Wisata Sumbawa Besar, Rekomendasi Liburan Yang Bikin Males Pulang

62
Tempat Wisata Sumbawa Besar

Wisata Sumbawa Besar sekarang ini lagi tren banget kalau ngomongin liburan. Banyak wisatawan lokal yang pengen berkunjung ke Pulau Sumbawa. Alasannya tak lain adalah karena pemandangan alam yang nggak kalah cantik dengan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Selain pantai indah, pulau eksotis, kamu juga dapat menemukan berbagai situs sejarah yang punya cerita menarik. Semuanya menggambarkan betapa cantiknya wisata Sumbawa Besar bagi para pengunjung.

Ketika ingin berkunjung ke Sumbawa Besar serta sekitarnya, kamu bisa memilih rute udara, yaitu terbang ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin.

Jika ingin menempuh rute laut, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Kayangan Lombok, menyebrang ke Pelabuhan Poto Tano. Nah, rute apapun yang kamu pilih, berikut adalah pilihan wisata di Sumbawa Besar.

1. Bukit Mantar

Kamu mungkin pernah mendengar beberapa kota di Indonesia menawarkan wisata seperti negeri di atas awan. Nah, di Kecamatan Poto Tano, tepatnya di Desa Mantar, kamu dapat menemukan pemandangan tersebut ketika berkunjung ke Sumbawa Besar.

Desa ini berada pada ketinggian 600 mdpl dengan pemandangan cantik, yaitu matahari terbit yang bikin takjub dan bikin kamu males pulang.

Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana orang-orang melakukan kegiatan paralayang karena memang bukit ini adalah titik untuk keberangkatan.

  5 Destinasi Wisata Terbaik di Kupang Yang Wajib Anda Kunjungi

Jika kamu terbang dari Mantar, kamu akan menikmati pemandangan yang nggak ada duanya, yaitu pantai dan bukit hijau. Karena kecantikannya, Mantar bahkan pernah menjadi tuan rumah dalam kompetisi paralayang internasional, keren kan?

Rugi berat pokoknya kalau kamu nggak mampir ke Desa Mantar karena lokasinya yang instagrammable, termasuk pada anjungan selfie di bukit Mantar.

2. Pulau Kenawa

Fakta menarik tentang Pulau Sumbawa adalah karena pulau-pulau kecil yang berada pada sekelilingnya. Pulau Kenawa merupakan salah satunya, yaitu pulau kecil, tidak ada penghuni, dengan luas 15 hektar. Nah, kamu bisa berkemah atau bahkan berfoto selama menginjakkan kaki.

Pemandangan indah, dengan warna rerumputan yang mengikuti musim. Selain itu, jangan lupa bawa air bersih sebab tidak ada mata air pada pulau ini.

Sumbawa Besar, Pulau Kenawa Tidak Berpenghuni

Untuk menuju ke Pulau Kenawa, kamu dapat berangkat dari Pelabuhan Poto Tano, lanjut menyewa perahu masyarakat lokal. Selain berenang, sesampai di pantai juga wajib snorkeling. Pulau sepi ini bakalan memanjakan kamu dengan air yang super duper jernih.

3. Wisata di Sumbawa Besar – Istana Dalam Loka

Penasaran bagaimana rasanya terlahir dengan darah raja? Jika kamu berada di bandara, kamu bisa langsung menempuh perjalanan sejauh 3 km untuk menuju ke Istana Dalam Loka.

  Mendaki Puncak Gunung Tambora

Tempat wisata di Sumbawa ini adalah peninggalan Sultan Sumbawa, sebuah istana terbuat dari kayu jati terbaik pada kala itu. Bangunan tersebut juga hanya menggunakan pasak kayu, bukan paku besi. Sehingga, istana ini bisa tetap tahan gempa, kokoh berdiri walau sudah ratusan tahun.

Wisata Sumbawa Besar ini mengajarkan banyak filosofi mendalam. Istana menjadi kediaman raja dan menghadap selatan, supaya raja dapat menatap masa lalu.

Pemimpin arif dan bijaksana pada masa itu, harus mampu mengambil pelajaran berharga dari semua pengalaman masa lalu, termasuk keputusan yang pernah mereka ambil. Sehingga, mereka bisa menjadi pemimpin lebih baik. Keren, kan filosofinya?

Luas istana ini mencapai 1,251 meter persegi dan merupakan rumah panggung paling besar di dunia. Karena desainnya yang istimewa, Istana Dalam Loka merupakan prototype bangunan terbaik yang mewakili Nusa Tenggara Barat, sesuai TMII.

4. Wisata Sumbawa Besar – Gili Bola

Pulau Kenawa memberikan pengalaman liburan dengan pemandangan rerumputan. Namun, ketika sampai di Gili Bola atau Pulau Bedil, kamu akan mendapatkan pengalaman berbeda.

Gili Bola merupakan pulau dengan ratusan pohon kelapa, serta hanya terdapat satu bangunan yaitu rumah bagi penjaga pulau. Duh, gimana ya rasanya tinggal sendirian di sebuah pulau? Pasti kayak punya pulau pribadi!

  Mendaki Puncak Gunung Tambora

Gili Bola/ Gili Bedil/ Pulau Bedil Sumbawa

Untuk menuju ke pulau ini, perjalanan bermula dari Labuan Bajo atau Labuan Pade yang ada di Sumbawa Besar. Gili atau pulau kecil dekat area ini sangat banyak, termasuk Gili panjang, Gili Termudong, serta Gili Keramat.

Tapi, sampai saat ini Gili Bola masih menjadi pilihan populer karena cocok untuk berangkat bersama rombongan, membawa alat memasak, juga memancing ikan. Asik kan kalau seru-seruan di pulau ini rame-rame?

5. Liang Bukal

Berikutnya, kamu bisa bermain air di Liang Bukal, sebuah mata air, tapi bukan pantai di Sumbawa. Taman Wisata Liang Bakal terletak sekitar 26 kilometer jika kamu berada pada kota Sumbawa Besar. Sebaiknya, berkunjung saat musim hujan karena kolam alami ini punya volume air lebih banyak.

Untuk menuju lokasi, kamu akan melewati gua dengan panjang 200 meter, sekaligus rumah bagi ratusan kelelawar. Kemudian, kamu bisa menikmati sungai sejuk, mengalir antara tebing. Jika berjalan sedikit jauh lagi, kamu dapat menemukan Megalitikum Ai Renung.

Kalau kamu ngaku pemberani, kamu juga harus berkunjung ke situs ini, dan melihat sendiri kuburan batu atau Sarkofagus terletak pada beberapa spot.

By Zee Zahira

Berita sebelumyaStaycation Garut, 7 Hotel Ini Punya View Instagramable!