Home / Sumatera / 23 Wisata Air Terjun Sumatera Selatan yang Bikin Adem Hati

23 Wisata Air Terjun Sumatera Selatan yang Bikin Adem Hati

Wisata Air Terjun Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai potensi berupa wisata alam yang beragam. Salah satunya yakni air terjunnya. Di Sumatera Selatan memiliki banyak sekali air terjun. Diantara banyaknya air terjun ini ada yang sudah dijadikan destinasi wisata dan ada yang belum dijadikan destinasi wisata.

Wisata air terjun Sumatera Selatan meskipun sudah banyak yang dijadikan objek wisata, namun masih banyak juga yang belum terjamah. Berikut ini adalah berbagai destinasi wisata berupa air terjun yang ada di wilayah Sumatera Selatan.

1. Air Terjun Batu Betiang

Batu Betiang, Wisata Air Terjun Sumatera Selatan

Air terjun Batu Betiang merupakan wisata air terjun Sumatera Selatan yang terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat. Air terjun ini sangat menarik karena ruang untuk menikmati airnya tidaklah sempit. Di bawah air terjun terdapat muara yang lebar dan panjang yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mandi air terjun tanpa khawatir terkena air terjunnya. Bagi wisatawan yang berfoto-foto juga tidak akan kebasahan. Air terjun Batu Betiang ini tingginya sekitar 25 meter. Bagian kiri air terjun terdapat batu yang menyerupai tiang yang tingginya 500 meter.

2. Air Terjun Goa Mata / Curup Goa Mata

Sumber foto : thewalkingdoctor.com

Wisata air terjun Sumatera Selatan lainnya yakni Air Terjun Goa Mata. Air terjun ini lebih menarik dibandingkan air terjun lainnya yang pernah ada. Pasalnya air terjunnya ada di dekat goa. Jadi wisatawan bisa menikmati keduanya secara bersamaan. Di dalam goa bahkan terdapat kolam yang bentuknya mirip dengan bathtub jumbo yang mana sangat mengundang untuk mandi di dalamnya. Wisata di air terjun ini tidak akan rugi karena pemandangannya yang bagus serta kolamnya yang unik di depan mulut goa. Baca Juga : Tantangan Menuju Curup Goa Mata yang Tersembunyi di Lahat

3. Air Terjun Tujuh Panggung – Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Yang Angker

Wisata Air Terjun Sumatera Selatan yang angker

Air terjun Tujuh Panggung merupakan air terjun yang terletak diatas bukit barisan yang mana dengan ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Air terjun Tujuh Panggung sesuai dengan namanya memiliki 7 tingkatan. Di setiap tingkatannya memiliki ciri yang berbeda yakni ketinggian air terjunnya yang berbeda-beda. Di panggung ketujuhnya ada dua sumber air yang mana mengucur ke lubuk yang ada di bawahnya setinggi 10 meter. Di setiap panggungnya cukup angker karena terdiri dari pusaran air yang kuat. Oleh sebab itu jika anda berkunjung kesana jangan sampai penasaran dengan pusaran ini karena berbahaya.

4.  Air Terjun Ayek Biru

Air terjun Ayek Biru ini juga menjadi salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Sumatera Selatan. Air terjun Ayek Biru berasal dari Kecamatan Jurai. Disana memang terkenal akan air terjunnya yang unik. Dibandingkan air terjun lain, Ayek Biru merupakan air terjun yang landai, namun wisata ini memiliki muara dengan air yang berwarna biru. Itulah sebabnya air terjun ini dinamakan air terjun Ayek Biru.

WISATA AIR TERJUN TERPOPULER DI INDONESIA, YANG MEMILIKI KEINDAHAN FANTASTIS

Air Terjun Mananggar Kalimantan Barat, Air Terjun Niagara-nya Indonesia

Air Terjun Kedung Pedut, Waterpark Alami

Curup Maung, Pesona Lahat Nan Eksotis

Tersembunyi, Air Terjun Di Banyuwangi Ini Wajib Dikunjungi

Wisata Air Terjun di Kalimantan Tengah yang Wajib Dikunjungi

5. Air Terjun Ayek Dingin

Air terjun Ayek Dingin yakni destinasi wisata yang ada di desa Tunggul Bute, Kota Agung. Wisata air terjun ini cukup indah bila dibandingkan dengan air terjun lainnya. Di sekitar lokasinya juga ada Goa Semindang Rindu yang mana interiornya eksotis. Air terjunnya sendiri diapit bebatuan yang tinggi dan terjal namun lebar. Debit air terjunnya besar. Di bawah air terjunnya terdapat kolam yang mana menjadi muara dari air terjun tersebut. Biasanya kolam yang ada di bawah air terjun dimanfaatkan untuk mandi.

