Home / Jawa / 10 Wisata Alam Jogja yang Selain Keindahan Pemandangannya Kebangetan Juga Nawarin Berbagai Kegiatan Seru

10 Wisata Alam Jogja yang Selain Keindahan Pemandangannya Kebangetan Juga Nawarin Berbagai Kegiatan Seru

Daya tarik Yogyakarta tuh nggak hanya terletak pada budaya dan kulinernya, namun juga sektor pariwisatanya. Ada banyak banget tempat berlibur di kota tersebut yang selalu dibanjiri turis domestik maupun mancanegara tiap tahunnya. Contoh, Candi Prambanan, Taman Sari, Malioboro dan lain-lain. Bahkan, beberapa tahun belakangan, wisata alam Jogja juga lagi berkembang pesat, lho, terutama di kawasan Gunungkidul. Hal itu pun ditunjang oleh fasilitas yang memadai, sehingga layak buat dikunjungi.

Nah, kalo kamu lagi sumpek sama kerjaan, boleh tuh ngungsi sebentar ke tempat pelesir yang bernuansa alam di bawah supaya lebih fresh dan bisa fokus kembali!

Wisata Alam Jogja

Kebun Buah Mangunan, Bisa Jadi Tempat yang Tepat Buat Refreshing dan Belajar Memanen

Berada di Bantul, objek wisata yang masih sangat asri ini menyuguhkan panorama Sungai Oyo nan mengalir di antara perbukitan dari ketinggian 150-200 mdpl. Kalo pagi emang tertutup kabut, tapi begitu agak siang bakal terlihat eksotis. Karpet hijau yang menghampar di kanan-kirinya menambah keelokan pemandangan di area tersebut. Selain menikmati lansekap itu, kamu bisa ikut memanen buah-buahan ketika musimnya tiba atau menanti kehadiran senja yang menampilkan sunset keemasan nan menawan. Baca Juga : 10 Wisata Malam Jogja yang Layak Disambangi Buat Sekadar Nongkrong atau Nyari Happy Bareng Orang Tercinta

Wisata Alam Jogja

Gunung Api Purba Nglanggeran, Sekumpulan Bukit Batu Raksasa yang Terlihat Bagai Karya Seni dari Ketinggian

Kalo hanya tahu Gunung Merapi, berarti mainmu kurang jauh. Sebab, di Gunungkidul ada gunung api yang dulunya aktif, tapi seiring perjalanan waktu, statusnya berubah dan menjadi area dengan gugusan bukit batu raksasa nan menakjubkan. Buat mencapai puncak, kamu harus trekking selama 1-2 jam. Misal nggak kuat, kamu dapat berhenti di pos-pos dengan gazebo yang panoramanya tidak kalah cantik, kok. Sekitar 2 km dari sana juga ada Embung Nglanggeran, sarana irigasi warga, yang kerap dijadiin spot foto.

Wisata Alam Jogja

Telaga Biru Semin, Versi Mininya Danau Kelimutu di Flores yang Punya Pesona Tiga Warna

Masih di Gunungkidul, kamu dapat nemuin kembarannya Danau Kelimutu. Bernama Telaga Biru Semin, salah satu objek wisata alam Jogja ini punya daya tarik nan kuat. Letaknya ada di puncak Bukit Ngentak dan dikelilingi oleh tanaman hijau khas daerah tropis. Sebenernya, danau itu terbentuk dari kegiatan pertambangan yang berlangsung di perbukitan Candirejo. Bahkan, sampai sekarang, aktifitasnya masih berlanjut, lho. Tapi, perkembangan wisata seakan ngebuat kegiatan tersebut berhenti secara perlahan.

Wisata Alam Jogja

Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Alam Jogja, Kolaborasi Antara Pemandangan Serba Hijau dengan Curug Nan Jernih

Nggak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran, ada sebuah curug yang berada di tengah hamparan sawah. Curug itu punya enam tingkatan, yang mana aliran airnya langsung mengarah ke area persawahan. Untuk sampai ke sana, kamu mesti trekking. Nggak bakalan capek, deh, soalnya di perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan, seperti sungai, sawah dan perbukitan yang menyejukkan mata. Tentu, rasa lelah kamu juga bakal terbayar begitu melihat jernihnya Air Terjun Kedung Kandang. Air Terjun Kedung Pedut, Waterpark Alami Di Yogyakarta juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata alam jogja.

