Kepulauan Anambas adalah salah satu bukti mengapa destinasi wisata Indonesia banyak banget yang eksotis. Selain itu, Kepulauan ini berada di Prov. Kepulauan Riau, dengan banyak potensi wisata indah. Nggak heran dan nggak berlebihan jika tempat wisata ini juga sekaligus populer sebagai surga kecilnya Indonesia.

Nah, buat kamu yang ingin menikmati sensasi traveling unik dan mengesankan, intip deh beberapa lokasi yang wajib kamu kunjungi saat sedang di Kepulauan Anambas.

1. Kepulauan Anambas Wisata Tropis Terbaik – Pulau Bawah

Pulau bawah pernah memperoleh gelar sebagai tempat wisata tropis terbaik di planet ini loh! Objek wisata tersebut menawarkan lautan dangkal, air jernih, serta penginapan yang dijamin bikin semua pengunjung betah.

Selain fasilitas lengkap, para turis suka menghabiskan waktu di pulau ini karena suasananya yang tenang, santai, dengan adanya tiga laguna. Pemandangan bahari begitu menjual dengan nuansanya yang masih alami.

2. Tarempa

Tarempa berada di pulau Siantan, sekaligus menjadi pusat kepulauan Anambas. Selain bisa menikmati area pantai dan pesona alam indah, Tarempa adalah satu-satunya pantai yang ada di Tanjung Momong.

Siantan Island

Kota Tarempa juga menawarkan kehidupan tenang, sehingga sangat cocok untuk kamu jelajahi. Rasanya lengkap kalau kamu juga melihat sendiri bagaimana cantiknya matahari tenggelam dari atas dermaga. Ada juga ikan-ikan kecil tampak berenang kesana kesini, membuat mood jadi enak.

Romantis banget kalau kamu berkunjung ke tempat ini, sumpah!

3. Pulau Durai

Berada di Kecamatan Palmatak, Pulau Durai menawarkan pantai berpasir putih, suasana syahdu, sekaligus sebagai rumah bagi para penyu.

Dengan berkunjung ke tempat wisata Kepulauan Anambas ini, terutama pada waktu tepat, kamu bahkan bisa melihat bagaimana para bayi penyu menetas dan menyambut laut. Tapi, jangan pernah mengganggu telur penyu dan biarkan agar lestari ya!

4. Wisata Kepulauan Anambas – Air Terjun Temburun

Berada pada kawasan Desa Temburun, air terjun ini banyak menarik wisatawan. Pasalnya, seluruh air akan mengalir ke lautan lepas. Sehingga, nggak semua air terjun menawarkan fenomena alam seperti ini. Ditambah, air terjun tersebut punya tujuh tingkatan sehingga tampak begitu cantik.

Untuk menuju ke Air Terjun Temburun, maka kamu bisa mengambil jalur laut dan darat. Untuk perjalanan yang sederhana, sebaiknya gunakan jalur laut. Kamu tinggal menyewa perahu dan menuju ke Desa Temburun.

5. Pulau Penjalin

Buat kamu yang suka dengan aktor ganteng Leonardo DiCaprio, kamu pasti pernah nonton film The Beach.

Pemandangan indah pantai tersebut bisa kamu temukan di Pulau Penjalin. Pulau ini menawarkan pemandangan indah, hutan yang masih hijau, pantai dengan pasir putih halus, serta berbagai karang eksotis. Komposisi pantai jadi makin cantik karena perairan indah.

Selain menikmati pasir putihnya, kamu juga dapat menikmati kegiatan lain seperti snorkeling atau keindahan bawah laut. Dijamin, pasti bakalan takjub banget dengan view di Kepulauan Anambas!

6. Pantai Arung Hijau

Wisata pantai Kepulauan Anambas memang nggak ada habisnya. Salah satu daftar pantai yang juga wajib kamu kunjungi adalah Pantai Arung Hijau. Dengan berkunjung ke Kecamatan Siantan, tepatnya di Desa Taingau, kamu bisa menemukan pantai cantik ini.

Keunggulan Pantai Arung terletak pada pemandangan alam yang masih indah. Selain itu, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam. Bahkan, ada juga pesona bawah laut. Jika kamu ingin menikmati pemandangan bawah laut, kamu juga bisa mencoba diving loh!

7. Pulau Piugus – Tempat Wisata Kepulauan Anambas Paling Tenang

Pengen menikmati suasana yang tenang, serta suasana yang nggak bisa kamu temukan saat berada pada tempat lain? Kamu bisa meninggalkan semua hiruk pikuk kota yang sesak, melupakan pekerjaan dan polusi udara yang nggak habis-habis. Nikmati perjalanan wisata kamu dengan asik relaksasi di pulau kecil ini.

Bahkan, kamu juga dapat tinggal lebih lama, yaitu dengan menyewa resort dengan banyak pilihan.

Pulau Piugus

Nah, sekarang kamu sudah punya berbagai referensi untuk wisata kepulauan Anambas yang bikin liburan kamu berkesan banget!

Bukan berarti nggak ada pilihan terbaik lainnya untuk berwisata ke Anambas ya! Kamu juga bisa kok berkunjung ke Pulau Mengkian Panjang yagn punya garis pantai panjang dan perairan biru. Bahkan lokasi pantai ini nggak ada penghuninya sama sekali, cocok untuk menikmati waktu sendiri.

Atau, kamu juga bisa ke Pulau Nongkat, sebuah tempat eksotis karena formasi batu besar, pantai tenang, debur ombak besar, dan pemandangan yang unik.

Masih butuh rekomendasi tempat wisata kepulauan Anambas lainnya? Coba saja datang ke Pulau Pasir Busung. Berbeda dengan lokasi lainnya yang punya hutan hijau, Pasir Busung menawarkan perairan biru dengan daratan pasir putih.

Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan tak biasa yang instagramable banget. Perlu diketahui kalau Pasir Busung adalah destinasi wisata kepulauan Anambas yang bisa kamu kunjungi kalau sedang surut air laut. Saat air pasang, justru pulau ini tertutup air laut!

By. Zee Zahira