Breaking News
Home / Jawa / Destinasi Wisata Kabupaten Batang, Yuk Eksplore Kota Kecil Dengan Sejuta Keindahannya Ini

Destinasi Wisata Kabupaten Batang, Yuk Eksplore Kota Kecil Dengan Sejuta Keindahannya Ini

Destinasi Wisata Kabupaten Batang, Yuk Eksplore Kota Kecil Dengan Sejuta Keindahannya Ini! Kabupaten Batang, pasti sebagian besar traveller sudah mengenal tempat indah ini. Kota kecil dengan sejuta leindahannya ini banyak menyajikan tempat wisata alam yang menarik. Dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten batang terus melakukan beberapa promosi untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di kabupaten ini guna mewujudkan Batang Heaven of Asia.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Kabupaten Batang

Kota batang merupakan daerah yang berasal dari jawa tengah. Kabupaten batang sendiri berbatasan langsung dengan laut jawa bagian utara. Kabupaten batang sebagian besar wilayahnya dipenuhi oleh perbukitan dan pegunungan hijau. Untuk dataran rendah berupa pantai sendiri memiliki wilayah yang tidak begitu luas.

Terdapat banyak sekali destinasi wisata kabupaten batang yang menarik, mulai dari wisata alam, religi, sejarah hingga berbagai budaya yang menarik untuk diketahui lebih dalam. Jika anda berkunjung dan berlibur di kabupaten batang, dijamin anda tidak akan menyesal karena pesona alam yang ditawarkan begitu indah. Apalagi jika anda berkunjung bersama teman, pasangan maupun keluarga tentunya liburan anda akan semakin asyik. Baca Juga : Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah Objek Wisata Religi yang Indah Arsitekturnya

Destinasi Wisata Kabupaten Batang Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Wisata Kabupaten Batang Kebun Teh

1. Agrowisata Pagilaran – Destinasi Wisata Kabupaten Batang Untuk Keluarga

Destinasi  wisata kabupaten batang yang pertama kali ada adalah kebun teh pagilaran yang berlokasi di kawasan bukit dieng utar, di desa keteleng, kecamatan Baldo, kabupaten Batang. Kawasan ini merupakan kawasan kebun teh dengan luas kurang lebih 1,1 hektar yang berada pada ketinggian 1000 mdpl.

Pemandangan di Agrowisata Pagilaran

Dengan berkunjung ketempat wisata alam yang satu ini anda akan disuguhkan dengan hamparan hijau kebun teh yang menyejukkan mata. Sejuknya udara ala pegunungan dieng yang mampu membuat kita nyaman berada disana. Selain itu anda juga menyaksikan proses memanen teh yang banyak dilakukan oleh penduduk lokal yang ada disekitar pegunungan dieng tersebut.

Salah satu destinasi wisata kabupaten batang yaitu Kebun teh pagilaran batang ini sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur dengan suasana tenang dan nyaman. Apalagi jika anda ingin berlibur bersama keluarga, disarankan untuk pergi daerah yang satu ini. Selain disuguhkan pemandangan alam yang menyejukkan, banyak juga tempat penginapan yang viewnya langsung menuju ke hijaunya bebukitan .

Destinasi Wisata Kabupaten Batang Wisata Air

2. Desa Wisata Pandansari – Destinasi Wisata Kabupaten Batang Untuk Arung Jeram

Destinasi wisata kabupaten Batang yang baru saja di promosikan adalah wisata arung jeram yang berlokasi di gunung tugel Pandansari Warungasem Kabupaten Batang. Jika teman teman di area Jawa Tengah maupun diluar jawa tengah tertarik dengan tantangan yang ada di Arung Jeram Pandansari ini berikut saya sajikan harga paket wisata arung jeram pandansari warungasem Kabupaten Batang. Wisata yang stau ini dipatok dengan harga  Rp. 15.000/org sampai Rp. 35.000/org, tergantung paketan yang akan anda ambil.
Berikut jenis paketan, biaya dan fasilitas yang perlu anda ketahui :

  1. Paket A (Rp. 35.000/org) : transport, pelambpung, ban makan.
  2. Paket B (Rp. 20.000/org) : transport, pelampung dan ban.
  3. Paket C (Rp. 15.000/org) : pelampung dan ban saja

Pemandangan di Desa Wisata Pandansari

Di sepanjang jalur tubing, anda akan disuguhkan oleh pemandangan hijau dari persawahan di pinggir sungai dan perbukitan yang ada di daerah sana. Bahkan, ada air terjun setinggi satu meter di jalur tubing sehingga itu akan menambah kesan keseruan bagi anda yang akan bermain arung jeram. Butuh waktu sekitar satu jam untuk mengarungi derasnya arus sungai yang ada di pandansari ini.

