Home / Kalimantan / Kalimantan Barat / Tugu Khatulistiwa, Menjelajahi Titik Nol Bumi

Tugu Khatulistiwa, Menjelajahi Titik Nol Bumi

Penasaran dengan Nama Tugu Khatulistiwa yang terletak di kota pontianak membuat saya menyempatkan waktu disela-sela pekerjaan dinas saya untuk mampir kesana. Sebelumnya mungkin nama Tugu Khatulistiwa tidaklah begitu menarik bagi saya secara pribadi namun karena mendapatkan tugas dinas dari kantor untuk menuju kota pontianak yang terkenal dengan kota khatulistiwa di tambah lagi banyak teman-teman dari kantor Pontianak mengatakan bahwa di tugu ini banyak hal menarik yang tidak dapat di temukan ditempat lain membuat saya semakin tertarik untuk menuju kesana.

Tugu ini juga disebut Equator Monument yang terletak di Jalan Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat, Sekitar 3 KM dari pusat kota pontianak. Perjalanan di butuhkan sekitar 25 menit dari tempat saya menginap di jalan Gajahmada yang terletak di pusat kota pontianak. dengan melewati 2 sungai besar yaitu sungai Kapuas dan sungai Sambas melalui 2 buah jembatan yang cukup besar.

Tugu khatulistiwa pontianak

Keunikan tugu khatulistiwa ini sudah terasa sejak pertama kali mendatanginya. anda akan menemukan sebuah bangunan dengan bentuk bulat dan terdapat sebuah tugu di atasnya dengan ukuran cukup besar namun itu hanyalah sebuah replica saja. Tugu Khatulistiwa yang asli terdapat di dalam ruangan museam didalamnya, selain itu pada tanggal 21-23 maret dan 21-23 september terdapat kejadian menarik yaitu “Kulminasi” keadaan dimana matahari tepat berada di titik NOL pada garis khatulistiwa dan membuat semua benda tidak memiliki bayangan di sekitar tugu khatulistiwa selama 1-3 menit. Selain itu anda dapat mencoba mendirikan telur dengan cukup mudah disana.

Artikel terkait :

Tugu Khatulistiwa ini pertama kali di bangun oleh salah satu ilmuan belanda pada tanggal 31 maret 1928 dan mengalami penyempurnaan sebanyak 3 kali hingga di resmikan pada tanggal 21 september 1991. tidak terdapat biaya masuk untuk menikmati tugu ini hanya perlu untuk membayar biaya pakir saja, mengujungi tempat-tempat penting dan menambah pengetahuan memanglah selalu menyenangkan untuk di lakukan.

Tugu khatulistiwa kalimantan barat

Demikianlah Penjelahan Tugu Khatulistiwa, semoga artikel Tugu Khatulistiwa, Menjelajahi Titik Nol Bumi dapat menjadi referensi wisata bagi para traveller.

Facebook Comments

Check Also

Pantai Pasir Panjang Singkawang

Pantai Pasir Panjang Singkawang termasuk salah satu objek wisata favorit yang paling banyak dikunjungi di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!