Home / Kalimantan / Kalimantan Tengah / 13 Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah yang Wajib Dikunjungi

13 Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah yang Wajib Dikunjungi

Indonesia memiliki beragam potensi alam yang tak terhitung dan begitu indah, salah satunya destinasi wisata air terjun di kalimantan tengah. Kindahan alam yang dimiliki Indonesia sudah diakui di dunia. Karena begitu indahnya alam yang ada di Indonesia, hal ini mampu untuk menarik para wisatawan hingga yang berasal dari luar negeri.

Tentu saja sebagai warga Indonesia menjadi suatu kebanggaan tersendiri ketika potensi alam yang ada di Indonesia bisa dikenal hingga ke manca negara. Maka dari itu sebagai warga Indonesia, perlu untuk mengetahui dan mengeksplore berbagai potensi alam yang ada di Indonesia. Berbagai potensi ini perlu untuk dikelola dengan baik serta dipromosikan dengan benar. Tunjukkan bahwa di dalam negeri memiliki berbagai tempat yang sangat indah dan menjadi rekomendasi wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Ada begitu banyak potensi alam yang dimanfaatkan sebagai objek wisata. Kekayaan alam di Indonesia ketika dikelola dengan baik, maka akan bisa memberikan manfaat yang luar biasa. Berbagai potensi alam ini bisa dikelola menjadi suatu tempat wisata yang mampu untuk menarik animo wisatawan untuk datang berkunjung. Berbagai potensi yang dimiliki daerah perlu untuk dieksplore dan dimanfaatkan dengan bijak agar alamnya bisa bermanfaat namun tetap lestari. Berbagai potensi alam seperti gunung, hutan, bukit, kebun, pantai, danau, sungai, air terjun, sawah, dan sebagainya bisa dikelola untuk dijadikan objek wisata.

Di tiap daerah tentu memiliki potensinya masing – masing, dan tiap potensi itu perlu untuk dimanfaat seoptimal mungkin. Seperti potensi alam wisata air terjun di Kalimantan Tengah, potensi alam ini bisa dikelola menjadi suatu tempat wisata. Ketika potensi alam ini bisa dikelola dan dipromosikan dengan baik, maka akan mampu untuk menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Di antara semua air terjun yang ada di Kalimantan Tengah, terdapat 13 wisata air terjun di Kalimantan Tengah yang wajib dikunjungi para wisatawan.

Baca Juga Artikel7 Rumah Adat Kalimantan Tengah Wajib Diketahui

Daftar Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah yang Harus Anda Kunjungi

Ada begitu banyak pilihan wisata alam yang bisa Anda kunjungi saat pergi berwisata alam, salah satunya air terjun. Di Indonesia terdapat begitu banyak lokasi wisata air terjun yang sangat indah. Namun, ketika Anda pergi ke Kalimantan Tengah, maka ada 13 wisata air terjun di Kalimantan Tengah yang wajib dikunjungi. Adapun 13 wisata air terjun yang wajib Anda kunjungi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Wisata Air Terjun Batu Mahasur

Air terjun batu mahasur merupakan salah satu air terju yang berada di Indonesia, tepatnya di Kalimantan Tengah. Air terjun batu mahasur ini merupakan wisata andalan karena jarak dari ibukota kabupaten hanya berkisar 1,5 km saja. Luas lokasi dari air terjun batu mahasur ini mencapai 1,5 hektar, sehingga bisa menampung cukup banyak orang. Pada wisata air terjun batu mahasur ini, wisatawan akan bisa menikmati keindahan air terjun yang tingginya mencapai 20 meter, tepat di bawah air terjun batu mahasur ini terdapat sebuah kolam yang besar. Selain bisa menikmati indahnya air terjun batu mahasur dengan tinggi 20 meter tersebut, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yaitu pepohonan yang hijau di sekeliling air terjun batu mahasur.

Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah - Batu Mahasur
Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah – Batu Mahasur

Pada lokasi air terjun batu mahasur ini para wisatawan akan merasa sejuk lantaran banyaknya poho dan air terjun tersebut. Di lokasi air terjun batu mahusar ini, para wisatawan juga akan bisa menikmati bermain air di sana dengan cara bermandi. Bagi para wisatawan yang membawa anak – anaknya, lokasi wisata air terjun batu mahasur merupakan lokasi yang tepat untuk proses pembelajarannya karena pada tiap pohon di lokasi tersebut anak – anak akan bisa mengetahui nama – nama pohon tersebut.

Anak – anak tersebut mampu mengetahui nama – nama pohon tersebut karena pada pohon – pohon tersebut telah ditempeli dengan papan nama pohonnya. Air terjun batu mahasur ini dikenal akan aliran abadinya. Banyak orang yang percaya bahwasannya airnya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit dan bisa membuat awet muda. Namun sebenarnya aliran air terjun batu mahasur ini bisa kering pada saat musim kemarau yang ekstrem. Hal ini karena panjang dan tangkapan air yang yang kurang luas pada sungai raung.

  • Wisata Air Terjun Bawin Kameloh

Air terjun bawin kameloh ini merupakan suatu cagar alam dan juga menjadi salah satu lokasi wisata berupa hutan – hutan yang alami. Pada hutan tersebut terdapat berbagai macam jenis tumbuh – tumbuhan/ pepohonan entah itu yang alami ataupun tanaman industri. Salah satu hal yang menarik dari tempat wisata air terjun bawin kameloh ini adalah adanya hutan yang alami tersebut, sehingga bisa menambah keindahan lokasi wisata tersebut dan juga bisa membuat lokasi tersebut kian indah serta menjadi lebih sejuk.

Lokasi air terjun bawin kameloh ini juga sering kali dibuat sebagai tempat perkemahan. Berbagai sarana penunjang pada lokasi air terjun bawin kameloh ini juga terbilang lengkap, mulai dari jalan aspal menuju tempat ke lokasinya, kamar mandi, papan nama dan peta lokasinya, serta tempat untuk beristirahat. Luas lokasi air terjun bawin kameloh ini mencapai 500 hektar. Lokasi air terjun kawin kameloh ini berada di kabupaten gunung mas.

Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah - Air Terjun Bawin Kameloh
Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah – Air Terjun Bawin Kameloh
  • Wisata Air Terjun Hatowan

Selain air terjun bawin kameloh yang terletak di kabupaten gunung mas, terdapat air terjun lainnya yaitu air terjun hatowan. Bagi Anda yang menyukai off road dengan medan yang ekstrem, Anda bisa mencobanya dalam perjalanan menuju lokasi air terjun hatowan ini. Karena hampir setiap perjalanan Anda akan melewati berbagai macam rintangan seperti jalanan yang kurang sempurna dan lumpur yang lumayan dalam untuk dilalui. Butuh kesabaran dan kewaspadaan yang tinggi jika ingin pergi ke lokasi air terjun hatowan tersebut, namun di situlah letak keseruan dalam perjalanan menuju lokasi air terjun hatowan tersebut.

Lokasi air terjun ini kurang lebih 5 km dari desa. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun hatowan ini, Anda harus jalan kaki dan melewati sungai – sungai yang kecil dan mendaki bukit – bukit. Namun semua hal tersebut akan terbayarkan ketika Anda sampai di lokasi air terjun hatowan tersebut. Walau dalam jarak 100 meter sebelum sampai lokasi air terjun hatowan ini, Anda akan sudah bisa mendengarkan suara dari gemuruh air yang dihasilkan oleh air terjun hatowan tersebut.

Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah - Air Terjun Hatowan
Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah – Air Terjun Hatowan
  • Wisata Air Terjun Sungai Saluhan

Air terjun sungai saluhan merupakan salah satu air terjun yang terdapat di kabupaten gunung mas selain air terjun batu mahasur dan air terjun bawin kameloh. Lokasi dari air terjun sungai saluhan ini hanya berjarak 15 km dari pusat kota kual kurun. Di tempat wisata air terjun sungai saluhan ini, wisatawan akan bisa menikmati jernihnya ari sungai saluhan tersebut. Pada tempat wisata air terjun sungai saluhan ini para wisatawan diperbolehkan untuk mandi, bermain di air, hingga hanya sekedar kumpul bersama di pinggiran sungai.

