Tempat Wisata Kalimantan Selatan Ngehits Yang Wajib Anda Kunjungi

349
Bekantan Park wisata kalimantan selatan

Kalsel atau Kalimantan Selatan adalah provinsi dengan luas tanah terbesar di Indonesia yang memiliki berbgaai macam destinasi wisata unik dan menarik untuk dikunjungi. Jika ditotal keseluruhan bisa mencapai ratusan tempat wisata baik yang berada di kota maupun di pelosok desa. Beberapa Tempat Wisata Kalimantan Selatan Ngehits Yang Wajib Anda Kunjungi dan terkenal diantaranya pulau kembang, jembatan Barito,pasar terapung dan lainnya.

Bagi anda yang memang berkunjung ke provinsi ini, jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas lokal disana. Bisa dikatakan tidak boleh melewatkan kuliner disana adalah hal yang wajib ketika melakukan perjalanan wisata.

Sebagian besar penduduk Kalsel beragama Islam. Yang cukup besar penganut Islam adalah suku Banjar serta tidak sedikit juga suku Dayak Bakumpai yang berada di sekitar aliran sungai Barito. Di belahan lain bagian kawasan Gunung Meratus ada penganut setia agama kepercayaan Kaharingan yaitu suku Dayak Bukit namun juga tidak sedikit yang menganut agama Kristen. Selain dua agama tersebut ada juga yang menganut agam Budha seperti suku Dayak Dusun Balangan.

Jadi kalau anda sekeluarga ingin traveling ke wisata Kalimantan Selatan. Ada baiknya untuk mempelajari dulu tempat-tempat wisata kalimantan selatan. Nahh kebetulan kami disini akan berbagi informasi mana saja tempat yang perlu dikunjungi. Disini kami hanya berbagi yang populer saja yang mana sering masuk di TV atau media kabar lainnya. Namun sebelum menginjak kesitu, ijinkan kami berbagi juga mengenai beberapa kuliner khas yang perlu anda coba ketika sudah mampir disana.

1. Ketupat Kandangan

Siapa yang tidak kenal dengan makanan empuk bernama ketupat. Semua orang tentu kenal dengan makanan ini karena tiap Lebaran pastinya akan menjumpainya. Biasanya yang sering dikenal adalah ketupat sayur yang dominan dari Jawa. Namun jika anda berkunjung ke Kalsel, ada juga sajian yang tidak kalah enak dan hampir semua orang di wilayah Kalsel mengetahuinya yaitu Ketupat Kandangan.

Makanan ini memiliki citarasa gurih khas dari kuahnya yang agak keruh pekat karena kuah ini terbuat dari santan kelapa sebagai penambah cita rasa utama. Proses penyajian terkadang ditambah dengan telur atau ikan sebagai lauknya. Ketupat disini berbeda dengan ketupat pada umumnya dimana teksturnya agak keras namun rasa tetap enak, malahan dari teksturnya inilah yang menjadikan ketupat Kandangan menjadi khas.

2. Soto Banjar

Bagi anda penikmat soto, di Kalsel juga ada sajiannya yaitu Soto Banjar. Bisa dikatakan menu ini menjadi salah satu yang populer disana. Sebenarnya tampilan kalah jauh dengan soto lainnya, perbedaan mungkin lebih kekuahnya yang bening.

Keunikan dari soto ini adalah tidak menggunakan nasi biasa sebagai bahan utama seperti pada varian lainnya namun memakai ketupat. Jika menyantap makanan ini akan lebih nikmat jika disantap bersama daging sapi goreng atau sate ayam.

3. Manday

Manday merupakan makanan khas yang terbuat dari kulit cempedak atau orang-orang Kalimantan memberi sebutan tiwadak yang berarti sejenis buah yang mana daging, biji maupun kulitnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Nahh kulitnya ini diawetkan dalam jangka waktu yang lama lalu dipakai sebagai bahan Manday.

