Home / Sumatera / Lampung / Pesona Lumba-Lumba Teluk Kiluan

Pesona Lumba-Lumba Teluk Kiluan

Objek Wisata Teluk Kiluan merupakan destinasi wisata pantai dan bahari yang harus dicoba oleh para pecinta snorkeling. Secara geografis, provinsi Lampung dikelilingi oleh lautan. Letak yang geografis ini menjadikan Provinsi Lampung kaya akan pantai dan pulau-pulau kecil sebagai tujuan wisata bahari yang termasuk Teluk Kiluan. Inilah tempat di mana Anda bisa melihat kawanan lumba-lumba Teluk Kiluan yang menyelam dengan bebas di bawah lautan.

Daya tarik utama adalah lumba-lumba Teluk Kiluan, tapi masih banyak pesona lainnya yang harus Anda saksikan. Pantai berpasir putih dengan latar belakang langit biru yang jernih merupakan elemen yang mewakili keindahan alamnya. Pantai di sekitar teluk juga merupakan tempat bersarang bagi dua spesies penyu yakni penyu hijau dan kura-kura penyu sisik. Teluk Kiluan memiliki dua spesies lumba-lumba yang akan mudah dikenali.

Cara Terbaik Menikmati Objek Wisata Lumba-Lumba Teluk Kiluan Lampung

Lumba-lumba teluk kiluan

Terkenal dengan daya tarik tropisnya, sebagian besar Teluk Kiluan di wilayah Lampung ini berhasil mempertahankan keindahan alamnya. Pasir putih nan lembut diikuti oleh perairan pirus yang berkilauan dan keadaan taman bawah lautnya dengan kehidupan berlimpah. Berenang dan snorkeling bisa Anda lakukan disana atau sekedar bersantai di pantai, menikmati udara segar dan lingkungan yang tenang bersama teman dan keluarga.

Setibanya disana, Anda akan menyaksikan lumba-lumba melakukan akrobatik di taman laut. Bahkan beberapa  diantaranya bisa dibelai, disambut dan diberi makan. Berwisata ke Teluk Kiluan untuk melihat lumba-lumba adalah cara yang bagus untuk mengenal biota laut di lingkungan alami mereka. Lumba-lumba di Teluk Kiluan cenderung ramah, bisa bersosialisasi dengan manusia dan mudah didekati.

Mamalia laut ini datang ke kapal atau berenang dari garis pantai untuk menyapa dan bertemu orang-orang. Seperti yang diulas diatas ada dua spesies lumba-lumba yaitu Lumba-lumba Bottlenose (Tursipos truncatus) dengan tubuh lebih besar dan pemalu. Spesies kedua adalah Lumba-Lumba Spinner (Stenella longirostris), yang lebih kecil. Setelah menyaksikan mamalia laut, Anda bisa mengunjungi Laguna Gayau. Laguna Gayau adalah kolam alami yang terletak di belakang bukit Teluk Kiluan.

Gayau Lagoon tidak kalah menarik dari Teluk Kiluan, bahkan lebih menantang dan eksotis. Kolam biru raksasa terbentuk secara alami dari batuan dan air di laut. Rasakan sensasi dengan melihat pemandangan matahari terbenam di Teluk Kiluan Juga. Sebenarnya Teluk ini juga bagian dari legenda Lampung yang diyakini masyarakat selama ini. Sungguh menyenangkan bila bisa menghabiskan waktu liburan di tempat yang menenangkan ini.

Tiket Masuk dan Fasilitas di Objek Wisata Lumba-Lumba Teluk Kiluan

Lumba-lumba teluk kiluanHarga tiket masuk ke Teluk Kiluan sangat murah, cukup murah yaitu Rp 5 ribu/ orang. Sedangkan harga tiket perahu ke teluk Rp 15 ribu/ orang. Disana juga ada fasilitas parkir mobil yang dihargai Rp 20 ribu. Kalau untuk restoran dan penginapan ada banyak yang bisa Anda sesuaikan dengan budget liburan Anda. Jadi, tak usah takut kelaparan atau sulit mencari penginapan. Harga makanan pun tidak mahal, bisa dikatakan harga standar di Indonesia.

Letak dan Akses Menuju Objek Wisata Teluk Kiluan

Objek Wisata Teluk Kilauan berada di Desa Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung Indonesia. Dari Bandar Lampur berjarak sekitar 80 km dengan waktu tempuh 3-4 jam perjalanan dengan kendaraan. Jalanannya berbukit dan berlembah, tapi medannya sudah sangat bagus. Perjalanan ke Telu Kiluan sangat tepat bagi Anda yang suka berpetualang, trekking atau travelling.

Facebook Comments

Check Also

Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Objek Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung merupakan tempat konservasi beragam jenis kupu-kupu. Selain menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!