Home / Sumatera / Aceh / 7 WISATA ACEH YANG POPULER DAN WAJIB DIKUNJUNGI

7 WISATA ACEH YANG POPULER DAN WAJIB DIKUNJUNGI

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak diujung pulau sumatera dan mempunyai beberapa Destinasi Pariwisata Populer. Wisata aceh sangatlah beragam, dimulai dari wisata religi, wisata pantai hingga wisata alam aceh. Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu wisata aceh yang terkenal. Tetapi pada artikel ini, kami merangkum 10 wisata aceh yang populer dan wajib dikunjungi oleh traveller.

Wisata Religi ACEH : Masjid Raya Baiturrahman

Salah satu tempat wisata religi terbaik yang harus dikunjungi ketika anda berada di Aceh adalah masjid raya Baiturrahman. Masjid ini merupakan masjid yang dibangun sejak pemerintahan Sultan Iskandar Muda ditahun 1606 hingga 1636. Dimasanya peranan masjid ini sangat penting dalam penyebaran agama islam ketika agama islam pertama kali muncul di Indonesia. Masjid ini ada banyak pelajar dari berbagai penjuru nusantara untuk belajar tentang islam. maka tidak heran jika Aceh dikenal sebagai serambi Makkah.

Wisata Religi ACEH : Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Di zaman penjajahan, peranan masjid ini juga sangat besar. Pernah dijadikan sebagai markas pertahanan rakyat Aceh. Masjid ini juga pernah dibakar oleh pasukan Belanda. Bahkan terdapat peristiwa tertembaknya Mayjen Khihler akibat tertembak didahi. Maka dibangunlah sebuah monument kecil di sebelah kiri masjid.

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid tertua yang ada di Aceh dan menjadi destinasi Wisata aceh yang populer. Masjid ini sudah direnovasi berulang kali sehingga penampilan arsitek masjid raya ini sangat memukau. Jika anda pergi ke Aceh tanpa mengunjungi masjid ini maka anda akan menyesal. Selain arsitektur yang sangat indah, masjid ini juga menjadi saksi bisu terjadinya tsunami dahsyat yang menghantam Aceh. Masjid ini memiliki desain interior dan eksterior yang sangat memukau. Berikut ini adalah interior dan eksterior masjid raya yang pantas dinikmati keindahannya :

  • 12 payung elektrik

Belum lama ini masjid raya Baiturahman memiliki payung elektrik berjumlah 12. Dengan adanya payung elektrik ini maka keindahan masjid khususnya serambi masjid semakin indah. Payung ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan memiliki lebar 14 meter. Payung ini semakin tampak indah karena mengelilingi kolam yang ada didepan masjid.

  • Keindahan arsitektur didalam masjid

Masjid ini awalnya dibagun dengan melibatkan arsitek Belanda serta pekerja dari Tiongkok. Bangunan masjid ini menggunakan arsitektur Eropa. Setelah berdiri masjid ini tidak langsung digunakan, karena sebagian muslim tidak setuju bahwa yang membangun masjid ini bukanlah orang islam. Setelah 10 tahun berlalu dan masjid dipenuhi semak belukar atas ajakan seorang ahli agama islam. Akhirnya rakyat mau dibujuk untuk beribadah dimasjid ini. Masjid Baiturrahman mengalami renovasi berulang kali, hingga terkenal memiliki keindahan layaknya taj mahal. Namun pembangunan terbaru ini masjid Baiturrahman malah mirip dengan masjid Nabawi yang ada di Madinah. Dengan keindahan ini maka tidak heran jika masjid Baiturrahman menjadi wisata religi yang selalu ramai dikunjungi.

Fasilitas Wisata Aceh : Masjid Raya Baiturrahman

Wisata Religi ACEH : Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Keindahan masjid raya baiturrahman telah membius masyarakat untuk mengunjungi, maka tidak heran jika anda berkunjung kesana maka anda akan meluhat banyaknya masyarakat yang berkunjung dan melakukan banyak hal di masjid ini. Selain sebagai tempat ibadah yang megah, disini anda juga bisa menikmati keindahan arsitektur yang megah dan indah. Bahkan jika anda tinggal disekitar masjid, anda bisa memasukkan anak anda ke taman pendidikan yang ada dilingkungan masjid.

