Wisata pantai Banyuwangi jadi opsi tepat buat kamu yang udah pernah mampir ke Umbul Bening. menjadi salah satu destinasi yang paling menarik loh.  Banyuwangi terletak cukup dekat dengan Bali, salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur ini menyuguhkan banyak destinasi pantai. Kamu juga mungkin sudah pernah denger tentang keberadaan Kawah Ijen yang unik, wisata andalan yang jadi destinasi populer di dunia.

Nah, biar kamu nggak penasaran kayak gimana sih cantiknya pantai yang ada di Banyuwangi, kamu bisa langsung simak seluruh informasinya berikut ini:

1. Wisata Pantai Banyuwangi, Pulau Merah

Pulau Merah juga dijuluki sebagai Red Island. di pulau ini, kamu bisa menemukan Red Beach yang punya pasir lembut dengan garis pantai panjang. Nggak cuman tanahnya yang merah di pulau tersebut, kamu juga bakalan disuguhkan dengan pemandangan tumbuhan hijau yang tampak seperti bukit.

Saat air laut surut, kamu dateng di waktu yang tepat. Pasalnya, kamu jadi bisa menyeberang dan menyusuri pulau. Banyak peselancar dari berbagai penjuru dunia mengunjungi pantai tersebut kaerna ombaknya yang bagus. Bayangin, ombaknya aja mencapai 2 meter jadi cocok buat surfing.

Pantai Merah Banyuwangi

Kendati demikian, sebaiknya kamu juga nggak berenang di pantai ini loh. Apalagi buat kamu yang punya rencana liburan bawa keluarga kecil. Soalnya, ombak yang tinggi juga kuat.

2. Pantai Wedi Ireng, Wisata Pantai di Banyuwangi Dengan Pasir Hitam

Salah satu tempat wisata pantai di Banyuwangi, Wedi Ireng ini mendapatkan namanya diambil dari bahasa Jawa. Wedi adalah pasir sedangkan Ireng adalah hitam yang dapat diartikan pasir hitam. Hal ini karena pantai ini punya pasir hitam. Tempat wisata ini tersembunyi, tapi pemandangannya nggak bakalan bikin kamu nyesel.

  Wisata Kebun Kopi Karanganyar Blitar, Coffee Lover Wajib Kesini

Selain itu, kamu nggak cuman bakal menikmati matahari terbenam atau terbit. Kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas lainnya seperti snorkeling, berenang, atau juga bersantai.

Kamu juga bisa asik bermain, menikmati berbagai menu khas yang ditawarkan di beberapa kedai makanan di tepi pantai. Harga yang ditawarkan juga terbilang wajar. Nah, untuk menuju ke pantai ini, kamu harus menempuh sekitar 3 km dari Pulau Merah. Sedangkan kalo dari kota Banyuwangi, butuh perjalanan hingga 65 km.

3. Pantai Sukamade

Pantai ini jadi bagian padang rumput dan masuk dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri. Digunakan sebagai area konservasi, setiap tahun, jangan kaget kalo kamu bakalan menemukan banyak penyu yang mendarat dari laut menuju ke pantai ini untuk bertelur.

Untuk itu, pantai ini juga dilengkapi dengan area penetasan kura-kura supaya telur-telur kura-kura tetap aman. Pengalaman ini jadi pengalaman yang unik kalo kamu pengen liburan ke pantai tersebut. Saat pagi, kamu bisa bergabung dengan penjaga taman supaya bisa bantu gimana sih serunya melepaskan tukik kecil menuju ke laut lepas.

Aktivitas lainnya yang harus kamu lakukan adalah ikut bergabung dengan tur petualangan malam bersama dengan rombongan menuju ke Sukamade. Tur ini bikin kamu untuk bertemu berbagai kura-kura yang siap bertelur dan berjalan menuju ke tepi pantai.

  Gunung Semeru, Legenda Puncak MAHAMERU

4. Pantai Plengkung atau G-land

Pantai Plengkung atau g-land sering menjadi destinasi wisata bagi wisatawan asing. Terkenal dengan sebutan Seven Giant Waves Wonder atau destinasi wisata dengan tujuh gulungan ombak yang sangat tinggi, bahkan mencapai 6 meter, pantai ini jadi pilihan yang favorit bagi para peselancar dunia. Pantai cantik ini bener-bener bikin para peselancar bersyukur.

Sedangkan disebut G land adalah karena merupakan terletak di Grajagan dengan singkatan G. Grajagan adalah salah satu teluk yang ada di Banyuwangi. Karena ombak dan gulungan ombak yang cukup menantang, nggak disarankan bagi pemula untuk mencoba surfing di pantai ini.

5. Parang Ireng, Wisata Pantai Banyuwangi Paling Unik

Kamu harus melintasi hutan rimbun, lalu ketika sampai di pantai, kamu bakalan merasa kayak lagi menginak lada kasar. Tapi, kaki tiba-tiba terasa seperti meresap. Nah, di sebelah kiri, kamu bakalan melihat gelombang biru yang cukup berisik dengan air yang sangat jernih.

Pantai Parang Ireng Pantai Ireng Banyuwangi

Lihat ke kanan dan kamu bakalan menemukan formasi karang dan batuan yang memukau. Seluruh bebatuan dan karang tersebut didominasi oleh warna hitam, sedangkan bagian batu lainnya adalah hijau dan merah. Bahkan, kamu juga bisa menemukan batu besar yang konon disebut sebagai lava beku, asal mula mengapa pantai ini disebut sebagai Parang Ireng, atau jika diterjemahkan berarti Terumbu Hitam.

  Sudah Pernah Mampir Ke Pantai Bama Baluran Banyuwangi? Surga Loh!

6. Pantai Teluk Hijau

Disebut juga dengan julukan Green Bay, pantai ini punya keajaian yang cantik yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri. Pemandangannya yang cantik ditambah garis pantai degnan pasir putih dan hutan hijau nan subur. Ini adalah surga bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu menikmati tempat yang tenang, bersih, dan benar-benar jauh dari kebisingan.

Green Bay, Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Kemudian, pantai ini juga punya air terjun kecil dengan suasana yang segar dan sejuk. Pancuran alami ini bikin kamu bisa membersihkan diri dari air laut. Bahkan, kamu mungkin bisa melihat beberapa monyet. Sebaiknya jangan memberi mereka makanan apapun, atau meninggalkan sampah dan barang-barang lainnya.

7. Pantai Senggrong

Senggrong adalah pantai dengan suasana yang begitu indah. Selain dikenal dengan Teluk Banyu Biru atau Teluk Biru, pantai ini adalah rumah bagi begitu banyak spesies ikan dan terkenal kecantikan biota lautnya. Itulah mengapa tempat wisata pantai Banyuwangi ini sering jadi andalan bagi siapapun yang pengen snorkeling.

Wisata Pantai Banyuwangi Buat Snorkeling

Apalagi, lokasi pantai ini terbilang tersembunyi, dan hanya bisa diakses dengan perjalanan laut. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah dari fajar sampai siang hari. Ini penting supaya kamu juga terhindar dari gelombang pasang yang sering mendadak datang di sore hari. Baca juga tentang cantiknya Bama Beach di Banyuwangi.

By: Zee