Destinasi wisata alam di Bandung – Bandung, nggak cuman wisata instagrammable-nya yang nge-hits dimana-mana, bahkan destinasi wisata alam di Bandung masih jadi primadona. Apalagi, Bandung juga mudah diakses. Sehingga, kota kembang ini selalu jadi pilihan favorit destinasi wisata, baik buat para pelancong dalam negeri atau mancanegara.

Walaupun menjadi salah satu kota populer yang ada di Indonesia, Bandung punya kawasan yang mengusung konsep alam loh. Beberapa sudut kota juga tampak rindang, didukung dengan pemandangan yang segar. Nah, buat kamu yang punya rencana ke Bandung, berikut adalah beberapa destinasi wisata alam di Bandung yang siap bikin mood kamu langsung baik.

Destinasi Wisata Alam di Bandung Sendang Geulis Kahuripan

1. Sendang Geulis Kahuripan

Pengen ngerasain gimana kerennya danau yang ada di tengah pegunungan? Cobain deh, kamu harus berkunjung ke Sendang Geulis Kahuripan. Yap, namanya yang berasal dari bahasa Sunda ini jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah “Mata Air Cantik Sumber Kehidupan”.

Tempat wisata tersebut terletak di Kampung Cilangkop, sebuah kampung yang beruntung yang berada di Desa Ganjarsari. Untuk menuju ke desa tersebut, kamu harus bergerak menuju ke Kecamatan Cikalong Wetan, Bandung Barat. Nah, alasan untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah karena mata airnya yang jernih.

  Tempat Wisata Bekasi Keren, Fasilitas & Harga Tiket Trans Snow World

Bahkan, salah satu daya tarik tempat wisata tersebut adalah mitos. Menurut kepercayaan penduduk di sekitar, mata air di pegunungan ini bisa bikin kulit para wanita cantik dan mulus. Jika kamu punya keinginan yang ingin terkabul, kamu juga bisa kok berendam kesini, gitu sih mitosnya. Menarik nih buat dicoba!

2. Tempat Wisata Stone Garden, Bandung

Stone Garden juga bisa jadi destinasi wisata pilihan buat kamu yang punya kesempatan untuk menapakkan kaki di Bandung. Selain dikenal sebagai Stone Garden, tempat wisata ini punya sebutan lain, yaitu Taman Batu.

Nah, belakangan memang tempat wisata tersebut jadi viral di Instagram. Di tempat ini, kamu bakalan disuguhkan dengan pemandangan hamparan batu. Panoramanya yang sangat artistic ditambah dengan lokasi yang punya spot menarik disebut Gua Pawon.

Buat kamu yang pengen menikmati pemandangan yang nggak ada duanya, sebaiknya langsung menuju ke Girimulya, tepatnya di Desa Gunung Masigit. Desa ini bagian dari Kecamatan Cipatat. Kamu bisa menemukan destinasi pariwisata ini di Bandung Barat. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp. 6.000 Rupiah. Kendati demikian, harga parkir kendaraan juga harus kamu tanggung, yaitu sekitar Rp. 3000 sampai 5.000 Rupiah.

  Tempat Wisata di Bogor yang Terkenal dan Populer yang Harus Dikunjungi

3. Wisata Alam Bandung, Curug Batu Templek

Punya rencana mampir di Lembang atau Ciwidey? Nah, sekalian deh kamu bikin schedule tambahan untuk mampir ke Curug Batu Templek. Curug ini berada di Kecamatan Cimenyan, tepatnya di Kampung Cisanggarung, Kelurahan Cikadut.

Sesampai di lokasi, kamu mungkin beranggapan bahwa destinasi wisata tersebut adalah buatan manusia. Eits, jangan salah! Tempat wisata ini beneran adalah hasil ciptaan Tuhan. Nah, untuk menuju ke lokasi wisata, kamu harus bayar tiket masuk sekitar Rp. 10.000 Rupiah.

4. Tebing Keraton Dago Atas, Destinasi Wisata Alam di Bandung

Pernah denger tentang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda? Nah, kalo kamu punya rencana berkunjung di dekat taman hutan tersebut, kamu juga harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke Tebing Keraton loh.

Pasalnya, tempat wisata ini punya pemandangan yang segar, semuanya tampak hijau. Lokasi tempat wisata ini ada di Kampung Ciharegem Puncak, tepatnya di Desa Ciburial, Bandung Barat. Selain itu, pengunjung juga harus membayar Rp. 11.000 Rupiah untuk bisa masuk dan menikmati panorama alam yang dijamin bikin betah loh.

Destinasi Wisata Alam di Bandung Bukit Jamur

5. Destinasi Wisata Alam di Bandung Unik, Bukit Jamur Rancabolang

Wisata lainnya yang juga nggak jauh-jauh dari Ciwidey adalah Bukit Jamur Rancabolang. Bukit tersebut adalah bagian dari taman Kantor Perkebunan PTPN VIII milik Rancabolang.

  Kebun Raya Bogor: Foto, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Tempat wisata ini jadi viral karena emang konsepnya yang unik dan nggak biasa banget. Gimana enggak, ketika kamu sampai di lokasi wisata, kamu bakalan menemukan ukuran pohon cemara yang kecil. Sedangkan lokasi wisata berada di perbukitan. Itulah kenapa, tempat wisata ini dikenal sebagai bukit jamur.

Nah, untuk kamu yang punya rencana berangkat kesana, kamu bisa menuju ke Desa Sugihmukti. Tempat wisata tersebut ada di Kecamatan Pasirjambu. Untuk bisa menikmati pemandangan alam yang nggak biasa, kamu bisa masuk ke lokasi wisata setelah merogoh kocek Rp. 5.000 Rupiah per pengunjung.

Itulah informasi lengkap tentang destinasi wisata alam yang ada di Bandung. Destinasi wisata alam tersebut cocok buat kamu yang pengen bawa keluarga atau temen kesayangan. Bakalan lebih rame kalau kamu bawa rombongan keluarga atau teman kantor.

Dari semua tempat wisata di atas, mana nih yang menurut kamu pantes jadi jawara? Atau, jangan-jangan kamu punya destinasi favorit lain di Bandung yang tetep bikin kamu nggak bisa berpindah ke lain hati? Jangan sungkan untuk berbagai informasi dengan teman dan keluarga, ya. Semoga liburan kali ini menyenangkan!

By: Zee