6. Air Terjun Ayek Gaung

Air terjun Ayek Gaung menjadi salah satu air terjun yang sebelumya jarang dijamah. Air terjun ini terletak di desa Talang Martige. Air terjun Ayek Gaung memiliki ketinggian 10 meter yang mana juga memiliki debit air yang besar. Pada area air terjun Ayek Gaung ini bisa digunakan untuk berendam yang memang menjadi kegiatan wisatawan saat mengunjungi air terjun. Di sekitarnya terdapat beberapa penjual yang mana menjual kopi hangat. Wisatawan bisa bersatai juga di pinggir kolam untuk minum kopi atau makan camilan.

7. Air Terjun Bale – Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Yang Sejuk

Air terjun Bale atau disebut juga Curup Bale terletak di desa Karang Endah, Kota Agung, Sumtera Selatan. Air terjun Bale sebenarnya bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Sama seperti halnya wisata air terjun lainnya, namun air terjun ini memiliki akses yang sulit untuk menuju lokasi wisatanya. Namun akan puas dengan pemandangan yang disuguhkan. Derasnya air terjun bisa menimbulkan embun dan juga buih yang menyejukkan.

8. Air Terjun Cughup Tembok 1 – Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Buat Relaksasi

Wisata selanjutnya yakni Air Terjun Cughup Tembok 1. Air terjun ini tidak hanya sendirian melainkan ada temannya yakni Air Terjun Cughup Tembok 2. Air terjun Cughup Tembok 1 lebih tinggi dibandingkan air terjun lainnya. Debit airnya cukup deras seperti kebanyakan air terjun dan juga di bawahnya pasti tedapat kolam yang memungkinkan para wisatawan untuk berendam di dalamnya. Berendam disini juga bisa digunakan sebagai ajang relaksasi diri.

9. Air Terjun Curup Buluh- Wisata Air Terjun Sumatera Selatan 7 Tingkat

Air terjun Curup Buluh disebut juga sebagai air terjun tujuh tingkat yang mana terletak di desa Lubukselo. Air terjun ini dikatakan juga memiliki tujun tingkat karena memang pada air terjunnya terdapat batu-batuan yang serupa tujuh tingkat. Sehingga air terjunnya tidak memanjang seperti kebanyakan air terjun lainnya melainkan jatuhnya air melebar. Hal ini dikarenakan banyaknya batu-batuan yang ada di air terjunnya. Sementara di sekitar wisata air terjun banyak ditumbuhi pohon bamboo. Biasanya wisata air terjun ini hanya dinikmati pemandangannya atau untuk berfoto. Sedangkan jarang wisatawan yang mandi atau bermain air disini.

10. Air Terjun Duguk – Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Desa Sapay

Air terjun Dughuk merupakan air terjun yang terletak di desa Sapay. Akses menuju ke air terjunnya cukup mudah seperti biasa. Sedangkan sesampainya disana tidak akan kecewa karena air terjunnya memang menarik. Ketinggiannya 20 meter, airnya deras, banyak pepohonan hijau di sekelilingnya. Sangat khas air terjun Sumatera Selatan. Air terjun ini tergolong tinggi dan airnya yang deras akan menambah banyak embun yang diciptakan sehingga wisatawan yang berdiri di bawah air terjun bisa menikmati sejuknya Air Terjun Duguk.

11. Air Terjun Bayau

Wisata air terjun lainnya di Sumatera Selatan yakni air terjun Bayau. Air terjun ini termasuk ke dalam salah satu air terjun tertinggi di Sumatera Selatan. Tinggi air terjun ini mencapai 50 meter hingga 60 meter. Air terjun Bayau ini meskipun tinggi tidak lantas membuat pengunjung ngeri. Jika ingin menikmati segarnya air terjun bisa mandi di bawahnya yang mana terdapat muara air terjun yang cukup tenang airnya. Mandi disini tidak akan berbahaya meskipun debit air tinggi.

