Kebun Raya Bogor adalah salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Barat. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat bersejarah dengan bagunan yang ikonis. Kendati demikian, kamu nggak bakalan merasa bosan ketika berkeliling di tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Kebun Raya Bogor

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Kebun Raya Bogor adalah keindahan alamnya. Sampai saat ini, pemandangan alam yang ditawarkan benar-benar unik, dan tidak ada tandingannya. Ada banyak spot menarik yang bisa kamu temukan di area wisata yang satu ini, sebagaimana berikut:

Monumen Lady Raffles

Bangunan bercat putih ini punya peran penting dalam sejarah. Dikenal sebagai Monumen Cinta, bangunan ini bisa kamu lihat langsung ketika kamu masuk di gerbang utama Kebun Raya Bogor.

Danau Ginting

Adalah danau yang sangat menarik dengan cerita misteri yang jadi daya tariknya sendiri. Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka melihat hantu noni-noni asal Belanda. Daya tarik mistisnya inilah yang membuat danau tersebut juga sering muncul di acara-acara misterius di televisi. Sehingga, banyak orang yang penasaran untuk melihatnya.

The Hand of God

Penasaran nggak sih dengan patung ikonik yang satu ini? Adalah sebuah patung berbentuk tangan yang mengangkat laki-laki dengan kepalanya yang menengadah, sedangkan mulutnya tampak terbuka.

  5 Tempat Bukber Di Bandung yang Unik dan Enak

Nah, kalau sudah sampai disini, ada baiknya untuk tidak melewatkan mengambil gambar di patung tersebut.

Tugu Teijsman

Tugu yang satu ini terletak di sebuah taman. Bentuk tugu tersebut bakalan bikin kamu keinget dengan tugu yang ada di Mesir, yang disebut Obelisk. Di taman ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk, ditambah adanya tugu yang menambah aksen. Nah, pepohonan rindang bisa jadi background foto yang menarik.

Taman Meksiko

Taman Raya Bogor punya area yang sangat luasnya, dan nggak heran kalau kamu bakalan menemukan berbagai area taman yang tersedia. Salah satu taman yang wajib kamu singgahi adalah taman yang terletak di gunung kecil di area kebun raya. Taman tersebut dikenal dengan sebutan Taman Meksiko.

Berbeda dengan taman sebelumnya yang tampak rindang, taman yang satu ini tampak gersang. Kamu bakalan merasa seperti sedang berada di area tandus dan gersang. Tentu, bikin kamu jadi inget dengan suasana di gurun. Bedanya, masih ada angin sepoi-sepoi yang bikin kamu tetap merasa sejuk sepanjang berkeliling di taman tersebut.

Ketika menikmati waktu di taman yang satu ini, kamu bisa melakukan beberapa hal menarik. Misalnya, kamu bisa menemukan ratusan tanaman. Tanaman-tanaman tersebut punya bentuk bervariasi seperti bentuknya yang kerdil, atau juga tinggi seperti tinggi manusia normal dan kesan unik. Taman Meksiko ini juga dilengkapi dengan adanya tiga sosok yang menggunakan topi ala Meksiko, atau dikenal Sombrero sambil membawa gitar. Tiga patung tersebut tampak berdiri di bagian sudut taman sehingga mempercantik area taman.

  Cantiknya Leuwi Hejo Curug, Bikin Betah Semua Pengunjung!

Pemakaman Belanda

Salah satu hal yang menarik dari Kebun Raya Bogor adalah keberadaan pemakaman. Pemakaman tersebut merupakan kuburan orang-orang Belanda. Hal ini dikarenakan dulunya, kawasannya dikelola oleh pemerintahan Belanda.

Laboratorium Treub

Untuk melengkapi area wisata agar tetap mendidik adalah dengan adanya fasilitas belajar seperti laboratoirum serta resort wisma tamu nusa indah. Kedua bangunan tersebut pasti sering kamu saksikan di FTV.

Banyak pengunjung yang dibuat jatuh cinta karena memang konstruksi jalan yang dibuat di area bangunan ini tampak seperti jaman Belanda. Kendati demikian, kedua bangunan tersebut hanya dibuka sebagai tempat untuk foto. Hanya sedikit pengunjung yang mau menikmati bagaimana interior kuno yang ditawarkan oleh kedua bangunan tersebut.

Jembatan Putus Cinta

Salah satu spot yang cukup menarik wisatawan, khususnya kalangan remaja adalah jembatan putus cinta. Tampaknya memang nggak ada yang istimewa di spot ini, etapi kamu bakalan melihat jembatan berwarna merah ala Belanda dengan panjang 25 sampai 30 meter.

  10 Wisata Alam Bandung dengan Lanskap yang Bakal Bikin Kamu Membisu. Sayang Banget Kalo Nggak Ditaklukkan

Jembatan ini cukup unik karena bakal bikin kamu terpancing dalam hal adrenalin. Ketika kamu berjalan di atas jembatan, mitos menyebutkan bahwa siapapun yang berhasil menyeberangi jembatan tersebut, maka bakalan bikin kandas banyak hubungan. Itulah kenapa banyak orang yang mengurungkan niat untuk menyeberangi jembatan tersebut.

Selain semua spot di atas, kamu juga bisa menikmati spot lainnya seperti berikut:

  • Zoo
  • Taman Astrid
  • Rumah Anggrek
  • Jalan Kenari
  • Makam Mbah Jepra
  • Taman Soedjana Kassan

Lokasi Kebun Raya Bogor

Lokasi Kebun Raya Bogor

Jl. Ir. Haji Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, 16122.

Untuk kamu yang ingin menuju ke lokasi, melalui arah Jakarta, ambil tol Jagorawi. Kemudian keluar di kilometer 40 ke arah Bogor. Ambil jalur kanan melalui Pajajaran dan kamu akan menuju ke Simpang Tiga Tugu Kujang. AMbil jalur kiri menuju ke Otto Iskandardinata. Kemudian, lanjutkan perjalanan terus sampai 700 meter dan ada simpang tiga. Di sebelah kanan, kamu sudah bisa menemukan pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor.

Harga Tiket Masuk

Jam operasional; 07.30 pagi sampai 16.00 sore

Harga tiket masuk; 15.000 per pengunjung lokal dan 25.000 untuk wisatawan asing.

By; Zee