Breaking News
Home / Kalimantan / Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Terlengkap!

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Terlengkap!

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Terlengkap. Kotabaru memiliki beragam objek wisata yang melimpah, namun ada beberapa yang memang menjadi tempat yang unggul. Hal ini juga telah di akui oleh wakil Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pada tahun ini terdiri dari lima tempat unggulan dalam naungan program pemkab Kotabaru. Kelima wisata yang dimaksud terdiri dari empat wisata bahari sedangkan satunya lagi adalah wisata alam kehutanan.

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru – 4 Wisata Bahari, 1 Wisata Alam

Empat wisata bahari terdiri dari Taman siring pulau laut tepat berada di depan kantor pemkab setempat, Pantai Sarang Tiung, Teluk Tamiang dan Pulau Sambar Gelap. Sedangkan satu keunggulan lagi pada wisata alam kehutanan yaitu Taman Hutan Meranti Putih. Satu keunggulan yang terakhir adalah yang teristimewa. Mengapa tidak? hal ini adalah yang satu-satunya ada di seluruh dunia. Janji di kemukakan oleh Wakil Bupati Kota Baru bahwa Taman Siring Laut yang ada akan dirubah menjadi daya tarik pengunjung lebih indah dari Pantai Losari Makassar. Baca Juga : Menikmati Sunset Pantai Losari Makasar

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru – Teluk Tamiang

Teluk Tamiang yang memberikan keindahan yang luar biasa. Anda dapat melihat hal ini jika menyukai yang namanya snorkling, karena panorama yang disuguhkan berada dibawah laut. Dengan terumbu karang dan aneka macam hewan laut, ikan dan biota laut yang beragam menambah keseruan semakin nyata. Di jamin Anda tak akan menyesal jika kesini, tempat ini tak kalah indah dengan tempat wisata yang lain seperti pada Bahari Bunaken.

Terdapat penyu hijau pada Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru yang letaknya di Pulau Sambar Gelap Kotabaru. Satwa ini sudah tergolong langka dan harus mendapatkan perlindungan, karena tempat ini menjadi rumah yang aman untuk Penyu hijau ini. Untuk mengisi waktu liburan Anda tak perlu merasa pusing mencari. Ada banyak sekali tempat wisata indah yang harus Anda kunjungi di Pulau Laut Kotabaru ini. Penasaran ingin tahu? Berikut rekomendasi tempat yang bagus untuk Anda kunjungi.

Daftar Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Yang Recommended

Yang Kita Rekomendasikan untuk Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru terdiri dari Siring Laut, Pantai Gedambaan, Teluk Tamiang dan Tanjung Kunyit. Ada juga Gugusan Pulau Sebuku, selain itu Anda bisa menikmati Pesta Laut Pulau Manti. Jika sudah mengunjungi Kotabaru, tentu yang biasanya di cari adalah oleh-oleh untuk orang tersayang yang menanti dirumah. Nanti juga akan ada tempat yang pas bagi Anda untuk berburu oleh-oleh di Pulau Laut Kotabaru.

Destinasi Pariwisata Terpopuler

1. Siring Laut

Lokasi Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru pada Siring Laut berada pada tempat yang strategis, tepatnya di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Kotabaru. Bagi yang berkepentingan harus ke Kantor Pemkab, dapat memanfaatkan waktunya untuk mampir ke tempat ini. Menakjubnya, siring laut merupakan tempat yang dapat menampung berbagai macam kegiatan, seperti pameran, pertunjukan musik dll. Sering juga tempat ini menjadi yang paling idaman bagi warga sekitar untuk bersantai dengan keluarga dengan menikmati keindahannya di sore hari sembari menunggu matahari terbenam. Baca Juga : Pantai Pasir Panjang Singkawang

Fasilitas dan Aktifitas

Jangan repot untuk membawa makanan, misalnya untuk berpiknik, di tempat ini telah tersedia beragam makanan yang dapat Anda beli. Pada malam hari tempat ini malah akan semakin ramai di datangi oleh warga sekitar dan para wisatawan. Pemandangan laut yang disuguhkan pada Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru ini khususnya di siring laut akan semakin membuat Anda terperangah karena saking indahnya. Jangan lupa ya jika Anda mampir untuk mendokumentasikan foto di tempat ini.