  Wisata Banyuwangi Yang Dikenal Memiliki Cerita Mistis

Dengan harga yang telah ditawarkan di atas anda sudah mendapatkan peralatan tubing dan makanan khas pandasari diantaranya ada opak atau keripik yang berbahan dasar singkong. Biasanya makanan ini dinikmati bersama sambal kacang atau sambal rujak pedas manis. Jika anda ingin membawa opak ini sebagai oleh-oleh anda hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5000 per 100 kepingnya saja.

Sejak tahun 2013, para generasi anak muda yang ada di desa wisata pandansari ini telah menyediakan beragam wisata. Selain trip tubing arung jeram, mereka juga menyediakan wisata menangkap ikan, menanam padi, paket wisata outbond, camping dan tracking. Kegiatan-kegiatan tersebut biasanya dibuat paket perkelompok dengan kisaran harga yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp.40.000-Rp.150.000 per orang. Rencananya para pemuda wisata pandansari juga akan membuka permainan baru berupa rafting. Agar destinasi wisata kabupaten batang yang salah satunya adalah wisata pandansari menjadi salah satu aset yang akan banyak menyuguhkan pesonanya.

Destinasi Wisata Kabupaten Batang Desa Plumbon

3. Desa Plumbon

Destinasi wisata Kabupaten Batang selain selain memilik tempat wisata yang cukup banyak dan menarik, ternyata juga memiliki berbagai misteri yang membuat kita penasaran untuk mengungkapnya lebih dalam.

Destinasi Wisata Kabupaten Batang

4. Destinasi Wisata Bersejarah

Karena memang wilayah Kabupaten Batang ini merupakan pusat peradaban umat manusia khususnya di wilayah kota tua atau Jawa tempo dulu. Buktinya masih banyak terdapat barang bukti  peninggalan kerajaan berupa yoni yang berada di desa Plumbon ini. Yoni merupakan salah satu bentuk arca atau lambang yang digunakan oleh masyarakat tempo dulu sebagai bukti adanya pemimpin.

Yoni merupakan bagian dari sebuah bangunan yang disucikan dan biasanya dibuat untuk membuktikan akan adanya kedudukan seorang raja yang ada diwilayah plumbon tersebut. Terdapat beberapa Yoni yang ditemukan diwilayah plumbon kecamatan limping ini. Yoni tersebut kini disimpan oleh pemerintah kabupaten batang karena merupakan benda bersejarah peninggalan majapahit. Dimana tempat tesebut kini menjadi museum yang menajdi salah satu aset destinasi wisata kabupaten batang.

Destinasi Wisata di Batang

5. Wisata Curug Plumbon

Selain wisata sejarah, desa Plumbon juga memiliki wisata alam yang menarik yaitu wisata curug Plumbon. Wisata curug Plumbon ini merupakan salah satu destinasi wisata kabupaten batang yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan wisata yang lainnya. Wisata curug Plumbon ini memiliki pesona alam yang menarik dan banyak menyuguhkan keindahan. Sangat disayangkan jika anda berada di kabupaten batang dan tidak mengunjungi wisata satu ini yang terletak di kecamatan Karang Sambung.

Lokasi Curug Plumbon

Salah satu destinasi wisata kabupaten batang yaitu wisata Curug Plumbon ini terletak di desa Karangsambung, kabupaten batang, jawa tengah. Seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten batang, Jawa Tengah, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Curug Plumbon ini anda bisa mencari dengan mengetik Wisata Curug Plumbon di search google maps saja. Di Google maps sudah pasti terdapat lokasi mengenai salah satu destinasi wisata kabupaten batang ini.

Mengapa Harus Ke Curug Plumbon

Wisata Curug Plumbon yang terletak di kecamatan Karangsambung merupakan tempat wisata yang wajib anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal yang ada di sekitar curug Plumbon kecamatan Karang sambung juga sangat ramah tamah dalam menyambut wisatawan yang datang.

