Breaking News
Home / Jawa / Wisata Jawatan, Banyuwangi Yang Mirip Dengan Dunia Alice In Wonderland

Wisata Jawatan, Banyuwangi Yang Mirip Dengan Dunia Alice In Wonderland

Kamu salah satu penggemar film fiksi yang sering mengkhayal untuk berpetualang ke tempat yang mirip dengan yang ada di film-film tersebut. Jika iya, artinya kamu harus mendatangi wisata Banyuwangi satu ini nih. Wisata Jawatan yang berada di Benculuk, Banyuwangi ini merupakan sebuah bangunan tua yang dahulu digunakan untuk mengelola transportasi Kereta Api. Namun kini, tempat ini telah berganti fungsi menjadi tempat wisata yang eksotis. Sebenarnya wilayah ini digunakan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati dengan kualitas tinggi yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.

Banyak yang bilang jika Hutan Trembesi di Jawatan ini sangat mirip dengan hutan yang ada dalam film Alice In Wonderland. Sehingga Jawatan sering dijuluki sebagai Alice In Wonderlandnya Banyuwangi. Tempat ini sendiri memang menawarkan pesona pemandangan yang sangat bagus dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto karena memberikan background alam yang berbeda. Tak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berswafoto namun juga sering digunakan untuk foto pre-wedding dengan mengusung tema “Nature”. Baca Juga Artikel : Bukit Gebang Spot Foto Instagramable 

Hutan Wisata Jawatan. Destinasi Pariwisata Terpopuler di Banyuwangi
Hutan Wisata Jawatan. Destinasi Pariwisata Terpopuler di Banyuwangi

Saat yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah saat sore hari, di mana kamu tak hanya bisa menikmati semilir angin yang sejuk dan juga panorama alam Jawatan yang indah di sore hari, namun juga pada saat sore hari sinar matahari yang biasanya menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan sehingga menjadikan pemandangan di tempat ini menjadi lebih menakjubkan. Tidak heran kan, jika di sore hari tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Di sini kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan sambil duduk santai atau mengambil foto selfie, namun juga bisa bersepeda ataupun berolahraga loh.

Tak hanya menawarkan panorama alam yang indah saja, wisata di Jawatan ini juga menghadirkan beberapa wahana yang bisa membuat kamu betah berlama-lama di sana. Seperti memancing, bakar ikan dan juga melakukan aksi arum jeram, cocok nih buat adrenaline junkie ya. Untuk menggunakan wahana-wahana yang ada, kamu harus membayar biaya tambahan tapi tenang saja, biaya tambahan yang dikenakan untuk setiap wahana tak mahal kok, ramah di kantong.

Fasilitas Wisata Jawatan Benculuk

Wisata Jawatan Banyuwangi
Wisata Jawatan Banyuwangi

 Sebagai salah satu wisata Banyuwangi yang sering dikunjungi dan telah cukup dikenal oleh wisatawan lokal hingga wisatawan asing, tentu wisata ini juga telah menyediakan fasilitas untuk menunjang kegiatan pengunjungnya, sehingga membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di sana. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata Jawatan untuk wisatawan, bisa dibilang cukup lengkap dan memadai. Sehingga tak heran jika wisata ini selalu ramai dikunjungi, mengingat fasilitas yang disediakan cukup lengkap ya. Fasilitas yang tersedia di wisata Jawatan ini antara lain seperti:

  • Musholla
  • Toilet
  • Wifi gratis
  • Lapangan Bola
  • Lapangan Tenis
  • Lapangan Voli
  • Lapangan Karate
  • Minimarket
  • Warung kopi
  • Kantin
  • Sungai yang bisa digunakan untuk memancing
  10 Wisata Alam Bandung dengan Lanskap yang Bakal Bikin Kamu Membisu. Sayang Banget Kalo Nggak Ditaklukkan

