Home / Jawa / Jawa Timur / Gunung Semeru, Legenda Puncak MAHAMERU

Gunung Semeru, Legenda Puncak MAHAMERU

Gunung Semeru atau puncak Mahameru terletak di taman nasional Bromo tengger, Kabupaten Malang, Jawa timur. Dengan luas 50273 Hektar taman nasional Bromo tengger. Terdapat beberapa puncak gunung lain seperti puncak gunung bromo, Puncak gunung Batok, Gunung Widodaren. Gunung Semeru merupakan salah satu puncak gunung berapi yang masih aktif di indonesia dengan ketinggian 3676 Meter DPL.

Gunung Semeru memiliki Puncak Gunung bernama Mahameru. Puncak ini merupakan tempat pendakian paling populer bagi para pendaki. Gunung ini seperti magnet yang terus mengundang setiap pendaki untuk menaklukan ketinggiannya. Selain terkenal akan rute pendakiannya, Gunung Semeru juga masih memiliki banyak vegetasi dan fauna. Sepanjang perjalanan mendaki, di titik-titik tertentu Anda akan menemukan bunga edelweiss dan anggrek endemik Semeru.

Edelweis ungu Gunung Semeru

Rute Pendakian Gunung Semeru

Untuk mulai mendaki Gunung Semeru anda haruslah menyiapkan kondisi fisik dengan baik dan menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Agar supaya tidak menjadi beban ketika melakukan pendakian, karena mendaki gunung semeru tidaklah mudah.

Rute Pendakian Gunung Semeru

Jalur Perjalanan ke Puncak Gunung Semeru

Ranupane – Ranu kumbolo

Perjalanan pertama kali akan di mulai dari ranupane menuju ranu kumbolo dengan mengikuti jalan setapak yang tersedia. Anda bisa juga menyewa tenaga pemandu jalan yang banyak beroperasi di sana. Perjalanan pertama sekitar 3 jam menuju Ranu Kumbolo. Baca Juga : Ranu Kumbolo, Surganya Para Pendaki

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo – KaliMati

Perjalanan menuju kalimati sangatlah memanjakan mata. Karena selama perjalanan sekitar 3 jam anda akan disambut dengan hamparan padang rumput dan bunga-bunga yang sangat indah. Sebelum meninggalkan Ranu Kumbolo anda disarankan mengisi air minum. Karena setelah ranu kumbolo anda tidak akan menemukan sumber air lagi.

Setelah sampai di Kali mati anda dapat mendirikan tenda untuk bermalam. Pemandangan malam yang memukau dengan hamparan bintang-bintang tengah gelapnya malam yang sangat indah.

Kali Mati Gunung Semeru

Kalimati – Puncak Mahameru

Sesi terakhir pendakian Mahameru disarankan dimulai pukul 2 pagi supaya anda dapat melihat pemandangan sunset pagi yang sangat indah. Suhu udara di mahameru sekitar 4-10 derajat celcius, bahkan mencapai suhu minus pada musim penghujan. Anda juga mungkin menghadapi angin kencang bahkan tanah longsor ketika musim penghujan.

Facebook Comments

Check Also

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo, Surganya Para Pendaki

Ranu Kumbolo mungkin terdengar asing bagi masyarakat secara umum. Namun bagi anak muda terutama para …

2 comments

  1. masukin dalam waiting list nih.. blm pernah mendaki Gunung Semeru..
    kira-kira lebih berkesan mana yah.. Mendaki Gn. Rinjadi dibanding Gn. Semeru mengingat destinasinya hampir mirip.. Perlu dicoba..!!

  2. Destinasi Pariwisata

    Mendaki Gn. Rinjani dan Gn. Semeru sama asyiknya. Silahkan coba.

    Jangan lupa backlink dan follow terus : https://destinasipariwisata.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!