Home / Kalimantan / Kalimantan Tengah / Keindahan 4 Taman Nasional Kalimantan Tengah

Keindahan 4 Taman Nasional Kalimantan Tengah

Taman Nasional Kalimantan Tengah. Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang ada di negara Indonesia. Kalimantan Tengah berada di pulau Kalimantan. Untuk ibukota Kalimantan Tengah adalah Palangkaraya. Provinsi ini memiliki luas kurang lebih 157.983 km, dengan populasi jiwa lebih dari 1. 47. 878 untuk lai- laki dan populasi perempaun lebih dari 1.054.721. Provinsi ini memiliki 1 kota dan 13 kabupaten. Ada banyak suku yang tinggal di Kalimantan Tengah, seperti Dayak, Jawa, Banjar, Melayu, Madura, dan suku lainnya. Untuk agama mayotitas penduduk Kalimantan Tengah memeluk agama islam. Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang sangat indah, ada banyak hutan yang masih alami yang bisa anda temui di daerah ini. Bahkan Kalimantan Tengah memiliki salah satu wilayah dengan daya tarik dalam hal fauna dan flora, maka tidak heran ada banyak tempat alami yang ada di Kalimantan Tengah dijadikan sebagai objek wisata yang banyak diminati orang.

Di Kalimantan Tengah anda akan menemui beragam objek wisata alam yang layak untuk dikunjungi, bahkan taman nasional di wiayah Kalimantan Tengah. Terdapat 4 taman nasional Kalimantan Tengah, yaitu taman nasional Sebangau, taman nasional Tanjung Puting, taman nasional Bukit Baka- Bukit Raya, dan taman nasional konservasi anggrek hitam. Untuk taman nasional Tanjung Puting merupakan taman nasional yang masih sangat alami keberadaannya, dikelola oleh Balai taman nasional Tanjung Puting, jika anda berkunjung ke taman nasional ini maka anda akan melihat beragam keadaan hutan, misal saja hutan hujan tropis, hutan mangrove, hutan pantai, hutan sekunder, hutan rawa air tawar, dataran rendah, hutan tanah kering, dan hutan lainnya. taman nasional ini sangat luas, selain sebagai tempat untuk hidup flora dan fauna, taman ini juga bisa dijadika sebagai tempat rekreasi untuk anda yang ingin melihat kehidupan hutan. Ada banyak hewan yang hidup di hutan ini, salah satunya yang akan anda jumpai adalah orang hutan, anda bisa melihat kehidupan orang utan secara nyata di taman nasional Tanjung Puting.

Taman Nasional Kalimantan Tengah yang kedua adalah taman nasional Sebangau, merupakan taman yang berada di diantara sungai Sebangau dan sungai Katingan. Taman nasional ini merupakan wilayah yang memiliki potensi hutan gambut yang sangat luas, selain itu jika anda berkunjung ke taman ini maka anda akan melihat pesona indah ekosistem gambut yang berwarna hitam diperairan, dengan mengunjungi taman nasional ini maka liburan anda akan semakin menyenagkan. Untuk taman nasional yang ketiga yang terletak di Kalimantan Tengah adalah taman nasional Bukit Baka- Bukit Raya. Merupakan taman yang terletak di jantung pulau Kalimantan, bentuk dari taman ini memiliki perbukitan yang sangat luas, taman nasional ini merupakan taman dengan tipe ekosistem hutan hujan tropika pegunungan.

Jika anda berkunjung ke taman nasional ini maka anda akan menemukan beragam jenis flora dan fauna yang tidak mudah anda temukan ditempat lain. dan taman nasional yang keempat adalah taman nasional konservasi anggrek hitam, merupakan taman nasional yang memiliki beragam spesies anggrek. Yaman nasional ini didirikan pada tahun 2007, awal pertama pendirian taman ini adalah ketika seorang ilmuwan yang bernama Leon Budi Prasetyo menemukan anggrek hutan yang berada tidak jauh dari makam Raja Selimbau. Keindahan 4 taman nasional Kalimantan Tengah diatas wajib kita jaga, jika anda berkunjung maka pastikan juga untuk tetap menjaga lingkungan hutan tersebut.

