Home / Sumatera / Sumatera Utara / Pesona Memukau Wisata Danau Toba

Pesona Memukau Wisata Danau Toba

Wisata Danau Toba merupakan tujuan wisata terbesar ketiga di Indonesia. Pulau yang terletak di sekitar danau besar ini bernama Pulau Samosir yang sangat menarik banyak wisatawan. Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara yang ada karena letusan dahsyat dari sebuah gunung sekitar 100 ribu tahun yang lalu. Letusannya kira-kira 8.000 kali lebih kuat daripada letusan Gunung St. Helen pada tahun 1981.

Abu di stratosfer menyelimuti bumi selama bertahun-tahun dan mengubah iklim. Disusul letusan gunung berapi lain terjadi sekitar 25.000 tahun kemudian dan membangun sebuah gunung api sekunder di dalam kaldera. Sedangkan Kerucut gunung berapi itu hancur, lalu membentuk pulau Samosir sementara kawah letusan pertama terisi air dan menjadi Danau Toba. Danau ini memiliki lebar kurang lebih 1.265 km², belum termasuk pulau Samosir dan panjangnya 90 km.

Pesona Wisata Danau Toba yang Tak Luput Dari Kisahnya yang Melegenda

Wisata Danau Toba

Tentu saja ada legenda tentang bagaimana Danau Toba terbentuk. Menurut Legenda Batak Toba, Ada seorang pria yang bernama Toba, dia gemar memancing. Suatu saat dia mendapatkan ikan besar yang indah. Setibanya di rumah, ikan itu berubah menjadi wanita cantik dan Toba menikahinya. Mereka hidup bahagia dan mempunyai anak perempuan.

Pada suatu hari anak perempuan itu diminta mengantarkan makanan untuk Ayahnya, tapi ditengah jalan ia lapar dan memakannya. Mengetahui hal itu, Toba marah dan mengumpat anaknya dengan menyebut bahwa dia adalah anak ikan. Padahal Toba berjanji takkan mengatakan kalau istrinya itu ikan pada siapapun sebelum menikah. Anak itu menangis dan mengadu pada ibunya, munculah bencana banjir bandang yang mengakibatkan terbentuknya Danau Toba ini.

Danau ini sangatlah indah, Anda bisa menikmati pemandangannya dengan menggunakan kapal yang disediakan. Karena selalu ramai, sebaiknya Anda memesan tiket kapal sebelum datang ke Danau Toba. Anda bisa menyaksikan bagaimana pesona Danau Toba dan kota Parapat yang menyejukkan mata serta mendamaikan Jiwa. Sungguh sangat eksotis, sebenarnya ada banyak sekali tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi di sekitar Danau Toba.

Pulau Samosir, Pesona Lain di Wisata Danau Toba

Wisata Danau TobaPulau Samosir merupakan salah satu pulau yang mempunyai keindahan memukau di Sumatera Utara. Letaknya yang ditengah-tengah Danau Toba membuatnya memiliki keunikan dibanding Pulau Lainnya. Akses ke Pulau Samosir di Tengah Danau Toba sudah cukup mudah, banyak kendaraan yang disediakan untuk para treveller. Untuk bisa menyebrang ke Pulau ini, Anda bisa melaui Parapat yang mempunyai dua pelabuhan yakni Tigaraja dan Ajibata. Keduanya bisa menuju ke Pulau Samosir.

Pemandangannya pun semakin unik dengan keberadaan Danau Sidihoni, banyak yang menyebutnya danau di atas danau. Selain itu, juga masih ada Danau Aek Natonang. Kedua danau tersebut kurang mendapatkan perawatan, sehingga belum berkembang menjadi destinasi wisata. Di Pulau Samosir ada Pantai Pasir Putih Parbaba yang letaknya di Desa Hutabolon, Kec. Panguruan, Kab. Samosir. Anda bisa bermain-main di pantai itu dan merasakan suasanya.

Letak dan Akses ke Wisata Danau Toba

Kalau sudah tiba di Medan ibukota Sumatera Utara, perjalanan ke Danau Toba membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam ke Parapat lokasi Danau Toba. Parapat merupakan tempat yang indah, tersedia banyak makanan lezat, pusat belanja dan lainnya. di Parapat ada pelabuhan yang menyediakan kapal feri ke Pulau Samosir. Jika Anda ingin transportasi darat ke Pulau Samosir, maka lakukan perjalanan dengan menyusuri pinggiran Danau Toba.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!