Home / Jawa / DKI Jakarta / Eko Wisata Mangrove Populer

Eko Wisata Mangrove Populer

Sebagai Daerah Pinggiran pantai IbuKota DKI Jakarta bukan hanya menjadi pusat bisnis semata. Namun masih terdapat Hutan Bakau di sekitar Pantainya. Salah satu daerah Hutan Bakau yang ada di jakarta adalah “Taman Eko Wisata Mangrove“. Berada di daerah Kawasan ELIT Pantai Indah Kapuk.

Kawasan Eko Wisata Mangrove

Kawasan Eko Wisata Mangrove

Kawasan Eko Wisata Mangrove

Pada awalnya kawasan “Hutan Mangrove Angke” Kapuk didirikan oleh Pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 1936. Kawasan seluas 1.114 Ha yang di kukuhkan sebagai Kawasan cagar alam. Pada masa itu kawasan ini sudah dirancang sebagai daerah penyangga lahan basah. Kawasan ini digunakan untuk menampung masa air disaat pasang besar dan banjir. Saat ini, kawasan ini sudah banyak berubah fungsi sebagai pemukiman warga dan lapangan golf. Baca jugaTaman Wisata Alam Muara Angke Amazon dari Jakarta

Kawasan Eko Wisata Mangrove

Kawasan wisata mangrove ini selalu diperbarui dengan tanaman mangrove yang baru. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan ekosistem mangrove di pinggir pantai.

Manfaat hutan Mangrove

  • Mencegah perembesan air laut (Intrusi) ke daratan
    Intrusi laut menyebabkan air tanah menjadi payau dan tidak layak untuk dikonsumsi. Tanaman Mangrove akan mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau.
  • Mencegah Abrasi Pantai
    Tanaman mangrove memiliki akar yang dapat melindungi tanah di wilayah pesisir sehingga tidak dapat terkikis.
  • Sebagai Penyaring alami
    Akar tanaman mangrove dapat mempercepat penguraian limbah organik yang terbawa ke wilayah pantai. Selain itu, hutan mangrove juga membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut. Tanaman mangrove berguna sebagai penghalang alami terhadap angin laut yang kencang pada musim tertentu.
  • Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa
    Hutan Mangrove sebagai tempat tinggal bagi banyak hewan seperti kura-kura, monyet, burung, dan lain sebagainya. Ikan, udang, kepiting dan siput juga tinggal didaerah ini. Akar tongkat pohon mangrove memberi zat makanan dan perlindungan dari predator bagi ikan dan udang kecil.
  • Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir
    Pertumbuhan mangrove dapat memperluas batas pantai serta memberikan kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup di wilayah daratan.

Kawasan Eko Wisata Mangrove

Kawasan Eko Wisata Mangrove

Kawasan Taman Eko Wisata Mangrove ini mungkin akan menjadi salah satu pilihan wisata menarik. Dan sedikit menyegarkan pikiran dengan suasana alam yang alami dan sejuk.

Facebook Comments

Check Also

Pulau Pari Kepulauan Seribu

Pulau Pari, Pesona Pasir Perawan

Menikmati keindahan Kepulauan seribu memang tidak ada habisnya. Salah satu pulau yang cukup terkenal karena wisatanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!