Karang Indah Selayar Makassar, Wisata Pantai Tebing Batu

17

Pantai Karang Indah terletak di Maradekayya Desa Mekar Indah, Bontolempangan,Kecamatan Buki, Kabupaten Pulau Selayar, Makassar. Desa ini terletak di pesisir barat kepulauan Selayar. Pantai Karang Indah terkenal dengan keindahan tebing batuan karst yang pada awalnya belum populer oleh masyarakat Maradekayya. Hingga pada tahun 2018 pemerintah mulai mengembangkan tempat ini sebagai objek wisata Desa Mekar Indah.

Menjadi Objek Wisata Favorit Warga Selayar

Sejak terbentuknya pantai ini pemerintah Desa membangun fasilitas yang penting untuk kenyamanan para pengunjung Pantai Karang Indah Selayar Makassar. Fasilitas-fasilitas yang terdapat pantai Karang Indah antara lain adalah gazebo dan tempat-tempat penjualan yang perlu agar meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Karang Indah Selayar Makassar

Sumber Gambar: KMS Tour

Jika kamu berkunjung ke Pantai Karang Indah kamu bisa menikmati aliran sungai dengan air yang jernih dari sungai bangsiang. Objek wisata ini berada tepat berada pada ujung sungai sehingga pengunjung dapat menikmati desiran aliran sungai.

  Wisata Hutan Desa Je'netallasa, Gowa dan Harga Tiket Masuk

Rute dan Lokasi Pantai Karang Indah Selayar Makassar

Untuk mengunjungi Pantai Karang Indah, kamu bisa melewati jalan poros menuju Kota Benteng dan melewati kampung Maradekayya. Jarak pantai dari Kota Benteng kurang lebih 16 km yang berada pada jalan poros Pamatata – Benteng. Sedangkan bagi para pengunjung yang datang dari luar bisa melalui pelabuhan Pamatata yang lokasinya kurang lebih 28 km dari Selayar.

Aktivitas dan Harga Tiket Masuk

Pada awalnya objek wisata Pantai Karang Indah Selayar Makassar tidak mengeluarkan biaya untuk masuk, namun kini untuk menikmati keindahan pantainya pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Wisata pantai ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Karang Indah Selayar

Sumber Gambar: Kilat

Selain menikmati indahnya batuan karang pada pantai ini kamu juga bisa menikmati berbagai spot foto yang telah pengelola pantai sediakan. Dengan latar belakang ombak dan batuan Karang kamu bisa mengabadikan kunjunganmu pada pantai Karang Indah Selayar Makassar. Berbagai dekorasi yang ada, juga bisa menjadikan fotomu lebih unik.

  Menikmati Sunset Pantai Losari Makasar

Pantai Karang Indah Selayar Makassar juga merupakan tempat yang asri karena ada banyak pohon disana. Kamu bisa berfoto pada salah satu jembatan dan latar belakang pohon hijau yang asri dan juga ombak pada Pantai yang biru. Desa ini memiliki lokasi yang cukup tinggi jika kamu bandingkan dengan desa lain, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian tebing batu karang.

Kamu bisa berfoto mulai dari gerbang selamat datang di wisata pantai ini. Kemudian ada dekorasi berbentuk hati sebagai pijakan pada bagian atas karang. Ada juga ayunan dimana kamu bisa berpose sambil duduk, beberapa gazebo beratapkan jerami yang cantik, serta jalanan dengan anak tangga berwarna biru yang senada dengan birunya air laut.

  Pulau Selayar, Maladewa Dari Ujung Sulawesi

Karang Selayar

Sumber Gambar: Travels Promo

Mempertahankan Bentuk Alami Pantai

Pantai yang pada awalnya kurang mendapatkan perhatian kemudian pada tahun 2018 mulai terkenal di kalangan masyarakat. Sehingga pemerintah Desa pada tahun 2018 mengembangkan potensi dari tempat wisata ini. Pemerintah desa membangun fasilitas bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai dengan lebih nyaman.

Agar pengunjung bisa berjalan dengan nyaman pada pantai ini maka dibangunlah jalan. Pemerintah Desa juga memikirkan agar pembangunan fasilitas tidak merubah bentuk alami dari pantai. Pengelola sengaja tidak merubah bentuk dasar dari pembatuan pantai Karang Indah Selayar Makassar.

Pembangunan fasilitas pantai tentu saja menambah jumlah pengunjung yang datang. Hal ini juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat setempat. Pemerintah juga menyiapkan tempat penjualan bagi warga sekitar sehingga perekonomian masyarakat juga semakin membaik.

 

Artikulli paraprakTempat Wisata di Subang, Dari Gunung Hingga Pemandian Air Panas
Artikulli tjetër4 Tempat Wisata di Sukoharjo yang Seru dan Paling Hits di Tahun 2022