Proses pengawetan terbilang sederhana yaitu dengan dicampur menggunakan garam lalu didiamkan dalam wadah tertutup selama beberapa hari. Jangka waktu ini sebenarnya sesuai selera, semakin lama tentu rasa asam semakin terasa dan enak. Langkah pembuatan Manday biasanya dengan digoreng meskipun ada juga yang diolah dengan dibakar atau digulai menggunakan campurah rempah-rempah. Yang pasti sekali memakannya akan kangen dengan rasanya.

4. Patin Baubar

Patin Baubar merupakan jenis pepes dari bahan ikan patin yang dilumuri dengan bumbu rempah-rempah lalu dibakar diatas bara api hingga bumbu meresap kedalam daging. Dengan pengolahan yang tepat, menu ikan ini menjadi sajian khas Kalimantan Selatan. Makanan ini biasanya dimakan bersama dengan nasi putih.

Sajian sedap ini mudah ditemui karena banyaknya patin di pesisir sungai. Selain itu warga Kalsel juga sudah banyak ayng membudidayakan ikan ini baik dikonsumsi sendiri maupun dijual kembali. Proses pemasakan biasanya dibakar dan dipepes rebus.

Artikel Terkait :

Wisata Kalimantan Tengah Yang Wow Banget – Kamu Perlu Mampir

Keindahan 4 Taman Nasional Kalimantan Tengah

5 Destinasi Wisata Terbaik Yogyakarta

Nahh beberapa makanan populer sudah kami ulas diatas, sebetulnya masih sangat banyak tapi fokus kami disini adalah mengulas lebih lengkap tempat wisata Kalimantan selatan. Langsung saja berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa anda kunjungi.

Masjid Sultan Suriansyah

Jika anda sudah melancong ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir sejenak untuk berwisata religi Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini terbilang tua umurnya dimana usianya sudah mencapai 500 tahun. Meskipun sudah berumur namun ornamen bangunan masih terjaga dengan baik sehingga meenjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kehadirannya sejak awal menjadi cikal bakal penyebaran agama Islam Di Tanah Banjar yang sekarang berubah nama menjadi wilayah Kalimantan Selatan. Baca juga : Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah Objek Wisata Religi yang Indah Arsitekturnya

Pesona artistik bangunan masjid ini sangat kental dengan kesan tradisional Banjar dimana menggunakan konsep beratap tumpang dan konstruksi panggung. Pada sudut mihrab masjid memiliki atap pribadi yang terpisah dari bangunan utama. Konsep arsitektur kuno dari tempat ibadah ini membuat kita yang berkunjung seolah olah berada di masa lampau yaitu kerajaan bahari.

Kehadiran masjid ini ada setelah Pangeran Samudra memeluk Islam yang kemudian berganti nama menjadi Sultan Suriansyah. Ia pindah agama setelah berhasil menang perang dengan Pangeran Tumenggung. Sejarah peristiwanya terjadi pada tanggal 24 Desember 1526. Setelah itu, ia membangun sebuah masjid dengan namanya sendiri hingga bisa diabadikan sampai saat ini.

Masjid ini sempat beberapa kali mengalami renovasi tapi nuansa artistiknya masih terjaga dengan baik. Beberapa daun pintu dengan ukiran kuno tetap dijejer di sekeliling masjid meskipun sudah tidak difungsikan. Selain itu mimbar antik dari bahan kayu ulin tetap dipertahankan sampai sekarang.

Di bagian sudut lainnya terdapat ukiran khas Banjar seperti bunga, nenas, manggis dan tali. Pada sisi tengah masjid memiliki empat tiang besar yang sampai saat ini masih original tanpa perubahan sedikitpun. Pada saat peletakan tiang terdapat cerita menarik yaitu dulu ketika diletakkan, pada atasnya ditaruh wafak. Wafak ini merupakan jimat khusus khas Banjar yang bertuliskan doa-doa dengan tulisan Arab. Konon tujuan dari jimat ini sebagai pelindung bangunan agar selamat dari bencana dan senantiasa damai.

Jika sudah bertandang ke Masjid Sultan Suriansyah tentunya selain mengetahui sejarahnya juga menikmati wisata sekeliling sungai Kuin dan ada dermaga di seberang masjid yang sejak dulu sudah ada dimana berfungsi sebagai gerbang menuju kerajaan dan sampai saat ini masih dimanfaatkan warga setempat.

