Beranda Jawa Jawa Barat Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Liburannya Lengkap Banget!

Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Liburannya Lengkap Banget!

0
85

Taman Nasional Gunung Halimun Salak menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam yang ada di Bogor. Tempat wisata ini punya banyak hal yang ditawarkan. Di tempatinilah, kamu bisa mendapatkan banyal hal mulai dari pemandangan alam, sejarah, sampai aktivitas dan budaya masyarakat di sekitarnya. Bahkan, pengelolaan wisata di taman nasional ini terbilang menarik dengan adanya paket wisata untuk berbagai kegiatan.

Jadi, adalah persepsi yang salah kalau tempat wisata alam yang bagus di Bogor ya cuman Kebun Raya Bogor.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Air Terjunnya Banyak Banget!

Nah, sebagai salah satu tempat wisata air di Bogor, salah satu hal yang menarik untuk dikunjungi adalah pada spot air terjun. Daya tarik air terjun sampai saat ini sangat kuat. Sehingga, tidak sedikit pengunjung yang sudah mendatangi taman nasional gunung Halimun Salak. Bahkan, sudah ada wisatawan asing yang sering mampir.

Salah satu hal yang membuat air terjun ini ramai dikunjungi adalah karena bentuk air tersebut. Air terjun terjadi karena adanya kulit bumi yang patah dan air terpotong kemudian membentuk loncatan air. Di destinasi pariwisata ini, kamu bakalan menemukan banyak air terjun sebagaimana berikut:

  1. Curug Citamanja dan Curug Cipamulan (Lokasi di Desa Cikaray, Cikidang, dan Kab. Sukabumi)
  2. Curug Piit atau Curug Cihanjawar, Curug Walet, dan Curug Cikudapaeh (Di area perkebunan Teh Nirmala, Desa Wisata Malasari)
  3. Curug Citangkolo (Dsa Mahakarjaya, Kec. Kabandungan, Kab. Sukabumi)
  4. Curug Cibelang atau Curug Cilensing (Kampugn Leuwimajang)
  5. Curug Ciarnisah (Kampung Cibedug)
  6. Gunung Salak, dengan banyak curug mulai dari Curug Cangkuang sampai Curug Cibeureum.
  Stone Garden Bandung, Destinasi Wisata Yang Mendadak Hits!

Jadi, sekarang kamu punya alternatif untuk menikmati Leuwi Hejo Curug.

Puncak Gunung di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Ada beberapa puncak gunung yang kamu temukan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Bahkan, tersedia juga jalur pendakian, walaupun masih belum dibuka secara resmi. Beberapa area hutan dan puncaknya juga masih lebat sehingga sangat asri dan masih menawan untuk didaki. Kamu bisa mendaki beberapa puncak berikut:

  1. Gunung Halimun Utara
  2. Gunung Botol
  3. Gunung Sanggabuana
  4. Gunung Kendeng Selatan
  5. Gunung Halimun selatan
  6. Gunung Salak Puncak 1
  7. Gunung Salak Puncak 2

Dari seluruh puncak tersebut, puncak yang paling tinggi adalah Gunung Salak Puncak 1 dengan ketinggian 2.211 Mdpl.

Kawah Ratu, Fenomena Alam Paling Menarik

Karena Gunung Salak kini masuk dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, maka salah satu spot terbaik yang ditawarkan di area wisata ini adalah Kawah Ratu. Kawah ini terletak di lereng Puncak Gunung Salak 1. Bahkan, juga terletak di tengah hutan yang masih asri.

Nah, untuk mengunjungi lokasinya, kamu bisa menuju ke Jalur Cangkuang atau Pasir Reungit, Gunung Bunder. Pengunjung juga disarankan untuk berhati-hati karena tidak boleh terlalu dekat dengan sumber uap panas atau terlalu lama menghabiskan waktu di lokasi. Pasalnya, gas-gas beracun juga berbahaya masih sangat memungkinkan muncul.

  10 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Edukatif dan Punya Banyak Kegiatan Positif. Bikin Liburan Jadi Seru

Berkemah Juga Bisa Kok!

Buat kamu yang mencari camping ground atau BumPer di Bogor, kamu bisa berkunjung ke destinasi pariwisata ini. Di tempat kemah, kamu bisa menikmati fasilitas seperti kamar mandi dan sumber air. Untuk menuju ke lokasi, kamu harus menuju ke Citalahab, Cikalet, Wates, Cangkuang, Sukamantri, atau ke Gunung Bunder.

Spot Menarik Lainnya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Spot Menarik Lainnya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Sumpah, kamu nggak bakalan nyesel kalau sudah berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Pasalnya, area ini sangat menarik untuk dijelajahi. Bahkan, ada banyak spot menarik lainnya yang bisa kamu temukan sebagaimana berikut;

  1. Gunung Batu dan Cadas Belang – Kamu bisa berkunjung ke area ziarah yang satu ini. Jika kamu berada di Kampung Cigadog, butuh waktu sekitar 2 jam untuk menuju ke Gunung Batu dan Cadas Belang yang terletak di Des Mekarjaya.
  2. Desa Wisata Malasari – Lokasi desa ini terletak di tengah hutan Cikaniki, tepatnya dekat Kampung Citalahab. Di tempat ini, terdapat stasiun penelitian yang sering digunakan untuk kegiatan penelitian serta ekowisata. Bahkan, untuk pengunjung dan peneliti bisa meginap di wisma peneliti, tak jauh dari stasiun penelitian. Wisma ini dapat menjadi rumah untuk 20 orang, dengan total 1 kamar VIP dan 4 kamar standar. Masing-masing kamar tersedia 4 kamar.
  Tempat Wisata di Bogor yang Terkenal dan Populer yang Harus Dikunjungi

Selain semua hal menarik tersebut, kamu juga bisa asik menyusuri jalan setapak. Selama di perjalanan, ada banyak flora dan fauna yang menarik sehingga membuat pengalaman wisata alam jadi terasa berkesan.

Bagian yang paling berkesan adalah ketika melewati jembatan tajuk atau yang juga dikenal dengan canopy trail. Jembatan ini digunakan untuk menghubungkan pepohonan dengan panjang 100 meter di ketinggian 20-25 meter.

Kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas sebagaimana berikut;

  • Menikmati sumber air panas yang masih alami di Gunung Menir, Cisukarame, dan lainnya.
  • Menikmati pemandangan alam perkebunan teh
  • Menguji adrenalin dengan bermain arung jeram
  • Menikmati pemandangan budaya dan tradisi masyarakat lokal yaitu Seren Taun

Nah, itulah berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Oh iya, kamu juga bisa kok berkunjung ke wilayah lainnya selama masih di Jawa Barat, seperti berkunjung ke Tebing Keraton Bandung. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

By; Zee

TIDAK ADA KOMENTAR

error: Content is protected !!