Home / Sumatera / Sumatera Selatan / Eksplorasi Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir yang Wow Banget

Eksplorasi Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir yang Wow Banget

Ogan Komering Ilir atau yang sering dikenal OKI adalah nama salah satu kabupaten di Sumatera Selatan di Indonesia yang beribukotakan Kayu Agung. Kabupaten OKI memiliki 18 kecamatan 13 kelurahan dan 314 desa. Di daerah ini memiliki iklim tropis basah. Wilayah pesisir Pantai Timur terdiri dari Kecamatan Air Sugihan, Sungai Menang dan Kecamatan Cengal. Banyak sekali destinasi wisata Ogan Komering Ilir jika Anda ingin melakukan eksplorasi wisata.

Beberapa wisatawan juga telah mengunjungi meskipun belum banyak yang melakukan wisata ke daerah tersebut. Justru Karena masih jarang wisatawan menjadikan wisata ini masih asri. Berbagai tempat wisata yang ada di daerah Ogan Komering Ilir bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Diantaranya terdapat Danau Teluk Rasau, Danau Teloko, Dana Teluk Gelam, Pantai Tanjung Menjangan, Pulau Maspari, rumah adat di kayuagung, dan rumah limas seratus tiang. Destinasi wisata yang ada di daerah Ogan Komering Ilir cukup beragam sekali. Dibawah ini adalah deskripsi destinasi wisata Ogan Komering Ilir beserta keindahannya untuk Anda. Baca Juga : Menikmati Kesejukan Objek Wisata Pagaralam Yang Terbaru

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Danau Teluk Rasau

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Danau Teluk Rasau
Danau Teluk Rasau

Danau Teluk Rasau merupakan destinasi wisata Ogan Komering Ilir yang terletak di Desa Sukapulih Kecamatan Ogan Komering Ilir. Wisata Danau Teluk Rasau ini menawarkan kesejukan dan keindahan untuk Anda wisatawan yang menyukai suasana yang tenang. Anda juga dapat melepas penat Anda di Danai Teluk Rasau dengan hawanya yang sejuk dan aliran air yang jernih. Suasana alamnya masih asri dengan tumbahan rerumputan dan pepohonan yang tumbuh mengeliling danau ini. Pemandangan gunung menambah keindahan Danau Ranau jika di pandang mata.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Danau Teloko

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Danau Teloko
Danau Teloko

Salah satu destinasi wisata Ogan Komering Ilir yang menjadi sorotan masyarakat adalah Danau TelokojugabisaAndakunjungi. Tahun 2017, Pemerintah kembali membidik Danau Teloko menjadi wisata unggulan. Danau Teloko sendiri terletak di Desa Teloko, Kecamatan Kota Kayuagung. Pengembangan wisata Danau Teloko ini dianggap bisa beriringan dengan pengembangan wisata air Sungai Komering yang terletak di kawasan Kota Lama. Pada awalnya, Danau Teloko hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber mata pencaharian di sektor perikanan serta sebagai sumber air bersih yang dikelola oleh PDAM Tirta Agung. Karena keunikan dari debit air di Danau Teloko ini tidak pernah surut. Selain itu, view yang dimiliki Danau Teloko juga sangat mempesona, danau ini memiliki hamparan kurang lebih seluas 500 hektar.

 

Cari Tahu Daerah Wisata Sumatera Selatan :

Yuk Eksplorasi Peninggalan Zaman Megalitikum di Sumatera Selatan

Rekreasi Air Fantasy Island Palembang

Potensi yang sangat besar ini nantinya akan dikembangakan menjadi sebuah desa wisata berbasis masyarakat dengan konsep wisata alam, seni dan budaya. Untuk sampai disana pengunjung membutuhkan waktu tempuh sekitar kurang lebih 25 menit untuk perjalanan darat. Dan setelahnya pengunjung harus melanjutkan perjalanan air dengan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan sampan kecil bermuatan maksimal 5 orang. Bersampan ria mengarungi Danau Teloko akan menjadi sebuah pengalaman yang unik bukan?. Selain itu, Danau Teloko juga memiliki keunikan lain, yaitu pulau apung yang terletak ditengah pulau dan di penuhi oleh tumbuhan perdu.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Danau Teluk Gelam

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Danau Teluk Gelam
Danau Teluk Gelam