12. Air Terjun Haman – Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Yang Masih Asri

Air terjun Haman ini menjadi salah satu air terjun yang unik. Pasalnya, air terjunnya berada di tengah-tengah sungai. Hal ini menyebabkan seolah-olah sungainya patah. Kemungkinan adanya patahan sungai ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu sehingga akhirnya membentuklah sebuah air terjun yang indah. Panoramanya yang sangat asri ditambah pemandangan yang luar biasa bisa membuat para wisatawan puas saat berkunjung ke air terjun ini. Terutama bagi para pecinta traveling dan tempat-tempat eksotis, wajib untuk mengunjungi air terjun ini.

13. Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung letaknya di Muaraenim. Tempat wisata ini bisa diakses dengan kendaraan umum dari Palembang seperti misalnya menggunakan kereta api. Tiket kereta apinya sangat murah yakni sekitar 11.000 rupiah per orang. Jarak yang ditempuh dari Palembang sekitar 4 jam. Baca Juga : Destinasi Wisata Muara Enim Yang Wow Banget

Perjalanan ke Air Terjun Bedegung tentunya masih jauh. Maka dari itu sebaiknya mempersiapkan bekal selama di perjalanan. Untuk bisa menikmati air terjunnya anda harus naik menuju puncaknya. Tentunya perjalanan ini tidaklah mudah. Setelah sampai maka anda akan disuguhi dengan pemandangan air terjun beserta sungai di bawahnya. Ada jembatan besi yang bisa digunakan untuk menuju aliran sungai.

14. Air Terjun Jernihan

Air Terjun Jernihan lokasinya berada di Kelurahan Tanjungenim. Air terjun ini salah satunya yang masih perawan, dalam artian masih belum banyak dikunjungi wisatawan dan hanya masyarakat lokal saja. Dimungkinkan karena akses yang masih kurang bagus sehingga wisatawan terhalang menuju ke wisata ini.

15. Air Terjun Hinjing

Air Terjun Hinjing atau masyarakat menyebutnya Kehinjing merupakan salah satu air terjun di Sumatera Selatan yang cukup unik bila dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Seperti misalnya adanya tingkatan dalam air terjun mulai dari dasar hingga puncak berjarak masing-masing 50 meter. Selain bisa menikmati air terjunnya, pengunjung juga bisa kemah disekitarannya. Lokasinya cukup bagus digunakan untuk berkemah bersama. Namun sayangnya untuk menuju lokasi wisata ini tidaklah mudah karena selain jaraknya jauh juga trackingnya berat.

16. Air Terjun Hiting

Wisata air terjun Sumatera Selatan selanjutnya yakni Air Terjun Hiting. Air terjun ini terletak di desa Kedaton. Air terjun Hiting termasuk memiliki track yang cukup sulit. Selai itu jaraknya dari desa Kedaton juga masih jauh. Alangkah baiknya jika ingin menuju air terjun ini terlebih dahulu menyewa guide dan kemudian membawa banyak bekal agar tidak kelaparan. Sehingga sesampainya di air terjun masih bisa beraktivitas. Air terjun ini masih alami sekali karena jarang terjamah.

17. Air Terjun Jambat Genting

Air terjun Jambat Genting merupakan air terjun yang tingginya mencapai 114 meter. Ketinggiannya memang berbeda dengan kebanyakan air terjun yang hanya di kisaran puluhan. Hal tersebutlah yang mengakibatkan suara gemuruh saat air berjatuhan ke bawah. Kolam yang dihasilkan juga besar karena debit airnya semakin banyak. Menuju lokasi air terjun ini tidaklah mudah dan membutuhkan dua jam perjalanan.

18. Air Terjun Kandis – Wisata Air Terjun Sumatera Yang Eksotis

Air terjun Kandis terletak di desa Keban yang mana masuk ke dalam Kecamatan Lahat. Air terjun ini tidaklah istimewa jika dilihat dari debit airnya yang keluar. Kenyataannya memang air terjun Kandis sangat pendek yakni antara 0 sampai 1 meter. Hal ini menyebabkan aliran airnya kecil. Namun meski demikian masih bisa membentuk kolam yang mana justru kolamnya lebih eksotis. Kolamnya berwarna biru sehingga membuat air terjun ini menarik.

