Leuwi Hejo Curug adalah sebuah air terjun yang terletak di Bogor. Tempat wisata ini bisa dikunjungi di awal jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Tempat wisata ini sangat indah, yang bakalan bikin kamu betah berlama-lama. Walaupun jam operasionalnya nggak dibatasi, tapi tetap saja sebaiknya untuk terus antisipasi dengan langsung balik ketika hari mulai petang.

Salah satu alasan kenapa banyak wisatawan yang memilih berkunjung ke wisata ala mini adalah karena pesonanya. Banyak wisatawan yang bisa menghilangkan penat karena airnya yang segar. Berbicara tentang namanya yang disebut Leuwi Hejo, tentu saja ada  maknanya.

Leuwi diambil dari kata tempat pemandian seperti sungai, sedangkan Hejo adalah hijau. Airnya tampak kehijauan karena sebenarnya adalah merupakan pantulan dari gradasibiru kehijauan. Hal ini dikarenakan air di pemandian alami tersebut sangatlah jernih.

Nama lain dari Leuwi Hejo Curug ini adalah Curug Bengkok. Hal tersebut dikarenakan aliran air yang ada pada air terun tersebut dilengkapi dengan sungai berkelok. Jadi, pemandangan ini tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan air terjun yang ada. Nah, keberadan Leuwi Hejo juga menjadi salah satu tambahan destinasi menarik alami, selain Tebing Keraton Bandung.

Mitos Di Leuwi Hejo Curug

Pemandian di area curug ini juga baru dibuka untuk seluruh wisatawan di tahun 2014. Setelah itu, destinasi wisata ini jadi begitu populer. Salah satu alasan mengapa bisa populer adalah karena adanya cerita mistis.

  Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Liburannya Lengkap Banget!

Masyarakat percaya bahwa siapapun yang ingin berniat jelek misalnya ingin mengotori area Leuwi Hejo dan melakukan hal-hal di luar norma, bahkan berkata jelek, maka nasib buruk akan menimpanya. Bahkan, disebutkan bahwa siapapun itu pasti nanti akan tidak selamat ketika hendak pulang nanti. Wow, cukup bikin ngeri juga ya!

Selain itu, mitos lainnya adalah bahwa masyarakat beranggapan adanya Nyi Blorong dan Mbah Uyud Marsinah. Sampai saat ini, tidak ada yang tahu bagaiman kedua tokoh tersebut bisa berkaitan satu sama lain. Kendati demikian, nama Mbah Uyud Marsinah muncul ke permukaan karena adanya peninggalan yaitu berupa kuburan yang ada di Curug Leuwi Hejo.

Walaupun tampak angker, tidak ada yang emrasa kapok untuk mampir ke destinasi wisata yang satu ini. Wlauapun ada cerita yang cukup bikin bergidik ngeri, setidaknya semua mitos di atas sangat membantu untuk mengurangi para pengunjung yang suka mengotori dengan sampah atau lainnya.

Daya Tarik Curug Leuwi Hejo

Ketika di area Curug Leuwi Hejo, kamu bakalan disuguhkan dengan pemandangan alam yang rindang. Panyak pohon yang menambah nuansa alami. Selain pemandangannya yang hijau, ada juga air yang begitu jernih. Bakalan bikin kamu bener-bener lupa deh sama rumah.

  7 Hal Yang Bikin Tebing Keraton Bandung Jadi Primadona

Ketika kamu berada di area parkir, kamu nggak langsung bisa menemukan spot wisata ini. Akan tetapi, kamu harus melakukan perjalanan dengan cara jalan kaki atau trekking. Kamu harus mengikuti rute jalan yang sudah disiapkan dengan jarak sekitar 300 km. sepanjang perjalanan, kamu juga bakalan diperdengarkan dengan suara alam seperti gemericik air yang benar-benar bikin nggak sabar untuk segera sampai ke tujuan.

Curug Leuwi Hejo

Di spot kolam pemandian ini, kamu nanti pasti bakalan merasa terpukau banget. Hal ini dikarenakan areanya yang tertutup rimbunan pohon, sehingga tampak tersembunyi. Apalagi begitu kamu melihat pemandangan kolam alami yang terkesan seperti surga yang tak terjamah.

Kamu bisa bermain air, berenang, atau bahkan bersantai dengan menikmati bekal yang sudah kamu siapkan. Atau, kamu juga bisa menguji nyali yaitu dengan cara melompat dari batu kemudian berenang. Pastikan untuk melakukan hati agar tidak membahayakan diri. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru seperti mendaki dari satu spot menuju ke spot lainnya.

Bahkan, tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan banyak spot menarik supaya kamu bisa selfie atau mengambil video. Daya tarik wisata ini adalah adanya beberapa air terjun yang berada di sekitar lokasi. Misalnya, kamu bisa menemukan Curug Cepet, Leuwi Liyek, dan Curug Barong.

  Tempat Wisata Bekasi Keren, Fasilitas & Harga Tiket Trans Snow World

Fasilitas di Leuwi Hejo Curug

Kesadaran masyarakat dalam menjaga potensi wisata di tempat ini sangatlah tinggi. Mereka sadar untuk tetap memperhatikan kenyamanan para pengunjung. Nggak cuman didukung dengan fasilitas yang lengkap, curug ini juga punya nilai yang baik terutama dalam hal kebersihan.

Selain parkir yang luas, kamu juga bisa menggunakan fasilitas lain seperti warung makan, atau area penitipan helm. Sedangkan untuk MCK juga tampak diperhatikan. Bahkan, ada tim SAR di area wisata ini yang sigap membantu keamanan seluruh pengunjung.

Fasilitas dan Tiket Masuk Leuwi Hejo Curug

Cara Menuju ke Lokasi

Bagi pengunjung dari arah Jakarta dengan menggunakan mobil, kamu bisa menggunakan tol menuju ke Jagorawi, dan exit di bagian tol Sentul. Ambil jalur kiri ke Gerbang Sentul Circuit. Ambil bagian kanan ke SICC atau juga disebut sebagai Sentul International Convention Center. Jika sudah ada pertigaan, belok kiri lalu ambil arah lurus sampai ada pertiggan yang menuju ke Gunung Pancar atau ke Sekolah Taruna Bangsa.

Itulah informasi yang bisa kamu simak tentang Leuwi Hejo Curug. Kamu juga bisa berkunjung ke tempat lainnya di Bogor. Salah satunya adalah Kebun Raya Bogor, semoga bermanfaat!

By; Zee