Tempat Wisata Kalimantan Selatan Ngehits Yang Wajib Anda Kunjungi

294
Bekantan Park wisata kalimantan selatan

Kalsel atau Kalimantan Selatan adalah provinsi dengan luas tanah terbesar di Indonesia yang memiliki berbgaai macam destinasi wisata unik dan menarik untuk dikunjungi. Jika ditotal keseluruhan bisa mencapai ratusan tempat wisata baik yang berada di kota maupun di pelosok desa. Beberapa Tempat Wisata Kalimantan Selatan Ngehits Yang Wajib Anda Kunjungi dan terkenal diantaranya pulau kembang, jembatan Barito,pasar terapung dan lainnya.

Bagi anda yang memang berkunjung ke provinsi ini, jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas lokal disana. Bisa dikatakan tidak boleh melewatkan kuliner disana adalah hal yang wajib ketika melakukan perjalanan wisata.

Sebagian besar penduduk Kalsel beragama Islam. Yang cukup besar penganut Islam adalah suku Banjar serta tidak sedikit juga suku Dayak Bakumpai yang berada di sekitar aliran sungai Barito. Di belahan lain bagian kawasan Gunung Meratus ada penganut setia agama kepercayaan Kaharingan yaitu suku Dayak Bukit namun juga tidak sedikit yang menganut agama Kristen. Selain dua agama tersebut ada juga yang menganut agam Budha seperti suku Dayak Dusun Balangan.

Jadi kalau anda sekeluarga ingin traveling ke wisata Kalimantan Selatan. Ada baiknya untuk mempelajari dulu tempat-tempat wisata kalimantan selatan. Nahh kebetulan kami disini akan berbagi informasi mana saja tempat yang perlu dikunjungi. Disini kami hanya berbagi yang populer saja yang mana sering masuk di TV atau media kabar lainnya. Namun sebelum menginjak kesitu, ijinkan kami berbagi juga mengenai beberapa kuliner khas yang perlu anda coba ketika sudah mampir disana.

1. Ketupat Kandangan

Siapa yang tidak kenal dengan makanan empuk bernama ketupat. Semua orang tentu kenal dengan makanan ini karena tiap Lebaran pastinya akan menjumpainya. Biasanya yang sering dikenal adalah ketupat sayur yang dominan dari Jawa. Namun jika anda berkunjung ke Kalsel, ada juga sajian yang tidak kalah enak dan hampir semua orang di wilayah Kalsel mengetahuinya yaitu Ketupat Kandangan.

Makanan ini memiliki citarasa gurih khas dari kuahnya yang agak keruh pekat karena kuah ini terbuat dari santan kelapa sebagai penambah cita rasa utama. Proses penyajian terkadang ditambah dengan telur atau ikan sebagai lauknya. Ketupat disini berbeda dengan ketupat pada umumnya dimana teksturnya agak keras namun rasa tetap enak, malahan dari teksturnya inilah yang menjadikan ketupat Kandangan menjadi khas.

2. Soto Banjar

Bagi anda penikmat soto, di Kalsel juga ada sajiannya yaitu Soto Banjar. Bisa dikatakan menu ini menjadi salah satu yang populer disana. Sebenarnya tampilan kalah jauh dengan soto lainnya, perbedaan mungkin lebih kekuahnya yang bening.

Keunikan dari soto ini adalah tidak menggunakan nasi biasa sebagai bahan utama seperti pada varian lainnya namun memakai ketupat. Jika menyantap makanan ini akan lebih nikmat jika disantap bersama daging sapi goreng atau sate ayam.

3. Manday

Manday merupakan makanan khas yang terbuat dari kulit cempedak atau orang-orang Kalimantan memberi sebutan tiwadak yang berarti sejenis buah yang mana daging, biji maupun kulitnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Nahh kulitnya ini diawetkan dalam jangka waktu yang lama lalu dipakai sebagai bahan Manday.

Proses pengawetan terbilang sederhana yaitu dengan dicampur menggunakan garam lalu didiamkan dalam wadah tertutup selama beberapa hari. Jangka waktu ini sebenarnya sesuai selera, semakin lama tentu rasa asam semakin terasa dan enak. Langkah pembuatan Manday biasanya dengan digoreng meskipun ada juga yang diolah dengan dibakar atau digulai menggunakan campurah rempah-rempah. Yang pasti sekali memakannya akan kangen dengan rasanya.

