Breaking News
Home / Sumatera / Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Ngehits

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Ngehits

Destinasi wisata Kabupaten Lahat memang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata di wilayah Sumatera Selatan. Kabupaten lahat ada di kota Palembang, Sumatera Selatan. Jaraknya sekitar 220 km dari kota Palembang.

Kabupaten Lahat ini tidak hanya berisikan pemukiman biasa. Disana ada banyak tempat wisata yang menarik baik wisata alam maupun buatan. Tempat wisata terkenal di Kabupaten Lahat salah satunya yakni wisata alam air terjun.

Di Lahat, banyak sekali air terjun yang dijadikan destinasi wisata. Setidaknya ada 76 air terjun yang berada di kabupaten Lahat. Maklum saja memang, Kabupaten Lahat dikelilingi oleh bukit barisan serta pegunungan sehingga banyak wisata alam disana termasuk air terjun. Hampir di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat memiliki wisata air terjun.

Deskripsi Tentang Kabupaten Lahat

Kabupaten Lahat yang ada di Sumatera Selatan ini bisa dituju dengan akses udara maupun darat. Wisatawan bisa ke Kabupaten Lahat melalui jalur darat dengan terlebih dahulu menuju ke Palembang. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kereta api, bus, atau menggunakan travel. Sedangkan jika melalui perjalanan udara bisa dilakukan dengan menggunakan pesawat dengan tujuan Bandar Udara Pagar Alam. Bandar Udara ini jaraknya kurang lebih 62 km jauhnya dari Kabupaten Lahat. Baca Juga : YUK!!! Wisata Lebaran 2019 di Pagaralam dan Lahat

Kabupaten Lahat bukanlah sebuah wilayah yang masih terbelakang. Disana sudah banyak dijumpai penginapan maupun hotel berbintang. Sehingga wisatawan tidak perlu bingung ingin menginap dimana. Jika ingin menuju destinasi wisata Kabupaten Lahat juga tidak sulit karena sudah banyak transportasi yang bisa digunakan.

Kabupaten Lahat memang bukan destinasi wisata yang tenar seperti kebanyakan destinasi wisata daerah lainnya. Namun objek wisata di Kabupaten Lahat tidak bisa diabaikan keindahannya. Bagi para wisatawan tidak akan rugi berwisata alam ke Kabupaten Lahat. Berikut ini adalah berbagai jenis objek wisata yang ada di Kabupaten Lahat.

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat

1. Air Terjun Kunduran

Di Kabupaten Lahat memang memiliki banyak sekali air terjun. Tak hanya puluhan bahkan mencapai ratusan. Banyaknya air terjun ini bisa dijumpai di lokasi yang berdekatan seperti halnya air terjun Kunduran dan air terjun Panjang. Air terjun atau yang biasa disebut oleh mayarakat setempat sebagai curup ini memang lokasinya tidak jauh satu sama lainnya. Diantara ratusan air terjun juga masih banyak yang masih perawan alias masih belum terjaman oleh manusia.

Air terjun atau curup Kunduran ini sendiri merupakan salah satu air terjun yang masih asri. Air terjunnya banyak di kelilingi oleh pepohonan hijau yang masih lebat. Sehingga bagi wisatawan yang ingin kesini tidak akan rugi. Selain bisa bermain air, wisatawan juga akan dimanjakan dengan hawanya yang sejuk serta udaranya yang masih bersih. Namun ada kalanya Curup Kunduran ini cukup deras aliran airnya sehingga tidak memungkinkan untuk mandi di dekat air terjun.

2. Air Terjun Lawang Agung – Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Masih Asri

Air terjun Lawang Agung adalah salah satu air terjun di Lahat yang mudah dikunjungi. Wisata ini mudah dikunjungi karena lokasinya yang cukup terjangkau. Berbeda dengan air terjun lainnya yang berada di dalam hutan dan jauh dari jalan utama, air terjun Lawang Agung ini jusru berada dekat dengan jalan utama. Bisa diperkirakan jaraknya dari jalan utama sekitar 500 meter. Sedangkan untuk menuju air terjun ini jika dari kota bisa mengendarai kendaraan pribadi. Butuh waktu 2 jam lebih untuk kesana.

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat Wisata Alam Air Terjun

Sesampainya di lokasi, pengunjung harus berjalan kaki menuju air terjunnya. Memang jaraknya dari pusat kota cukup jauh. Namun wajar mengingat ini adalah wisata alam, sehingga terletak jauh dari pusat kota. Mengunjungi air terjun Lawang Agung ini tidak akan rugi karena suasananya sangat asri dan pengunjung bisa bermain air disana sepuasnya.