  Air Terjun Mananggar Kalimantan Barat, Air Terjun Niagara-nya Indonesia

Siring laut menjadi tempat yang pas bagi Anda yang sangat eksis berfoto. Banyak spot yang indah pada Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru. Hal ini yang semakin mendukung Anda untuk mengambil foto dengan hasil yang bagus tanpa perlu Anda edit lagi. Ada salah satu tempat foto yang menarik dan dapat Anda coba, yaitu pada Pelabuhan Panjang di Kotabaru. Jadi sebelum Anda berkeliling wisata Kotabaru jika malam hari baru sampai di pelabuhan dapat Anda jadikan kesempatan untuk berfoto. Pelabuhan ini dekat dengan Siring laut, Manfaatkan sebaik mungkin keindahan ini dengan adanya kedipan cahaya yang bagus.

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru

2. Pantai Gedambaan

Rekomendasi yang kedua Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru yaitu Pantai Gedambaan. Rekomendasi yang kedua adalah tempat yang akan menjamin Anda lebih betah berlama-lama disini. Pantai Gedambaan memiliki pasir dengan warnanya yang putih dan akan nampak berkilau jika terkena paparan sinar matahari. tempat ini akan membuat para pengunjung lebih terkesan secara batin juga, karena menyuguhkan keindahan alam yang pasti akan menghipnotis para pengunjung.

Fasilitas dan Aktifitas

Pantai Gedambaan juga menjadi salah satu rekomendasi Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru yang tepat bagi Anda yang ingin berlibur dengan keindahan pantai. Fasilitas di tempat ini juga tergolong lengkap mulai dari Rumah makan (warung) disepanjang pantai, cottage, tempat parkir, mushallah dll. Jika Anda membawa si buah hati dan khawatir apabila mandi di pantai akan terbawa arus, tenang di tempat ini ada solusinya. Telah tersedia kolam renang air tawar, playground, dan ada juga camping ground sebagai tempat yang asyik untuk bermain bagi anak-anak.

Tak heran bukan jika Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru ramai pada hari-hari biasa, jadi jangan tanya lagi ya bagaimana ramainya jika pada hari libur. Selain indah tempat ini juga merupakan tempat untuk mencari nafkah bagi beberapa penduduk sekitar. Dengan demikian tentu ada lumayan banyak kapal hilir yang membuat pantai semakin menarik. Dengan deretan perlengkapan penangkap ikan, hingga dibuatlah serupa dengan bangunan rumah di atas permukaan laut.

Harga Tiket Masuk

Uang yang harus Anda keluarkan juga tak akan menguras kantong, cukup dengan Rp.2.500/orang untuk karcis masuk pantai. Jika kemungkinan Anda ingin berenang di dalam kolam air tawar yang telah disediakan maka biayanya hanya Rp. 5000 sampai Rp. 10.000 per orang.  Dengan harganya yang sudah sangat murah Anda dapat menikmati keindahan yang luar biasa. Dengan dangkalnya air yang jernih dan membentuk seperti kolam membuat tempat ini seringkali dijadikan sebagai tempat berendam yang sangat pas.

3. Teluk Tamiang dan Tanjung Kunyit

Tempat Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru yang satu ini patut untuk Kita jadikan panutan. Dengan kesederhanaan yang tergambar pada tempat ini, walau terpisah dengan daratan kotabaru tetap menjadi kearifan lokal yang khas. Untuk menempuh pulau ini Anda terlebih dahulu harus menaiki sampan/kapal agar sampai ke desa Tanjung Kunyit. Teluk Tamiang dan Tanjung Kunyit adalah sebutan nama pulau ini, yang menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Tanjung Kunyit merupakan salah satu nama Desa yang berada di wilayah Kecamatan Pulau Laut Kotabaru. Desa ini dikelilingi oleh teluk dan laut lepas. Nah tempat yang seperti ini yang sering dijadikan sebagai objek wisata bawah laut seperti snorkling dan driving. Tak salah perkiraan, tempat ini indah pada alam bawah lautnya dan terumbu karang yang begitu menarik serta beragam ikan hias menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung. Jangan khawatir jika kemungkinan Anda tidak bisa berenang. Pada tempat ini terdapat pemandu yang sudah ahli untuk menemani Anda dengan segala peralatan lengkap yang telah disediakan. Sehingga keselamatan Anda akan semakin terjamin. Baca Juga : Spot Snorkeling Pulau Pahawang

