Liburan papua, terutama di Kepulauan Padaido berarti kamu akan menuju ke bagian utara pulau Papua. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang sangat lembut yang bikin kamu berasa seperti sedang menginjak bubuk tepung. Jika kamu berada di Pulau Biak, Papua maka kepulauan ini bisa ditemukan di sebelah timurnya.

Nah ada banyak keindahan dan juga kakayaan alam yang tersembunyi yang bisa kamu Nikmati selagi kamu berada di Kepulauan yang satu ini. Apalagi pada zaman seperti ini terasa sangat sulit mencari di mana masyarakat yang masih menjalankan kehidupan yang sangat sederhana dan bergantung dari hasil alam yang mereka kelola secara tradisional.

Kamu mungkin akan merasa heran ketika melihat bagaimana masyarakat yang ada di sana menggunakan bulu ayam untuk menangkap ikan. Ikan yang ditangkap juga menarik, yaitu sangat besar. Bahkan, besarnya seperti lengan orang dewasa.

Cantiknya Liburan Papua ke Kepulauan Padaido

Liburan Papua Menuju ke Kepulauan Padaido

Perjalanan menuju ke kepulauan Padaido tidaklah mudah. Kamu harus menggunakan perahu bermotor dan memulai perjalanan dari pelabuhan Titoti yang ada di Biak Timur. Bagi masyarakat lokal perahu bermotor tersebut disebut dengan Johnson karena memang itu adalah merek mesin motor tersebut yang dibuat oleh pabrikan Kanada.

Padahal eksistensi mesin tersebut digunakan hanya pada sampai tahun 1991. Mesin-mesin yang ada saat ini. Tersedia dalam berbagai merk mulai dari Yamaha Honda Suzuki dan masih banyak lainnya namun masyarakat lokal masih saja menyebut sebagai Johnson

  Wisata Papua Indah, Desa Kwatisore dan Pantai Harlem

Perahu motor akan dikemudikan oleh seorang motoris yang juga harus mampu membaca arah angin ombak juga bintang saat malam hari. Pengetahuan tersebut sangat penting karena jika masih minim pengetahuan tersebut maka sangat beresiko jika perahu terseret menuju ke lautan bebas.

Perahu kemudian akan dikemudikan untuk menyusuri jalur sebelah Selatan yang lebih panjang berbeda jika masih melewati bagian utara maka angin dan ombak dari samudra Pasifik bisa menarik menuju ke tengah lautan.

Kepulauan Padaido buat liburan Papua betah

Pulau Samberpasi Yang Terkenal

Salah satu bagian dari kepulauan padaido yang cukup populer di kalangan wisatawan asing adalah pulau Samberpasi. Kepulauan ini punya 21 Pulau namun 8 pulau lainnya tidak berpenghuni. Pulau samberpasi adalah salah satu pulau yang memiliki penduduk. Nah Jika kamu berasal dari pelabuhan Titoti maka kamu bisa menuju ke pulau tersebut setelah menghabiskan waktu 2 hingga 3 jam

Perjalanan liburan Papua akan terasa sangat mengesankan karena adanya pemandangan pulau-pulau yang kecil yang tampak hijau dengan lautan yang biru. Bahkan di beberapa tempat tampak airnya begitu jernih dan bahkan kamu bisa melihat dasarnya.

Ada banyak ikan berlalu-lalang dengan terumbu karang yang tampak terlihat dengan jelas walaupun kamu masih berada di atas Perahu. Setelah menghabiskan perjalanan liburan papua selama 1 jam kamu bisa turun sejenak untuk merasakan berada di laut yang tidak begitu dalam sehingga air laut hanya setinggi mata kaki. Pengalaman ini bisa kamu rasakan Terutama ketika lokasi Pulau sudah dekat yaitu hanya sekitar 1 km lagi.

  Pulau Nusi, Wisata Papua Buat Ngilangin Stress dan Snorkeling

Untuk kamu yang penasaran tentang bagaimana air tersebut hanya setinggi mata kaki itu tentu adalah karena memang dahulunya tempat tersebut merupakan bagian dari pulau namun kemudian terkikis karena sering terhempas ombak. Ketika air sudah setinggi paha orang dewasa Bahkan kamu juga bisa loh langsung melihat ikan-ikan yang berenang dengan sangat tenang.

Memancing di Samberpasi

Semakin dekat dengan lokasi Pulau samberpasi kamu bisa memancing. Aktivitas memancing bisa dengan menggunakan umpan seperti ikan-ikan yang kecil atau bahkan bisa menggunakan bulu ayam kuning atau merah. Kamu juga mungkin akan merasa bahagia karena tidak perlu menunggu terlalu terlalu lama untuk ikan-ikan sebesar lengan orang dewasa langsung memakan umpan yang kamu sediakan.

Ada banyak jenis ikan yang tinggal di daerah ini seperti ikan bubara, kakap merah, tengiri, kerapu sampai hiu. Daerah ini juga memiliki hasil laut yang sangat melimpah terutama seperti kepiting dan lobster. Karena kekayaan lautnya yang sangat luar biasa penduduk lokal seringkali menangkap ikan kapanpun tanpa mengenal waktu.

Mereka bisa menggunakan sampan untuk menuju ke tengah laut dan mulai menangkap ikan. Selain itu perahu milik penduduk lokal juga tampak unik karena terbuat dari batang pohon dan di bagian tengahnya ditambahkan cekungan. Lalu mereka menggunakan simpang atau jadi untuk dijaga supaya perahu tersebut tetap imbang atau tidak oleng ketika diterpa ombak.

  Pulau Ahe, Pulau di Papua Yang Cantik Buat Liburan

Akomodasi di Kepulauan Padaido

Sampai saat ini tempat wisata ini masih belum terlalu ramai. Sehingga destinasi wisata ini menjadi pilihan yang tepat terutama untuk kamu yang ingin melepas penat. Tidak banyak orang yang tahu tentang kepulauan yang ada di Papua ini.

Itulah mengapa sarana transportasi yang tersedia juga masih terbatas sehingga kamu harus menyewa perahu bermotor. Jika ingin tinggal di daerah kepulauan ini kamu juga hanya memiliki pilihan dengan tinggal di rumah penduduk.

Liburan Papua Dengan Berkunjung ke Pulau Runi

Nah untuk kamu yang merasa bosan dengan wisata bahari atau wisata laut yang ditawarkan di Raja Ampat dan Bali cobalah untuk memilih alternatif lainnya yaitu berkunjung ke kepulauan Padaido. Jika kamu Penasaran dengan sensasi berkunjung ke sebuah pulau yang tidak memiliki penduduk cobalah untuk menuju ke pulau Runi. Atau, buat kamu yang penasaran dengan kehidupan masyarakat desa di Papua, cobalah berkunjung ke Desa Kwatisore.

Pulau tersebut penuh dengan Karang dengan pantai yang ditutup Pasir Putih sedangkan di bagian tengahnya terdapat Telaga yang berwarna biru. Pulau ini jadi destinasi wisata paling favorit wisatawan asing dan di bagian utara nya sudah menghadap ke Samudera Pasifik. Pantai menarik lainnya di Papua adalah Pantai Harlem.

By; Zee.