Home / Sumatera / Bengkulu / Pesona Pulau Tikus Bagaikan Surga Kecil

Pesona Pulau Tikus Bagaikan Surga Kecil

Destinasi Wisata Pulau Tikus adalah sebuah pulau kecil yang terletak di perairan pesisir Bengkulu yang masih termasuk dalam wilayah Provinsi Bengkulu. Letak pulau ini, tepatnya berada di sisi barat kota Bengkulu. Untuk mencapai pulau ini, para pengunjung bisa menaiki perahu nelayan sewa dari pantai Zakat atau pantai Tapak Pader, dibutuhkan waktu 45 menit. Pesona Pulau Tikus ini dapat menyaingi destinasi wisata di Bali dan Lombok.

Pulau Tikus merupakan tempat yang bersih dan memiliki keindahan wisata alam terutama air yang sangat jernih dan berkilau. Saking jernihnya, para pengunjung mungkin dapat menyaksikan beberapa ikan berenang mengelilingi karang yang mengelilingi pulau kecil ini dengan jelas. Pulau di Bengkulu ini memang cocok bagi Anda yang suka dengan aktivitas Diving, Snorkeling ataupun berenang di Laut.

Pesona Pulau Tikus yang Memukau

Pesona Pulau Tikus

Keberadaan pulau Tikus tidak begitu populer seperti Bali atau Lombok. Namun segala sesuatu di Bengkulu memiliki nilai potensi yang layak untuk dikunjungi. Pulau Tikus memiliki suasana alami, bersih dan menyejukkan. Anda akan merasa seperti memiliki pulau pribadi. Hal ini karena di Tikus Island bisa dibilang masih perawan dan belum banyak yang menghuninya. Selain itu, ada juga anggapan kalau  pulau ini dulunya digunakan sebagai stop ship.

Terumbu karang berbatu yang mengelilingi seluruh pulau, melindunginya dari erosi yang bisa mengikis pantai. Beberapa spesies karang membentuk formasi di Tikus Island dan bahkan lebih banyak ekosistem laut yang bersembunyi di dalam terumbu karangnya. Pulau kecil ini merupakan habitat bagi berbagai spesies burung, sementara garis pantai yang berpasir putih untuk sarang dua spesies penyu yakni penyu sisik dan penyu hijau.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Menikmati Pesona Pulau Tikus

Pesona Pulau Tikus

Walaupun wilayahnya tidak begitu luas, tapi Pulau Tikus mempunyai potensi besar dan menjanjikan berbagai hiburan dan menenangkan diri. Keindahan alami dan tak tersentuh di pulau ini adalah daya tarik utamanya, bersamaan dengan airnya yang jernih dan pemandangan bawah laut. Mengintip di bawah permukaan lautnya adalah godaan yang tidak boleh diabaikan, jadi tambahkanlah snorkeling ke daftar hal yang harus dilakukan.

Mengagumi karang yang terbentuk dengan baik dan berenanglah di antara sejumlah ikan yang dingin dan berwarna-warni. Ambil pancing Anda dan cobalah keberuntungan mendapatkan ikan segar untuk makan siang atau makan malam. Jika Anda bangun di tengah malam dan kalau beruntung, Anda mungkin bisa melihat sekilas kura-kura laut yang menyusuri pantai untuk bertelur. Menyaksikan merupakan hal langka.

Akses dan Fasilitas di Pulau Tikus Bengkulu

Pulau Tikus terletak di Samudra Hindia, hanya 10 kilometer sebelah barat Bengkulu. Cara menuju ke sana memakan waktu sekitar 1 jam dengan kapal nelayan dari Pantai Tapak Paderi, atau 40 menit dengan speed boat dari Pelabuhan Pulau Baai. Kalau dari Pulau Baai adapula speed boat yang membuat Anda lebih nyaman ke Pulau Tikus. Tapi, harganya lebih mahal daripada menggunakan perahu nelayan.

Karena masih dibilang tempat yang belum dijamah manusia, Belum ada penginapan di pulau ini. Jika Anda ingin menginap, buatlah kemah atau tenda untuk tidur. Atau kembali ke Bengkulu untuk menghabiskan malam Anda disana. Di Bengkulu ada berbagai penginapan baik yang biasa maupun berfasilitas mewah dan harganya murah. Jika Anda meluangkan waktu ke Pulau Tikus pastilah sangat menyenangkan. Biaya yang Murah, tapi diimbangi penampilan pulau yang menakjubkan.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!