk kamu yang naik bus dari arah Jember, kamu bisa turun di Terminal Jajag dan berganti bus yang mengarah ke Pesanggaran dengan melewati rute yang sama.

Fasilitas Pantai Pulau Merah

Sebagai salah satu destinasi wisata mancanegara, pantai ini tentu saja sudah menyiapkan berbagai macam fasilitas yang memadai bagi pengunjung seperti WC dan kamar mandi, kursi santai, kantin dan tempat penyewaan papan selancar. Di sini kamu bahkan bisa belajar bermain selancar, namun bagi pemula wajib didampingi peselancar yang sudah ahli ya, mengingat ombak di pantai ini yang mencapai sekitar 4 meter. Untuk yang ingin berlama-lama, di sini juga ada camping ground yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda dan berkemah, kamu juga bisa menginap di Homestay Rp. 100.000,00 untuk permalamnya. Namun jika ingin lebih hemat kamu bisa menginap di rumah warga yang disewakan dengan harga yang terjangkau. Jadi tidak perlu takut kantong jebol ya.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Merah

Harga tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau kok, tak perlu merogoh kocek terlalu dalam ya, cukup hanya dengan Rp. 8000,00 per orang saja kamu bisa menikmati pantai ini hingga puas. Sementara bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 2000,00 untuk motor dan Rp. 5000,00 untuk mobil. Tergolong murah ya, untuk wisata yang sudah bertaraf internasional seperti Pulau Merah ini.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Pulau Merah

Bersantai Di Pinggir Pantai

Ketika mengunjungi pantai, kegiatan pertama yang kamu lakukan tentu menikmati semilir angin pantai dan indahnya pasir putih yang terhampar sepanjang 3 kilometer. Di sini kamu bisa bermalas-malasan dengan duduk di atas pasir putih atau juga bisa menyewa kursi pantai lengkap dengan payungnya yang bisa disewa dengan harga Rp. 25.000,00 perjamnya. Bisa tiduran sambil menghadap Samudera Hindia ya.

Hamparan pasir Pulau Merah
Hamparan Pasir Pulau Merah

Berselancar

Tujuan utama wisatawan datang ke pantai ini tak semata-mata untuk bersantai dan menikmati keindahan alamnya saja ya, namun juga untuk menikmati ombak bertaraf internasional yang telah dikenal di kalangan peselancar ternama dunia. Maka tak heran ya, jika Pantai Pulau Merah menjadi destinasi para peselancar dari seluruh dunia. Pernah menjadi tuan rumah kompetisi selancar Internasional, pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi yakni sekitar 2 hingga 4 meter, sehingga masih cukup ramah bagi pemula yang ingin belajar berselancar di sini. Dengan menyewa papan selancar dengan harga sebesar Rp. 50.000,00 kamu juga bisa meminta diajari oleh warga lokal yang telah mahir bermain selancar.

Selancar di Pulau Merah Banyuwangi
Selancar di Pulau Merah Banyuwangi

Snorkeling

Buat kamu yang tak ingin susah-susah belajar berselancar, kamu masih bisa menikmati pantai ini dengan mengagumi keindahan alam bawah lautnya. Meski tak seindah alam bawah laut yang ada di Bali, namun keindahan alam bawah laut Pulau Merah bisa kamu coba dengan menyewa alat snorkeling yang tak terlalu mahal maka kamu juga bisa menikmati pantai ini dengan cara kamu sendiri. 

SPOT SNORKELING YANG MENAWAN DI INDONESIA

Hiking

Jika kamu malas berbasah-basaha, kamu masih bisa menikmati pantai ini dengan cara yang tak biasa yakni dengan berjalan dan berkeliling meniki bukit. Tapi untuk bisa mencapai bukit ini kamu harus menunggu waktu yang tepat nih, karena jalan menuju bukit ini sendiri hanya tersedia saat air laut surut yakni hanya terjadi pada sore hari mulai pukul 3 sore. Di saat air surut ini lah, jalan berpasir menuju pulau ini akan terbuka dan kamu bisa melewatinya untuk sampai di bukit. Dari atas bukit kamu akan dapat melihat pemandangan pantai Pulau Merah dan Pantai Wedi Ireng yang jaraknya tak jauh dari lokasi Pantai Pulau Merah ini. selain itu, di sini kamu juga bisa melihat biota laut yang tertinggal saat air surut. Usahakan untuk tetap menggunakan alas kaki ya, karena ada banyak kerang yang bisa melukai telapak kakimu saat terinjak.