4. Patin Baubar

Patin Baubar merupakan jenis pepes dari bahan ikan patin yang dilumuri dengan bumbu rempah-rempah lalu dibakar diatas bara api hingga bumbu meresap kedalam daging. Dengan pengolahan yang tepat, menu ikan ini menjadi sajian khas Kalimantan Selatan. Makanan ini biasanya dimakan bersama dengan nasi putih.

Sajian sedap ini mudah ditemui karena banyaknya patin di pesisir sungai. Selain itu warga Kalsel juga sudah banyak ayng membudidayakan ikan ini baik dikonsumsi sendiri maupun dijual kembali. Proses pemasakan biasanya dibakar dan dipepes rebus.

Artikel Terkait :

Wisata Kalimantan Tengah Yang Wow Banget – Kamu Perlu Mampir

Keindahan 4 Taman Nasional Kalimantan Tengah

5 Destinasi Wisata Terbaik Yogyakarta

Nahh beberapa makanan populer sudah kami ulas diatas, sebetulnya masih sangat banyak tapi fokus kami disini adalah mengulas lebih lengkap tempat wisata Kalimantan selatan. Langsung saja berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa anda kunjungi.

Masjid Sultan Suriansyah

Jika anda sudah melancong ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir sejenak untuk berwisata religi Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini terbilang tua umurnya dimana usianya sudah mencapai 500 tahun. Meskipun sudah berumur namun ornamen bangunan masih terjaga dengan baik sehingga meenjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kehadirannya sejak awal menjadi cikal bakal penyebaran agama Islam Di Tanah Banjar yang sekarang berubah nama menjadi wilayah Kalimantan Selatan. Baca juga : Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah Objek Wisata Religi yang Indah Arsitekturnya

Pesona artistik bangunan masjid ini sangat kental dengan kesan tradisional Banjar dimana menggunakan konsep beratap tumpang dan konstruksi panggung. Pada sudut mihrab masjid memiliki atap pribadi yang terpisah dari bangunan utama. Konsep arsitektur kuno dari tempat ibadah ini membuat kita yang berkunjung seolah olah berada di masa lampau yaitu kerajaan bahari.

Kehadiran masjid ini ada setelah Pangeran Samudra memeluk Islam yang kemudian berganti nama menjadi Sultan Suriansyah. Ia pindah agama setelah berhasil menang perang dengan Pangeran Tumenggung. Sejarah peristiwanya terjadi pada tanggal 24 Desember 1526. Setelah itu, ia membangun sebuah masjid dengan namanya sendiri hingga bisa diabadikan sampai saat ini.

Masjid ini sempat beberapa kali mengalami renovasi tapi nuansa artistiknya masih terjaga dengan baik. Beberapa daun pintu dengan ukiran kuno tetap dijejer di sekeliling masjid meskipun sudah tidak difungsikan. Selain itu mimbar antik dari bahan kayu ulin tetap dipertahankan sampai sekarang.

Di bagian sudut lainnya terdapat ukiran khas Banjar seperti bunga, nenas, manggis dan tali. Pada sisi tengah masjid memiliki empat tiang besar yang sampai saat ini masih original tanpa perubahan sedikitpun. Pada saat peletakan tiang terdapat cerita menarik yaitu dulu ketika diletakkan, pada atasnya ditaruh wafak. Wafak ini merupakan jimat khusus khas Banjar yang bertuliskan doa-doa dengan tulisan Arab. Konon tujuan dari jimat ini sebagai pelindung bangunan agar selamat dari bencana dan senantiasa damai.

Jika sudah bertandang ke Masjid Sultan Suriansyah tentunya selain mengetahui sejarahnya juga menikmati wisata sekeliling sungai Kuin dan ada dermaga di seberang masjid yang sejak dulu sudah ada dimana berfungsi sebagai gerbang menuju kerajaan dan sampai saat ini masih dimanfaatkan warga setempat.

Untuk menuju ke masjid ini sangat mudah aksesnya karena masih masuk dalam kota Banjarmasin. Anda bisa menggunakan jalan utama sebagai pintu masuk ke daerah Kuin yaitu Jalan Pangeran. Jadi bagi anda yang berwisata ke Kalsel khususnya Banjarmasin, jangan lupa untuk singgah ke kawasan religi bersejarah ini.