Sejarah Wisata Jawatan

 WisataJawatan yang berada di Benculuk ini telah didirikan pada tahun 1952 hingga tahun 1962. Pada awalnya luas tempat wisata ini sekitar 5,2 hektar namun kini luasnya hanya berkisar 3,8 hektar, menurut data arsip yang dimiliki oleh Perhutani Pemerintah Kota Banyuwangi. Keunikan dari tempat wisata ini sendiri juga terletak pada sumber tenaga listrik mandiri yang dimilikinya, sehingga tempat wisata ini sudah tak lagi membutuhkan energi listrik dari daerah lain dan tidak juga bergantung pada daerah lainnya untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Tempat yang dulunya digunakan sebagai pengeloaan kereta api ini, masih menyimpan sebuah kereta api tua yang disebut oleh warga setempat dengan nama Sepur Klutuk. Sepur Klutuk ini pun dilengkapi dengan teknisi dan juga bengkelnya loh. Dahulu kereta tua atau Sepur Klutuk ini beroperasi antar kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Dimulai dari Kalibaru, Genteng, Purwoharjo, Alas Purwo, Srono, Rogojampi, dan hingga Banyuwangi Kota.

Di beberapa kecamatan yang pernah dilewati oleh Sepur Klutuk ini masih bisa dijumpai rel kereta api yang dahulu menjadi jalur dari Sepur Klutuk, namun karena sudah tidak gunakan secara perlahan rel kereta api ini pun telah hilang, baik dikarenakan tertimbun tanah, bangunan atau pun hilang disebabkan karena ulah tangan manusia yang kurang bertanggung jawab, sehingga jalur kereta api ini sudah tak utuh lagi. Sayang sekali ya.

Karena wisata Jawatan ini merupakan sebuah hutan, maka di sini kamu akan menemukan banyak jenis fauna atau tanaman yang bisa kamu jumpai di Jawatan Benculuk ini. ada banyak sekali varian jenis tanaman yang tumbuh di tempat wisata ini, namun kamu akan menemukan beberapa jenis tumbuhan yang populasinya sudah mulai berkurang tapi bisa kamu temukan dengan mudah di sini.

Destinasi Pariwisata Selain Wisata Banyuwangi

Wisata Jawatan, Banyuwangi.
Wisata Jawatan, Banyuwangi.

Tanaman di Wisata Jawatan, Banyuwangi

Tanaman-tanaman yang bisa kamu temukan di Jawatan di antaranya seperti, pohon Jati yang ditanam di area wisata Jawatan ini bisa jadi adalah saksi sekaligus bukti bahwa usiat empat wisata ini sudah tua. Di lokasi ini kamu bisa menemukan beberapa jenis pohon jati yang memiliki ukuran sangat besar, serta usia pohon jati ini sudah mencapai puluhan tahun. Bisa dibilang hampir sama lah ya, dengan usia wisataJawatan ini.

  Eksotisme Kepulauan Karimun Jawa, Jepara Jawa Tengah

Tanaman yang berikutnya bisa kamu temukan di wisata Jawatan adalah Tumbuhan Wesah. Buah dari tanaman ini sendiri memiliki rasa yang nyaris mirip dengan lengkuas dan juga memiliki khasiat sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit lambung.

Jamur Kepong juga menjadi tanaman yang juga tumbuh di lokasi wisata Jawatan, namun tanaman yang diberi nama mirip dengan kotoran sapi ini sudah sedikit sulit dijumpai, hal ini diakibatkan Jamur Kepong yang banyak dicabut oleh beberapapegawai Perhutani. Namun kamu masih bisa menemukannya di beberapa area yang adadi lokasi wisata ini kok.

Tumbuhan lain yang bisa kamu temukan di sini adalah Tumbuhan Santinet. Santinet merupakan tanaman yang banyak kamu temukan di hutan dan juga lokasi wisata Jawatan. Buah dari tanaman ini sendiri berwarna kemerahan.

Salak liar juga banyak tumbuh di wisata Jawatan. Tumbuhan yang juga diberi naman Salak Alas ini berbeda dengan buah salak pada umumnya, karena buah yang dihasilkan oleh Salak Alas ini tak bisa dikonsumsi karena rasanya yang tidak enak dan terlalu asam.

