Home / Sumatera / Sumatera Selatan / Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA yang Super Keren

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA yang Super Keren

Berlibur adalah hal yang selalu dinanti dan diinginkan oleh setiap orang. Maka dari itu tak heran jika hampir setiap wilayah memiliki destinasi wisata. Karena memang wisata adalah salah satu hiburan sejenak untuk melepaskan lelah sete;ah rutinitas sehari-hari agar tidak jenuh. Pariwisata selalu menyumbangkan pendapatan negara paling besar, karena memang bidang ini selalu dibanjiri oleh peminatnya. Baik warga lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat yang wajib anda kunjungi adalah destinasi wisata Kabupaten MURATARA atau Musi Rawas Utara. Yang mana daerah ini memiliki beberapa lokasi wisata alam yang cukup indah dan bisa memanjakan mata anda untuk sejenak dengan keasrian wisata alam yang masih sangat terjaga. Baca Lainnya : Eksplorasi Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir yang Wow Banget

Musi Rawas Utara merupakan salah satu kabupaten di Sumatra Selatan yang merupakan daerah otonom pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas. Walaupun begitu Musi Rawas Utara juag memiliki lokasi wisata yang tak kalah menarik dari Kabupaten induknya, yakni Musi Rawas. Sebenarnya ada banyak wisata di Musi Rawas Utara, namun tak semuanya sudah dikelola oleh pemerintan maupun warga lokal. Masih ada beberapa wisata yang masih terbengkalai. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya dana serta medan tempuh dari beberapa destinasi wisata Kabupaten MURATARA yang masih sangat sulit dan jauh. Walaupun seperti itu jangan khawatir, masih ada banyak wisata yang patut anda kunjungi ketika anda berada di Musi Rawas Utara yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Air Terjun Curup Sembilan

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Air Terjun Curup Sembilan
Air Terjun Curup Sembilan

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki 9 tingkatan sampai ke bagian ujungnya atau ulunya. Hal ini lah yang menjadi daya tarik dari wisata ini. Namun, wisata ini masih jarang sekali dijamah oleh para wisatawan, sehingga bisa disebut wisata air terjun curup sembilan ini masih perawan dan masih terjaga keasriannya. Suasana alamnya masih sangat kental, karena memang lokasi dari air terjun ini yang berada di tengah hutan belantara. Hal itu juga yang menyebabkan wisata ini masih jarang dijamah oleh wisatawan. Untuk smpai ke lokasi wisata, anda harus masuk hutan belantara, menyusuri sungai, dan naik ke atas. Pembkab masih belum bisa mencapai lokasi wisata ini karena memang untuk mencapai lokasi ini memerlukan waktu sekitar 6 jam. Dan pemkab masih berfokus pada destinasi wisata lainnya, seperti danau Aur dan Goa Napalicin. Nah, jadi bagi anda yang suka model wisata yang masuk-masukhutan atau berpetualang, wisata ini sangat cocok bagi anda. Namun, ada beberapa hal yang mungkin perlu disiapka, bukan hanya peralatan yang lengkap tapi anda juga harus memiliki kondisi fisik yang fit pada saat perjalaan menuju kesana.

Destinasi Wisata Populer Sumatera Selatan

Menikmati Kesejukan Objek Wisata Pagaralam Yang Terbaru

Destinasi Wisata Muara Enim Yang Wow Banget

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Arung Jeram Muratara

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Arung Jeram Muratara
Arung Jeram Muratara

Salah satu kebanggaan dari MURATARA adalah arung jeramnya, karena memang ada beberapa atlet arung jeram MURATARA yang bisa sampai mewakili Sumatra Selatan dalam ajang PON. Walaupun mungkin belum ada banyak lokasi yang dibagikan terkait lokasi arung jeram terbaik di MURATARA. Namun, ada beberapa lokasi yang bisa anda gunakan untuk arung jeram, seperti sungai Rawas. Yang mana sungai ini juga pernah menjadi lokasi kegiatan Kejurnas Arung Jeram. FAJI, merupakan salah satu bentuk organisasi yang mengelola kegiatan arung jeram di daerah MURATARA sehigga diharapkan dari lembaga ini bisa menjadi brand tersendiri untuk kegiatan arung jeram dari MURATARA.

