Home / Sumatera / Lampung / Wisata Alam Taman Nasional Way Kambas

Wisata Alam Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas terletak di Pulau Sumatera Indonesia. Tempat ini merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna yang terancam punah dapat ditemukan disini. Wilayahnya meliputi hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan mangrove, hutan pantai kering dan hamparan padang rumput. Taman nasional ini adalah habitat yang sempurna bagi ribuan spesies yang berbeda, menawarkan kesempatan yang menarik bagi pengunjung.

Anda dapat menyaksikan secara dekat bagaimana satwa liar berinteraksi. Dengan luas 1300 km² taman nasional yang mengesankan ini adalah rumah bagi Gajah, Badak dan Harimau Sumatera langka, serta banyak hewan eksotis lainnya seperti monyet, tapir dan macan tutul. Penjaga atau guide yang berpengalaman akan memberikan informasi lengkap tentang tur safari baik dengan berjalan, bersepeda, perahu atau naik gajah.

Cara Terbaik Menikmati Objek Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way KambasObjek Wisata Taman Nasional Way Kambas ini terdiri dari hutan dan kelestarian Harimau sumatera dan suaka gajah. Taman ini juga menjadi pusat pembibitan atau Suaka Rhaka Sumatera (SRS) yang telah dibangun pada tahun 1995. Taman Nasional Way Kambas daerahnya juga sebagai ekosistem hutan dataran rendah dimana terdiri dari padang rumput, hutan rawa air tawar, dan hutan pantai di Sumatera.

Beberapa hewan yang hampir punah adalah Bada Sumatera, Harimau Sumatera, Buaya Sepit, Gajah Sumatera, Mentok Rimba. Sedangkan spesies tanaman yang bisa ditemukan yakni Pidada, Api-api, Pandan, Nipah, Almond dan masih banyak lagi. Untuk burungnya ada Sempidan Biru, Burung Pependang Timur, Bangau Tongtong, Kuau Raja dan burung-burung lainnya. Taman Nasional Way Kambas memiliki 50 spesies mamalia dan 406 jenis burung hutan termasuk bebek.

Gajah yang masih liar dilatih di Pusat Pelatihan Gajah sehingga menjadi jinak dan dapat dinaiki oleh pengunjung, atraksi, sebagai transportasi kayu dan membajak ladang. Di pusat pelatihan gajah, kita akan menyaksikan bagaimana pelatih mendidik dan melatih gajah liar. Lalu, kita juga bisa melihat atraksi gajah bermain sepak bola, menari, berjabat tangan, dengan hormat, mengatur bunga, menarik tali, berenang dan banyak atraksi lainnya.

Pusat pelatihan gajah ini didirikan pada tahun 1985. Sampai hari ini, telah berhasil mendidik dan menjinakkan sekitar 290 gajah.

Tiket Masuk dan Fasilitas di Objek Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way KambasHarga tiket masuk ke Taman Nasional Way Kambas adalah Rp 20 ribu/ orang. Jika ingin ke way kanan resort yang ada penangkaran Badak Sumatera, maka harus minta SIMAKSI (Surat Ijin Masuk) seharga Rp 30 ribu/ orang. Di taman nasional ini ada fasilitas utama yang berjarak sekitar 500 m dari pintu masuk. Tempatnya bernama Eco Lodge yakni taman bertembong yang ada pepohonan buah-buahan tropis. Disana Anda bisa menemukan cottage yang nyaman dan juga restoran. Selain itu, masih banyak penginapan dan restoran di daerah lainnya.

Letak dan Akses Menuju Objek Wisata Taman Nasional Way Kambas

Way Kambas terletak di sebelah selatan Pulau Sumatera, tepatnya di 110 km dari Bandar Lampung. Kalau ingin kesana, Anda dapat melewati desa Laburan Ratu Enam yang dikenal dengan desa Pancasial. Kemudian, melanjutkan perjalanan sekitar 1 km ke arah Desa Rajabasa Lama yaitu Gerbang Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Sekarang sudah tahukan apa saja isi dari Taman Nasional ini, jadikanlah sebagai destinasi wisata pada saat liburan bersama keluarga nanti.

Facebook Comments

Check Also

objek wisata lembah hijau

Panorama Lembah Hijau Nan Menawan

Objek wisata Lembah Hijau menjadi salah satu tujuan pariwisata Lampung yang mulai beroperasi pada bulan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!