Home / Sumatera / Lampung / Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Objek Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung merupakan tempat konservasi beragam jenis kupu-kupu. Selain menjadi tempat pelestarian, taman ini juga merupakan lokasi alam dan pendidikan. Taman ini didirikan pada tahun 1997 di Bandar lampung Indonesia. Di sana, para pengunjung bisa melihat berbagai spesies kupu-kupu yang terbang kesana-kemari, cantik, dan sangat mempesona.

Taman Kupu Kupu, atau Butterfly Park, Gita Persada menawarkan tujuan wisata yang berbeda di Lampung. Wisata alam ini menghadirkan ekosistem yang direkayasa ulang sebagai daya tarik. Saat memasuki pintu gerbang, Anda akan melihat area yang luas dengan pepohonan dan rumput hijau tumbuh subur. Anda akan mendapatkan banyak pelajaran serta penyegaran pikiran bila berkunjung ke tempat ini.

Kegiatan di Objek Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung

Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung

Ada rumah kayu cukup besar yang merupakan Museum Kupu-kupu. Di dalam museum ada ratusan kupu-kupu yang telah diawetkan dan bisa dilihat oleh para pengunjung. Kupu-kupu ditempatkan dalam kotak kaca, lengkap dengan informasi tentang jenis atau spesies masing-masing kupu-kupu. Objek Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada didirikan pada tahun 1997.

Pendirinya adalah Anshori Djausal dan Herawati Soekardi, mereka berupaya melestarikan dan melindungi spesies kupu-kupu sumatera yang terancam punah. Akibat marak-maraknya penggundulan hutan di Indonesia. Anshori Djausal dan Herawati Soekardi  membangun taman ini dengan harapan bisa menjadi konservasi kupu-kupu. Memanipulasi habitat alami dengan menerapkan Teknik Pengayaan Habitat, mampu membuat kupu-kupu hidup sempurna.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada memiliki sekitar 180 spesies kupu-kupu. Di sini, sudah berhasil mengembangbiakkan 50 spesies termasuk kategori langka dan terlindungi, yaitu: Troides Helena. Jenis lainnya antara lain Perut Merah, Limau Balak, Limau Halom, Limau Tutul, Kupu Hijau, Sirsak Biru, Sirsak Hijau, Ekor Pedang, Cacapuri, Johar Kuning, Kertas, Buntar, Daun Coklat, Widuri, Kepompong Emas dan masih banyak lagi.

Disana terdapat Butterflye Cage atau Penangkaran Kupu-Kupu yang dilengkapi dengan kandang kupu-kupu yang besar. Kandang digunakan untuk membesarkan, menumbuhkan dan berkembang biak kupu-kupu. Tempat ini sering dikunjungi para siswa maupun mahasiswa untuk tujuan pendidikan. Taman yang dikelola oleh Yayasan Sahabat Alam ini mempunyai area seluas 4 hektar dengan ketinggian 460 meter di atas permukaan laut.

Tiket Masuk dan Fasilitas di Objek Wisata Taman Kupu-kupu Gita Persada

Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung

Manajemen juga menyediakan fasilitas lain di area taman. Fasilitasnya meliputi taman bermain anak-anak, toilet umum, tiga rumah pohon, dan peralatan untuk sesi pengambilan foto. Selain itu, juga ada kafe dan toilet untuk memenuhi kebutuhan Anda selama mengunjungi taman. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Anda bisa menikmati semua fasilitas di taman dengan biaya hanya Rp 10 ribu/ orang.

Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini yaitu pada bulan Januari sampai Maret. Waktu itulah bulan terbaik untuk menyaksikan kupu-kupu yang indah. Tapi, selain bulan tersebut Anda tetap bisa menikmati keindahan kupu-kupu, tapi kurang maksimal.

Letak dan Akses Menuju Objek Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Letak Taman Kupu-Kupu Gita Persada adalah di Kaki Gunung Betung, Jl. Way Rahman, Desa Tanjung Manis, Kec. Kemiling, Bandar Lampung. Lokasinya tepat di pinggir jalan, jadi takkan ada kendala yang sulit menemukannya. Kalau perjalanan di mulai dari kota Bandar Lampung, Anda dapat melalui Jl. Imba Kesuma kemudia ke Wira Garden, ke Bumi Kedaton Resort, Batu Putu dan lurus sampai kira-kira 7 km. Maka, Ada akan menemukan pintu gerbang Taman.

Facebook Comments

Check Also

objek wisata lembah hijau

Panorama Lembah Hijau Nan Menawan

Objek wisata Lembah Hijau menjadi salah satu tujuan pariwisata Lampung yang mulai beroperasi pada bulan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!