  Tersembunyi, Air Terjun Di Banyuwangi Ini Wajib Dikunjungi

3. Air Terjun Tangga Tujuh Tingkat

Destinasi wisata Kabupaten lahat yang lainnya yakni air terjun Tangga Tujuh Tingkat. Air terjun ini juga dinamai dengan Curup Buluh. Hal ini dikarenakan banyaknya bambu yang mengelilingi wisata ini. Curup Buluh juga disebut sebagai air terjun Tangga Tujuh Tingkat karena memang banyaknya undakan yang serupa dengan tujuh tingkat.

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat Air Terjun

Undakan ini sejatinya ada secara alami karena batu-batuan besar yang berjejer di tempat air jatuh. Batu-batuan inilah yang menyebabkan undakan pada air terjun. Dengan adanya batu-batuan besar bisa digunakan oleh para wisatawan untuk bertengger di bawahnya sambil merasakan nikmatnya diguyur air terjun yang masih sejuk karena langsung dari alamnya.

Pengunjung bisa sepuasnya mandi disini tanpa perlu takut terseret air. Dibandingkan air terjun lainnya, air terjun ini masih lebih pelan kecepatan airnya karena terhalang bebatuan sehingga menyebar ke berbagai arah.

4. Air Terjun Ujan Panas – Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Jarang Orang Tahu

Air terjun Ujan Panas atau disebut juga Hujan Panas adalah salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Lahat. Air terjun ini termasuk air terjun yang masih perawan di Kabupaten Lahat yang mana artinya masih belum terjamah. Baca Juga : Destinasi Wisata Muara Enim Yang Wow Banget

Air Terjun Ujan Panas - Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Jarang Orang Tahu

Lokasinya cukup kedalam yang mana wisatawan yang ingin mengunjunginya harus melewati jalannya dengan berjalan kaki. Di air terjun Ujan Panas ini tidaklah setinggi air terjun lainnya. Namun terdapat aliran sungai yang bisa digunakan para wisatawan untuk mandi disana. Airnya juga tidak terlalu deras sehingga masih aman.

Pada musim kemarau debit air yang turun akan sedikit sehingga bisa digunakan untuk bermain air. Namun saat musim penghujan air yang turun akan lebih deras sehingga pengunjung wajib berhati-hati. Belum banyak yang mengunjungi air terjun ini karena memang Lahat memiliki banyak sekali air terjun sehingga belum semuanya dijadikan objek wisata.

5. Bukit Besak – Destinasi Wisata Kabupaten Lahat Untuk Berkemah

Bukit Besak juga disebut dengan Bukit Besar. Bukit ini adalah salah satu bukit yang ada di Kabupaten Lahat tepatnya di desa Perangai, Kec. Merapi. Bukit Besak adalah sebuah bukit yang mana tingginya 1700 mdpl. Bukit ini ada di pinggiran kota. Keunikan bukit ini diantaranya yakni bisa merasakan sebuah negeri diatas awan atau melihat kemerlap kota pada malam hari.

Bukit Besak - Destinasi Wisata Kabupaten Lahat Untuk Berkemah

Mengunjungi Bukit Besak ini sangat cocok sambil berkemah. Saat suasana berkabut bisa menikmati serasa berada di negeri atas awan. Namun jika hujan tidak akan bisa menikmatinya karena negeri diatas awan yang dimaksudkan adalah kabut tebal yang menutupi pandangan. Jika cuaca bagus maka bisa muncul. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati waktu malam dengan melihat keseluruhan kota. Semua bangunan akan Nampak kecil dan banyak gemerlap kota. Sehingga jika dari atas terlihat seperti bintang-bintang berjatuhan, sangat cantik. Bukit Besak ini bisa dijadikan ajang mendaki kecil-kecilan bersama teman-teman.

6. Bukit Serelo

Bukit Serelo ini adalah bukit yang bisa dilihat saat mendaki ke puncak Besak. Bukitnya terlihat jelas di depan mata. Bukit Serelo sendiri merupakan salah satu bukit di Kabupaten Lahat yang dikenal masyarakat sebagai Gunung Jempol karena bentuknya yang mirip jempol atau Bukit Telunjuk. Tak heran memang namanya seperti itu karena memang bukitnya cukup tinggi dan kurus menyerupai jari tangan yang berdiri tegak atau mencuat ke langit.

  Pacu Adrenalin Di Wisata Arung Jeram Sumatera Selatan

Di sekitar bukit ini wisatawan bisa melihat ada sungai Lematang yang jernih airnya. Hal ini menyebabkan pemandangan lebih indah. Menuju ke puncak Bukit Serelo ini tidaklah mudah, pendakiannya cukup sulit bagi wisatawan. Banyak jalan yang licin atau terjal. Selain itu untuk mendirikan tenda di puncaknya juga kurang menguntungkan karena cukup beresiko.