19. Air Terjun Karlantang

Wisata Air Terjun Sumatera Selatan

Air terjun lain yang ditemukan di wilayah Sumatera Selatan salah satunya yakni Air Terjun Karlantang. Air Terjun Karlantang ini terletak di Kabupaten Lahat yang memang terkenal dengan banyaknya wisata air terjun. Air terjun ini cukup menarik dan berbeda dengan air terjun biasanya. Jika biasanya air terjun dikelilingi oleh pohon terutama bagian atasnya, Namun untuk air terjun ini justru dikelilingi atau diapit oleh tebing batu. Hal ini menyebabkan air terjunnya lebih eksotis. Menuju tempat wisata inicukup mudah. Aksesnya bisa melalui jalan beraspal.

20. Air Terjun Kembar

Wisata Air Terjun Sumatera Selatan

Air terjun selanjutnya yakni Air Terjun Kembar. Air terjun ini termasuk ke dalam salah satunya yang masih perawan dan belum terjamah. Hanya sejumlah traveler saja yang suka mengunjungi wisata satu ini. Padahal, air terjun Kembar ini menarik untuk dijunjungi. Air terjunnya cukup tinggi yakni sekitar 30 meter diatas permukaan laut dan ada sungai di bawahnya. Sungai ini bisa digunakan oleh wisatawan yang datang untuk berendam. Sehingga wisatawan bisa menikmati sejuknya air terjun Kembar melalui sungai ini.

21. Air Terjun Curup Papan

Air Terjun Curup Papan terletak di desa Gedung Wani yang ada di Runjung Agung. Air terjun ini dinamakan Curup Papan yang artinya datar. Sesuai namanya, air terjun ini memang memiliki aliran air yang mendatar, tidak vertical seperti kebanyakan air terjun lain. Jika dibandingkan dengan air terjun pada umumnya, Curup Papan ini memiliki aliran air yang mendatar. Curup Papan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan akses menuju lokasi wisata tersebut yang masih belum memadai. Sehingga air terjun ini bisa dikatakan sebagai air terjun yang masih perawan.

22. Air Terjun Desa Galang Tinggi

Wisata Air Terjun Sumatera Selatan

Wisata air terjun Sumatera Selatan lain yang masih asri dan juga belum banyak dikenal adalah air terjun Galang Tinggi. Air terjun ini adalah salah satu yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Melihat bentuk air terjunnya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan air terjun kebanyakan. Hanya saja air terjun ini tidak memiliki debit air yang terlalu besar sehingga untuk berendam disini masih memungkinkan. Namun sayangnya memang belum banyak yang mengenal objek wisata ini.

23. Air Terjun Manduriang – Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Yang Unik

Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Yang Unik

Air Terjun Manduriang yakni sebuah objek wisata yang berlokasi di desa Manduriang yakni di Kecamatan Ranau Tengah. Objek wisata alam ini memiliki jarak tempuh 27 kilometer jauhnya dari kota Muaradua. Ketingian air terjunnya sendiri sekitar 25 meter. Air terjun ini menjadi unik dan berbeda dengan yang lainnya karena terdapat gua yang mana berbentuk seperti terowongan di bagian bawah air terjunnya. Air terjun ini bisa diakses dengan mudah oleh para wisatawan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Air terjun Manduriang direkomendasikan untuk tempat liburan keluarga karena termpatnya bagus serta memiliki udara yang bersih. Bagi orangtua dan anak-anak bisa menikmati pemandangan sembari melihat pesona air terjun Manduriang yang indah. Aksesnya yang mudah akan lebih menguntungkan untuk membawa mobil menuju air terjun Manduriang.

Itulah 23 air terjun yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Wisata air terjun Sumatera Selatan ini memang sangat banyak jumlahnya. Diatas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya jumlah air terjun yang ada. Air terjun diatas mungkin ada yang bisa direkomendasikan untuk anda menghabiskan waktu berlibur di pekan mendatang. Suasananya yang nyaman dan udaranya yang sejuk sangat cocok baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

About Destinasi Pariwisata

Check Also

Curup maung pagaralam

Curup Maung, Pesona Lahat Nan Eksotis

Curup Maung mungkin belum populer bahkan baru pertama kali anda dengar namanya. Namun curup yang …

Arung Jeram Sungai Selabung

Pacu Adrenalin Di Wisata Arung Jeram Sumatera Selatan

Banyaknya wisata arung jeram sumatera selatan adalah suatu hal nyang harus dilakukan ketika sedang liburan …

error: Content is protected !!