Beranda Jawa Jawa Barat Pantai Batu Hiu, Pantai di Pangandaran Yang Mirip Tanah Lot!

Pantai Batu Hiu, Pantai di Pangandaran Yang Mirip Tanah Lot!

0
153

Pantai di Pangandaran, pantai apa yang paling cantik?Sebelumnya, kamu mungkin sudah baca beberapa destinasi pariwisata, khususnya wisata alam yang ada di Bandung. Nah, kali ini kami juga akan menambahkan salah satu destinasi wisata yang ada di Jawa Barat.

Pantai yang satu ini sedang populer dengan potensi kecantikan alamnya yang indah. Pantai Batu Hiu, inilah salah satu pantai di Pangandaran yang wajib kamu kunjungi. Walaupun namanya nggak sepopuler Tanah Lot, tapi begitu sampai di lokasi kamu bakalan jatuh cinta. Gimana enggak, pantai ini punya hal yang mirip dan bikin kamu langsung keinget Tanah Lot.

Lokasi pantai ini berada di Jawa Barat, tepatnya di Ciamis di pulau Jawa sebelah selatan dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tampilannya yang begitu mirip jelas bakalan bikin kamu langsung merasa seperti sedang di Tanah Lot.

Pantai Batu Hiu Pangandaran

Cerita Rakyat Tentang Pantai di Pangandaran, Pantai Batu Hiu

Konon, diceritakan bahwa 11 abad yang lalu, Kerajaan Mataram membuang beberapa pasukan. Sang komandan adalah Aki Gede dan Nini Gede. Mereka sampai di dataran Pantai Batu Hiu.

Cerita bermula saat Nini Gede meminta seluruh paukan yang tinggal di dekat pantai tersebut untuk mencari makanan. Kemudian, Ki Braja Lintang, salah satu pasukan punya inisiatif mencari makan di pantai dan berhasil menangkap ikan hiu. Aki Gede dan Nini Gede yang mengetahui hal tersebut langsung meminta Ki Braja Lintang untuk melepaskan ikan hiu kembali ke laut.

  Kebun Raya Bogor: Foto, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Setelah ikan hiu tersebut dilepas, ikan tersebut justru malah berubah wujud. Ikan tersebut tampak menjadi batu hitam yang sangat besar. Sampai saat ini batu hitam tersebut masih ada. Kendati demikian, derasnya air laut yang mengikis membuat batu hitam tersebut tampak tidak sama seperti awalnya.

Cara Menuju ke Pantai Batu Hiu, Pantai di Pangandaran Yang Populer

Untuk menuju ke pantai Batu Hiu, itu artinya kamu harus menuju ke Desa Ciliang, tepatnya di Kecamatan Parigi Kabupaten Ciamis. Jika kamu berada di Pantai Pangandaran arah selatan, pantai Batu Hiu ini hanya sekitar 14 km untuk dituju. Nah, Pantai di Pangandaran ini juga jadi salah satu wisata populer karena banyak yang penasaran dengan bentuk batunya.

Cara menuju ke lokasi pantai yang satu ini tergantung dari jenis kendaraan yang kamu gunakan. Misalnya, ketika kmau menggunakan transportasi umum seperti bis di terminal kota, maka ambil tujuan ke Pantai Pangandaran. Atau, kamu juga bisa naik bis dari tasik, lalu ambil bis dengan tujuan yang sama. Setelah itu, berhenti di Pantai Pangandaran.

  Stone Garden Bandung, Destinasi Wisata Yang Mendadak Hits!

Kemudian, terus bergerak menuju ke Pantai Batu Hiu menggunakan transportasi umum ke Cijulang. Naik ojek jadi pilihan satu-satunya untuk menuju ke pantai tersebut. Nah, untuk menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu harus memulai perjalanan menuju ke Baru Bulak Laut yaitu sekitar 16 km. Kemudian kamu bisa terus berjalan menuju ke Jalan Merdeka atau juga Jalan Raya Cijulang.

Pantai Batu Hiu, Pantai di Pangandaran Ciamis Jawa Barat

Jam Operasional Pantai Batu Hiu

Sampai saat ini, pihak pengelola pantai tidak memberikan ketentuan yang ketat mengenai jam operasional pantai. Kamu bisa berkunjung ke pantai yang satu ini kapanpun. Selain itu, pantai ini juga tersedia selama 24 jam. Kendati demikian, seluruh penjaga pantai juga tidak akan bekerja selama 24 jam. Jadi, ada baiknya untuk mempertimbangkan ketika berkunjung.

Misalnya, ada baiknya untuk berkunjung ke Pantai di Pangandaran ini saat pagi hari. Kamu bisa menungu matahari terbit. Atau, kamu juga bisa pulang setelah melihat matahari tenggelam yang sangat indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Hiu

Bagi kamu yang harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki, maka tiket yang dikenakan adalah 3.300 rupiah per pengunjung. Sedangkan untuk pengendara motor harus membayar sekitar 7.000 rupiah.

  4 Pesona Pantai Ujung Genteng

Pengunjung yang mengendarai mobil jeep atau sedan akan terkena biaya masuk sebesar 19.500 dan mobil carry adalah 36.000 rupiah. Harga bisa bervariasi tergantung pada jenis kendaraan yang kamu gunakan.

Fakta Menarik Tentang Pantai Batu Hiu

Berikut adalah beberapa fakta menarik yang harus kamu tahu tentang pantai batu hiu;

  1. Gerbang masuknya dibentuk seperti gua yang berlorong mirip ikan hiu.
  2. Terdapat wahana yang tersedia di ujung gua.
  3. Panorama luasnya Samudera Hindia adalah salah satu daya tarik yang tersedia
  4. Terdapat bukit kecil yan ada di tepi pantai yang juga enjadi spot foto yang menarik.
  5. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang.
  6. Matahari terbenam menjadi salah satu aktivitas yang populer dan andalan bagi seluruh pengunjung.
  7. Konservasi penyu hijau jadi salah satu daya tarik jika kamu tidak keberatan menuju sekitar 15 km dari barat pantai Batu Hiu.

Nah, itulah informasi yang bisa kamu simak tentang Pantai di Pangandaran yang cukup menarik yaitu Pantai Batu Hitam.

By; Zee

TIDAK ADA KOMENTAR

error: Content is protected !!