DESTINASI PARIWISATA TERPOPULER INDONESIA

Air Terjun Mananggar Kalimantan Barat, Air Terjun Niagara-nya Indonesia

Spot Selfie di Tebing Breksi Yogyakarta

5 Destinasi Wisata Terbaik Yogyakarta

Jika anda berkunjung kesini anda akan disuguhi oleh berbagai fasilitas masjid, pertama anda bisa beribadah dengan khusuk disini, kedua fasilitas tempat parkir sangat luas, bahkan rencana akan dibangun tempat parkir diruang bawah tanah, ketiga adalah toilet wanita dan pria sangat luas dan sangat bersih, dilengkapi dengan beragam fasilitas yang dibutuhkan, kelima anda bisa menikmati keindahan masjid yang memiliki kolam sangat indah dipandang mata. Berkunjunglah ke masjid raya Baiturrahman, maka anda akan melihat arsitek yang sangat luar biasa.

Wisata Aceh : Air Terjun Blang Kolam

Untuk anda yang sedang mengunjungi Aceh kurang lengkap jika anda tidak mengunjungi beragam tempat wisata Aceh, ada banyak ragam tempat wisata yang layak untuk anda nikmati, mulai dari tempat wisata pantai, tempat wisata dikota banda Aceh, museum, tempat wisata alam seperti di Gayo, dan tempat wisata alam air terjun. Jika anda berada di Lhokseumawe, maka anda wajib mampir untuk menikmati keindahan alam berupa air terjun yang sangat segar. Kota ini sangat strategis dilewati oleh jalur distribusi perdagangan, oleh sebab itu jika anda sedang melewati kota ini maka kunjungi air terjun Blang Kolam. Lhokseumawe sendiri memiliki arti khusus, Lhok dan Seumawe dalam bahasa Aceh artinya teluk, palung laut, dan seumawe artinya air yang berputar. Air terjun yang ada di Lhokseumawe ini sangat indah untuk dinikmati, air terjun ini berada didalam hutan yang masih alami.

Wisata Aceh : Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam

Menikmati Keindahan Air Terjun Blang Kolam

Suasana hutan yang masih hijau dan alami akan menambah kedamaian untuk pengunjung yang datang, air terjun Blang Kola mini menyuguhkan keindahan yang pantas untuk dikunjungi. Memiliki ketinggian air terjun 75 meter, sehingga akan menciptakan suara gemuruh yang besar. Untuk menuju air terjun tidaklah mudah, dibutuhkan usaha dan perjuangan, jika anda sudah melewati gerbang maka anda harus melewati 660 anak tangga menuju air terjun. Walaupun hal ini sangat melelahkan namun selama diperjalanan anda akan menikmati kesegaran dan keindaha alam yang ada disekitarnya. Sesampainya di lokasi lelah anda akan terbayarkan oleh keindahan air terjun yang layak dinikmati. Berikut ini adalah hal- hal yang bisa anda lakukan di air terjun Blang Kolam :

  • Berenang

Ditempat ini terdapat kolam yang cukup lebar dan sangat cocok untuk berenang, anda bisa mengajak teman- teman anda untuk menikmati keindahan air terjun dengan cara berenang sepuasnaya ditempat ini. Untuk keamanan tidak perlu cemas, ada petugas yang selalu memantau jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Petugas akan sigap menolong anda.

  • Menikmati keindahan sekitar dan air terjun

Selain berenang, untuk anda yang malas basah- basahan maka anda bisa menikmati wisata santai anda dengan menikmati pemandangan alam sekitar, anda bisa membawa makanan dan minuman dari rumah dan bercengkrama bersama teman atau keluarga anda. Dengan menikmati keindahan sekitar maka akan membantu anda bersantai dari rutinitas yang sangat melelahkan ditempat kerja .

