Ciguha River Bogor, Sulap Lahan Tambang Jadi Objek Wisata

54

Ciguha River Bogor – Wilayah Bogor Barat memiliki objek wisata baru yaitu Ciguha River. Terletak pada Kampung Ciguha, Desa Bantar karet, Kecamatan Nanggung, objek wisata Ciguha River resmi buka pada Kamis, 13 Januari 2022.

Memanfaatkan bantaran sungai Ciguha, objek wisata ini awalnya merupakan lahan bekas tambang emas yang disulap oleh beberapa penambang emas liar hingga menjadi objek wisata yang indah.Ciguha River Bogor

Sumber Gambar: Detik Travel

Ciguha River Bogor – Awalnya Tercemar Logam Sekarang Sudah Bersih

Tempat wisata Ciguha River di Bogor memang terletak pada daerah tambang emas. Tempat wisata ini juga sebenarnya mendapat dukungan dari PT Antam. Sebelum kamu memasuki tempat wisata Ciguha River Bogor, kamu akan melewati beberapa daerah tambang. Namun kamu bisa menuju tempat ini menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor. Akses jalan ke tempat wisata ciguha river Bogor sudah lumayan baik.

  Tempat Wisata Bekasi Keren, Fasilitas & Harga Tiket Trans Snow World

Begitu kamu masuk ke kawasan wisata ini, akan terasa perbedaan dari suasana tambang yang kamu lewati sebelumnya. Kini tempat ini sudah berubah menjadi tempat wisata yang hijau.

Sebagai tempat yang awalnya merupakan tambang liar emas, sungai Ciguha pada awalnya tercemar logam berat. Namun sekarang berkat pengelolaan yang baik maka kondisi air sudah bersih dan terdapat banyak ikan.

Ikan yang hidup dalam sungai Ciguha juga merupakan penanda bahwa keadaan sungai sekarang sudah bebas dari limbah berat dan juga bahan kimia berbahaya. Kini para wisatawan dapat menikmati pemandangan berbagai macam ikan yang ada dalam kolam kawasan wisata ini.

Melihat Ikan Dari Kaca Tembus Pandang

Tempat wisata yang memiliki konsep edukasi ini juga menyediakan beberapa gazebo sebagai tempat istirahat. Ada juga beberapa cafe dan restoran yang bisa kamu kunjungi.

Ciguha River

Sumber Gammbar: Tribunnews

Uniknya kamu bisa melihat ikan langsung dari atas cafe. Lantai dari cafe tersebut merupakan kaca bening sehingga kamu bisa langsung melihat ke bawah. Jadi, sambil makan kamu bisa menikmati pemandangan sungai jernih dengan ikan yang berenang-renang pada bagian bawahnya.

  5 Wisata di Majalengka Wajib Dikunjungi Para Pecinta Alam  

Suasana Asri Pepohonan Dengan Sejuknya Udara Bogor

Tempat wisata ini kamu akan disambut oleh lorong warna-warni yang sangat cantik. Lorong ini sering menjadi tempat mengabadikan foto bagi para pengunjung. Penuh hiasan bunga-bunga, mata kamu akan menyukai indahnya penataan bunga-bunga warna-warni yang merambat pada kawat dinding lorong ini.

Kamu juga bisa merasakan sejuknya udara Bogor di sana. Lahan yang awalnya merupakan tambang ini sudah ditanami banyak pohon sehingga terlihat lebih hijau.

Di sepanjang jalan kamu juga bisa menikmati indahnya sungai Ciguha. Air sungai yang jernih dan berwarna kebiruan menampakan ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Berbagai jenis ikan bisa kamu lihat di sana, mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

  Wisata Alam Cemara Terrace, Resto Baru Bernuansa Outdoor

Dekorasi dan juga penataan dari tempat wisata Ciguha River Bogor sangat cocok untuk kamu jadikan latar belakang foto. Gazebo yang unik juga merupakan salah satu daya tarik dari wisata ini.

Ciguha Bogor

Sumber Gambar: Destinasi Bandung

Sambil menaiki anak tangga yang estetis, kamu bisa melihat pemandangan pepohonan dan sungai. Apabila kamu sudah lelah berjalan kamu bisa mengunjungi cafe dan juga restoran. Jangan lupa juga untuk mengunjungi cafe dengan lantai kaca, kamu bisa melihat ikan di bawahmu.

Itulah tadi ulasan tentang tempat wisata Ciguha River Bogor. Tempat wisata yang awalnya merupakan tambang emas liar kini berubah menjadi objek wisata yang menarik untuk kamu kunjungi bersama keluarga, atau juga bersama rombongan saat akhir pekan.

Artikulli paraprakWisata Baru Guci Tegal, Bagaikan Liburan Di Luar Negeri
Artikulli tjetërWisata Alam Cemara Terrace, Resto Baru Bernuansa Outdoor