Home / Jawa / Jawa Tengah / Keindahan Candi Borobudur Sejarah Lintas Waktu

Keindahan Candi Borobudur Sejarah Lintas Waktu

Candi Borobudur merupakan destinasi pariwisata terpopuler di yogyakarta dan sekitarnya, yang sangat terkenal dan ramai dikunjungi, serta menjadi salah satu keajaiban dunia. Candi budha ini sangatlah terkenal dan banyak orang berkata, jika ke kota Yogyakarta tidaklah lengkap tanpa mengunjungi bangunan megah tersebut. Baca juga ArtikelCandi Prambanan, Candi Hindu Termegah
 candi borobudur

Mengenal Kemegahan Candi Borobudur

Destinasi pariwisata terpopuler di jawa tengah ini memiliki luas 123 meter x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkatan yang melambang 10 tingkat bodhisattva untuk mencapai penerangan sempurna menjadi buddha. Bangunan ini terdiri dari susunan balok vulkanik yang membentuk 1460 relief, 504 arca buddha, serta 72 stupa dan juga 10 tingkatan yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar, dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya.

Stupa candi borobudurKawasan Wisata Candi Borobudur ini  merupakan lokasi yang menjadi perlindungan UNESCO sejak tahun 1991 dan termasuk dalam daftar tempat peninggalan bersejarah dunia. Candi Borobudur ini pertama kali ditemukan oleh Penjajah dari Inggris tahun 1814  yang menduduki indonesia saat itu. Gubernur Jendral Sir Thomas Stamford Raffles yang pada saat itu menjabat, sangat tertarik dengan kebudayaan jawa langsung memulai proses pengalihan terhadap penemuan ini.

Relief candi borobudur

Artikel Terkait :

Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, jawa tengah. Sekitar 40 Km Sebelah barat laut Yogyakarta, atau sekitar 7 Km dari kota magelang, dan 100 Km sebelah barat daya dari semarang. Kawasan wisata ini memiliki akomodasi yang cukup lengkap mulai dari penginapan, Transportasi, Kuliner, Cinderamata yang beraneka ragam. Di sekitar Candi Borobudur, juga banyak andong (sejenis kereta kuda) yang bisa dimanfaatkan untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks candi. Sedangkan di dalam kompleks candi, juga terdapat kereta bermesin jika kita capek atau malas berjalan sampai ke bangunan candi.

Harga tiket untuk memasuki daerah ini juga termasuk cukup murah yaitu:
  • Dewasa : Rp. 30.000,-/Orang
  • Anak-anak   : Rp. 12.500,-/Orang
  • WNA : USD 20/Orang
Sedangkan untuk harga tiket rombongan wisata / sekolah akan mendapatkan diskon 10%. Diskon tersebut berbentuk tiket gratis bukan potongan harga.
  • Umum : Minimal jumlah rombongan adalah 30 orang
  • Pelajar : Minimal jumlah rombongan adalah 20 orang
Jam buka Candi Borobudur adalah setiap hari pada pukul 06:00 – 17:00. Setiap pengunjung diwajibkan menggunakan sarung batik untuk memasukinya. Tersedia juga penyewaan sarung dengan harga yang cukup terjangkau untuk setiap pengunjung yang tidak memiliki sarung.
Demikianlah ulasan singkat mengenai Keindahan Candi Borobudur yang menjadi destinasi pariwisata terpopuler di yogyakarta dan jawa tengah.
Facebook Comments

Check Also

Eksotisme Kepulauan Karimun Jawa, Jepara Jawa Tengah

Wisata Karimun Jawa adalah salah satu destinasi istimewa di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Kepulauan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!