Di Bukit Serelo ini anginnya kencang sehingga mendirikan tenda cukup sulit. Bagi wisatawan yang belum berpengalaman dalam mendaki sebaiknya tidak nekat untuk mengunjunginya kecuali bersama dengan orang yang berpengalaman.

7. Bunga Bangkai Tanjung Sirih – Destinasi Wisata Kabupaten Lahat Untuk Lihat Bunga Bangkai

Siapa yang tak kenal dengan nama Bunga Bangkai. Bunga berukuran besar yang hidup di kawasan hutan ini menyita banyak perhatian masyarakat Indonesia. Pasalnya bunga ini tidaklah normal seperti kebanyakan bunga lainnya yang berukuran kecil. Bunganya tumbuh lebih besar dari ukuran bunga lainnya. Di Kabupaten Lahat ternyata juga ditumbuhi Bunga Bangkai. Masyarakat dan wisatawan bisa menjumpai wisata Bunga Bangkai di desa Lubuk Sepang.

Disana tidak hanya ada bunga bangkai tetapi juga ada sejumlah tiga rumah adat yang menjadi objek wisata. Diantaranya yakni rumah Baghi, Balai Buntar, Makan Puyeng Remejan Sakti. Bunga Bangkai yang ada di tempat ini justru tidak banyak mendapat perhatian oleh masyarakat. Padahal Bunga Bangkai ini termasuk bunga langka yang tidak mekar di semua tempat. Tetapi oleh masyarakat justru diabaikan. Masih jarang juga wisatawan yang datang dan melihat Bunga Bangkai ini.

8. Danau Deduhuk

Danau Deduhuk merupakan danau yang letaknya ada di atas bukit. Lokasinya ada di Kabupaten Lahat tepatnya di desa Tunggul Bute di Kecamatan Kota Agung. Danau diatas bukit ini bukan suatu keanehan di Kabupaten Lahat karena disana memang terdiri dari banyak sekali bukit.

Wilayah Kabupaten Lahat memang dataran tinggi yang mana terdiri dari berbagai jenis bukit dan juga gunung. Danau Deduhuk adalah salah satu objek wisata masyarakat Lahat. Disana sangat banyak tanaman Deduhuk, itulah sebabnya danau ini dinamakan dengan nama Danau Deduhuk.

Danau ini sering dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan adanya danau diatas bukit. Tentu jalan menuju ke danau Deduhuk ini tidaklah mudah mengingat lokasinya yang berada di atas bukit. Maka pengunjung harus mendakinya untuk bisa sampai ke puncak. Jalanan menanjak harus siap dihadapi jika ingin berkunjung ke danau satu ini. meski cukup sulit dijangkau namun danau ini memiliki pemandangan indah sehingga banyak yang ingin berkunjung kesana.

9. Air Terjun Curup Maung, Air terjun Eksotis diantara Kota Pagaralam – Lahat

Curup yang eksotis ini menyimpan potensi luar biasa besar untuk menjadi destinasi pariwisata unggulan Lahat. Tetapi wisata alam curup maung yang luar biasa ini belum populer, bahkan bagi wisatawan lokal. Akses yang sulit memang tidak memungkinkan membawa anak kecil maupun orangtua. Belum tersedianya fasilitas umum menjadi pertimbangan karena jarak tempuh menuju desa terdekat cukup jauh. Sehingga dianjurkan membawa bekal makanan-minuman.

Curup Maung

Curup Maung terletak di desa Padang Muaro Duo, Gumay Ulu Lahat. Setelah tiba di desa padang muara duo, perjalanan dilanjutkan melalui jalan setapak kebun-kebun kopi. Medan yang berat untuk menuju ke curup maung akan terbayar dengan keindahan pesona yang diberikan air terjun curup maung.