Kehidupan di Sekitar Teluk dan Tanjung

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru yang satu ini memiliki Suku yang khas yaitu Mandar dan Bugis. Tempat sebagian warga di Desa ini untuk mencari nafkah dan memilih menjadi nelayan, ada juga sebagian yang berkebun di lereng bukit. Ironisnya tempat ini terbatas untuk hal pendidikan yang memadai, bayangkan saja jika anak yang bersekolah hanya sampai di Sekolah Dasar (SD). Artinya masih belum ada pendidikan SMP dan jenjang yang lebih tinggi lagi. Namun ada juga para orang tua yang membuat salut dan masih gigih akan pendidikan anaknya.

  Wisata Alam Taman Nasional Way Kambas

Untuk melanjutkan sekolah ada yang terpaksa harus menempuh ke desa Teluk Tamiang dengan menggunakan sampan. Kebayang gak jika gelombang lagi tidak bersahabat? Mereka harus memastikan untuk membawa baju ganti serta sepatu , tas dan peralatan yang lain harus mereka bungkus dalam kresek, jika tidak maka akan kebanjiran dan basah kuyup. Sedih bukan jika harus melihat perjuangan Mereka untuk menimba ilmu. Padahal tempat ini kaya akan alamnya dan ternyata kekurangan dalam hal yang seperti ini.

Aktifitas

Pastikan pada Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Pantai Tanjung Kunyit jika Anda bersnorkling untuk menggunakan peralatan secara lengkap. Ada objek wisata snorkling di tempat ini dengan air yang dangkal dan kemungkinan akan melukai kaki Anda jika terkena terumbu karang, jadi hati-hati ya. Tak hanya alam bawah lautnya saja yang indah, ada beberapa pulau disekitarnya yang menggoda para pengunjung untuk pergi kesana. Sesuai dengan namanya pulau sembilan dan ternyata benar terdapat sembilan pulau disini.

Dari secitanya rumah diatas bukit pada Tanjung Kunyit ini adalah peninggalan Belanda, yang katanya alat dan bahan untuk membangun  diangkut menggunakan helikopter. Dapat Anda bayangkan jika rumah yang berada di atas bukit dan di kelilingi oleh lautan. Ada juga penjaga yang secara bergantian 2 sampai 3 orang, Meraka semua juga sangat ramah kepada para pengujung. Menarik bukan? Segera deh kalian mampir ke tempat ini.

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru

4. Gugusan Pulau Sebuku

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Pulau Sebuku terletak di wilayah Teluk Lampung. Kemungkinan hanya sekitar 2,5 Km dari Pulau Sebesi, jika dari Pulau Sumatera kemungkinan hanya berjarak 2,3 Km. Pulau ini merupakan pulau yang terbesar dibandingkan pulau lain di Selat Sunda dengan Luas sekitar 17,7 Km2. Namun pulau ini tergolong pulau terpencil dan tidak berpenghuni.

Akses

Untuk sampai ke tempat ini Anda harus menyeberang menggunakan kapal motor dari dermaga Canti dengan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Jika cuaca sedang bersahabat maka akan semakin cepat waktu untuk Anda tempuh. Waktu buka untuk penyembrangan biasanya dimulai pada pukul 13.00, wah saat-saat matahari sedang eksotis nih. Ongkos transpor yang harus Anda bayar hanya dengan Rp. 25.000 – Rp 50.000/orang, tergantung banyaknya muatan, jenis dan kualitas kapal yang Anda tumpangi.

Aktifitas

Di sepanjang perjalanan menyeberang pada Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Anda dapat menikmati keindahan laut dan pemandangan gunung Krakatau. Mengingat pulau ini tidak berpenghuni sehingga keaslian dari pulau ini masih terbilang sangat alami. Pulau sebuku juga termasuk tempat wisata snorkling yang menjamin keindahan bawah lautnya. Namun jika bersnorkling di tempat ini Anda harus waspada terhadap bulu babi yang kemungkinan dapat terinjak. Durinya tajam ya kawan, sehingga Anda harus berhati-hati, jangan hanya fokus pada keindahan yang Anda lihat saja.