Fasilitas Dan Lokasi Wisata Aceh : Air Terjun Blang Kolam

Wisata Aceh Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam

Air terjun Blang Kolam merupakan wisata alam di aceh yang memiliki pesona, selain itu fasilitas yang tersedia cukup lengkap, untuk area parkir cukup luas, walaupun biaya untuk parkir cukup mahal namun keamanan kendaraan tidak perlu diragukan lagi. Selain fasilitas parkir, wisatawan juga sudah difasilitasi oleh tangga yang sangat terawatt sehingga perjalanan menuju air terjun lebih mudah dibanding tidak ada tangga yang menuju kesana. Selain itu ketika anda tiba ditempat ini akan melihat fasilitas toilet dan mushola yang dijaga kebersihannya, bahkan terdapat fasilitas charger handphone, sehingga untuk anda yang lupa membawa powerbank bisa mengcharger baterai handphone anda. Untuk pergi ke lokasi air terjun anda bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil, anda juga bisa menyewa mobil untuk menuju tempat ini. lokasi air terjun ini berada di desa Sido Mulyo, kecamatan Kuta Makmur. Jika anda dari Banda Aceh, maka jarak yang harus ditempuh 5 jam perjalanan. Berkunjunglah ke air terjun ini, maka anda akan melihat pesona air terjun yang sangat indah, anda bisa melakukan banyak hal bersama keluarga disini.

Wisata Alam Aceh : Air Terjun Suhom

Selain dikenal dengan nama Serambi Makkah karena masih memiliki ajaran agama islam yang sangat kuat, akeh dikenal juga memiliki potensi wisata yang besar. Ada banyak tempat wisata di Aceh yang layak dikunjungi, mulai dari wisata pantai, wisata pegunungan, hingga wisata alam seperti air terjun. Untuk pantai yang ada di Aceh memiliki pesona tersendiri, apalagi pantai di Aceh bertemu langsung dengan samudera Hindia yang memiliki ombak besar. Dan siapa sangka jika di Aceh anda akan menemui juga beragam air terjun yang merupakan tempat wisata aceh yang populer. Salah satu air terjun yang terkenal adalah air terjun Suhom. Air terjun ini mengalir dari mata air pegunungan langsung, bahkan jika anda berkunjung maka anda akan melihat hutan dan pemandagan yang masih alami dan sangat asri. Maka tidak heran jika ada banyak wisatawan yang datang ketempat ini.

Wisata Alam Aceh : Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom

Keindahan Air Terjun Suhom

Jika anda berniat pergi berkunjung ke air terjun Suhom, maka anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Untuk jalan menuju tempat ini sudah diaspal dengan baik, namun ada beberapa tanjakan dan tikungan yang tajam yang harus anda lewati. Namun walaupun jalan menuju air terjun cukup terjal dan sulit, tetapi pamandangan disekitar jalan sangat indah untuk dinikmati. Sehingga anda tidak akan mudah bosan menikmati perjalanan anda. ketinggian air terjun ini kurang lebih 50 meter, disekitar air terjun ini alam masih sangat asri dan hijau subur, untuk anda yang sibuk dalam pekerjaan kantor atau hiruk piruk kota bisa berlibur kesini untuk memanjakan diri. Air terjun ini juga memiliki tiga tingkatan, dan dibawah air terjun terdapat batu besar, namun dibawahnya lagi terdapat kolam yang bisa anda nikmati untuk berenang. Berikut ini adalah hal- hal yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi wisata air terjun Suhom :

  • Bersantai bersama teman

Anda bisa membawa bekal makanan dan minuman, bersantai dan menikmati keindahan alam yang ada disekitar, untuk menikmati air terjun anda tidak harus berenang, cukup melihat air terjun dan alam sekitar akan membuat hati anda tenang.