Mengenal Lebih Dekat Keindahan 4 Taman Nasional Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah memang tetap menjadi salah satu primadona keberadaan hutan sebagai paru- paru bumi, khususnya di negara Indonesia, dengan adanya hutan atau taman nasional maka masyarakat Indonesia masih mampu menghirup udara segar yang ada disekitar. Selain itu taman nasional yang ada di Kalimantan juga berperan aktif sebagai tempat lindung berbagai flora dan fauna. Untuk masyarakat yang ingin mengunjungi taman nasional ini tidak ada salahnya, keindahan alam taman nasional juga tidak kalah dengan keindahan tempat wisata yang ada diluar negeri. Jika anda berencana untuk berwisata maka anda bisa berwisata mengunjungi keindahan taman nasional. Berikut ini adalah keindahan 4 taman nasional Kalimantan Tengah yang wajib anda ketahui, di 4 taman nasional ini anda akan menemukan  berbagai hal yang akan mengundang decak kagum.

  • Taman Nasional Tanjung Puting

Taman nasional Tanjung Puting merupakan taman nasional yang terletak di barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Pada awalnya taman ini hanya cagar alam dan suaka margasatwa yang telah ditetapkan oleh pemerintah Hindia Belanda di tahun 1937, kemudian pada tahun 1996 Tanjung Putting menjadi Taman nasional. Taman ini memiliki luas kurang lebih 415. 050 ha. Luas wilayah Tanjung Putting 300.040 ha untuk suaka margasatwa, hutan produksi seluas 90.000 ha, dan untuk kawasan perairan seluas 25.000 ha. Wilayah taman nasional Tanjung Putting meliputi kecamatan Hanau dan Seruyan Hilir kebupaten Seruyan dan kecamatan Kumai di Kotawaringin taman nasional ini berbatasan dengan laut Jawa disebelah selatannya, berbatasan dengan batas buatan disebelah utara dan timur, dan berbatasan dengan sungai Sekonyer, sungai Kumai dan laut jawa di sebelah baratnya.

Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Kalimantan Tengah.

Jika anda berniat berkunjung kesini maka anda bisa menikmati taman nasional Tanjung Putting dengan mengunjungi objek wisata Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, camp pondok Ambung, dan camp Leakey. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan ditaman nasional Tanjung Putting, pertama anda bisa mengunjungi Tanjung Harapan, merupakan tempat istimewa keberadaan orangutan, disini kita bisa melihat kehidupan secara liar. Kedua anda bisa mengunjungi camp Lakey, merupakan pos orang hutan yang terakhir, selama perjalanan menuju tempat ini anda bisa menggunakan kapal, pemandangan sekitar sangat menakjubkan. Ketiga, pondok tanggui, merupakan pondok atau tempat menginap yang berada ditempat alami, ketika bangun dari tidur anda akan melihat pemandangan alam sekitar yang sangat menakjubkan.

Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Kalimantan Tengah – Tanjung Puting

Jika anda berminat untuk mengunjungi taman nasional Tanjung Putting, maka anda bisa menggunakan pesawat terbang turun di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, selanjutnya dari pangkalan Bun anda bisa menggunakan taksi atau angkot. Biasanya untuk menikmati keindahan hutan ini anda harus menggunakan Kelotok, merupakan kapal yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat, semua aktifitas baik makan, tidur, mandi dan lain sebagainya bisa dilakukan diatas kapal. Dan penting diketahui bahwa jika anda ingin berkunjung ke taman nasional ini maka harus didampingi guide. Jika anda memiliki uang banyak maka anda bisa menyewa satu klotok untuk pribadi, namun jika budget anda pas- pasan maka sebaiknya anda bawa teman- teman anda untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga Wisata Populer di Kalimantan :

Pantai Pasir Panjang Singkawang

13 Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah yang Wajib Dikunjungi

7 Rumah Adat Kalimantan Tengah, Wajib Diketahui

  • Taman Nasional Sebangau

Tahukah anda bahwa di Kalimantan Tengah anda bisa menemukan sungai yang memiliki warna hitam karena kandungan Tannin yang cukup tinggi, hal ini disebabkan karena sungai tersebut ditumbuhi oleh gambut dengan kedalaman 1 hingga 17 meter. Sungai Koran ini termasuk taman nasional Sebangau. Untuk menikmati taman nasional Sebangau ini anda bisa menjelajahi selama kurang lebih 1 hari, dengan mengunjungi taman nasional satu ini maka anda akan melihat habitat orang hutan secara asli di hutan. Bahkan disungai Koran anda bisa menikmati pemandangan gabut juga berbagai jenis reptile langka, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan mengunjungi taman nasional Sebangau, anda bisa menaiki speedboat dan menikmati keindahan alam seikitar yang masih alami. Untuk menyusuri sungai ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam saja, namun keindahan alam ketika menyusuri hutan tidak bisa anda bayangkan, seperti sungai alami yang ada di hutan amazon, maka anda bisa menikmati keindahan hutan yang masih alami. Waktu terbaik mengunjungi taman nasional ini adalah diwaktu musim hujan, antara bulan Desember hingga bulan Februari, jika anda berkunjung diwaktu musim panas maka bisa jadi sungai tersebut kering, sehingga anda harus menikmati wisata dengan cara trekking, dan pastinya hal ini akan mengeluarkan banyak sekali tenaga.