10. Green Canyon Lahat – Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Instagram-able

Green Canyon Lahat - Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Instagram-able

Destinasi wisata Kabupaten Lahat yang paling dicari tentunya yakni yang serupa Green Canyon. Canyon sendiri merupakan ngarai atau sungai. Di Amerika terdapat Green Canyon yang merupakan sungai Colorado. Namun di Kabupaten Lahat ini ada aliran sungai bernama Ayek Lim yang mana airnya mengalir dan bermuara hingga ke Lematang. Sungai ini memiliki air yang jernih. Disekitarnya terdapat batu-batuan besar sehingga menambah cantik pemandangan. Wisatawan bisa berkunjung ke tempat ini dikala weekend tiba dan merasakan sejuknya air di Green Canyon versi Lahat ini. Pengunjung juga bisa mandi karena airnya bersih sehingga menyegarkan di tubuh. Bisa juga berfoto di area ini dengan pemandangan sungai cantik dan pohon-pohon disekelilingnya atau batu-batuan besar disana. Banyak sekali wisatawan yang sudah berkunjung ke tempat ini baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

  Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu yang Super Keren

11. Taman Batu Organik

Taman Batu Organik adalah salah satu taman yang dekat dengan kebun kopi di Kabupaten Lahat. Taman Batu Organik ini sesuai namanya, berisikan batu-batuan organik. Ada banyak batu-batu organik yang dibentuk pola-pola sehingga tampak lebih cantik dan teratur.

Taman Batu Organik ini bisa diakses dengan melaluijalan setapak yang mana di sampingnya ada kebun kopi. Jadi pengunjung bisa berjalan sembari melihat tanaman kopi Robusta maupun kopi Arabica yang memang terkenal di wilayah Sumatera Selatan. Namun jalan yang dilalui cukup becek saat musim hujan tiba. Pengunjung harus rela angkat baju agar tidak terkena lumpur.

Sesampainya di Taman Batu Organik, pengunjung diharuskan melepas alas kaki jika ingin menginjak rumput di Taman Batu. Ada banyak jenis batu-batu organik yang tersusun rapi sehingga bagus untuk beroto terutama foto yang diambil dari atas. Batu-batu yang tersusun ini samasekali tidak menggunakan perekat. Seperti halnya orang jaman dulu dalam membuat bangunan, batu-batu hanya disusun sedemikian rupa tanpa perekat samasekali.

12. Taman Wari – Destinasi Wisata Kabupaten Lahat Buat Keluarga

Taman Wari adalah salah satu taman yang biasa dikunjungi wisatawan saat weekend tiba. Memang taman ini tidak seindah Taman Batu namun cukup nyaman digunakan untuk bersantai di akhir pesan. Ada banyak pengunjung yang biasanya datang ke Taman Wari ini baik bersama teman atau keluarga. Taman Wari ini terletak di Desa Ulak Lebar. Tamannya tidak hanya biasa digunakan untuk liburan keluarga tetapi sering juga digunakan untuk liburan bersama kekasih.

Taman Wari - Destinasi Wisata Kabupaten Lahat Buat Keluarga

Di saat musim liburan tiba maka akan semakin banyak pengunjung yang datang berombongan dengan menggunakan bus. Memasuki Taman Wari tidak membutuhkan banyak biaya, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja. Taman Wari ini sepertinya cukup disenangi wisatawan khususnya wisatawan lokal.

13. Taman Rekreasi Ribang Kemambang

Destinasi wisata di wilayah Kabupaten Lahat yang merupakan wisata buatan yakni Taman Ribang Kemambang.  Taman ini adalah salah satu destinasi wisata yang disukai masyarakat setempat. Di taman ini kebanyakan berupa wisata buatan. Ada banyak mainan disana seperti flying fox, perahu bebek, dan permainan outbond. Selain itu area wisata ini juga biasa digunakan untuk camping. Wisatanya yang masih sejuk dan asri ditambah dengan berbagai jenis permainan didalamnya memang sangat cocok jika digunakan sebagai acara camping. Acara camping yang diadakan sekolah atau kantor bisa dilakukan disini.

Itulah berbagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Lahat. Diantara semua tempat wisata diatas yang paling terkenal yakni wisata air terjun. Wisata air terjun begitu terkenal karena jumlahnya sangat banyak. Saking banyaknya, destinasi wisata Kabupaten Lahat hampir semuanya merekomendasikan air terjun. Ada banyak juga air terjun yang bahkan belum pernah dikunjungi sebelumnya sehingga mungkin menarik minat para wisatawan untuk menemukan air terjun yang masih tersembunyi di Kabupaten Lahat ini. di Lahat ini lebih banyak wisata alam dibandingkan wisata buatannya.

Check Also

5 Destinasi Wisata Terbaik di Kupang Yang Wajib Anda Kunjungi

Destinasi terbaik di Kupang cukup banyak, namun jangan sampai melewatkan tempat wisata berikut ini jika ini adalah kali pertama untuk Anda.

Wisata Alam Bandung

10 Wisata Alam Bandung dengan Lanskap yang Bakal Bikin Kamu Membisu. Sayang Banget Kalo Nggak Ditaklukkan

Wisata Alam Bandung – Kata siapa Kota Kembang cuma punya mall-mall, apartemen mewah dan hotel-hotel …

error: Content is protected !!