  • Berenang

Berenang di air terjun ini bisa anda lakukan dikolam yang memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter, memiliki lebar kurang lebih 5 meter. Untuk anak yang masih kecil atau untuk orang dewasa yang belum bisa berenang bisa bermain air dibawah terusan sungai, disana airnya cukup dangkal dan pastinya cukup aman untuk bermain air.

Fasilitas Wisata Aceh : Air Terjun Suhom

Wisata Alam Aceh : Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom

Air terjun ini ternyata selain tempat wisata aceh, tetapi juga dimanfaatkan untuk sumber energy listrik yang berbasis mikrhidro. Untuk fasilitas yang bisa anda dapatkan ditempat ini belum lengkap, pengelolaan masih dilakukan oleh masyarakat sekitar, dan belum dikelola langsung oleh pemerintah daerah. Namun anda bisa menjumpai beberapa fasilitas seperti lahan parkir, juga terdapat kamar mandi dan tempat ganti untuk bersih- bersih. Selain itu terdapat juga mushola untuk pengunjung muslim. Untuk keamanan masih sangat minim, sehingga untuk orang tua yang membawa anak- anak diharapkan selalu mengawasi anak- anaknya. Untuk anda yang tidak membawa bekal makanan juga bisa membeli disekitar air terjun, karena terdapat warung yang menjual beragam makanan. Untuk tiket masuk kedalam air terjun dikenai biaya sebesar Rp 5000, untuk kuliner yang bisa anda bawa pulang adalah durian, ada banyak pohon dan penjual durian disekitar air terjun Suhom ini. Ajaklah keluarga anda mengunjungi air terjun ini, sehingga liburan akan lebih terasa menyenangkan.

Wisata Aceh : Menikmati Keindahan Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk dikenal sebagai pantai saksi bisu terjadi tsunami, pantai ini secara langsung menghadap samudera Hindia yang memiliki ombak besar. Sebelum terjadinya tsunami pantai ini sangat terkenal, namun setelah terjadi tsunami pantai ini rusak. Pada awalnya masyarakat Aceh enggan pergi kepantai karena trauma akibat tsunami yang melanda Aceh ditahun 2004, namun seiring waktu masyarakat mulai datang lagi ke pantai, hingga akhirnya pemerintah memperbaiki struktur yang rusak dipantai ini. Pantai lampuuk ini memilki pesona tersendiri, warna pasir pantai lampuuk putih bersih dengan air laut yang terlihat bersih kebiruan, dipinggiran pantai anda bisa melihat rindang dan hijanya pohon pinus yang membuat pantai lapuk cukup rindang.

Wisata Aceh : Menikmati Keindahan Pantai Lampuuk
Menikmati Keindahan Pantai Lampuuk

Pesona Pantai Lampuuk

Keindahan wisata aceh, pantai Lampuuk memang tidak bisa dipandang sebelah mata, anda bisa melakukan banyak hal dipantai ini, keindahan alam yang ada disekitar juga bisa membuat hati damai. Berikut ini adalah hal- hal yang bisa anda lakukan dipantai Lapuuk :

  • Menikmati pantai dengan berjalan diatas pasir putih

Hambaran pasir putih yang ada dipinggir tidak bisa disia- siakan begitu saja, anda bisa melakukan hal- hal santai dengan berjalan diatas pasir putih, keindahan alam sekitar juga akan membuat hati anda tenang.

  • Berjemur dibawah terik matahari sembari bersantai

Untuk kita berjemur dibawah matahari hanya akan membuat kulit kita terkelupas oleh panasnya sinar matahari, namun untuk orang- orang asing berhjemur merupakan tujuan mereka datang kepantai, ada banyak turis asing yang akan anda temui disekitar pantai ini, dengan berjemur dan menikmati makanan disekitar maka liburan akan sangat terasa indah.

  • Berselancar

Ombak dipantai Lapuuk ini cukup besar, karena langsung samudera Hindia, oleh sebab itu anda akan melihat bayaknya wisatawan yang berselancar dipantai Lapuuk. Ombak yang besar dan tempat yang tidak berbahaya akan membuat olahraga selancar semakin menyenangkan.