Wisata Alam Jogja

Bukit Pengilon, Wisata Alam Jogja Tersembunyi yang Punya View Memukau dan Asyik Buat Camping

Lagi-lagi di Gunungkidul kamu bakal menjumpai objek wisata yang memesona. Dikenal dengan Bukit Pengilon yang dalam Bahasa Indonesia berarti Bukit Cermin. Dinamakan begitu karena di sana emang ada batu yang mirip cermin. Viewnya berupa padang rumput luas nan menghadap ke pantai lepas. Kayak di luar negeri, kan? Selain trekking, disini kamu pun bisa camping, lho. Bakal betah, deh, apalagi kamu akan dihibur oleh pemandangan sunset dan bintang, serta dibuat nyaman oleh semilir angin laut. Wisata alam yogyakarta juga menawarkan Spot Selfie Menawan dan di Tebing Breksi Yogyakarta

Pantai Sinden, Pantai Anti-mainstream yang Berbatasan Sama Pulau Karang dengan Sejuta Pesona

Liburan ke Gunungkidul belum komplit kalo nggak menyambangi wisata pantainya. Salah satu destinasi yang unik, ya, Pantai  Sinden. Sebab, nggak seperti pantai pada umumnya yang berpasir putih, pantai ini berupa tebing tinggi yang berhadapan langsung sama laut. Menariknya lagi, di seberang pantai itu ada Pulau Kalong, pulau karang nan ditumbuhi tanaman liar. Kalo pengen ke sana, kamu bisa melewati jembatan gantung. Rasakan sensasi menegangkan saat deburan ombak ganas menabrak karangnya!

Air Terjun Jurang Pulosari, Penderasan dengan Kolam Alami Nan Cantik yang Lagi Hits di Bantul

Sekitar 20 km dari Kebun Buah Mangunan, ada destinasi yang lagi hits, yaitu Air Terjun Jurang Pulosari. Letaknya emang di bawah jurang, tapi nggak usah khawatir, sebab ada jalan setapak yang akan mudahin kamu menjangkau lokasi. Di sana juga ada fasilitas, seperti gazebo dan warung, lho. Di bawah curugnya sendiri ada kolam alami berwarna hijau. Kelihatan cantik banget kalo dipotret. Airnya juga seger, lagi. Suasananya yang asri, tenteram dan sunyi sangat ampuh buat ngilangin stress akibat pekerjaan.

Goa Jomblang, Liang Besar yang Terbentuk Melalui Proses Geologi nan Memancarkan Cahaya dari Surga

Pernah nonton Amazing Race? Syutingnya disini, lho. Goa yang terletak di Semanu, Gunungkidul ini udah ada sejak ribuan tahun lalu akibat collapse doline, peristiwa runtuhnya tanah beserta vegetasi di atasnya ke dasar bumi yang membentuk sinkhole (liang besar). Buat ke sana, kamu perlu tali sebagai lintasan. Selama trekking, kamu bakal disambut oleh aroma lembab yang khas. Kalo mau ngeliat sinar matahari yang masuk melalui mulut goa nan terlihat bak cahaya dari surga, datang aja pukul 10.00-14.00 siang.

Blue Lagoon, Pemandian Alami yang Pemandangan dan Atmosfirnya Kayak Objek Wisata di Luar Negeri

Bernama lain Pemandian Tirta Budi, tempat pelesir di Sleman ini menyuguhkan panorama yang nggak kalah memikat dari destinasi-destinasi di Pulau Lombok, Bali bahkan luar negeri. Kawasan itu berupa ceruk yang berisi air jernih dengan warna biru kehijauan nan berada di tengah lebatnya pepohonan. Destinasi impian para traveler dan Instagrammer, deh, pokoknya. Di sini kamu bisa bermain air sepuasnya atau duduk-duduk di gazebo sambil menikmati suasana sekitar yang sejuk lagi tenang.

Kalisuci Cave Tubing, Wisata Alam Jogja dengan Aktifitas Susur Sungai yang Nggak Kalah Seru dari Gua Pindul

Mungkin selama ini objek wisata dengan konsep cave tubing, kombinasi petualangan susur gua dan body rafting, yang kamu tahu cuma Gua Pindul. Karena beberapa tahun belakangan, namanya emang naik daun. Tapi, sebetulnya, di Semanu, Gunungkidul, ada destinasi serupa. Kalisuci Cave Tubing nggak hanya memanjakan kamu dengan segar dan derasnya air sungai, melainkan view di sekitarnya nan apik. Kamu juga bakal dibuat tegang manakala memasuki Goa Kalisuci dan Goa Gelatik. Gelap banget soalnya!

Gimana rekomendasinya? Keren-keren, kan? Pilihan destinasi wisata alam Jogja di atas juga beragam, mulai dari bukit, danau, air terjun, pantai hingga goa. Kebanyakan emang ada di Gunungkidul, sih. Tapi, tenang, akses ke lokasi cukup mudah, kok. Meskipun ada yang harus berkorban dulu buat tiba ke spot wisatanya, bakal kerasa worth it kalo udah ngelihat lansekap yang disuguhkan.

Check Also

Wisata Jawatan Banyuwangi

Wisata Jawatan, Banyuwangi Yang Mirip Dengan Dunia Alice In Wonderland

Kamu salah satu penggemar film fiksi yang sering mengkhayal untuk berpetualang ke tempat yang mirip …

Menikmati Wisata Aceh Pulau Rubiah

7 WISATA ACEH YANG POPULER DAN WAJIB DIKUNJUNGI

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak diujung pulau sumatera dan mempunyai beberapa …

error: Content is protected !!