Ada Danau Teluk Gelam juga merupakan salah satu objek wisata kebanggaan dari Kabupaten OKIAndadapatmengunjungi.Pada Tahun 2004, Danau Teluk Gelam ini dijadikan pusat olahraga, Ski Air dan dayung dalam rangka mensukseskan Pekan Olaharaga Nasional (PON) ke IV. Selain itu, Danau Teluk Gelam juga menjadi pusat kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke IX tahun 2011. Dari beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten OKI, Danau Teluk Gelam ini memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu di Jalan Lintas Timur Sumatera, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten OKI.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Pantai Tanjung Menjangan

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Pantai Tanjung Menjangan
Pantai Tanjung Menjangan

Tak hanya danau, Kabupaten OKI juga memiliki potensi wisata lain yaitu di wilayah pesisir OKI tepatnya di Kecamatan Cengal, pesisir Tanjung Menjangan, salah satu di kabupaten OKI yang letak geografisnya berbatasan dengan selat Bangka. Meskipun, Pantai Tanjung Menjangan merupakan wilayah perairan di Desa Sungai Lumpur, Pantai ini memiliki pasir cantik berwarna putih dengan air yang sangat jernih dan air yang ada di pantai ini rasanya asin loh, bukan payau. Inilah keunikan yang ada di Pantai Tanjung Menjangan. Gak bakalan rugi kalau kamu memasukkan pantai ini sebagai salah satu list dari destinasi wisata Anda. Dan siapkan kamera karena akan tersaji pemandangan yang indah.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Pulau Maspari

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Pulau Maspari
Pulau Maspari

Ada Pulau Maspari yang dapat membuat Anda terpukau. Pulai Maspari adalah salah satu destinasi wisata yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Palembang. Pulau Maspari terletak di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Tulung Selapan di Ogan Komering Ilir. Untuk melakukan perjalanan wisata di Pulau Maspari anda bisa menggunakan jalur air dan jalur darat. Kira-kira Anda dapat menempuhnya selama 4-6 jam. Hamparan pasir putih yang memikat dan pemandangan di sekelilingnya yang indah serta Deburan ombaknya yang tidak terlalu besar. Airnya yang jernih membuat Anda tertarik melakukan snorkelling, diving, ataupun sekedar bermain-main ke air. Bagian yang paling eksotis di Pulau ini adalah hamparan pantai yang panjang meliuk-liuk ketika diterpa angin sehingga bisa membentuk seperti ikan pari. Airnya yang jernih membuat flora dan fauna yang hidup di air juga beragam dan terlihat eksotis. Ada beberapa lokasi tempat diletakannya telur penyu hingga ratusan telur dalam lubang yang siap menetas.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Rumah Adat Kayuagung

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Rumah Adat Kayuagung
Rumah Adat Kayuagung

Rumah adat Kayu agung juga bias menjadi salah satu destinasi untuk Anda. Rumah adat kayuagung ini usianya kira-kira mencapai 200 tahun. Rumah ini memiliki nilai sejarah dan nilai tradisi yang tinggi. Bentuk bangunanya tinggi dengan tiang bangunan yang menyangganya, kemudian di teras depan terdapat tangga untuk memasuk rumah. Rumahnya terlihat sangat khas dengan bentuk atas limas maupun prisma serta jendela yang menghadap ke depan.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Rumah Limas 100 Tiang

Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir : Rumah Limas 100 Tiang
Rumah Limas 100 Tiang

Tidak hanya wisata di daerah perairan saja namun destinasi wisata Ogan Komering Ilir ini juga memberikan berbagai wisata budaya dan pengetahuan untuk Anda. Salah satunya yang menarik adalah rumah limas seratus tiang. Disebut sebagai rumah limas seratus tiang karena tiang penyangganya berjumlah seratus tiang. Sejarahnya berawal dari Pangeran Rejed dari suku Rembeng yang meminang putrid dari suku Kayuagung mengharuskan membangun rumah yang layak dengan jumlah tiang seratus. Pembangunannya mencapai sepuluh tahun lamanya. Pangeran Rejed menjadikannya sebagai pusat pemerintahan warga Bengkulu. Menurut pengelola rumah ini, rumah limas seratus tiang ini tidak ada yang berubah kecuali genteng bagian atas yang diganti karena rusak. Suasananya masih asri dan pemerintahakan merenovasi namun tidak merubah bentuk semula rumah ini.

Facebook Comments

Check Also

Objek Wisata Pagaralam

Menikmati Kesejukan Objek Wisata Pagaralam Yang Terbaru

Berkunjung di objek wisata pagaralam adalah hal yang dapat dilakukan ketika berada di Palembang. Terlebih …

error: Content is protected !!