Taman Nasional Kalimantan Tengah - Sebangau
Taman Nasional Kalimantan Tengah – Sebangau

Untuk anda yang ingin menikmati liburan mengunjungi taman nasioanl Sebangau, maka anda bisa menggunakan transportasi pesawat terbang, jika anda bertolak dari Jawa maka anda bisa memilih bandara Semarang, Jakarta, Surabaya, atau Yogyakarta. silahkan turun di bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya. Untuk biaya satu kali perjalanan anda bisa menyiapkan dana kurang lebih 2 juta. Selanjutnya anda harus melanjutkan perjalanan ke desa Kereng Bangkirai, untuk menuju desa tersebut maka anda bisa menyewa mobil dengan harga Rp 500.000 perharinya. Jika anda sudah tiba di desa Kereng maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor taman nasional, dan untuk mengunjungi hutan Sebangau maka anda bisa menggunakan speedboat dengan harga Rp 500.000 untuk 5 penumpang. Tempat wisata ini bisa anda nikmati selama satu hari saja, sehingga anda bisa menginap dihotel kota Palangkaraya, namun jika anda ingin merasakan tidur disekitar hutan maka sebaiknya nda bisa menyewa kamar di pos jaga sungai Koran, terdapat tiga kamar, dan satu kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Disekitar tempat ini bahkan terdapat gazebo besar dan menara pandang.

 

  • Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya

Keindahan 4 taman nasional Kalimantan Tengah memang mengundang penasaran masyarakat untuk menikmatinya, dan salah satu taman yang bisa anda kunjungi adalah taman nasional Bukit Baka- Bukit Raya. Taman nasional satu ini berada di jantung pulau Kalimantan. Tempat ini memiliki peranan yang besar dalam fungsi hidrologi, keadaan geografis tempat ini adalah hujan tropis yang berbukit- bukit. Didalam hutan ini anda akan mendapati beragam flora dengan presentase 817 jenis tumbuhan. Selain flora, banyak juga fauna yang hidup di taman ini, seperti beruang madu, musang, kesadu, lutung kelabu, owa ungko, kelempiau, dan masih banyak lagi fauna lainnya.

Taman Nasional Kalimantan Tengah - Bukit Baka - Bukit Raya
Taman Nasional Kalimantan Tengah – Bukit Baka – Bukit Raya

Jika anda tertarik untuk mengunjungi taman nasioanl Bukit Baka maka anda bisa melakukan banyak sekali aktifitas yang sangat menyengkan, misal saja air terjun Demang Uhud, merupakan air terjun patahan sungai Ella Hulu, udara disekitar air terjun ini sangat alami dan segar, jika anda berkunjung maka anda akan sangat takjub dengan kondisi alam sekitar. Di sekitar taman nasional Bukit Baka anda juga bisa menikmati mandi air panas, anda bisa mengunjungi Sepan Apoi, yang berada didaerah Batu panahan, udara dingin yang ada disekitar akan membuat kita nyaman menikmati air panas. Selain itu untuk anda yang menyukai olahraga extrim maka anda bisa mencoba pendakian dan arung jeram. Untuk pendakian anda bisa melakukan trekking menuju puncak Bukit Baka yang memiliki ketinggian 1. 617 mdpl, bisa juga melakukan pendakian kepuncak Bukit Raya, bukit Panjake, dan bukit Lesung. Dan jika anda tertarik dengan arung jeram maka bisa melakukannya di sungai Ella, wilayah resor siyei desa Belaban, kecamatan Menukung, Melawi. Selain itu anda juga bisa melakukan perjalanan mendidik dengan mengunjungi situs budaya.

