Breaking News
Home / Jawa / Wisata Kebun Kopi Karanganyar Blitar, Coffee Lover Wajib Kesini

Wisata Kebun Kopi Karanganyar Blitar, Coffee Lover Wajib Kesini

Kamu penjelajah wisata yang punya kesukaan berat pada kopi? Jika iya, wajib kamu mampir ke Kebun Kopi Karanganyar yang terletak di Nglegok Blitar, Jatim. Tempat wisata kopi ini lagi ngehits semenjak launching pada awal tahun 2016 dan sudah dikunjungi para instagramer serta youtuber.

kebon kopi karanganyar blitar

Sebutan lain dari kebun kopi Karanganyar blitar adalah “DE KARANGANJAR KOFFIEPLANTAGE”, terdengar unik bukan…terkesan kolonial banget gitu. Tak heran jika sudah berada di tempat ini seperti merasakan sensasi jaman penjajahan dulu.

Lokasi dari kebon kopi ini tak jauh dari kawasan wisata terkenal lainnya seperti Kampung Anggrek, Candi Penataran, Gunung Kelud serta makam presiden pertama Soekarno. Jalur juga mudah diakses untuk roda empat sekalipun sehingga tak perlu khawatir jika kamu rombongan mau singgah kemari.

Tempat wisata ini tak hanya ramai dikunjungi para pecinta kopi saja, tetapi juga para pecinta sejarah dan budaya. Terlebih jika hari libur, maka akan cukup ramai pengunjungnya. Baca Juga : Wisata Jawatan, Banyuwangi Yang Mirip Dengan Dunia Alice In Wonderland

Lantas apa aja sih yang ada di dalam Kebun Kopi Karanganyar Blitar, kok sampai segitunya dikunjungi banyak orang bahkan dari luar kota? Biar makin jelas dan gamblang, lanjut baca aja ya… 🙂

  Eko Wisata Mangrove Populer

Ketika kamu sudah sampai di lokasi, maka akan disuguhkan keelokan bangunannya yang klasik dan antik. Setelah masuk ke dalam kamu akan melihat denah jalur jalan kaki lengkap supaya lebih meudah menyusuri lokasi secara keseluruhan.

Nah, jika sudah melihat denahnya, beberapa lokasi berikut ini jangan sampai kamu lewatkan untuk dikunjungi ketika di sana.

Kebun Kopi Karanganyar Blitar – Rumah Loji

Kawasan ini adalah hunian orang tua dari Bapak Herry Noegroho selaku bupati Blitar pada periode tahun 2006-2016 yang mana juga selaku pemilik kebun ini.

Semua turis tidak akan kebingungan karena ada pemandu yang akan menjelaskan semuanya mulai dari sejarah dan perkembangan kopi. Rumah Loji dibuka sekitar jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

Onze Grootouders Cafe

Bangunan klasik yang satu ini pasti akan diburu para pecinta kopi sejati karena di dalamnya akan disajikan berbagai macam kopi Nusantara dari berbagai daerah. Kamu yang coffee lover pasti akan ingin mencoba beragam aneka kopi di sini.

Minuman kopi bisa dinikmati baik di dalam ataupun di luar cafe. Suasana di luaran cafe juga tak kalah mantab apalagi kalau hari minggu, ada acara Keroncong Musik. Baca Juga : Pelabuhan Sunda Kelapa, Sejarah bahari BATAVIA

Di cafe ini juga disuguhkan spot-spot berbau seni yang cocok untuk foto selfie. Ada barang antik juga yang terjejer seperti sepeda lawas hingga Harley Davidson. Tak kalah menarik juga, terdapat jejeran kursi rongsok yang disulap menjadi kursi warna-warni yang pas untuk spot foto anti mainstream.

  Keindahan Candi Borobudur Sejarah Lintas Waktu

Ingin bawa oleh-oleh kopi dari Sabang-Merauke? Kamu bisa beli di cafe ini juga, letaknya sisi kanan cafe yang ada area olahan kopi. Area ini juga sebagai wadah edukasi bagi yang ingin belajar mengenai klasifikasi dan cara pengolahan kopi.

Museum Pusaka

Museum ini juga perlu dikunjungi yang mana terdapat berbagai acam pusaka keris koleksi bapak Bulati. Masuk ke kawasan ini akan terasa begitu sakral.

Di museum ini terdapat berbagai keris dari bapak Jokowi, panglima jenderal Sudirman serta keris Kamandanu yang konon ditemukan di dalam laut. Terdapat juga beberapa sapu jagat dan tombak.

Semua keris di sana dibersihkan/dimandikan pada acara Suro. Kamu boleh melihat-lihat sepuasnya disini asal jangan dibawa pulang ya… 🙂

Museum Purna Bakti

Museum ini berada samping kanan cafe Onze yang mana merupakan replika kantor bapak Herry Noegroho. Layaknya ruang kerja, di dalam terdapat kelengkap kursi, meja, penghargaan dan foto dokumentasi Bupati.

  10 Wisata Malam Jogja yang Layak Disambangi Buat Sekadar Nongkrong atau Nyari Happy Bareng Orang Tercinta

Kebun Kopi Karanganyar Blitar – Pabrik Kopi Tua

Kawasan ini menjadi titik terpenting dari semua kunjungan lokasi Kebon Kopi Karangayar. Pada zaman dulu, area pabrik dijadikan tempat pemilihan biji kopi, penggorengan dan penjemuran kopi.

Bangunan ini memang tidak dirubah supaya kesan klasiknya masih kental. Sekarang pabrik ini sudah tidak difungsikan lagi dan hanya digunakan untuk pemilihan dan penjemuran biji-biji kopi.

Di area ini juga nampak kolam renang yang sudah sangat tua dan tidak digunakan lagi, jadi cocok untuk spot foto bersejarah.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai kawasan wisata kebon kopi Karanganyar yang terdapat di Blitar. Jika kamu berencana berkunjung disana bersama keluarga menggunakan mobil, maka kita sarankan pakai parfum mobil aroma kopi juga dong… Tentunya sebelum merasakan sensasi wisata kopi yang sebenarnya, maka selama perjalan bisa merasakan aroma kopi dari pengharum mobil.

Dengan parfum kopi juga akan membuat suasana di dalam mobil serasa seperti di kafe, apalagi kalau selama perjalanan dilengkapi dengan minuman kopi dan camilan kue kopi juga. Selama perjalanan begitu mengasyikkan dengan semerbak aroma kopi dan tak terasa tiba-tiba sudah sampai tujuan. Selamat berwisata ya…

Check Also

Tempat Romantis di Jogja

10 Tempat Romantis di Jogja dengan View Juara dan Spot Foto Melimpah yang Bisa Bikin Pasangan Makin Betah

10 Tempat Romantis di Jogja dengan View Juara dan Spot Foto Melimpah yang Bisa Bikin Pasangan Makin Betah

Destinasi Pariwisata Terpopuler Pulau Laut Kotabaru Terlengkap!

Pulau Laut, Kotabaru memiliki wisata yang terdiri Wisata Bahari,Wisata Alam

error: Content is protected !!