Kota batang juga terkenal akan salah satu destinasi wisata kabupaten batang yaitu Wisata Curug Plumbon di Karangsambung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Curug Plumbon di Karangsambung ini yang sangat menawan dan masih alami ini terletak diantara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung. Curug ini berjarak sekitar 16 Km dari pusat kota kabupaten batang.

  10 Wisata Alam Jogja yang Selain Keindahan Pemandangannya Kebangetan Juga Nawarin Berbagai Kegiatan Seru

Curug Plumbon ini memiliki dua tingkatan dengan total ketinggian sekitar 15 meter. Meski tak terlalu tinggi, Curug ini memiliki formasi air terjun yang indah dan menarik untuk dilihat. Air yang jernih dan segar tersebut mengalir deras diatas tumpukan batu yang tersusun rapi.

Akses ke Curug Plumbon

Untuk mencapai salah satu destinasi wisata kabupaten batang ini anda tidak usah bingung sarana transportasi apa yang akan anda pakai. Anda bisa menaiki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor pribadi. Jalan yang mudah untuk dilewati akan membuat perjalanan anda lebih menyenangkan. Akan tetapi bagi anda yang mebaiki kendaraan umum, anda tidak perlu khawtir. Anda bisa berhenti di kecamatan karangsambung dan lanjut menaiki ojek untuk bisa sampai pada curug Plumbon.

6. Curug Gombong

Kesegaran air terjun bisa jadi obat di tengah panasnya terik matahari disiang hari. Anda tidak perlu khawatir, pasalnya Kabupaten Batang punya curug yang indah nan menyegarkan untuk dinikmati. Salah satu destinasi wisata kebuaten batang itu Ialah Curug Gombong, air terjun atau curug ini berada di Desa Gombong, Kecamatan Pacalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jaraknya 20 menit dari pusat kota kabupaten Batang.

Curung gombong ini memiliki dua air terjun besar, yaitu Curug Lanang (laki-laki) dan Curug Wadon (perempuan). Curug Lanang ini berada tepat diatas Curug Wadon. Wisatawan bisa mengunjungi kedua tempat ini. Tetapi akses ke Curug Wadon ini lebih mudah untuk dikunjungi karena jalan yang ada dilengkapi dengan tangga dan pegangan besi. Curug Gombong ini merupakan ikon wisata Pecalungan yang ada di kabupaten Batang.

Curug Lanang dan Curug Wadon

Dari dana desa yang ada masyarakat curug gombong memprioritaskan terlebih dahulu untuk membangun akses ke Curug Wadon. Disebut Curug Wadon karena disana memang ada batuan yang mirip wanita. Di Curug Wadon anda bisa berendam di dekat bebatuan, tetapi dilarang berenang di bawah air terjun, karena kedalamannya ditaksir lebih dari lima meter sehingga itu akan sangat membahayakan kalian.

Berbeda dengan Curug Wadon, Curug Lanang yang tingginya hanya lima meter, lebih ramah dan aman untuk anda yang ingin  berenang. Anda juga bisa berdiri di bawah guyuran air terjunnya dengan bebas dan santai. Namun, untuk jalan ke Curug Lanang, kondisinya belum diaspal, masih berbentuk tanah dengan bebatuan yang sedikit tajam. Fasilitas yang ada di Curug Gomong ini cukup komplet, mulai dari parkiran, toilet, mushala, dan berbagai jajanan yang disediakan ketika anda lapar. Oleh karena itu anda wajib berlibur ke salah satu destinasi wisata kabupaten batang yang satu ini, dijamin gak akan nyesel.

7. Bukit Sikuping

Dengan dibukanya destinasi wisata kabupaten batang yang baru ini dan berharap bukit Sikuping akan semakin terkenal. Karena setelah mencoba paralayang ternyata panorama alam yang berada di sekitar bukit Sikuping juga begitu mempesona bagi siapa saja yang melihatnya. Hamparan pantai yang memanjang dengan angin sepoi-sepoi dari laut, ada juga perkebunan karet dan randu untuk tempat singgah serta jalan tol Batang-Semarang yang sedang dalam proses pengerjaan. Sehingga anda tidak perlu susah payah lagi untuk menuju lokasi salah satu destinasi wisata kabupaten batang ini.

  Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Di SOLO Surakarta

Fasilitas Yang Tersedia

Selain bukit Sikuping juga bukit Srigunung yang terdapat gardu pandang, dimana wisatawan dapat menikmati indahnya panorama laut jawa dan alas roban dengan view yang indah.  Beragam fasilitas juga disediakan yakni sudah berdiri sport Gardu Pandang yang akan memanjakan para wisatawan lokal maupun interlokal. Letak antara bukit Srigunung dan bukit Sikuping ini berdampingan.

Akses

Akses menuju ke bukit tersebut sangat mudah karena dekat dengan jalur Pantura.  Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) memberi kesempatan bagi masyarakat untuk belajar olahraga paralayang di Bukit Sikuping ini, karena bukit ini merupakan salah satu destinasi wisata kabupaten batang yang memang diciptakan untuk masyarakat.

Penasihat FASI destinasi wisata kabupaten batang yaitu Kapten Inf Sugito juga menerangkan bahwa saat ini Bukit Sikuping sedang tahap dipoles untuk jadi lebih indah. Seperti membuat gazebo, pemadatan jalan, sarana kamar mandi, musholla, dan rest area. Untuk jangka panjangnya akan dibuat jalan permanen ke lokasi bukit sikuping yang nantinya akan  langsung menuju ke Bukit Srigunung. Perjalan tersebut nantinya akan ditempuh dengan mobil offroad atau motor trail yang melibatkan peran masyarakat di dalamnya.

Kejuaraan Paralayang di Bukit Sekuping

Skala terpenting dalam waktu dekat ini yaitu melakukan penyiapan sementara lokasi take off tempat digunakan Kejuaraan Paralayang Bupati Cup kabupaten batang. Karena bukit sekuping  juga ikut menyemarakkan hari jadi kabupaten batang dengan merayakan kejuaraan paralayang dan fun fly. Event tersebut dilaksanakan dengan memperebutkan bupati cup yang berhadiah jutaan rupiah. Event ini terbuka untuk umum, terutama bagi para remaja yang ingin mencoba paralayang.

8. Bukit Srigunung

Bukit srigunung merupakan salah satu destinasi wisata kabupaten batang yang wajib anda kunjungi. Bukit srigunung terletak di kecamatan Banyuputih dan merupakan wisata terbaru yang ada di kecamatan tersebut. Dibukit sri gunung ini anda akan di ajak unutk menikmati terbit dan tenggelamnya matahari dengan pemandangan yang tidak akan pernah bisa anda lupakan.

Wisata bukit srigunung ini hampir sama dengan pesona yang ditawarkan oleh bukit dieng. Hanya saja, jika anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke dieng untuk menikmati sejuknya alam. Cukup pergi ke bukit srigunung saja anda sudah bisa menikmati sejuknya alam. Karena jaraknya juga tidak sejauh jarak ketika menuju bukit dieng.

Cara Menuju Bukit Srigunung

Jika ingin menuju bukit srigunung paling cocok ketika waktu pagi dan sore. Karena kalian akan disuguhkan dengan senja yang menarik. Salah satu destinasi wisata kabupaten batang ini merupakan perimadonya kabupaten banyuputih. Karena memang bukit srigunung ini sangat indah untuk dinikmati. Fasilitas yang tersedi juga lengkap seperti sport foto, gardu padang, warung makan, parkiran yang luas dengan banyak gazebo untuk wisatawan yang ingin beristirahat sambil menikmati panorama bukit srigunung.

Dengan harga tiket Rp.5000 per orang anda sudah bisa menikmati indahnya panorama alam yang ada di bukit srigunung ini. Tiket ini sudah termasuk parker mobil atau sepeda anda. Murah bukan ? Jadi ayo bagi kalian ingin berlibur disarankan untuk berlibur ke bukit srigunung ini. Selain tiket yang murah, keindahan yang ditawarkan juga sangat menarik.

Check Also

Curup maung pagaralam

Curup Maung, Pesona Lahat Nan Eksotis

Curup Maung mungkin belum populer bahkan baru pertama kali anda dengar namanya. Namun curup yang …

Arung Jeram Sungai Selabung

Pacu Adrenalin Di Wisata Arung Jeram Sumatera Selatan

Banyaknya wisata arung jeram sumatera selatan adalah suatu hal nyang harus dilakukan ketika sedang liburan …

error: Content is protected !!