  • Snorkeling

Selain berselancar bahkan anda juga bisa melakukan snorkeling, ada banyak ikan yang bisa anda lihat ketika melakukan snorkeling. Kehidupan bawah laut anda bisa melihat dan menikmatinya.

  • Banan boat

Bahkan anda juga bisa menikmati banana boat yang tersedia dipantai Lapuuk ini, dengan fasilitas ini maka liburan anda akan semakin terkesan

  • Mengunjungi konservasi penyu

And ajuga bisa mengunjungi konservasi penyu, disana anda akan melihat bayi penyu yang ada didalam kolam kecil. jika sudah dewasa maka bayi penyu ini akan dilepas dilaut lepas, dengan adanya konservasi penyu maka penyu tidak akan punah.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Wisata Aceh : Pantai Lampuuk

Wisata Aceh : Menikmati Keindahan Pantai Lampuuk
Menikmati Keindahan Pantai Lampuuk

Jika anda ingin berkunjung ke pantai Lapuuk ini, maka anda bisa memilih empat pintu masuk. Ada babah satu, babah dua, babah tiga, dan babah empat. Biasanya para wisatawan asing yang ingin berselancar bisa menggunakan babah tiga, untuk konservasi penyu anda bisa memilih babah dua, dan untuk wisatawan lokal biasanya lebih memilih babah satu dan babah dua. Ketika sore hari anda akan melihat betapa indahnya pantai ini, disisi lain anda juga akan melihat tebing- tebing yang berdiri kokoh. Dan dipantai ini anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Moment ini harus anda abadikan dengan foto.

Untuk anda yang tertarik dengan pantai ini maka bisa datang dengan menggunakan transportasi umum atau pribadi. Untuk anda yang menggunakan transportasi umum bisa memilih jurusan Banda Aceh Lhoknga, dan dibutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ditempat tujuan. Dan biaya masuk kepantai ini sangat murah, yaitu Rp 3000. Di hari libur atau minggu anda bisa mengajak keluarga anda menikmati liburan dengan dana murah meriah di tempat ini, liburan anda akan sangat menyenangkan.

Menikmati Wisata Aceh : Pulau Rubiah

Aceh merupakan wilayah Indonesia yang paling ujung barat, dikota ini anda bisa menikmati berbagai tempat wisata special, salah satu tempat wisata yang sangat pesial adalah pantai, hampir pantai bagian utara barat ini memiliki keindahan yang sangat pantas untuk dinikmati. Ombak pantai ini juga cukup besar, karena mengarah ke samudera secara langsung. Selain pantai, Aceh juga memiliki beragam pulau wisata. Salah satu pulau wisata aceh yang banyak dikunjungi wisatawan adalah pulau Rubiah. Pulau Rubiah masih satu wilayah dengan Sangang, yang mana nama tempat ujung barat wilayah Indonesia.

Menikmati Wisata Aceh : Pulau Rubiah
Menikmati Wisata Aceh : Pulau Rubiah

Pesona Indah Pulau Rubiah

Sabang memiliki beragam pulau indah yang banyak dikunjungi wisatawan, salah satu pulau yang banyak dikunjungi adalah pulau Rubiah. Pulau Rubiah ini adalah pulau tidak berpenghuni, memiliki keindahan yang wajib dikunjungi. Pulau Rubiah juga dikenal sebagai surga taman laut, karena anda akan bisa menemukan surga dibawah laut yang sangat indah. Untuk anda yang ingin berkunjung ke Rubiah bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Tempat snorkeling dan diving terbaik

Pantai rubiah memiliki pesona bawah laut yang sangat indah, maka tidak heran ada banyak wisatawan yang datang hanya untuk melakukan snorkeling atau diving. Pesona dalam laut yang masih alami menjadi nilau plus tersendiri. Untuk arus disekitar pulau Rubiah snagat tenang, sehingga anda bisa melakukan diving atau snorkeling sendiri, namun jika anda takut maka ada petugas yang akan membantu dan menjaga anda. didalam laut anda akan menemukan beragam ikat, seperti ikan nemo, ikan kepe- kepe, ikan karang, ikan botana biru, angel fish, dan masih banyak lagi jenis ikan lainnyta yang bisa anda temukan disini. Selain ikan, anda juga bisa mendapatkan beragam jenis terumpu karang, binatang laut, dan anemone laut.