Tempat wisata air terjun sungai saluhan ini memiliki tempat yang sejuk karena di pinggiran sungai saluhan terdapat berbagai macam jenis tunaman yang tumbuh secara alami. Tempat wisata air terjun sungai saluhan ini juga telah mendapat respon positif dari para wisatawan, karena memilki panorama alam yang indah dan air sungai yang jernih, selain itu akses yang dilewati menuju tempat wisata ini juga nyaman. Sekarang ini juga telah banyak orang yang menginginkan tempat wisata air terjun sungai saluhan tersebut agar lebih dioptimalkan lagi.

Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah - Air Terjun Sungai Saluhan
Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah – Air Terjun Sungai Saluhan
  • Wisata Air Terjun Batu Puti

Salah satu tempat wisata yang berlokasi di desa batu putu merupakan air terjun batu puti. Tempat wisata air terjun batu puti ini berada di perbukitan yang terletak di antara deretan wisata lainnya. Terdapat dua rute yang bisa dipilih untuk menuju ke tempat wisata air terjun batu puti ini, yaitu lewat kemiling dan lewat kota bandar lampung. Pada pintu masuk tempat lokasi air terjun batu puti ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- per orang. Setelah itu Anda akan menemui lahan tempat parkir dalam jarak 300 – 500 meter dan tempat parkir tersebut berada di pinggir jalan. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun bau puti ini Anda haruslah jalan kaki menuruni bukit sekitar 5 menit.

Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah - Air Terjun Batu Puti
Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah – Air Terjun Batu Puti

Bagi Anda yang khawatir tentang jalan yang akan dilewati, sebenarnya jalan yang dilewati tersebut sudah banyak yang dipaving. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena licin ketika turun hujan. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jalanannya yang cukup curam, jadi Anda perlu berhati – hati. Pada lokasi air terjun batu puti ini Anda akan merasakan kesejukan dari percikan – percikan air terjunnya. Selain itu Anda juga akan bisa melihat goa kecil di lokasi air terjun batu puti tersebut. Terdapat lokasi yang sangat pas untuk Anda mandi karena airnya yang sangat jernih yaitu berada agak bawah dari air terjun batu puti. Bagi Anda yang ingin pergi ke tempat wisata air terjun batu puti ini harap memperhatikan cuaca, hati – hati ketika berjalan menuju lokasi air terjun batu putinya, dan jangan buan sampah sembarangan.

  • Wisata Air Terjun Bunut

Air terjun bunut ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya tempat wisata air terjun yang berada di kalimantan tengah. Tempat wisata air terjun bunut ini berlokasi di kecamatan pasak telawang tepatnya di desa tumbang tukun. Pada tempat wisata air terjun ini Anda akan menikmati setiap pemandangan yang ditawarkan oleh alam tersebut. Pada tempat wisata air terjun bunut ini, kondisi alamnya masih asri. Terdapat begitu banyak pepohonan yang rindang dan teduh yang membuat Anda akan terpayungi sembari melakukan perjalanan menuju lokasi air terjun bunut tersebut. Pada tempat wisata air terjun bunut ini Anda juga bisa menikmati bermain air dengan cara mandi atau sekesar berendam. Sehingga Anda akan bisa meluapkan perasaan lelah Anda setelah berjalan selama perjalanan menuju lokasi air terjun bunut tersebut.

Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah - Air Terjun Bunut
Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah – Air Terjun Bunut
  • Wisata Air Terjun Masupa

Tempat wisata air terjun masupa ini berada di kabupaten kapuas. Selain air terjun masupa, terdapat pula wisata alam lainnya seperti teluk batu, sungai yang berbatu dan memiliki air yang jernih. Di kabupaten masupa ini terdapat 3 air terjun, di mana 2 air terjun tersebut berada tepat di belakang tempat pemukiman warga atau penduduk dan air terjun satunya tersebut merupakan air terjun masupa. Tempat wisata air terjun masupa ini memiliki ketinggin kurang lebih setinggi 100 meter. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun masupa ini Anda harus berhati – hati dan memiliki stamina yang prima, karena dibutuhkan waktu berjam – jam untuk bisa ke lokasi air terjun masupa tersebut.