Untuk menuju ke masjid ini sangat mudah aksesnya karena masih masuk dalam kota Banjarmasin. Anda bisa menggunakan jalan utama sebagai pintu masuk ke daerah Kuin yaitu Jalan Pangeran. Jadi bagi anda yang berwisata ke Kalsel khususnya Banjarmasin, jangan lupa untuk singgah ke kawasan religi bersejarah ini.

Taman Maskot

Kalimantan Selatan memang tidak begitu banyak kawasan wisata bermain layaknya seperti di Jakarta atau Bandung. Hampir 80% wisata di provinsi ini tak lepas dari air seperti sungai dan pantai. Namun beberapa wisata bermain yang ada sangat-sangat populer dan menarik banyak wisatawan, salah satunya Taman Maskot. Taman yang letaknya di pusat kota Banjarmasin sering dijadikan tempat rekreasi keluarga dan merupakan wisata kalimantan selatan yang ngehits

Di Taman Maskot terdapat banyak permainan untuk anak-anak yang tentunya mereka akan suka seperti bianglala, perosotan, ayunan, mobil-mobilan dan lain sebagainya. Terdapat pula sebuah tugu hitam yang ada pahatan pohon kesturi diatasnya yang bernama mangga kecil khas Kalsel. Selain itu didekatnya terdapat juga tugu kecil tugu kecil dengan patung bekantan yang berwarna hitam. Kawasan bermain disini sejuk dan banyak angin. Hal ini lantaran karena banyak pepohonan berdaun lebat walaupun cuaca panas akibat sorotan sinar matahari.

Disebut dengan Taman Maskot karena didalamnya terdapat patung bekantan yang dijadikan maskot kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan. Selain itu pohon kesturi juga dianggap pohon khas sehingga penamaan ini menjadi identitas agar lebih dikenal banyak orang. Sesekali anda ajaklah keluarga berwisata di taman ini agar keharmonisan keluarga makin erat.

Wisata Rumah Jomblo

Akhir-akhir ini sedang viralnya di sosial meda mengenai keberadaan rumah yang cukup unik. Karena masuk trending topic, tidak sedikit warga diluar Kalimantan yang penasaran ingin melihatnya secara langsung sehingga menjadikannya tempat wisata. Nama tempatnya yaitu Rumah Jomblo alias Rumah Panggung.

Ketika anda menyaksikan rumah ini dari luar, barangkali yang terlintas dipikiran adalah biasa-biasa saja. Memang tidak terlihat spesial dimana rumah terbuat dari kayu usang bahkan lapuk. Dari sisi desain juga terbilang sangat sederhana sekali layaknya rumah kumuh pada umumnya. Dan anehnya lagi pintu belakang dan depan terbuka sehingga akan terlihat sisi dalamnya. Jika melihatnya sekilas tampak tak terurus.

Lantas mengapa begitu fenomenal? Sebenarnya yang menjadikannya unik karena posisi rumahnya menjulang tinggi yang berada diatas gundukan tanah merah. Menariknya bangunan ini tidak ambruk dan masih berdiri kokoh meskipun hanya ditopang dengan tumpukan tanah. Uniknya lagi rumah ini berada di tengah-tengah lokasi perumahan sehingga nampak kontras sekali dengan yang lain. Jadi tak heran jika tempat ini mudah sekali menarik perhatian banyak orang.

Mengapa disebut rumah jomblo? Konon dinamai demikian karena letaknya sendirian tanpa ada sandingan bangunan lain. Kalau dibawahnya terdapat banyak rumah yang dibangung oleh pengembang perumahan, lain halnya dengan rumah panggung yang hanya berdiri sendiri tanpa teman ibarat jomblo.

Jika mampir ke sana alangkah baiknya jangan musim hujan karena tanahnya sangat becek. Perlu diketahui bahwa sampai sekarang belum ada pengunjung yang memasuki rumah jomblo ini karena memang kondisi latarnya yang terlalu tinggi dan sangat curam terlebih juga tidak a