Beranda Jawa Jawa Timur Taman Nasional Alas Purwo, Hutan dan Pantainya Serasa di Surga

Taman Nasional Alas Purwo, Hutan dan Pantainya Serasa di Surga

0
90

Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu taman nasional yang luasnya mencapai 43.420 hektar. Berada di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, tempat wisata ini jadi salah satu tambahan daftar wisata yang harus kamu kunjungi di Banyuwangi.

Dulunya, taman nasional tersebut dikenal dengan Suaka Margasatwa Banyuwangi. Kemudian, nama tersebut berubah menjadi Taman Nasional Alas Purwo di tahun 1992. Alas Purwo adalah hutan pertama. Sehingga, dari namanya saja kamu udah tahu dong kalo tempat wisata tersebut jadi hutan tertua yang ada di Pulau jawa. Dengan kisah mistisnya, banyak orang beranggapan bahwa hutan tersebut juga merupakan kerajaan terbesar bangsa jin.

Banyak orang yang berkunjung ke tempat wisata ini karena memang taman tersebut tampak sangat cantik. Walaupun ada kisah mistis yang membuat kesan angker, masih banyak kok wisatawan yang berkunjung sekedar untuk menikmati cantiknya hutan tersebut.

Taman Nasional Alas Purwo

Info Lengkap Tentang Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo atau Hutan Alas Purwo menawarkan pemandangan yang masih alami. Sebagai salah satu ekosistem hutan hujan yang ada di pulau Jawa, terdapat 6 ekosistem yang ditawarkan. Kamu bisa menikmati hutan alam, hutan bambu, hutan tanaman, hutan hujan pantai, dan hutan mangrove. Pengen liat padang rumput? Jangan salah, tempat wisata ini juga punya Savana loh.

  Pantai Plengkung G-Land Jadi Surga Bagi Peselancar Dunia

Hutan Hujan yang ditawarkan masih sangat asri, degnan total 580 flora yang ada. Bahkan, hutan tersebut juga menjadi rumah bagi 50 mamalia yang hidup. Mamalia tersebut adalah Rusa, Banteng, Ajag, Burung Merak, dan lainnya. Penyu dari alam liar juga bisa kamu temukan selagi mampir di Hutan tersebut. Jika kamu sedang beruntung atau berkunjung di waktu yang tepat, kamu bisa loh melihat berbagai binatang tersebut sedang melintas di jalan.

Lokasi Paling Favorit di Taman Nasional Alas Purwo

Berikut adalah beberapa lokasi yang paling favorit di mata pengunjung yang pernah berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo:

  • Padang Sadengan – Dengan total 84 hektar, kamu bisa menemukan berbagai fauna liar mulai dari burung merak, rusa, banteng jawa, sampai sapi.
  • Padang Savana – Spot cantik yang bikin kamu keinget dengan cantiknya Afrika. Apalagi, ketika kamu berkunjung ke spot tersebut saat matahari sedang terik.
  • Pantai Trianggulasi- Pemandangan pantai yang indah, memang bikin kamu terbuai. Tapi, jangan berenang di pantai ini karena ombaknya yang terlalu besar. Spot ini cocok buat kamu yang pengen menikmati pemandangan matahari tenggelam.
  • Pantai Pancur – Pantai dengan pemandangan indah, terdapat air mancur yang mampu menembus bebatuan cadas.
  • Pantai G-land – Hanya 5 km dari pintu masuk Alas Purwo, pantai yang dikenal dengan Pantai Plengkung ini jadi destinasi wisata paling favorit buat para peselancar dunia. Pantai surga pokoknya!
  • Hutan Bambu
  • Situs Kawitan
  • Pura Giri Selaka
  • Pantai Ngagelan
  • Wisata Goa
  • Makam Mbah Dowo
  Berselancar Di Ombak Terbaik Pulau Merah
Pantai di Taman Nasional Alas Purwo

Cara Menuju ke Taman Wisata Alas Purwo

Ada tiga cara untuk menuju ke Taman Wisata Alas Purwo sebagaimana berikut:

  • Rute Banyuwangi – Kamu harus menuju ke Kecamatan Tegaldlimo. Dibutuhkan 10 km perjalanan untuk menuju ke Jalan Madakam. Setelah itu, ada pintu masuk atau dikenal dengan Pos Rawabendo, yaitu gerbang utama menuju ke Taman Nasional tersebut.
  • Rute Bandara Blimbingsari – Kamu harus menuju ke Kecamatan Rogojampi, kemudian ke Kecamatan Tegaldlimo. Ambil rute yang sama seperti rute no.1.
  • Rute dari Jember – Kamu harus melakukan perjalanan menuju ke Kecamatan Genteng. Lalu, lanjutkan sampai rute Kecamatan Genteng, dan bergerak menuju ke Jajag dengan jarak 15 km. Perjalanan dapat dilakukan dari Jajag, ke Srono, lanjut ke Muncar sampai Tegaldlimo. Ambil rute yang sama seperti no.1.
  Wisata Pantai Banyuwangi Yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Untuk menuju ke Taman Nasional Alas Purwo, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa sewa mobil atau motor di rental. Perlu diingat bahwa destinasi wisata ini tidak bisa diakses oleh kendaraan umum.Jika kamu dari kota Banyuwangi, perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai di gerbang utama adalah 2 jam.

Gerbang Utama Atau Pos Rowo Bendo

Saat masuk di kawasan Alas Purow nanti, kamu bakalan menemukan gerbang utama yang jadi aksesnya. Di pos tersebut, seluruh pengunjung harus melapor. Untuk para pengunjung, diperlukan membayar tiket masuk Rp 5.000 per pengunjung lokal. Nah, sedangkan untuk wisatawan asing, maka harus membayar sebesar Rp. 150.000. Pemasukan akan dikelola sebagai PNBP.

Nah, itulah informasi yang bisa kamu simak tentang cantiknya Taman Nasional Alas Purwo. Karena hutan ini merupakan salah satu tempat wisata andalan yang juga cukup populer di kalangan wisatawan asing, maka ada baiknya untuk sama-sama kita jaga. Jangan sampai tempat yang kita andalkan ini jadi rusak atau kurang terjaga karena menjadi pengunjung yang lalai. Biasakan untuk nggak membuang sampah sembarangan agar area hutan tetap bersih, ya!

By: Zee

error: Content is protected !!