Home / Jawa / 10 Wisata Malam Jogja yang Layak Disambangi Buat Sekadar Nongkrong atau Nyari Happy Bareng Orang Tercinta

10 Wisata Malam Jogja yang Layak Disambangi Buat Sekadar Nongkrong atau Nyari Happy Bareng Orang Tercinta

Yogyakarta dari dulu emang terkenal dengan budaya dan keindahan alamnya. Pesona yang diperlihatkan sanggup menarik para turis, baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Kamu pasti salah satunya! Di kota tersebut ada beragam spot yang kece dan patut dieksplor, kayak pantai, bukit serta masih banyak lagi. Tapi, Jogja tuh ternyata nggak cuma “bersinar” di siang hari, lho. Saat senja berakhir, hiruk pikuknya justru semakin hidup. Maka dari itu, disana ada yang namanya wisata malam Jogja.

Terdapat beberapa destinasi yang bisa kamu gunain buat menghabiskan petang bersama keluarga, teman atau pacar di Kota Pelajar, 10 di antaranya, yaitu:

Wisata Malam Jogja Malioboro

Jalan Malioboro, Wisata Malam Jogja Untuk Menikmati Hiruk Pikuk Kota Pelajar

Dikenal juga dengan nama Malioboro Street, jalanan ini menghampar dari Tugu Golong Gilig sampai perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Keberadaannya menjadi bukti bahwa Jogja nggak pernah tidur. Banyak kegiatan yang berlangsung di jalan itu saat hari mulai gelap, di antaranya duduk di bangku yang tersedia sambil menikmati suasana malam, ngopi di angkringan, berkeliling kota naik delman hingga berbelanja di outlet-outlet di sekitar Malioboro. Rugi, deh, kalau nggak nyempetin ke sini!

Wisata Malam Jogja Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta, Monumen dari Jaman Belanda yang Nunjukin Sisi Lainnya di Malam Hari

Punya sebutan lain Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih, monumen yang menjadi landmark Yogyakarta ini udah ada sejak jaman Kompeni. Dulu pernah runtuh, terus direnovasi oleh pemerintah Belanda. Kini tugu itu jadi salah satu objek wisata yang selalu ramai saat malam tiba. Banyak muda-mudi yang nongkrong di sekitar tugu dan kuliner ria di angkringan di kanan-kirinya. Yang pasti atmosfer-nya beda, deh. Kamu juga bisa mengabadikan foto dengan background keindahan malam di Tugu Yogyakarta, lho. Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Terbaik Yogyakarta

Wisata Malam Jogja

Alun-alun Kidul Yogyakarta, Wisata Malam Jogja Buat “Anak Malam” Kayak Kamu

Tempat yang satu ini nggak boleh kamu lewatin kalau berlibur ke Kota Budaya. Terutama bagi kamu yang menyukai kemeriahan di malam hari. Pasalnya, saat matahari mulai menepi, Alun-alun Kidul Yogyakarta akan dipadati oleh para penjaja makanan dan wisatawan yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Disini kamu dapat mencoba Masangin atau berjalan melewati beringin yang ada di tengah alun-alun dengan mata tertutup. Konon katanya kalo berhasil, harapan kamu bakal terkabul.

Wisata Malam Jogja

Taman Pelangi, Wisata Malam Jogja Buat Kencan Murah Meriah dengan Sang Pacar

Berada di halaman Monumen Jogja Kembali (Monjali), Ringroad Utara, objek wisata ini menawarkan pemandangan lampion yang hadir dalam beraneka bentuk dan warna. Ada yang menyerupai tumbuhan, hewan, hingga karakter kartun dan public figure. Mantap banget buat background foto. Bagi kamu yang jalan bareng pacar, cobain, deh, wahana yang ada, kayak becak mini, trampolin, perahu dayung, bola air dan speed boat. Dijamin kencan kalian bakal berkesan. Tiketnya nggak mahal, kok, cuma 10-15 ribu aja.

Bukit Bintang, Wisata Malam Agak “Ndelesep”, Tapi Punya Pemandangan Nan Eksotis di Malam Hari

Kalo Taman Pelangi nggak cukup romantis buat kamu dan pasangan, dateng aja ke Bukit Bintang di Patuk, Gunung Kidul. Tenang, meski jauh dari pusat kota, tapi akses jalannya nggak sulit, kok. Sedari sore, biasanya tempat ini udah dipenuhi oleh turis yang ingin bersantai sembari nikmatin panorama keindahan Jogja dari ketinggian. Gemerlapnya lampu-lampu kota dan bintang di langit ngebuat suasana romantis nggak bisa terelakkan. Semisal ke sini, jangan lupa pesen jagung bakar, ya, supaya lebih syahdu.