Untuk mengunjungi taman nasional Bukit baka- Bukit Raya anda bisa menggunakan pesawat terbang, apalagi jika anda bertolak dari luar pulau. Anda bisa turun di Pontianak, dari Pontianak bisa melanjutkan perjalanan ke Nanga Pino dengan menggunakan bus umum 11,5 jam perjalanan, bisa juga melanjutkan naik pesawat dari Pontianak ke Sintang selama 1 jam, selanjutnya dari Sintang ke nago Pinoh dengan bus umum salaam 2, 5 jam perjalanan.

 

  • Taman Nasional Konservasi Anggrek Hitam

Merupakan taman nasional konservasi anggrek hitam yang ada di Barito Timur, Kalimantan Tengah. Disana anda akan melihat ada 10 hektar lahan hutan anggrek hitam, keberadaan hutan ini disebabkan karena ada banyak hutan sawit yang ada didaerah ini, sehingga keberadaan anggrek hitam diharapkan mampu mencegah tanaman ini punah. Hutan konservasi anggrek ini sudah ada sejak tahun 1965, dikelola dan dipelihara oleh warga sekitar secara turun temurun, Kita tahu bahwa keberadaan anggrek hitam ini sangat penting, apalagi tanaman satu ini pertama kali ditemukan di pulau Kalimantan. Jika anda ingin mengunjungi taman nasional konservasi anggrek maka anda bisa datang langsung ke Barito Timur, bisa menggunakan angkutan umum atau menyewa mobil sendiri, dengan berkunjung ketaman ini maka anda akan menemukan anggrek hitam yang tidak akan anda jumpai di wilayah lain. Jika anda datang dari luar pulau maka sebaiknya anda menggunakan pesawat untuk datang ke Kalimantan.

Taman Nasional Kalimantan Tengah - Konservasi Anggrek Hitam
Taman Nasional Kalimantan Tengah – Konservasi Anggrek Hitam

Tips Menikmati Keindahan 4 Taman Nasional Kalimantan Tengah

Pulau Kalimantan merupakan pulau yang masih memiliki keadaan alam yang masih alami, untuk berlibur anda sebaiknya menjelajahi terlebih dahulu alam di Indonesia, melihat keindahan tempat rekreasi tidak hanya ada di luar negeri. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda datangi di pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah, diantara tempat yang kami rekomendasikan adalah 4 taman nasional. Keindahan 4 taman nasional Kalimantan Tengah tidak perlu diragukan lagi, seperti yang sudah diulas diatas na da akan mendapatkan banyak sekali keindahan alam yang benar- benar masih alami, selain itu ada banyak flora dan fauna yang akan anda jumpai di taman nasional. Agar liburan anda sukses, sangat penting mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan selama liburan, selain itu ada beberapa tips yang bisa anda kethui untuk berlibur berkunjung ke 4 taman nasional diatas :

  • Atur liburan jauh- jauh hari

Untuk berlibur kepulau Kalimantan anda harus mempersiapkan segala sesuatu jauh- jauh hari, carilah tiket pesawat mulai sekarang, atur planning tempat mana saja yang akan anda kunjungi, jangan lupa juga sewa jauh- jauh hari segala transportasi yang bisa digunakan disana.

Destinasi Pariwisata Populer di Indonesia :

Eksotisme Kepulauan Karimun Jawa, Jepara Jawa Tengah

5 Destinasi Wisata Terbaik Yogyakarta

Pulau Pombo, Surga Di Timur Indonesia

Spot Snorkeling Pulau Pahawang

  • Bawa perlengkapan survival, barang- barang penting dihutan, dan pakaian yang nyaman.

Kali ini anda akan berkunjung dan berwisata ke hutan, maka gunakan pakaian yang nyaman digunakan, sedakan juga lotion anti nyamuk, pakai sepatu gunung, bawa sandal, jangan lupa bawa jas hujan, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Ajak teman atau keluarga jika ingin berhemat

Untuk menjelajahi hutan anda membutuhkan perahu dan guide, selain itu untuk menuju tempat taman nasional tersebut anda juga bisa menyewa mobil, harga perorang sangat mahal, agar lebih hemat maka anda bisa mengajak teman- teman anda untuk pergi bersama menikmati indahnya taman nasional di Kalimantan Tengah.

Facebook Comments

Check Also

Air Terjun Tamanggung Tuyang

Wisata Kalimantan Tengah Yang Wow Banget – Kamu Perlu Mampir

Berbicara mengenai wisata memang tidak ada habisnya. Kebanyakan dari kita mungkin lebih banyak mengenal wisata …

error: Content is protected !!