Taman Maskot

Kalimantan Selatan memang tidak begitu banyak kawasan wisata bermain layaknya seperti di Jakarta atau Bandung. Hampir 80% wisata di provinsi ini tak lepas dari air seperti sungai dan pantai. Namun beberapa wisata bermain yang ada sangat-sangat populer dan menarik banyak wisatawan, salah satunya Taman Maskot. Taman yang letaknya di pusat kota Banjarmasin sering dijadikan tempat rekreasi keluarga dan merupakan wisata kalimantan selatan yang ngehits

Di Taman Maskot terdapat banyak permainan untuk anak-anak yang tentunya mereka akan suka seperti bianglala, perosotan, ayunan, mobil-mobilan dan lain sebagainya. Terdapat pula sebuah tugu hitam yang ada pahatan pohon kesturi diatasnya yang bernama mangga kecil khas Kalsel. Selain itu didekatnya terdapat juga tugu kecil tugu kecil dengan patung bekantan yang berwarna hitam. Kawasan bermain disini sejuk dan banyak angin. Hal ini lantaran karena banyak pepohonan berdaun lebat walaupun cuaca panas akibat sorotan sinar matahari.

Disebut dengan Taman Maskot karena didalamnya terdapat patung bekantan yang dijadikan maskot kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan. Selain itu pohon kesturi juga dianggap pohon khas sehingga penamaan ini menjadi identitas agar lebih dikenal banyak orang. Sesekali anda ajaklah keluarga berwisata di taman ini agar keharmonisan keluarga makin erat.

Wisata Rumah Jomblo

Akhir-akhir ini sedang viralnya di sosial meda mengenai keberadaan rumah yang cukup unik. Karena masuk trending topic, tidak sedikit warga diluar Kalimantan yang penasaran ingin melihatnya secara langsung sehingga menjadikannya tempat wisata. Nama tempatnya yaitu Rumah Jomblo alias Rumah Panggung.

Ketika anda menyaksikan rumah ini dari luar, barangkali yang terlintas dipikiran adalah biasa-biasa saja. Memang tidak terlihat spesial dimana rumah terbuat dari kayu usang bahkan lapuk. Dari sisi desain juga terbilang sangat sederhana sekali layaknya rumah kumuh pada umumnya. Dan anehnya lagi pintu belakang dan depan terbuka sehingga akan terlihat sisi dalamnya. Jika melihatnya sekilas tampak tak terurus.

Lantas mengapa begitu fenomenal? Sebenarnya yang menjadikannya unik karena posisi rumahnya menjulang tinggi yang berada diatas gundukan tanah merah. Menariknya bangunan ini tidak ambruk dan masih berdiri kokoh meskipun hanya ditopang dengan tumpukan tanah. Uniknya lagi rumah ini berada di tengah-tengah lokasi perumahan sehingga nampak kontras sekali dengan yang lain. Jadi tak heran jika tempat ini mudah sekali menarik perhatian banyak orang.

Mengapa disebut rumah jomblo? Konon dinamai demikian karena letaknya sendirian tanpa ada sandingan bangunan lain. Kalau dibawahnya terdapat banyak rumah yang dibangung oleh pengembang perumahan, lain halnya dengan rumah panggung yang hanya berdiri sendiri tanpa teman ibarat jomblo.

Jika mampir ke sana alangkah baiknya jangan musim hujan karena tanahnya sangat becek. Perlu diketahui bahwa sampai sekarang belum ada pengunjung yang memasuki rumah jomblo ini karena memang kondisi latarnya yang terlalu tinggi dan sangat curam terlebih juga tidak ada alat tangga untuk naik ke atas.

Para pengunjung yang datang kesana untuk berfoto selfie. Biasanya hari libur cukup ramai yang berdatangan. Meskipun terlihat sederhana namun dengan latar belakang rumah ini akan terlihat menawan hasil fotonya. Waktu yang tepat untuk berwisata adalah pagi sampai siang hari.

Awalnya rumah jomblo tersebut dihuni oleh para tukang bangunan secara bergilir. Seiring waktu tempat istirahat tersebut tidak dihuni lagi hingga saat ini. Mencari kawasan wisata ini cukup mudah karena letaknya berada di Banjarbaru, tepatnya berada di belakang Perum Graha Praja Idaman.

Bekantan Park

Di sudut daerah lain Banjarbaru terdapat kawasan wisata kalimantan selatan yang cocok bagi anak-anak yaitu Bekantan Park. Destinasi wisata yang berada di jalan Guntung Manggis ini menyajikan wahana permainan outbound yang cukup menantang seperti jembatan tali, flying fox dan lainnya. Berbagai satwa juga bisa disaksikan disini seperti kura-kura, biawak dan beruang. Tempat ini sangat mencolok dengan patung bekantannya yang besar di pintu masuk. Biaya tiket masuknya juga relatif murah yaitu 15 ribu saja.

