Home / Jawa / Yogyakarta / Wisata Supranatural Tempat para Raja di Yogyakarta

Wisata Supranatural Tempat para Raja di Yogyakarta

Destinasi pariwisata terpopuler yang paling ramai dikunjungi wisatawan setelah Bali adalah “YOGYAKARTA”. Selain terkenal sebagai kota pelajar Yogyakarta juga terkenal dengan wisata yang unik dan beragam. Yogyakarta memiliki wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Kuliner hingga Wisata Supranatural. Wisata Supranatural ini merupakan destinasi pariwisata populer yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Terbaik Yogyakarta

Wisata Supranatural - Makam Raja Imogiri

Tempat wisata Supranatural di Yogyakarta

  1. Pantai Parangkusumo
    Pantai yang masih bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Dipercaya merupakan Pintu Gerbang Gaib menuju Istana Nyi Roro Kidul, Sang peguasa Pantai Selatan. Pantai ini sering digunakan untuk acara Labuan ataupun Ritual oleh Keraton dan penduduk setempat. Baca juga : Romantisnya Suasana Di Pantai Indrayanti
  2. Makam Sewu
    Makam Sewu adalah makam tempat panembahan Bodho yang selalu diadakan upacara Nyadran sebanyak 3 kali setelah tanggal 20 ruwah. Makam ini yang terletak di daerah Dusun Gresikan, Kelurahan Wijirejo , Pandak, Bantul.
  3. Gua Siluman
    Wisata Supranatural yang termasuk destinasi pariwisata populer di Yogyakarta adalah Gua Siluman yang terletak di Wonocatur, Banguntapan, Bantul.  Gua ini sebenarnya situs bersejarah yang merupakan tempat permandian Bergaya Kerajaan Jawa Kuno. Gua yang terletak 4 meter dibawah permukaan tanah ini dahulunya merupakan tempat pemandian putri dan selir Istana kerajaan. Namun gua ini sekarang sering digunakan sebagai tempat bertapa bagi sebagaian orang yang mempercayai mitos untuk membuang sial.
  4. Makam Raja-Raja Mataram (Imogiri)
    Makam Imogiri merupakan Makam yang di khususkan untuk para Raja. Makam ini terbagi atas dua bagian yaitu bagian Barat untuk Raja-Raja dari Surakarta dan Timur untuk raja- raja Yogyakarta. Untuk memasuki Daerah makam, pengunjung haruslah mendaki anak tangga yang cukup melelahkan dengan kemiringan tertentu. Selain itu juga terdapat makam yang dikhususkan untuk seorang Pengkhianat yang berada di Gerbang Utama.
  5. Makam Raja-Raja Mataram (Kota Gede)
    Selain Makam Imogiri terdapat juga Makam Raja-Raja Mataram di Kotagede yang dahulunya merupakan pusat pemerintahan Mataram Islam di pertengahan abad XVI M. Disini terdapat makam Senopati yang merupakan raja pertama Mataram Islam. Selain tempat panembahan Senopati terdapat juga Ki Ageng Pemanahan. Beliau merupakan ayah dari Panembahan Senopati.

Wisata Supranatural - Makam Raja Mataram Yogyakarta

Yogyakarta merupakan tempat wisata dengan sejuta destinasi pariwisata populer. Wisata Supranatural merupakan salah satu pilihan yang cukup diminati pengunjung dan menunjukan betapa kentalnya adat leluhur di tanah Jawa.

Facebook Comments

Check Also

Candi Prambanan Lengkap

Candi Prambanan, Candi Hindu Termegah

Objek Wisata Candi Prambanan adalah Candi hindu terbesar yang dibangun oleh Kerajaan Mataram yakni penguasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!