  • Tempat bersejarah benteng pertahanan

Selain menikmati keindahan bawah laut, anda juga bisa menikmati benteng sejarah yang ada disekitar pulau Rubiah, walaupun benteng tersebut tidak dirwat dengan baik, namun anda masih merasakan tempat ini pernah menjadi tempat pertahanan negara Indonesia.

  • Menikmati keindahan bawah laut dengan menggunakan kapal

Jika anda tidak berani melakukan snorkeling atau diving, maka anda bisa menyewa sebuah kapal yang memiliki lantai kaca, dengan menggunakan kapal ini maka anda akan melihat betapa indah kehidupan dibawah laut. Air laut sangat jernih sehingga anda tidak cemas pemandangan laut akan teralihkan. Bahkan dengan menggunakan kapal ini anda bisa melihat pemandangan dibawah air laut dengan kedalaman 15 meter.

Fasilitas Wisata Aceh : Pulau Rubiah

Menikmati Wisata Aceh : Pulau Rubiah
Menikmati Wisata Pulau Rubiah

Pulau Rubiah merupakan pulau wisata aceh yang tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun sudah mulai dikenal juga hingga luar negeri, namun fasilitas yang ada di pulau ini masih minim, anda hanya akan menemukan satu penginapan dengan dua kamar tidur saja, karena semua orang biasanya akan kembali kepulau Iboih, untuk fasilitas mushola dan toilet juga belum ada, namun ada beberapa warung penjual makanan yang bisa anda jumpai di tempat ini. Dan untuk anda yang ingin melakukan snorkeling, disekitar pulau ini juga terdapat persewaan snorkeling.

WISATA ALAM TERPOPULER

Wisata Alam Taman Nasional Way Kambas

Taman Wisata Alam Muara Angke Amazon dari Jakarta

Eksotisme Kepulauan Karimun Jawa, Jepara Jawa Tengah

Maron Mangrove Edupark, Hutan Bakau Paling Hits di kota semarang

Pulau Rubiah ini sebenarnya masih termasuk pulau Weh, kota Sabang, untuk anda yang ingin datang kesini bisa menggunakan rute banda Aceh ke pelbuhan Ulee Lheue, kemudian naik kapal very kepulau Weh, kemudian anda harus menuju pantai Lboih, dan anda bisa melanjutkan kepulau Rubiah dengan menggunakan perahu motor atau speedboat. Untuk harga perorang diberandol dengan harga Rp 20.000, dan untuk sewa kapal kaca mulai Rp 350.000 untuk 10 sampai 15 orang. Keindahan pulau Rubiah wajib anda nikmati bersama keluarga anda atau orang- orang terdekat, dengan begitu maka anda akan menikmati keindahan alam bawah laut yang tidak bisa anda temui ditempat lainnya.

Objek Wisata Pantai Kuala Merisi

Aceh dikenal sebagai daerah yang memiliki wisata pantai yang indah, hal ini disebabkan oleh wilayah Aceh berada di ujung barat dan mengarah langsung ke Samudera Hindia, kebanyakan pantai yang ada diwilayah Aceh menawarkan pesona yang indah, memiliki pasir putih yang sangat lembut dan air laut yang sangat jernih. Salah satu pantai yang indah yang ada di wilayah Aceh adalah pantai Kuala Merisi, pantai ini merupakan salah satu wisata aceh yang rusak akibat dari tsunami di tahun 2004 yang melanda Aceh, setelah tsunami pemerintah mulai membangun dan menata lagi infrastruktur pantai. Hingga saat ini pantai ini masih menjadi pantai indah dan banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan.