Pada lokasi air terjun masupa tersebut terdapat kolam yang bisa Anda gunakan untuk bermain air seperti halnya mandi atau sekedar berendam untuk menghilangkan penat setelah berjam – jam melewati hutan belantara untuk menuju lokasi air terjun masupa tersebut. Untuk jaga – jaga sebaiknya jika ingin pergi ke tempat wisata air terjun masupa ini, alangkah baiknya Anda membawa perbekalan yang cukup mengingat perjalanan yang ditempuh bisa berjam – jam lamanya.

Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah - Air Terjun Masupa
Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah – Air Terjun Masupa
  • Wisata Air Terjun Beruang

Salah satu tempat wisata air terjun rekomendasi lain di kaliman tengah adalah yang bernama air terjun beruang. Sebenarnya tempat wisata air terjun beruang ini bukan berarti di sana terdapat banyak beruangnya, namun tempat wisata air terjun beruang tersebut juga aman jika dikunjungi. Tempat wisata air beruang ini masih minim pengunjungnya, hal ini mungkin dikarenakan masih minimnya informasi mengenai air terjun beruang itu sendiri. Karena masih minim pengunjung, kondisi alam yang terdapat di tempat wisata air terjun beruang ini masih asri. Untuk lebih jelasnya, tempat wisata air terjun beruang ini berada di desa tumbang baraoi.

Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah - Air Terjun Beruang
Wisata Air terjun di Kalimantan Tengah – Air Terjun Beruang
  • Wisata Air Terjun Bitah Samba

Tempat wisata air terjun bitah samba yang terletak di kalimantan tengah ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat diminati oleh masyarakat kalimantan, khususnya kalimantan tengah. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun bitah samba ini Anda memerlukan setidaknya 8 jam perjalanan yang dimulai dari pos tosah atau pos bayangan. Medan yang harus ditempuh untuk bisa mencapai lokasi air terjun bitah samba ini sangat menantang. Karena Anda haruslah melewati anak sungai, sesekalinya melewati jalanan yang menanjak melalui tebing di pinggiran sungai. Namun Anda haruslah berhati – hati ketika melewati jalanan yang menanjak tersebut karena jalannya licin, tidak sedikit orang yang harus jatuh bangun untuk bisa melewati jalan ini.

Wisata air terjun di kalimantan tengah - air terjun Bitah Samba
Wisata air terjun di kalimantan tengah – air terjun Bitah Samba

Perjalanan ini harus Anda tempuh sebelum mencapai pos shelter sei dahiei yang merupakan pos sebelum Anda mencapai pos tosah atau pos bayangan tersebut. Pada pos tosah atau pos bayangan ini Anda juga bisa memancing ikan atau menghilangkan penat dengan cara mandi. Namun tak sampai di situ perjalanan Anda untuk bisa mencapai air terjun bita samba, karena setelah sampai di pos tosah atau pos bayangan Anda harus berjalan lagi ke hutan belantara. Pada tahap ini Anda haruslah memiliki stamina yang prima karena tekstur tanah yang tidak rata atau naik turun akan mengakibatkan berkurangnya stamina Anda secara signifikan.

Perlu diperhatikan bahwasannya dalam perjalanan ini Anda akan menemukan berbagai macam jenis ular yang bergelantung di dahan pohon, alangkah baiknya jika Anda berhati – hati. Selain harus berhati – hati pada ular, Anda juga harus berhati – hati serangan lebah yang mengamuk. Setelah sekian lama melakukan perjalanan tersebut, maka Anda akan menemui air terjun bitah samba tersebut. Semua perjalanan Anda yang penuh dengan keseruan tersebut akan terbayar ketika Anda sudah sampai di lokasi air terjun bitah samba tersebut.

Baca Juga Artikel  :

Anda juga bisa mandi di air terjun bitah samba tersebut asalkan Anda benar – benar kuat akan kedinginan, karena air terjun bitah samba tersebut sangat dingin jika digunakan untuk mandi. Anda juga harus membawa perbekalan yang cukup karena mengingat jarak tempuh tadi yang sangat lama. Sebenarnya air terjun bitah samba ini memiliki kategori ketinggian yang terbilang tidak cukup tinggi. Pada air terjun bitah samba ini terdapat kolam yang begitu luas yang memiliki air yang sangat jernih.

