Masuk sebagai salah satu tempat yang sangat potensial akan pariwisatanya, papua punya Danau Sentani, wisata di papua yang terkenal cantik banget. Ya, kamu bakalan disuguhkan dengan pemandangan alam yang spektakuler di bagian timur Indonesia ini. Buat kamu yang sudah pernah ke Papua, mungkin sudah biasa menikmati cantiknya Raja Ampat. Tapi, kamu juga wajib mampir ke Danau Sentani di kesempatan selanjutnya.

Disebut Sentani karena merupakan nama pemberian seorang Pendeta Kristen, BL Bin di tahun 1898. Nama Sentani bermakna “Disini, kami tinggal dengan damai”. Jadi, nama tersebut berisi tentang harapan dan doa dari masyarakat sekitar. Tak lain supaya tempat ini membawa kedamaian.

Danau Sentani Tempat Wisata di Papua yang terkenal

Lokasi Danau Sentani, Wisata di Papua Yang Terkenal

Danau Sentani ini terletak di ibukota Papua, tepatnya di Jayapura. Ada banyak hal yang ditawarkan di sekitar tempat wisata di papua yang terkenal ini. Dijamin, liburan kamu ke tempat ini juga nggak bakalan gampang untuk dilupakan. Selain tempatnya yang unik, Danau Sentani juga kaya akan budaya dan keunikannya. Itulah mengapa, tempat wisata ini begitu ikonik yang harus kamu kunjungi selain wisata Danau Telaga Biru yang juga nggak kalah cantik dan punya legenda wisata menarik.

Untuk menuju ke lokasi, lokasi danau ini berada di lereng kaki pengunungan Cycloop. Kalau kamu berada di Bandara, hanya sektiar 15 menit untuk menuju ke lokasi ini dengan mengendarai kendaraan pribadi. Atau, kamu bisa menyewa motor atau mobil. Ini adalah cara terbaik supaya bisa menuju lokasi dengan mudah.

  Pulau Ahe, Pulau di Papua Yang Cantik Buat Liburan

Rute menuju lokasi terbilang mudah. Ketika di bandara, lanjutkan perjalanan ke Danau. Gunakan aplikasi untuk mendapatkan rute atau arah yang jelas. Atau sewa jasa ojek untuk mengantar ke lokasi. Untuk berkeliling danau, kamu bisa menyewa perahu atau kapan dengan rentang harga 10.000 rupiah sampai 50.000 rupiah tergantung pemilik perahu.

Danau Sentani, Tempat Wisata Di Papua Yang Terkenal Budayanya

Salah satu hal yang harus kita pelajari dari masyarakat papua, terutama masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Sentani adalah karena mereka sangat menjaga budaya lokal. Salah satu daya tarik yang sampai saat ini menjadi alasan mengapa banyak orang berkunjung ke danau tersebut adalah untuk melihat festivalnya.

Festival ini selalu rutin diadakan setiap 19 Juni sebagai salah satu cara untuk menjaga budaya. Selain itu, masyarakat lokal juga punya tujuan baik seperti menjaga keharmonisan dan juga persatuan warga. Apalagi, Papua masih menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang sering mengalami konflik antar suku. Itulah mengapa harus ada kegiatan positif yang ditujukan untuk menjaga perdamaian.

Pada festival ini, seluruh paguyupan yang ada di kota atau kabupaten Jayapura akan turut serta. Mereka harus mampu menunjukkan kecintaan pada budaya asli Tabi, dengan total 16 sub suku. Festival akan dimulai dengan adanya tarian adat di atas perahu.

  Tempat Wisata di Papua, Desa Kwatisore - Berenang Bareng Hiu Paus

Kemudian, berlanjut dengan adanya tarian khas Papua, tarian perang dan ditambah dengan upacara adat untuk penobatan pemimpin adat dari Sentani, disebut dengan Ondoafi. Terakhir, festival ditutup dengan adanya sajian kuliner yang khas di Papua. Kamu bisa menikmati betapa meriahnya festival tersebut.

Papua juga punya salah satu tempat wisata yang sangat solid masyarakatnya. Kamu bisa melihat bagaimana kehidupan mereka di Desa Kwatisore di Papua, desa yang selalu diguyur hujan setiap sore hari, sepanjang tahun.

Tempat wisata di Papua yang terkenal budayanya

Wisata di Papua Yang Terkenal di Sekitar Danau Sentani

Berikut adalah berbagai hal yang cuman bisa kamu temukan di Danau Sentani.

1. Pemandangan 22 gugus pulau

Bayangin aja, ada sekitar 22 pulau besar juga kecil yang punya keunikan masing-masing dan beberapa diantaranya sudah menjadi destinasi wisata yang populer di Papua. Dengan luas sekitar 9.360 hektar, 22 puulau tersebut terbentang menghiasi sekitar Danau Sentani.

Pulau Asei jadi salah satu pulau yang populer. Menurut legenda, masyarakat lokal mengatakan bahwa pulau tersebut adalah bagian tubuh dari seekor naga. Konon, nenek moyang mereka mampu menaiki naga. Lukisan kulit kayu jadi salah satu kerajinan tangan yang khas di pulau tersebut. Kalau ngomongin pulau yang cantik di papua, kamu juga harus berkunjung ke Pulau Nusi, Papua Barat.

  Destinasi Wisata Papua, Danau Telaga Biru Tosca Yang Eksotis

Atau, kamu juga bisa berkunjung ke Pulau Harlem yang cocok buat kabur sejenak dari rutinitas yang penuh.

2. Tempat Wisata di Papua yang Populer Dengan Biota

34 sumber mata air menjadi alasan mengapa danau ini masih eksis. Seluruh debit air tersebut berasal dari mata air di Pegunungan Cycloop. Ada sekitar 15 jenis tanaman air seperti kayu apu, wewejan, rumput pita, peperetan, kangkong air, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk ikan tawar terdapat sekitar 30 jenis, beberapa adalah endemic. Danau itu jadi rumah untuk hiu gergaji, ikan pelangi merah, ikan pelangi sentani, ikan gabus, dan lainnya.

3. Tempat Wisata di Papua yang Populer Dengan Bukit Teletubbies

Disebut bukit Teletubbies karena memang bentuknya mirip dengan bukit yang ada di serial anak-anak, Teletubbies. Kamu bisa berjalan dan menikmati pemandangan disana. Menyusuri jalanan di bukit bergelombang yang begitu hijau tentu sangat saying untuk dilewatkan.

Kamu bisa naik ke Tugu MaccArthur. Tugu tersebut ada di pegunungan Cycloop, tepatnya berada di Kawasan markas TNI Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket adalah Rp. 10.000

Jam operasionalnya yaitu senin sampai jumat, weekend, dan juga hari-hari libur. 24 jam lokasi wisata ini terbuka.

By: Zee