Objek Wisata Pantai Kuala Merisi
Objek Wisata Pantai Kuala Merisi

Menikmati Keindahan Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi memiliki keindahan yang layak untuk dinikmati, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, anda dan anak- anak anda bisa bermain dengan bebas dipinggir pantai. Berikut ini adalah hal- hal yang bisa anda lakukan di pantai Kuala Merisi:

  • Bermain dan berenang dipinggir pantai

Garis pantai yang panjang membuat pantai ini aman untuk bermain dan berenang bersama keluarga anda. anda bisa melakukan beragam permainan dipasir, untuk anda yang menyukai olahraga maka bisa melakukan bola voly.

  • Berselancar

Selama ini kita tahu bahwa ombak pantai yang mengarah langsung ke Samudera Hindia memiliki ombak yang besar, begitu juga dengan ombak yang ada di pantai Kuala Merisi, memiliki ombak besar yang sangat cocok untuk berselancar. Bahkan disekeliling pantai terdapat alat persewaan selancar, dan tidak mengherankan juga jika ada banyak wisatawan asing yang datang ketempat ini untuk berselancar.

  • Menikmati matahari terbit dan terbenam

Pantai ini dikenal juga sebagai pantai yang sangat indah, walaupun sekarang sudah mengalami pembenahan akibat tsunami, namun keindahan pantai ini masih tetap bertahan. Waktu paling tepat untuk anda yang ingin menikmati pantai ini adalah pagi dan sore, diwaktu tersebut anda akan melihat suasana pantai yang sangat indah. Anda bisa mengabadikan moment indah tersebut dengan kamera.

  • Bersantai dibawah terik matahari

Untuk wisatawan mancanegara hal ini sering sekali dilakukan, dengan berjemur dipinggir pantai diatas pasir atau diatas tempat duduk yang sudah disesiakan akan membuat suasana hati menjadi tenang.

Fasilitas Pantai Kuala Merisi

Objek Wisata Pantai Kuala Merisi
Objek Wisata Pantai Kuala Merisi

Untuk fasilitas pantai Kuala Merisi sudah cukup lengkap, disini anda bisa menemukan dengan mudah toilet dan mushola, selain itu ada banyak tempat makan yang menyediakan beragam makanan, anda juga bisa menikmati sea food khas pantai ini. jika anda berkunjung disiang hari anda bisa menikmati es kelapa muda yang sangat nikmat dan segar. Dan jika anda membutuhkan penginapan, maka anda bisa menginap disejumlah penginapan yang ada di lokasi pantai ini.

Jika anda berminat maka segera datang kelokasi pantai yang beralamat di desa Keutapang, kecamatan Krueng Sabe, kabupaten Aceh jaya. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan umum, jika anda menggunakan kendaraan pribadi maka jika dari kota Banda Aceh anda bisa menuju daerah Calang, anda membutuhkan waktu 3 jam dengan jarak tempuh 149 km. Namun pantai ini lebih dekat dibanding ke daerah Calang, sehingga anda bisa tiba di pantai kurang dari 3 jam. Perjalanan memang cukup jauh, namun setibanya dipantai maka kelelahan akan hilang dengan sirna. Anda bisa mengajak keluarga dan menginap dilokasi ini untuk melihat keindahan sunsite dan sunrise.

Wisata Populer Aceh Pantan Terong

Aceh merupakan wilayah Indonesia bagian barat yang memiliki pesona wisata tersendiri. Ada banyak wisata Aceh yang layak dinikmati, banyak orang beranggapan bahwa Aceh hanya memiliki wisata pantai saja, namun ternyata Aceh memiliki tempat wisata aceh yang beragam, mulai dari tempat wisata museum, tempat wisata air terjun, hingga tempat wisata pegunungan. Salah satu tempat wisata pegunungan yang sangat populer saat ini adalah Pantan Terong. Tempat wisata Pantan Terong ini berada di daerah dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Keindahan ala mini tidak perlu diragukan lagi, Pantan Terong ini merupakan puncak sebuah bukit yang menawarkan keindahan alam dibawahnya. Pemandangan alam disekitarnya menjadikan banyak orang senang datang kesini.