Yang paling menarik disini adalah terpajangnya bermacam patung bekantan dengan variasi model yang menawan. Tak sampai disitu saja, masih ada patung pesawat UFO lengkap dengan figur alien serta miniatur jembatan barito. Bagi para penggemar selfie ataupun foto grafer, cocok banget mampir kesini karena hasil foto akan sangat bagus karena backgriund yang mempesona. Area wisata ini terbatas bukanya yaitu pada hari Sabtu dan Minggu hingga jam 2 siang.

Agrowisata Kebun Durian

Barangkali anda sudah sering menikmati buah durian dari hasil beli dipasar atau supermarket. Namun akan terasa berbeda sensasi jika menikmati legitnya langsung petik dari perkebunan. Tentunya lebih fresh dan lebih segar, tentunya juga kebersihan serta keamanan lebih terjamin dibandingkan jika membeli dari pedagang yang kadangkala buahnya belum tentu aman dikonsumsi.

Bagi anda yang memang penggemar durian dan ternyata sedang berwisata ke Kalimantan selatan, jangan lupa untuk singgah sejenak ke Agrowisata Kebun Durian/Meek Farm tepatnya di Banjarbaru. Disini anda akan mendapati banyak durian lokal yang rasanya tak kalah enak dengan jenis lainnya.

Ketika sudah sampai di kebun ini, anda akan menyaksikan pemandangan luar biasa berupa lahan durian yang luas, setidaknya ada 600 pohon dengan berbagai jenis. Jenisnya antara lain kani, montong, petruk serta khas lokal Kalsel bernama golden dan japan. Eloknya lagi, durian lokal tersebut menjadi unggulan di kawasan wisata buah ini.

Durian japan ini punya cerita tersendiri dimana dulu saat pembangunan waduk di Riam kanan selama penjajahan Jepang, orang-orang sana hanya mau makan jenis yang mereka anggap suka. Hal itu disebabkan jenis tersebut dianggap paling enak. Dari situlah durian lokal tersebut dinamai durian japan.

Tak sekedar cerita saja, rasa dari durian japan ini memang beneran legit. Daging buah terasa lebih tebal serta lebih manis dibanding montong. Maka dari itu jika berkunjung ke Meek Paek ini jangan lupa untuk mencicipinya juga. Selain wisata buah, disini anda juga akan disuguhkan dengan ebrbagai fasilitas yang memadai seperti tempat bermain anak, wahana outbound, warung makan khas nusantara serta area parkir yang luas.

Disini juga ada menu olahan durian yang istimewa rasanya seperti lempok, es krim serta aneka kue berbahan durian. Disana anda juga bisa langsung melihat dan belajar membuat aneka olahan buah durian. Jika lebih suka membawa buah tanpa olahan sebagai oleh-oleh, anda juga bisa dengan membelinya langsung dengan harga kisaran 30-40 ribu per kilogram.

Bagi anda yang berencana mengunjungi agrowisata ini, areanya buka setiap hari pada jam 8 pagi-6 sore WIT. Lebih baik datang berkelompok agar lebih menyenangkan perjalanan wisatanya. Dengan rombongan, anda bisa memakai paket wisata yang tentu lebih murah.

Kebun Raya Banua

Masih banyak yang belum tahu akalu Banjarbaru memiliki kebun raya. Kawasan alam ini sudah lama ada dan sekarang dikelola penuh oleh pemprov Kalsel. Untuk menuju ke area ini, anda perlu menggunakan kendaraan pribadi karena masih belum tersedia transportasi umum yang memadai.

Menariknya jika mampir kesini tidak dipungut biaya sama sekali namun masyarakat diminta kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tak sedikit keluarga yang datang kesini untuk piknik sejenak melepas kepenatan dan ada juga yang mengadakan arisan juga.

Sudah dua tahun kebun raya dibangun. Pembangunannya melibatkan dua institusi sekaligus yakni LIPI dan Kebun Raya Bogor. Kerjasama ini tertuang dari perjanjian kerjasama yang baru saja diperpanjangan dua pekan lalu. Para ahli LIPI dan Kebun Raya Bogor memantau langsung pengerjaan penanaman ribuan batang pohon.

Munculnya kebun raya Banua sendiri atas dasar ide dari pemprov yang kepemimpinannya dipegang oleh Rudy Ariffin selaku gubernur. Luas lahan sangat besar hingga mencapai sekitar 100 hektar. Pembangunannya sendiri melibatkan dua lembaga besar seperti Kebun Raya Bogor dan LIPI.