  Destinasi Wisata Muara Enim Yang Wow Banget

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru

5. Pesta Laut Pulau Manti

Pesta Laut Pulau Manti merupakan selamatan laut. Selamatan ini sudah menjadi budaya dan tradisi yang dilakukan sebagai wujud rasa syukur dari para penduduk kepada sang pencipta. Rasa syukur ini dilakukan sebagai balasan yang telah sang pencipta berikan kepada para nelayan dari hasil melaut yang melimpah. Sama halnya pada Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru di Pulau Sebuku tepatnya pada 07 April 2018 lalu.

Pulau Manti yang tepat berada di Sungai Bali juga mengadakan pesta laut dalam rangka mensyukuri atas melimpahnya rezeki yang diberikan oleh sang pencipta. Dengan harapan agar hasil tangkap nelayan menjadi semakin meningkat dari sebelumnya. Even ini dihadiri oleh Bupati Sayed Jafar dan isterinya, serta para Kepala dan camat, kepala desa, para tokoh hingga warga Pulau Manti dan sekitarnya. Kegiatan tahunan ini didukung oleh semua pihak untuk terus dilakukan secara meriah, demi mewujutkan Kotabaru menjadi objek wisata yang semakin luar biasa.

Berburu oleh-oleh di Pulau Laut Kotabaru

Setelah puas menikmati Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru jangan lupa ya untuk membawa oleh-oleh. Ingat! Orang-orang kesayangan yang dirumah pasti akan berharap dan menunggu oleh-oleh yang Anda bawa. Emang sih Mereka tidak akan mengatakan secara langsung, paling-paling yang di ucapin keselamatan Anda yang utama, tapi jadilah orang yang lebih Peka sedikit ya. Ada banyak sekali ragam khas Kotabaru yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk Anda bawa pulang. Kebayangkan jika jauh-jauh pergi ke tempat ini dan gak bawa apa-apa, rugi loh!

Sagon Bakar

Pada tepi pantai Anda akan melihat pohon kelapa, nah kelapa inilah yang kemudian di olah secara unik dengan rasa yang unik juga. Kelapa ini akan diolah dengan bahan daging kelapa yang biasa disebut dengan Sagon Bakar. Secara Kotabaru kaya dengan hasil lautnya jadi yang menjadi oleh-oleh khas wilayah ini adalah hasil laut berupa Rumput Laut Kering, kerupuk ikan dan udang, amplang ikan dan iwak kering. Untuk lebih renyah sebelum digoreng sebaiknya Anda jemur. Cumi kering juga merupakan khas oleh-oleh Kotabaru, dijamin soal kualitas rasanya ya, bakal enak dan membuat ketagihan.

Kepiting

Kepiting juga salah satu oleh-oleh dari Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru. Anda dapat membawa kepiting dalam keadaan hidup, untuk mencari yang segar jangan terpengaruh dari warna kepitingnya. Tips untuk mengetahui segar atau tidaknya kepiting adalah dengan melihat berat pada setiap kepiting. Tahu tidak? Jika kepiting yang stres dagingnya ternyata akan ikut semakin menyusut walau tetap hidup. Untuk melihat kualitasnya sebaiknya Anda langsung bertanya pada para pedagang, karena para pedagang yang biasanya akan menjelaskan lebih mendetail.

Soal kepiting disini ada yang dijual dengan cangkak yang sudah lunak. Jadi Anda tidak perlu ribet lagi untuk mengupas cangkang kepiting yang biasanya keras. Kepiting bakau dengan cangkang lunak dapat Anda peroleh disini. Selain khas makanan ada juga kerajinan tangan yang dapat Anda beli sebagai oleh-oleh dari Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru. Olahan ini terbuat dari terumbu karang dan kerang yang biasanya dibuat dengan bentuk asbak, jam dinding dll.

Check Also

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Ngehits

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat tersedia berbagai macam. Kamu bisa berkunjung bareng teman, pacar, atau keluarga selama liburan.

10 Wisata Alam Jogja yang Selain Keindahan Pemandangannya Kebangetan Juga Nawarin Berbagai Kegiatan Seru

Wisata alam Jogja layak buat diexplore karena masih banyak yang belum diketahui publik. Rugi kalo ada tempat yang epic, tapi nggak dijamah.

error: Content is protected !!