Home / Sulawesi / Sulawesi Selatan / Pulau Selayar, Maladewa Dari Ujung Sulawesi

Pulau Selayar, Maladewa Dari Ujung Sulawesi

Pulau Selayar merupakan sebuah pulau yang terletak Ujung Sulawesi. Keindahan Pulau selayar hampir menyamai Maladewa. Kondisi alam pulau yang tenang dan terisolasi menjadikan pulau Selayar sebagai mutiara yang masih terjaga keasliannya. Pulau dengan hamparan pasir putih yang luas dan perairan nan jernih. Selain itu, pulau ini didominasi oleh hutan tadah hujan dan Pulau Selayar tetap menawarkan keindahan pantai pasir putih yang cantik.

Pulau Selayar Sulawesi Selatan

Pulau Selayar Sulawesi Selatan

 

Pulau Selayar ini memiliki panjang 80 Km. Pulau ini merupakan pintu gerbang menuju Taman Nasional Taka Bonerate. Kepulauan Selayar memiliki sekitar 21 pulau dan atol. Taman Nasional ini memiliki taman bawah laut yang indah dan menawan. Kawasan atol Taka Bonerate merupakan yang terbesar ketiga didunia setelah kepulauan Marshall dan Maladewa. Taka Bonerate memiliki terumbu karang hingga beraneka ragam jenis ikan seperti duyung, penyu dan pari manta.

Sejarah Pulau Selayar

Pulau Selayar sudah terkenal sejak berabad lalu lamanya. Manuskrip Jawa Kuno Nagara Kertagama menyebutkan bahwa pada abad ke-14 terdapat kerajaan yang berkuasa di Kepulauan Selayar. Kerajaan Pra-Islam tersebut menjadi pusat perdagangan dan dikunjungi oleh pedagang dari China, Filipina, dan Thailand. Adapun bukti keberadaan Kerajaan di Pulau Selayar tersebut diperkuat dengan ditemukannya berbagai Artefak di sekitar pulau.

Peta Kuno Pulau Selayar

Salah satu penemuan yang paling penting adalah Gendang Dongson yang merupakan gendang terbesar di dunia. Menurut penelitian Gendang Dongson sudah berusia sekitar 2.000 tahun. Gendang ini diperkirakan berasal dari zaman perunggu. Artefak lain yang ditemukan adalah porselen Cina dan porselen Sawankholok (Thailand). Menurut penelitian diperkirakan bahwa pengaruh Islam masuk Selayar sekitar abad ke-16 yang dibawa oleh Kesultanan Ternate dari Maluku Utara.

Beragam Kuliner Pulau Selayar

Kuliner utama di Pulau ini adalah nasi santan yang dimasak memakai santan kelapa. Nasi santan dapat dijumpai hampir di setiap sudut Pulau Selayar. Salah satunya di Pasar lama Benteng Jalan Aroeppala, RA. Kartini, dan Jalan Syarif Al Qadri. Menu seafood seperti cumi bakar, udang, ikan bakar juga menjadi kuliner andalan di Selayar. Kuliner seafood utama adalah ikan bakar baronang yang diolah menggunakan bumbu cabai keriting, cabai rawit, garam, penyedap rasa, gula pasir, dan rasa asam dari belimbing.

Transportasi Ke Pulau Selayar

Perjalanan anda mulai dari kota Makasar menuju kota Tanjung Bira menggunakan Bus AC dari makassar. Bus ini biasanya berangkat jam 9 pagi dan tiba di Benteng sekitar pukul 7:30 malam. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Selayar menggunakan kapal Ferry sekitar 2 jam. Anda harus memperhatikan jika laut sedang pasang maka kapal tidak dapat melakukan pelayaran ke Selayar.

Alternatif lain, Anda bisa terbang menggunakan pesawat SMAC dari Makassar menuju Selayar. SMAC biasanya terbang tiga kali seminggu. Lama perjalanan dengan pesawat ini sekitar 40 menit. Anda dapat menghubungi Kantor SMAC di Selayar: (+62) 414 21361 dan (+62) 81355222282. Atau Bandar udara Selayar Airport : (+62) 414 2700099, atau (+62) 85242016932.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!