Home / Jawa / DKI Jakarta / Pulau Pari, Pesona Pasir Perawan

Pulau Pari, Pesona Pasir Perawan

Menikmati keindahan Kepulauan seribu memang tidak ada habisnya. Salah satu pulau yang cukup terkenal karena wisatanya yang alami dan bersih adalah Pulau Pari. Perjalanan menuju pulau pari dapat di tempuh sekitar 3 jam dari ibukota DKI jakarta. Nama Pulau Pari ini sendiri berasal dari Bentuk Pulau yang menyerupai ikan pari. Pulau ini terbagi atas 2 bagian yaitu bagian barat dan timur. Kawasan barat merupakan daerah pemukiman penduduk sedangkan bagian utara merupakan arena Pantai dan Kawasan Wisata.

Luas Pulau Pari hanya berkisar 43 hektar dan dihuni oleh sekitar 700 warga. Tidak terdapat hotel ataupun penginapan mewah disini, rumah-rumah warga inilah yang menjadi tempat penginapan. Hampir semua rumah warga dapat digunakan untuk menginap dan dilengkapi oleh pendingin ruangan.

Pulau pari merupakan tempat wisata yang sangat bersih dan alami.  Bahkan terdapat peraturan yang berlaku lokal untuk setiap wisatawan dilarang membawa sampah dari luar pulau dan membuangnya dipulau. Wisatawan wajib membawa kembali sampahnya kembali ketempat asalnya. Untuk tetap menjaga kebersihan pulau pari ini.

Pulau Pari

Wisata di pulau pari memungkinkan anda untuk berenang, menyelam, snorkeling, dan memancing. Fasilitas yang disediakan untuk wahana air seperti berlayar dengan kano, Banana boat, Donut Boat, atau sewa perahu nelayan. Untuk berkeliling tersedia sepeda yang disewakan oleh warga sekitar. Namun yang selalu membangkitkan kerinduan wisatawan adalah pesona keindahan bawah laut pulau pari. Sama seperti halnya pulau Tidung dipulau ini tidak tersedia mesin ATM, sehingga anda disarankan membawa uang secukupnya supaya tidak kekurangan uang untuk pulau ataupun membeli oleh-oleh. oleh-oleh terkenal dari pulau pari adalah Rumput laut yang sangat enak. 

Sebelum menjadi tempat wisata, Pulau pari merupakan salah satu perkampungan nelayan biasa dan juga lokasi penelitian biota laut oleh Lembaga Oceanografi LIPI (LON LIPI) di sebelah barat pulau ini, Setiap bulannya terdapat mahasiswa yang datang kepulau ini untuk melakukan penelitian terhadap biota laut dilakukan oleh LON LIPI ini.

Pantai Pasir Perawan

Air Tawar di Pulau Pari

Tidak seperti pulau lain yang memiliki perairan asin ataupun payau. Pulau pari memiliki air tawar karena terdapat cekungan yang unik pada bagian barat pulau. Cekungan ini memungkinkannya menampung dan menyerap air hujan sehingga memiliki cadangan air tawar.

 

 


Pantai Perawan
Pantai Pasir Perawan

Mendengar nama “Pantai Pasir perawan” saja mungkin anda sudah terbayang pulau dengan pasir putih yang bersih dan alami. Laguna yang dilengkapi oleh Pasir putih terlihat lebih jelas ketika pasang surut. Anda dapat menyusuri tepi pantai sepanjang 500 meter dan menemukan beberapa kerang ataupun bintang laut yang terdampar.

 

 

Bukit MatahariBukit Matahari

Bukit matahari adalah salah satu spot wisata yang wajib di kunjungi oleh wisatawan di pulau pari. Bukit matahari merupakan salah satu pelabuhan yang biasanya digunakan untuk melihat matahari terbit dan tengelam. Pada malam hari digunakan sebagai tempat untuk berkumpul, berpesta bersama-sama.

Facebook Comments

Check Also

Monumen Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa, Sejarah bahari BATAVIA

Sunda Kelapa sebagai awal sejarah bahari Batavia, Pelabuhan ini terletak di kelurahan penjaringan, kecamatan penjaringan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!