Mengunjungi Pura

Seperti yang sudah dikatakan di awal bahwa di pantai ini terdapat Pura yang biasa digunakan untuk beribadah oleh warga lokal yang menganut agama Hindu. Untuk kamu yang ingin menikmati wisata alam sekaligus budaya, kamu juga bisa mengunjungi pura yang diberi nama Pura Tawang Alun yang telah dibangun sejak 1980an. Karena tempat ini merupakan tempat ibadah, saat ingin mengunjuninya sebaiknya kamu mematuhi aturan yang ada dan menjaga sopan santun ya.

Wisata Supranatural Tempat para Raja di Yogyakarta

Selain Pantai plengkung ternyata Pantai Pulau Merah ini merupakan destinasi para peselancar saat berada di Kabupaten Banyuwangi.  Pantai Pulau Merah ini bahkan pernah dijadikan tuan rumah kompetisi selancar internasional. Meskipun ombaknya tidak setinggi pulau Plengkung yang dapat mencapai 6 meter, ombak yang rata-rata setinggi 2-4 meter di Pantai ini dapat menjadi solusi bagi para wisatawan yang baru mencoba atau ingin belajar surfing karena ombaknya lebih bersahabat. Bagi Anda yang tidak memiliki papan selancar sendiri, jangan khawatir karena banyak masyarakat sekitar yang membuka jasa penyewaan selancar dengan harga sekitar Rp. 50.000.

Wisata Kuliner

Puas jalan-jalan perut jadi lapar ya. Mengunjungi daerah asing tak akan lenglap jika tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Maka dari itu luangkan waktu untuk melakukan perjalanan kuliner di area yang tak jauh dari Pantai Pulau Merah. Di sekitara pantai ini kamu bisa dengan mudah menemukan aneka makanan khas Banyuwangi yang dijajakan. Mulai dari soto, rujak, bakso, rawon dan masih banyak yang lainnya. Yang paling penting harganya yang murah bikin kantong tetap aman ya.

Camping

Fasilitas camping ground yang disediakan di lokasi pantai ini bisa kamu manfaatkan untuk mendirikan tenda di dekat pantai. Tiduran sambil menikmati malam di bawah bintang dan deburan ombang sungguh tak ada tandingannya ya. Buat kamu yang ingin lebih dekat dengan alam, kamu bisa menginap semalam atau dua malam di pantai ini sambil mendirikan tenda. Destinasi Pariwisata Terpopuler Banyuwangi lainnya : Wisata Jawatan, Banyuwangi Yang Mirip Dengan Dunia Alice In Wonderland

Pulau merah atau Red Island, Banyuwangi
Pulau merah atau Red Island, Banyuwangi

Keindahan Pantai Pulau Merah memang tak ada tandingannya, sehingga tak heran ya jika pantai ini menjadi salah satu primadona di Banyuwangi yang selalu ramai dikunjungi, dengan fasilitas lengkap yang sangat memadai ditambah dengan akses jalan menuju tempat ini yang cukup mudah membuat Pantai Merah semakin dikenal tak hanya oleh wisatawan Indonesia namun juga wisatawan mancanegara.

Salah satu hak yang menyenangkan dari pantai ini adalah, lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Wedi Ireng yang keindahannya tak kalah dari Pantai Pulau Merah, bahkan sering disebut sebagai Puketnya Banyuwangi.  Jadi dari Pantai Pulau Merah ini, bisa dong merapat sedikit di Pantai Wedi Ireng.

Facebook Comments

Check Also

Alas Purwo Cerita Mistis

Wisata Banyuwangi Yang Dikenal Memiliki Cerita Mistis

Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi pariwisata terpopuler baik bernuansa alam yang masih terbilang alami maupun …

error: Content is protected !!