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Candi Lesung Batu

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Candi Lesung Batu
Candi Lesung Batu

Bukan hanya wisata alam saja yang ada di daerah MURATARA. Ada juga bangunan bersejarah yang ada di MURATARA yang juga cocok sebagai salah satu wisata yang bisa anda kunjungi di MURATARA. Candi Lesung Batu ini adalah sebaga salah satu contohnya dari wisata sejarah yang ada di MURATARA. Candi ini merupakan salah satu situs arkeologi yang berada di Rawas Ulu, salah satu kecamatan di MURATARA. Candi ini merupakan peninggalan klasik Hindu-Budha, yang lebih mengarah pada peninggalan benda budaya yang letaknya berada di tengah perkebunan karet milik warga setempat yang masih aktif sampai saat ini. Yuk Eksplorasi Peninggalan Zaman Megalitikum di Sumatera Selatan

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Batu Ampar

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Batu Ampar
Batu Ampar

Destinasi wisata kabupaten MURATARA selanjutnya yaitu batu ampar. Batu ampar ini membentangi sungai di ulurawas dan disebut sebagai objek wisata paling eksotis yang ada di kabupaten MURATARA. Batu ampar ini merupakan wisata air terjun yang terbilang belum banyak diketahui oleh orang karena memang lokasinya yang cukup terpencil. Meskipun demikian destinasi wisata ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah sekali. Karena letaknya yang berada di tempat terpencil inilah yang membuat adrenalin terpacu untuk dapat menuju kelokasi wisata ini.Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri, apalagi bagi Anda yang sangat menyukai wisata yang sedikit menantang.

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Danau Doson Lamo

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Danau Doson Lamo
Danau Doson Lamo

Danau doson lamo ini menjadi salah satu wisata yang sangat potensial di MURATARA. Danau ini terletak di desa bingin rumpit yang cukup dekat dari pusat kabupaten MURATARA. Pada sekitar pinggir dari danau doson lamo ditumbuhi ilalang. Tak banyak yang tahu jika danau ini adalah danau buatan yang telah di buat sejak zaman jepang. Masyarakat yang tinggal disekitar danau ini percaya jika ada burung elang menari di danau doson lamo. Elang menari tersebut dipercaya bias memberikan pertolongan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan dalam melepas jaring ketika sedang mencari ikan.

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Danau Rayo

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Danau Rayo
Danau Rayo

Danau Rayo ini terletak di kawasan hutan lindung yang ada di kabupaten MURATARA. Lokasi dari destinasi wisata kabupaten MURATARA ini tepat berada di desa sungai jernih dengan jarak 5 kilometer dari muara rupit. Danau ini mempunyai luas sekitar 100 hektar dan kedalamannya yaitu 15 meter. Air di danau rayo sangat jernih sekali sehingga menjadikan tempat berkembangbiak bagi berbagai jenis ikan yang hidup di air tawar. Di danau rayo ini juga mempunyai cerita legenda serta kisah mistis yang dipercayai oleh penduduk asli dari daerah ini, legenda tersebut yaitu bujang kurap.Adanya legenda tersebut menjadi keunikan tersendiri dari danau ini.

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Goa Napalicin

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA : Goa Napalicin
Goa Napalicin

Sesuai dengan namanya, goa ini berada di desa napalicin MURATARA. Untuk dapat mencapai goa ini diperlukan perjalanan kurang lebih 56 kilometer dari muara rupit yang merupakan ibukota dari kabupaten MURATARA. Goa napalicin mempunyai nuansa wisata dengan adanya batuan yang alami. Goa napalicin terbentuk dari batu besar berongga yang mempunyai panjang kurang lebih 500 meter serta terdapat pintu dengan luas 15 meter. Sedangkan pada bagian atas goa dan lantai dinding berbentuk stalactite dan stalacmit yang mana terbentuk secara alami dari ribuan tahun silam. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh wisata ini yaitu adanya dua batu kembar yang berada di dasar goa serta menjulang sangat tinggi menyatu pada langit-langit.

Itulah beberapa destinasi wisata kabupaten MURATARA yang selama ini kurang terekspos. Meskipun kurang terekspos namun berbagai wisata tersebut sangat potensial dan mulai diminati oleh banyak orang. Tak heran jika saat ini sudah banyak yang mulai berbondong-bondong menuju tempat tersebut untuk merasakan sensasi liburan yang lebih mengasyikkan.

Facebook Comments

Check Also

Eksplorasi Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir :Pulau Maspari

Eksplorasi Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir yang Wow Banget

Ogan Komering Ilir atau yang sering dikenal OKI adalah nama salah satu kabupaten di Sumatera …

error: Content is protected !!