Home / Sumatera / Sumatera Utara / Trekking Yuk ke Wisata Gunung Sibayak

Trekking Yuk ke Wisata Gunung Sibayak

Destinasi wisata Gunung Sibayak yang letaknya di Sumatera Utara termasuk salah satu gunung vulkanik yang paling populer untuk didaki. Puncak Gunung Sibayak naik menjadi 6.870 kaki, menyajikan pemandangan Berastagi dan pedesaan sekitarnya yang menakjubkan. Gunung Sibayak telah menarik banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berpetualang sejak pedagang Belanda pertama kali menetap di wilayah ini pada awal 1900-an.

Gunung yang menghadap ke kota Berastagi Medan ini, disebut oleh Orang Suku Karo dengan “Gunung Raja”. Gunung Sibayak meletus terakhir kali pada tahun 1881 dan terletak di sekitar 50 km dari barat daya kota Medan. Setiap tahunnya pada peringatan hari Kemerdekaan Indonesia yakni tanggal 17 Agustus ada upacara dan lomba panjat pinang. Dimana pesertanya para pecinta alam di berbagai penjuru.

Cara Terbaik Menikmati Trekking Wisata Gunung Sibayak

Wisata Gunung SibayakSemua tentu sudah tahu kalau Gunung Sibayak sebagai tujuan untuk melakukan aktivitas trekkeing. Jika mengikuti kegiatan trekking yang diadakan oleh penyedia jasa Gunung Sibayak Hiking & Trekking, maka Anda harus membayar sekitar Rp 150 ribu – Rp 250 ribu. Ketika Anda mengikuti paket tersebut maka, akan dipandu oleh guide untuk menunjukkan jalan yang tepat dan menjaga keslamatan Anda.

Tapi, bisa pendakian Gunung Sibayak bisa dilakukan secara mandiri. Usahakan untuk selalu bergabung dengan trekker lain, hindari mendaki sendiri. Perubahan cuaca yang tak terduga dan serpih-serpih yang jatuh bisa mengancam keslamatan Anda. Jejak yang paling mudah dan paling populer untuk mendaki Gunung Sibayak dimulai ke arah barat laut Berastagi. Tepatnya di bawah Sibayak Multinational Guesthouse, Siapa pun di sekitar sana bisa memberi arahan.

Menjangkau puncak Gunung Sibayak melalui jalur termudah memakan waktu sekitar tiga jam dengan jarak sekitar empat setengah mil. Pilihan lain untuk mendaki Gunung Sibayak adalah dengan membawa minibus bemo ke mata air panas di Semangat Gunung. Jika dari mata air panas mulai sedikit lebih dekat ke gunung berapi Sumatera ini. Meski hanya memerlukan waktu dua jam, tapi Anda harus melalui jalan setapak yang curam dan beberapa anak tangga yang membuat pegal kaki.

Pesona Lain, Fasilitas dan Keamanan di Wisata Gunung Sibayak, Trekking dari Panorama Air Terjun

Wisata Gunung SibayakWisatawan yang ingin perjalanannya mudah ke Gunung Sibayak, maka dimulai di Air Terjun Panorama yakni sebuah air terjun sekitar tiga mil di luar Berastagi. Memulai perjalanan dari sini membutuhkan setidaknya lima jam ke puncak Gunung. Jejak ini tidak mudah diikuti, diperlukan pemandu lokal

Meski relatif mudah, para trekker banyak yang menyerah mendaki Gunung Sibayak. Cuaca di Gunung Berapi ini bisa sangat dingin dan berkabut. Gunakanlah sepatu trekking yang tepat jangan menggunakan sandal jepit biasa. Mulailah lebih awal, bawalah air minum yang cukup serta selalu bersama teman-teman, jangan sampai terpisah.

Letak dan Akses ke Wisata Gunung Sibayak

Gunung Sibayak terletak tepat di sebelah utara Berastagi, sekitar dua setengah jam dari Medan Sumatera. Mulailah dengan naik bus dari terminal bus Pinang Baris yang terletak enam mil arah barat Medan ke Berastagi. Bus berangkat kira-kira setiap 30 menit antara pukul 06.00 pagi sampai 17.30 sore. Perjalanan memakan waktu dua setengah jam.

Kalau, Bus Umum sangat ramai, Anda bisa menggunakan alternatif lain dengan minibus untuk wisatawan yang disediakan oleh jasa perjalanan. Menggunakan transportasi ini lebih nyaman ketimbang naik bus. Gunung Sibayak paling bagus dinikmati pada musim panas Sumatera antara bulan Juni dan Agustus. Jika memungkinkan, rencanakan mendaki gunung berapi Anda untuk suatu hari kerja saja, karena Berastagi menjadi sangat ramai di akhir pekan.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!