Home / Kalimantan / Kalimantan Barat / Air Terjun Mananggar Kalimantan Barat, Air Terjun Niagara-nya Indonesia

Air Terjun Mananggar Kalimantan Barat, Air Terjun Niagara-nya Indonesia

Air Terjun Mananggar merupakan sebuah air terjun yang terletak di dusun pebuak Desa Merayuh Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Air terjun ini adalah patahan sungai Landak, sebuah sungai besar yang mengaliri Kabupaten Landak dan mengalir sampai jauh hingga berakhir di Kota Pontianak bergabung dengan Sungai Kapuas sebelum air sungai bermuara ke laut. Bisa dibilang air terjun ini merupakan hulu Sungai Landak.

Air terjun Mananggar mempunyai ketinggian sekitar kurang lebih 60 meter dengan lebar sekitar 60 meter. Karakteristik tampilan air terjun Mananggar ini menyerupai Air Terjun Niagara namun dengan ukuran lebih kecil sehingga ada yang menyebutnya Niagara mini dari Kalimantan Barat. Air Terjun Mananggar juga disebut dengan Bananggar, Malanggar dan masih banyak lagi. Ingin tahu bagaimana gambaran keindahan dan keunikannya? Simak ya!

Baca Juga Mengenai : 13 Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah yang Wajib Dikunjungi

Keindahan Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar

Keunikan dari Air Terjun Mananggar selain kemiripan dengan air terjun Niagara, di air terjun ini terdapat danau yang luas bentuknya bulat kurang lebih sekitar 2 hektar. Danau ini biasa digunakan masyarakat dan pengunjung untuk mandi dan memancing. Dan ingat!! Ini perhatian untuk kita semua kalau sangat tidak dianjurkan berenang di Air Terjun Mananggar tanpa pengawasan warga setempat.

Karena arus deras yang berkedalaman sekitar 15 meter di perkirakan bisa membahayakan para wisatawan. Tak hanya soal arusnya yang deras, pada air terjun ini juga hidup populasi ikan Tapah dengan ukuran raksasa dengan berat sekitar 20 Kg kalau untuk sekedar memancing sangat cocok untuk kalian yang hobi memancing. Sekarang, Air Terjun Mananggar tidak lagi sejernih yang dulu, ulah orang-orang membuatnya menjadi keruh di danaunya.

Kegiatan yang bisa dilakukan ketika Datang ke Objek Wisata Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar

Membuat camping area adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Anda bisa melakukannya saat berkunjung ke Air Terjun Mananggar. Datanglah bersama teman-teman, maka Anda akan merasakan keseruan yang berkesan. Selain itu, Anda juga bisa merasakan bagaimana memancing di air terjun yang deras ini. Aktivitas Rafting atau arung jeram juga dapat Anda lakukan di sana. Selain itu, Anda juga bisa mengamati sekelilingnya yang masih sangat perwatan.

Wisata Air terjun Di Indonesia yang terbaru :

Masih banyak tetumbuhan hijau yang nyaman dipandang mata. Anda bisa mencari inspirasi dan menenangkan pikiran dari hiruk pikuk aktivitas kota yang bising. Ada juga pemandangan gunung yakni Gunung Pejapa dengan tinggi 1.019 m yang mengeliling objek wisata Air Terjun Mananggar. Di seberang air terjun terdapat gua yang bernama Gua Sanjan yang berada diantara air terjun kecil dan sungai kecil. Banyak sekali objek yang akan Anda amati disana.

Letak dan Akses menuju Air Terjun Mananggar

Akses menuju air terjun ini terbilang sulit, dari desa Ngabang dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di Mananggar. Dari desa Ngabang anda harus memakai kendaraan bisanya sih kita akan memakai kendaraan double gardan untuk bisa sampai “dusun tauk” dusun terakhir untuk mencapai Mananggar, dari dusun Tauk setelah melewati jembatan gantung kita masih harus berjalan atau juga bisa naik ojek untuk sampai ke air terjun ini.

Untuk sampai pada air terjun tersebut harus berjuang dengan susah payah karena hanya orang orang yang terlatih dan yang sudah terbiasa saja yang bisa memakai motor melewati perbukitan dan semak belukar disana. Tetapi semua perjuangan kita akan terbayar lunas kok jika sudah sampai di Air Terjun Mananggar, gak percaya? Buktikan sendiri!!

Facebook Comments

Check Also

Pantai Pasir Panjang Singkawang

Pantai Pasir Panjang Singkawang termasuk salah satu objek wisata favorit yang paling banyak dikunjungi di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!