Kabarnya pembangunan ditaksir hingga mencapai ratusan miliar, sungguh investasi yang sangat besar. Namun hal ini tidak masalah karena untuk kepentingan orang banyak. Kebun raya ini tidak hanya difungsikan sebagai kawasan konservasi alam saja namun juga sebagai kawasan pendidikan dan penelitian. Ide hadirnya Kebun Raya Banua menjadi angin segar bagi warga sekitar Banjarbaru mengingat info panasnya degradasi lingkungan yang semakin memprihatinkan.

Saat ini kawasan alam Banua setidaknya memiliki koleksi tanaman langka dari 3 ribuan pohon yang didapat dari banyak sumber seperti bantuan pemerintah, organisasi pecinta lingkungan, perusahaan swasta serta sumbangan dari berbagai perorangan. Selain itu juga pihak pengelola mencari berbagai koleksi tanaman dari berbagai daerah yang ekosistem hutannya masih lengkap.

Mustika Dunia Fantasi

Kegiatan perjalanan wisata sekarang ini bisa dikatakan menjadi kebutuhan baik itu dalam waktu sebulan atau setahun sekali. Hal ini disebabkan sibuknya aktivitas pekerjaan sehari-hari, belum lagi tiap hari menghadapi macet kendaraan di ibukota. Dengan aktivitas seperti ini memang waktu berkumpul dengan keluarga terasa sedikit sehingga tak jarang kalau tidak sedikit keluarga yang hubungannya renggang. Untuk itu, perlu adanya hiburan dengan mengajak anak-anak jalan-jalan berwisata untuk sekedar menghilangkan penat dan menenangkan diri.

Bagi anda warga Kalsel cocok sekali untuk berkunjung ke wahana permainan spektakuler ini yaitu Mustika Dunia Fantasi menjadi pilihannya. Banyak fasilitas bermain yang disediakan disini seperti water boom, bom-bom car, golf mini, seluncur air, dan kolam renang. Masih kurang lengkap?? Ada lagi yang lainnya seperti kora-kora, kereta kuda, speed racing slide, kolam arus, baby slide, cawan air dan juga bianglala. Tentunya semua wahana ini bikin keluarga anda betah berwisata dan semua beban di pikiran terasa hilang seketika.

Artikel Terkait

Taman Wisata Alam Muara Angke Amazon dari Jakarta

Kesejukan Taman Penjaringan Jakarta

Eko Wisata Mangrove Populer

Anda sekeluarga dapat berwisata di Mustika Dunia Fantasi pada hari libur yang pastinya akan ramai dengan tiket masuk seharga 50 ribu. Letak kawasan bermain ini di Jln. Gubernur Subardjo, Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kecamatan Liang Anggang.

Taman Van Der Pijl

Ternyata di kota Banjarbaru terdapat taman favorit yang cocok untuk bersantai bersama teman atau keluarga yaitu Van Der Pijl. Taman ini menjadi salah satu yang diminati banyak pengunjung karena memang letaknya yang strategis, tepatnya di pinggir jalan. Tidak sedikit kalangan muda yang mampir kesini baik untuk menghilangkan stress atau santai-santai bersama teman.

Nama kawasan ini terdengar seperti bahasa asing, barangkali bagi kita agak susah mengejanya. Konon kabarnya nama “Taman Van Der Pijl” ini digunakan sebagai penghargaan terhadap arsitektur asal Belanda bernama Ir. D. A. W. Van Der Pijl yang berjasa dalam pembangunan infrastuktur kota Banjarbaru.

Area bersantai ini terbilang sejuk karena banyak pepohonan rindang sehingga kalau cuaca panas sekalipun masih terasa angin-angin segar. Jika tidak ingin pergi di siang hari bisa memanfaatkan pada pagi atau sore hari dengan berolahraga, jalan sehat atau aktivitas gerak lainnya. Tempat ini juga sering dijadikan area bermain dan spot selfie bagi para remaja, memang viewnya kena banget jika berfoto disini.

Taman Van Der Pijl menjadi ruang terbuka segar yang menjadi kebanggaan warga kota Banjarbaru. Posisinya memang dekat sekali dengan Banjarmasin sehingga bagi pengunjung luar kota dapat berkunjung kesini. Transportasi untuk menuju kesini juga sudah banyak jadi tidak akan kesulitan untuk mencapai taman ini.