Pintu Langit Dahromo, Dulunya Daerah yang Nggak Terawat, Sekarang Malah Jadi Objek Wisata Hits

Wisata malam Jogja berikutnya adalah tempat kekinian yang bernama Pintu Langit Dahromo. Terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, destinasi berlibur yang nuansanya mirip Bukit Bintang ini dulu merupakan daerah nan amat gersang. Tapi, kini disulap menjadi objek wisata kekinian yang populer di kalangan anak muda. Di sini, kamu bisa nemuin spot foto yang berbentuk pintu di atas bukit, jadi seolah kayak ada di angkasa, gitu. Ada pula spot jendela dan piano yang nggak kalah keren. Menarik, bukan?

Puncak Becici, Salah Satu Objek Wisata dengan Gardu Pandang yang Panoramanya Menawan

Masih di daerah Dlingo, kamu bisa mampir juga ke Puncak Becici. Bila berkunjung ketika cuaca cerah, kamu bakal disuguhi lansekap Gunung Merapi dan Gunung Sindoro. Pohon pinus dan pepohonan hijau pun turut meramaikan pandangan. Tapi, kalo udah malem, suasananya jadi lebih damai. Yang bisa dinikmati dari gardu pandang ialah kerlap-kerlip lampu Kota Jogja. Untuk mencapai puncak, kamu harus jalan kaki sekitar 15 menit. Semisal capek, ada beberapa gazebo yang bisa dipakai buat istirahat, kok.

Candi Prambanan, Memperlihatkan Kegagahan dan Daya Tariknya Begitu Senja Lenyap

Tentu kamu udah nggak asing sama tempat ini. Ya, Candi Prambanan, Candi Hindu terbesar di Nusantara ini punya sisi lain juga, lho, di malam hari. Adanya lampu warna-warni menambah keindahan dan kemegahan candi tersebut. Selain nikmatin pemandangan itu, kamu juga dapat menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana yang diadain tiap hari Selasa, Kamis serta Sabtu di jam 19.30. Kolaborasi antara seni musik, tari dan drama yang disajikan bakal ngebuat kamu terhibur banget, deh. 

Sindu Kusuma Edupark, Wahana Bermain Paling Besar di Jogja yang Cocok Buat Ngabisin Waktu Dengan Keluarga

Nyari destinasi di Jogja yang cocok buat liburan bareng keluarga atau kekasih? Sindu Kusuma Edupark jawabannya. Salah satu taman bermain terbesar serta terluas di Kota Pelajar ini buka dari siang hingga malam hari. Jadi, “anak malam” masih bisa merasakan serunya rekreasi ke tempat ini. Wahana yang ditawarin beragam, mulai dari Cakra Manggilingan, yaitu kincir angin berhias lampu yang nunjukin view kota nan eksotis hingga permainan, seperti Panggon Lunjak, Kursi Mabur, Cleret Gandul dan lainnya.

Pasar Malam Sekaten, Cuma Ada di Waktu Tertentu Aja, Namun Kamu Bakalan Nyesel Kalo Nggak Dateng

Tempat yang sering disebut Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) atau Sekaten Jogja harus banget kamu tuju. Sebab, di sana ada event tahunan yang dinanti-nanti oleh masyarakat Yogyakarta, yakni Sekaten alias tradisi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Nggak beda dengan pasar malam pada umumnya, di PMPS juga ada beraneka wahana, kayak bianglala, kora-kora dan rumah hantu. Para penjaja makanan dan pakaian pun berderet di tiap sudut. Pokoknya kamu nggak akan minta pulang, deh.

Bagaimana? Seru, kan, destinasi wisata malam Jogja yang kami rekomendasikan? Di antaranya ada beberapa tempat yang mungkin kamu udah familiar bahkan sering ke sana. Ada pula yang letaknya tersembunyi, sehingga kamu agak asing sama tempat itu. Daftar di atas cuma seberapa. Masih banyak, kok, zona berlibur keren yang dapat kamu datangi untuk membunuh malam di Kota Budaya.

Check Also

jogja bay waterpark yogyakarta

Jogja Bay Waterpark,Taman Bajak Laut Keren

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark merupakan taman rekerasi terbaru dan terbesar di Yogyakarta dan Jawa …

Pantai Indrayanti

Romantisnya Suasana di Pantai Indrayanti

Sudahkah ke Pantai Indrayanti Yogyakarta? Jika belum pernah, lebih baik rencanakan perjalanan menyenangkan ke sana. …

error: Content is protected !!