  • Wisata Air Terjun Nusi

Air terjun yang satu ini terbilang masih belum banyak terjaman oleh para wisatawan. Air terjun yang berlokasi di tengah hutan di Desa Kajamei, Kecamatan Bukit Raya ini harus dilalui dengan perjalanan selama 1 jam dengan melewati hutan serta sungai yang membentang. Meskipun air terjun nusi ini terbilang tidak begitu tinggi, namun debit airnya terbilang cukup besar hingga seperti membentuk aliran sungai. Setelah sampai di air terjun nusi, semua rasa lelah Anda akan terbayarkan. Ketika tiba di sana, Anda bisa merendam kaki Anda setelah lelah menempuh perjalanan panjang. Air yang mengalir dari air terjun nusi ini terasa sangat segar dan jernih.

Wisata air terjun di kalimantan tengah - air terjun Nusi
Wisata air terjun di kalimantan tengah – air terjun Nusi
  • Wisata Air Terjun Temanggung Tuyang

Salah satu tempat wisata air terjun di kalimantan tengah yang bernama air terjun temanggung tuyang ini untuk mencapai lokasi air terjunnya terbilang sangat mudah dan Anda juga tidak perlu repot – repot harus pergi ke hutan belantara. Debit air yang dihasilkan dari air terjun ini terbilang cukup besar, namun cekungan dasar air terjun tidak begitu luas, justru hanya membentuk seperti bentuk aliran sungai. Airnya sangat segar dan begitu jernih, Anda bisa bermain air di sekitar air terjun ini. Untuk bisa di air terjun temanggung tuyang ini Anda tidak harus melalui medan yang sulit, sebab akses jalannya mudah. Lokasinya tepat berada di Desa Tumbang Manggu Kecamatan Sanaman Mantikei.

Wisata air terjun di kalimantan tengah - air terjun Tamanggung Tuyang
Wisata air terjun di kalimantan tengah – air terjun Tamanggung Tuyang
  • Wisata Air Terjun Tumbang Habangoi

Selain tempat wisata air terjun bitah samba dan sungai dahei, di desa tumbang habangoi juga terdapat tempat wisata air terjun yang bernama air terjun tumbang habangoi. Air terjun yang tersembunyi di antara hutan belantara ini bisa dituju dengan melakukan perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan melewati hutan serta sungai. Air terjun ini terletak di Desa Tumbang Habangoi. Apabila Anda menuju ke sana, Anda perlu untuk menyiapkan air minum dan cemilan yang cukup untuk berjaga – jaga apabila Anda lelah dan lapar selama perjalanan. Karena medan yang cukup sulit serta perjalanan yang cukup jauh, apabila Anda tidak tahu jalan maka Anda bisa memanfaatkan jasa pemandu wisata untuk mencegah Anda tidak tersesat di tengah perjalanan.

Wisata air terjun di kalimantan tengah - air terjun Tumbang Habangoi
Wisata air terjun di kalimantan tengah – air terjun Tumbang Habangoi
  • Wisata Air Terjun Patih Mambang

Air terjun yang memiliki ketinggian 10 – 20 meter ini memiliki air yang jernih. Ketika pergi ke sana, Anda bisa menikmati genangan air dengan berenang atau hanya sekedar bermain air di tepian. Air terjuan yang satu ini memiliki kolam yang cukup luas, sehingga Anda akan bisa puas untuk bermain air di sana. Anda akan merasakan kesejukan air yang luar biasa ketika di sana. Selain menikmati kejernihan dan kesejukan air, Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau di sekitar air terjuan. Pemandangan asri yang menyejukan mata ini mampu untuk menambah keindahan dari air yang jatuh dari ketinggian 10 – 20 meter tersebut. Lokasi air terjun ini berada di daerah Keraya, kawasan Wisata Bugam Raya.