Tanaman terakhir yang bisa kamu temui adalah Kelengkeng, tak hanya bisa dimanfaatkan buahnya saja, tapi pohon Kelengkeng yang ada di Jawatan ini juga memiliki fungsi yang cukup penting loh, yakni mampu menyerap air dengan volume yang sangat besar. Sehingga hutan ini juga difungsikan sebagai tempat penyerapan air di musim penghujan ya.

Wisata Jawatan, wisata banyuwangi seperti alice in wonderland
Wisata Jawatan, wisata banyuwangi seperti alice in wonderland.

FAUNA WISATA JAWATAN

Tak hanya tanaman atau flora saja yang bisa kamu temukan di sini, kamu juga bisa menemukan fauna atau binatang liar. Salah satu fauna yang bisa kamu temukan dengan mudah adalah Kalong atau masyarakat lokal menyebutnya Lowo. Kalong ini merupakan jenis kelelawar yang makanan utamanya adalah biji-bijian serta serangga.

  Mendaki Puncak Gunung Tambora

Hewan yang lebih suka hidup di tempat sepi, gelap, lembap dan jauh dari jangkauan manusia ini biasanya membangun sarang di bangunan tua yang ada di kawasan Jawatan Benculuk. Tapi tenang ya, karena hewan satu ini merupakan hewan nocturnal yang melakukan kegiatan di malam hari dan tidur di siang hari. Jadi kalau siang hari, kamu tak akan terganggu dengan kehadiran hewan ini.

Lokasi Wisata Jawatan Benculuk

Wisata Jawatan Benculuk ini terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Cluring, Desa Benculuk. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Banyuwangi ini bisa kamu tempuh hanya dalam 40 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sementara jika dari Bandara Blimbingsari, kamu hanya memerlukan waktu 32 menit saja untuk sampai di wisata Jawatan.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa naik Bus tujuan Cluring, dari sini kamu bisa meneruskan perjalanan dengan menggunakan ojek karena lokasinya yang hanya berjarak 1,5 kilometer saja dari Cluring.

Akses menuju lokasi wisata ini cukup mudah kok, dengan akses jalan yang sudah memadai dan petunjuk arah yang tentunya tak akan membuat kamu tersesat.

Harga Tiket Wisata Jawatan Benculuk

Untuk masuk ke wisata Jawatan Benculuk ini sendiri, sampai saat ini masih tidak dikenakan biaya sama sekali alias GRATIS. Tapi tidak termasuk dengan wahana yang ada di dalamnya ya. Untuk merasakan wahana yang ada di dalam wisata Jawatan ini, akan dikenakan biaya. Namun harganya cukup bersahabat di kantong kok.

Tertarik tidak nih, buat mampir ke wisata Jawatan? Tak hanya menyediakan pemandangan yang indah dan menakjubkan ala negeri dongeng di Alice In Wonderland. Wisata Jawatan ini juga menyimpan pesona lainnya.

Di sini kamu bisa berfoto dengan berbagai macam spot menarik dan background yang epic. Mulai dari pemandangan hutan yang menakjubkan, rumah pohon hingga kendaraan tua yang bisa kamu gunakan sebagai spot foto. Bisa nambah foto kece di Instagram kamu deh. Karena tempat wisata Jawatan ini menjadi salah satu tempat wisata Banyuwangi yang hits dan kekinian khususnya bagi anak muda. Sebab tempat ini memiliki spot foto yang instagramable banget. Cocok deh, buat hunting foto-foto keren.

Check Also

Wisata Alam Bandung

10 Wisata Alam Bandung dengan Lanskap yang Bakal Bikin Kamu Membisu. Sayang Banget Kalo Nggak Ditaklukkan

Wisata Alam Bandung – Kata siapa Kota Kembang cuma punya mall-mall, apartemen mewah dan hotel-hotel …

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Ngehits

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat tersedia berbagai macam. Kamu bisa berkunjung bareng teman, pacar, atau keluarga selama liburan.

error: Content is protected !!