Wisata Populer Aceh Pantan Terong
Wisata Populer Aceh Pantan Terong

Menikmati Wisata Pantan Terong

Ketika anda berkunjung ke Pantan Terong, anda akan melewati jalanan yang tajam dipenuhi tikungan curam, untuk kondisi jalanan sudah aspal halus, hanya saja anda harus tetap waspada terhadap kondisi jalanan yang menakutkan. Walaupun kondisi jalan cukup menakutkan, tetapi disekitar jalan anda akan melihat pemadangan yang sangat indah, sehingga anda tidak akan mudah bosan diperjalanan. Disepanjang jalan anda bisa melihat hamparan kebun, hutan oinus, dan lembah- lembah indah. Dipinggir jalan juga banyak dijumpai warung kecil yang bisa anda manfaatkan untuk istirahat. Ketika anda tiba dilokasi maka anda akan melihat keindahan alam didepan mata yang sangat indah, dipuncak sebuah bukit dengan tinggi 1. 830 mdpl anda bisa melihat beragam hal dibawah sana. Berikut ini adalah hal- hal yang bisa anda lakukan di Pantan Terong :

  • Menikmati alam dari balkon

Diatas puncak terdapat dua balkon besar yang bisa anda gunakan untuk melihat pemandangan yang sangat menakjubkan disekeliling Pantan Terong. Anda bisa memilih balkon yang lebih dekat dengan alam atau memilih balkon pertama. Untuk balkon pertama dibangun ditempat berbeda. balkon pertama di dekat pintu masuk, dan untuk balkon kedua anda harus menuruni tangga yang ada disamping balkon pertama.

  • Menikmati panaroma kota Takengon dan barisan perbukitan dan danau laut tawar.

Di pantan Terong anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan, anda bisa melihat pesona alam yang tidak bisa anda dapatkan ditempat lain, anda bisa melihat kota Tekengon diluar sana, juga anda bisa melihat barisan perbukitan dan danau air tawar. Keindahan ala mini hanya bisa anda nikmati di Pantan Terong, jika anda beruntung maka anda juga bisa melihat pesawat terbang yang lepas landas di bandara Rembele.

  • Tempat wisata Paralayang dan Gantole

Jika anda pecinta olehraga ekstrime, maka disinilah tempatnya, anda bisa melakukan paralayang dan gantole ditempat ini dengan mudah.

Fasilitas Pantan Terong

D:\ARTIKEL WEBSITE\DESTINASI PARIWISATA\10wisataaceh\Pantan Terong2.jpg

Untuk fasilitas yang ada di Pantan Terong cukup memadai walaupun belum sepenuhnya lengkap, untuk toilet dan mushola bisa anda dapatkan dengan mudah ditempat ini, disediakan juga tempat parkir yang cukup luas, juga terdapat tempat duduk seperti tribun dan rumah panggung yang bisa anda gunakan untuk bersantai.

Disekitar Pantan Terong terdapat warung makanan yang menyediakan makanan berupa mie instan, kopi, dan cemilan lainnya, sangat lezat dinikmati ketika anda lapar ditengah hawa dingin dataran tinggi. Untuk penginapan belum tersedia, namun untuk anda yang suka berpetualang dialam bebas bisa membawa alat camping untuk ngcamp ditempat ini.

Jika anda berminat namun masih bingung dengan lokasi Pantan Terong, maka anda bisa pergi kekota Takengon dahulu, dan anda bisa ketempat ini dengan jarak 8 km saja. Anda bisa mengajak keluarga atau sahabat untuk berwisata ketempat ini, dengan begitu maka liburan anda akan sangat berkesan. Demikianlah 7 wisata aceh yang populer dan wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Facebook Comments
error: Content is protected !!