Wisata Harlem Papua – Salah satu alasan mengapa kamu harus berkunjung ke pantai yang ada di Papua adalah karena pantai yang satu ini merupakan pantai yang menyuguhkan pemandangan layaknya di surga. Gimana enggak, pantai ini terletak di daerah yang tersembunyi yaitu tepatnya di balik perbukitan. Dan, bahkan sangat jauh dari keramaian. Yang mana, ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang lagi populer banget.

Jadi, ada banyak alasan kenapa kamu harus dikunjungi di tempat yang satu ini. Nah seperti apa sih keindahan yang ditawarkan oleh pantai yang tersembunyi di Papua ini kamu bisa mengingat semua alasannya pada postingan berikut ini

Butuh Perjuangan Untuk Wisata Harlem Papua

Wisata Harlem Papua terletak di distrik Depapre Jayapura. Iya, hal ini dikarenakan memang transportasi dan juga lokasi yang ada di pantai benar-benar masih belum belum sangat diperhatikan. Disebut surga, karena memang pantai yang cantik yang satu ini masih kayak belum terjamah oleh apapun.

Untuk menunjukkan lokasinya saja, kamu harus rela mengarungi Samudra Pasifik loh. Itu juga bisa dikatakan bahwa transportasi darat belum tersedia sama sekali. Jadi, mau nggak mau kamu harus mengarungi samudra dengan menggunakan rute laut. Tenang aja, karena perjalanan ini bisa digunakan dengan menggunakan kapal dari nelayan yang bisa kamu sewa.

Perjalanan juga nggak terlalu lama, karena cuman butuh waktu sekitar setengah jam untuk menuju ke lokasi pantai. Kalaupun kamu maksa banget pengen menggunakan jalur darat, cuman ada 1 cara. Yaitu, dengan tracking di hutan dan itu membutuhkan waktu berjam-jam. Kamu harus melewati perbukitan dan juga lereng-lereng yang ada di belakang pantai. Bisa dibayangin dong gimana gilanya Jika kamu menggunakan rute darat.

  Gua Binsari, Gua Nenek, Tempat Wisata Papua Yang Terkenal Bikin Ngeri

Untuk menuju ke lokasi, kamu harus menuju ke Pantai Tablanusu terlebih dahulu. Pantai ini berada di desa Tablanusu, Distrik Depapre, Jayapura. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 54 KM. Itu cuman untuk pantainya doang yaitu, jika kamu dari pusat Kota Jayapura. Perjalanan sejauh 54 KM itu bisa ditempuh dalam waktu 2 jam.

Untungnya, kamu bisa menuju ke Pantai Tablanusu tersebut dengan menggunakan kendaraan umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan umum jadi pilihan favorit karena memang gak bikin repot. Kamu juga nggak perlu sewa kendaraan roda empat. Karena, tarifnya per hari aja bisa dibayangin sekitar Rp500.000 termasuk bayar sopir

Sesampai di Wisata Harlem Papua

Begitu sampai di pantai ini, kamu harus membayar bea masuk parkir kendaraan. Kalau kamu membawa kendaraan pribadi, yaitu bayar sebesar Rp10.000 untuk kendaraan mobil. Sedangkan dikenakan Rp5.000 untuk pengunjung. Kamu juga harus memikirkan kendaraan.

Kemudian juga harus bayar sewa kapal yang ada di sekitar pantai Tablanusu. Perahu yang tersedia juga hanya untuk 10 orang. Per perahu, biaya sewa yang bervariasi tergantung muatan kapal dan juga tergantung bagaimana kamu bisa bernegosiasi harga dengan pemilik kapal. Biasanya sih, untuk membayar sewa nya membutuhkan uang sekitar Rp300.000. Atau, bahkan sampai Rp400.000 untuk biaya sewa pulang dan pergi.

  Paket Wisata Papua Puncak Jayawijaya, Sewa Agen 130 Juta!

Nggak butuh waktu lama kok untuk menikmati naik kapal menuju ke Pantai Harlem. Karena, cuman butuh waktu sekitar setengah jam doang. Sesampai di sana, segala perjuangan dan upaya yang sudah kamu lakukan bakalan terbayar dengan sangat sangat menawan. Kamu bakalan dibuat terpukau dengan air laut yang jernih. Juga, bahkan lebih jernih dibandingkan pantai yang ada di tempat yang lain. Ada tiga gradasi warna yang bisa kamu pandai sepuasnya.

Nggak cuman itu, tapi kamu juga bisa melihat bagaimana biota lautnya lebih bervariasi lebih indah dan juga berwarna. Wilayah pantai ini juga merupakan kawasan pedesaan. Jadi, kamu juga bisa melihat Bagaimana suasananya yang hening banget. Karena, memang penduduknya sangat sedikit yaitu cuman sekitar 50 jiwa.

Wisata Harlem Papua
bibir pantai harlem dengan pondok kecilnya

Aktivitas Yang Dapat di Lakukan

Apalagi, akses menuju ke lokasi terbilang masih sangat sulit. Sehingga, nggak semua wisatawan suka berkunjung di tempatnya satu ini. Terutama, untuk wisatawan yang gak mau ribet. Buat para wisatawan yang hobinya menghabiskan waktu outdoor, maka pantai Harlem ini jadi pilihan yang sangat cocok. Soalnya, mereka bisa menghabiskan waktu untuk snorkeling.

Bahkan, mereka juga bisa menikmati gimana indahnya biota laut yang ditawarkan di pantai ini. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan sesampai di lokasi pantai adalah memancing. Atau, berkuliner dengan menikmati hasil tangkapan laut yang masih segar. Kamu juga bisa kok bersantai di pinggir pantai sambil bermain air menikmati tenangnya busana angin.

  Pulau Ahe, Pulau di Papua Yang Cantik Buat Liburan

Kamu juga bisa melupakan semua pekerjaan yang melelahkan di kota. Bagian yang paling menarik di pantai halaman adalah kamu bisa menemukan sebuah kolam. Kolam ini terletak jauh dari arah pantai loh. Tapi, kondisi air yang tawar berbeda dengan kondisi air laut yang selalu asin bisa dibilang kan kalau ini kontras banget dan menandakan bahwa Tuhan itu Maha Kuasa.

Suka selfie pun bisa diwujudkan dengan berpose di sebuah ayunan yang ada di pinggir pantai. Rasanya senang banget deh kalau kamu bisa ke sini bersama dengan orang yang kamu sayang. Atau, kamu bisa berkunjung kesini bersama dengan sahabat yang paling solid

Yang bikin sedih adalah pantai ini belum punya fasilitas yang memadai dalam hal cottage atau penginapan. Jadi, buat kamu yang pengen menghabiskan waktu bermalam di sekitar pantai mau nggak mau kamu harus membuat tenda atau bikin kemping. Nah, itulah Kenapa wisata yang satu ini cocok buat kamu yang doyan outdoor dengan berbagai kondisi yang menantang. Namun berbeda untuk wisatawan yang nggak mau ribet atau yang pengen mencari kenyamanan dan fasilitas yang praktis atau lengkap.

By; Zee.