Wisata air terjun di kalimantan tengah - air terjun Patih Mambang
Wisata air terjun di kalimantan tengah – air terjun Patih Mambang

Nah itulah tadi 13 wisata air terjun di Kalimantan Tengah yang wajib dikunjungi. Pastikan bahwa Anda dalam kondisi yang fit dan stabil  jika ingin pergi ke tempat wisata yang direkomendasikan tersebut. Karena dari ketiga belas tempat wisata yang direkomendasikan tersebut memiliki medan perjalanan yang begitu sulit untuk dilalui. Selain itu, juga harus diperhatikan bahwasannya Anda juga perlu menyiapkan perbekalan yang cukup agar Anda tidak kelaparan atau kehausan ketika menempuh medan tersebut.

Bagi Anda yang sudah pernah pergi ke ketiga belas tempat wisata air terjun tersebut pastinya sudah tidak bingung untuk mencari jalan menuju lokasi masing – masing tempat wisata tersebut. Namun bagi Anda yang masih pertama kali ingin pergi ke ketiga belas tempat wisata air terjun tersebut alangkah baiknya jika menggunakan jasa pemandu wisata agar Anda tidak tersesat ketika sedang melakukan perjalanan. Karena hampir sebagian besar perjalanan yang akan Anda tempuh tersebut merupakan medan yang berat dan belum Anda pahami betul.

Manfaat Berwisata Alam

Sedikit informasi mengenai manfaat berwisata alam. Semua orang pasti senang pergi berwisata, apalagi sekarang tempat – tempat wisata sudah kian menjamur di mana – mana. Ada banyak sekali tempat – tempat wisata yang bisa di eksplore untuk dinikmati keindahannya. Ada begitu banyak pilihan tempat untuk berwisata, mulai dari wisata buatan hingga wisata alam. Adapun pilihan tempat – tempat wisata alam ada beragam pilihan, mulai dari wisata ke gunung, wisata ke bukit, wisata ke kebun, wisata ke taman, wisata ke pantai, wisata ke danau, wisata ke hutan, wisata air terjun, dan masih banyak lagi. Masing – masing tempat wisata memiliki pesonanya masing – masing yang mampu untuk menghipnotis para pengunjungnya. Di tiap – tiap daerah memiliki tempat wisata andalannya masing – masing. Terrmasuk di Kalimantan Tengah, di sana terdapat berbagai wisata alam, di mana salah satunya adalah air terjun. Terdapat rekomendasi 13 wisata air terjun di Kalimantan Tengah yang wajib dikunjungi oleh setiap wisatawan domestik atau pun asing yang pergi ke sana. Lantas apa saja sih manfaat yang bisa Anda peroleh ketika pergi berwisata alam, berikut penjelasannya:

  • Menenangkan pikiran dan menghilangkan stress

Ketika pergi berwisata alam, Anda akan mampu untuk membuat pikiran yang tertekan menjadi lebih tenang, otak yang merasa stress bisa kembali rileks. Apabila pikiran Anda tenang dan jauh dari stress maka Anda akan mampu untuk menjadi pribadi yang lebih produktif dan lebih fokus.

  • Meningkatkan semangat

Setelah Anda pergi melepas ketegangan dan beban dengan berwisata alam, maka Anda akan merasa lebih senang dan tenang. Hal inilah yang akan mampu membuat Anda untuk memliki energi yang baru dan menjadi lebih bersemangan serta lebih siap untuk menghadapi tantangan baru. Setelah Anda merasa tidak memiliki beban dan lebih senang, maka semangat Anda akan semakin meningkat.

  • Menumbuhkan kepedulian terhadap alam

Ketika Anda pergi berwisata alam, maka Anda akan bisa mengetahui kondisi lingkungan alam sekitar. Tak jarang hal ini memunculkan rasa kepedulian untuk menjaga alam agar tetap lestari serta tetap bisa dinikmati keindahannya. Maka dari itu dengan mengunjungi wisata alam akan mampu untuk menggugah kesadaran agar tetap menjaga alam sekitar.

Facebook Comments

Check Also

Air Terjun Tamanggung Tuyang

Wisata Kalimantan Tengah Yang Wow Banget – Kamu Perlu Mampir

Berbicara mengenai wisata memang tidak ada habisnya. Kebanyakan dari kita mungkin lebih banyak mengenal wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!