Taman ini memang tak begitu luas namun lengkap dengan berbagai pohon yang rimbun dan besar sehingga nuansanya terasa nyaman untuk bersantai. Menurut pengelola dari pagi sampai malam, taman ini tak sepi pengunjung apalagi kalau weekend, tentunya banyak anak-anak yang datang kesini. Area ini juga disukai kalangan anak kecil karena ada wahana permainan seperti odong-odong, rumah balon, mobil-mobilan dan kereta mini.

Selain tempat bermain, taman ini juga memiliki bintanang yang lucu menggemaskan diantaranya monyet ekor panjang, bangau tong-tong dan owa kalimantan. Selain itu terdapat berbagai patung dinosaurus yang bisa dijadikan objek pasangan foto bersama.

Bagi anda yang berkeinginan ke Taman Van Der Pijl, dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari kota Banjasmasin. Uniknya, masuk ke taman ini biayanya GRATIS, anda cukup membayar biaya parkir sekitar 3 ribuan. Meskipun gratis, tetap sadar untuk menjaga kebersihan dan tidak buang sampah sembarangan.

Wisata Danau Seran

Kalimantan Selatan sekarang ini sudah tidak seperti dulu lagi yang mana masih terbilang minim potensi baik dari segi perdagangan maupun wisatanya. Namun seiring waktu mulai muncul berbagai potensi wisata yang menarik pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota. Semakin banyak sudut objek wisata yang dikembangkan juga menarik minat wisatawan mancanegara untuk mampir ke provinsi ini. salah satu yang cukup populer saat ini adalah Danau Seran yang berada di Banjarbaru.

Danau Seran merupakan wisata kalimantan selatan yang ngehits berupa sebuah perairan bening dan jernih kehijauan dengan menampakkan gradasi yang selaras sama alam sekitarnya. Kehadiran danau ini tentunya membuat warga Banjarbaru senang karena memiliki kawasan wisata berlibur di akhir pekan, terlebih juga kotanya semakin banyak dikenal dan dikunjungi. Yang unik adalah jika berada di pinggiran maka anda bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam yang mempesona.

Kabarnya danau ini terbentuk dari kegiatan pertambangan intan dari PT Galuh Cempaka. Singkat cerita perusahaan tersebut lama tak beroperasi sehingga kawasan tambang tersebut lama kelamaan menjadi danau dan sekarang menjadi salah satu objek wisata yang menawan. Bagi warga sekitar kelurahan Gantung Manggis pastinya Danau Seran menjadi wahana baru untuk bersantai sambil jalan-jalan menikmati pemandangan iar jernih dipadu dengan angin segar dari banyak pepohonan hijau. Tempat ini juga sudah tidak terlihat jejak bekas pertambangan.

Bagi para penggemar fotografi tentu akan merasa kagum dengan hamparan landscape disini dan bagi pengunjung biasa akan merasa takjub dengan perubahan tempat tambang menjadi wahana wisata yang cantik. Biasanya mulai agak ramai ketika menjelang sore hari dimana banyak ayng menantikan view sunset dengan sinar memerahnya.

Saking beningnya air membuat para pengunjung tidak kuasa menahan untuk segera berenang. Jika anda singah kesini dan ingin berenang, alangkah baiknya di tepian saja agar aman. Usahakan untuk tidak mencapai tengah-tengah karena ada bekas galian yang lubangnya sangat dalam sehingga beresiko masuk kedalamnya.

Letak Danau Seran tidak begitu jauh dari pusat kota. Jika mampir kesini sebaiknya memakai kendaraan pribadi karena masih belum banyak transportasi umum yang memadai. Disini anda juga bisa menyewa perahu kelotok dengan harga 5 ribu untuk sekali jalan. Perahu ini dapat memuat hingga 5 orang lebih.

Waterboom Pesona Modern

Nahh wisata kalimantan selatan kali ini sangat asyik dimana orang dewasa dan anak-anak pasti suka yaitu Waterboom Pesona Modern. Wahana permainan ini sangat ramai dikunjungi warga Banjarmasin, namun tak sedikit juga yang dari luar kota datang berombongan kesini. Seringnya sangat padat ketika hari libur tiba.

Fasilitas di Water Boom

Fasilitas yang disajikan disini cukup banyak mulai dari twister boom (luncuran berkelok dengan ketinggian 15 meter), slider boom (luncuran lurus setinggi 5 meter) serta flying fox (permainan dengan tali sepanjang 50 meter). Sebagian besar permainannya lebih ke arah pacu adrenalin.