Home / Sumatera / Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu yang Super Keren

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu yang Super Keren

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu – Di wilayah Indonesia memang tak akan pernah surut dengan keindahan alamnya. Meskipun sudah semakin banyak pemukiman dan lahan yang digunakan untuk mendirikan pabrik namun masih banyak daerah di Indonesia yang masih tetap asri dan terjaga. Sehingga sampai saat ini masih bisa dijumpai berbagai jenis wisata alam di berbagai daerah di Indonesia.

Jika ke Indonesia maka wisatawan mancanegara juga akan lebih menikmati wisata alam dibandingkan wisata buatannya. Mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengenal beberapa daerah saja yang terkenal dengan objek wisatanya. Padahal di setiap daerah juga pasti memiliki objek wisata tersendiri meskipun sederhana. Namun memang di beberapa wilayah seperti Bali, Yogyakarta, Pulau Bintan, Pulau Seribu, dan daerah lainnya memiliki pesona wisata alam yang lebih bagus. Namun tidak ada salahnya untuk lebih mengenal wisata lain yang ada di wilayah Indonesia. Seperti contohnya wisata Ogan Komering Ulu. Baca Juga : Eksplorasi Destinasi Wisata Ogan Komering Ilir yang Wow Banget

Mengenal Lebih Dekat Ogan Komering Ulu

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu, sendiri merupakan destinasi wisata di satu kabupaten yang letaknya ada di Sumatera Selatan, Ogan Komering Ulu. Kabupaten ini mungkin masih jarang di dengar terutama oleh masyarakat Jawa dan masyarakat lainnya di luar Sumatera.

Bagi masyarakat luar Sumsel mungkin nama Ogan Komering Ulu ini sangatlah asing. Namun bagi masyarakat Sumatera pasti sudah tidak asing lagi. Ogan Komering Ulu adalah salah satu daerah di wilayah Sumsel yang memiliki banyak potensi alam seperti misalnya hasil tambang, hasil kebun, dan wisata alam. Di OKU (Ogan Komering Ulu) memang masih banyak aktivitas pertambangan. Potensi alamnya masih terus digali.

Selain itu juga banyak perkebunan di wilayah ini seperti contohnya perkebunan kopi, karet, sawit, dan lain sebagainya. Wisatanya juga tak kalah menarik. Banyak wisata alam di wilayah OKU sehingga bisa mendatangkan banyak wisatawan untuk berkunjung ke wilayah OKU. Wisata Ogan Komering Ulu akan dikupas pada bagian di bawah ini.

Berikut ini adalah berbagai jenis Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu baik destinasi alam maupun wisata buatan yang tersedia.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Air terjun bukit langgar

1. Air Terjun Bukit Langgar – Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Yang Masih Alami

Air terjun Bukit Langgar merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di wilayah OKU tepatnya ada di desa Gedung Pakuan. Air terjun yang ada di desa Gedung Pakuan ini merupakan jenis air terjun yang masih sangat alami karena belum atau jarang terjamah oleh wisatawan. Air terjunnya ada sekitar 100 meter dari permukaan tanah.

Air terjun yang masih alami ini dikembangkan menjadi sebuah objek wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Namun memang untuk membenahi wilayah sekitar air terjun ini tidaklah mudah. Hal ini karena keterbatasan infrastruktur seperti jalan yang belum bagus. Bagi para anda yang tertantang bisa mencoba untuk datang ke air terjun ini untuk menikmati sensasi mandi air dingin yang masih sejuk. Baca Juga : 23 Wisata Air Terjun Sumatera Selatan yang Bikin Adem Hati

2. Air Terjun Dumas

Wisata Ogan Komering Ulu memang banyak di dominasi oleh wisata alam termasuk air terjun. Salah satu air terjun yang ada di OKU yakni air terjun Dumas. Air terjun ini masih sangat asri. Lokasinya masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Air terjunnya cukup menarik dengan adanya aliran air di bawah air terjun sehingga bisa dimanfaatkan wisatawan untuk mandi disana atau sekedar bermain air.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Air terjun Kambas

3. Air Terjun Kambas

Air terjun Kambas adalah salah satu air terjun yang ada di wilayah OKU. Air terjun ini tentunya cukup jauh dari pusat kota. Jika melalui jalan lintas Sumatera harus ditempuh dengan perjalanan sejauh satu jam. Namun perjalanannya cukup menyenangkan karena pemandangan yang disuguhkan menarik seperti misalnya sungai yang jernih airnya, area persawahan, rumah penduduk yang masih asri, dan lain sebagainya. Kawasan yang masih sejuk nan asri ini bisa memanjakan mata. Jadi meskipun perjalanan jauh namun masih bisa menikmati suasana alam. Setelah sampai di dekat lokasi masih harus berjalan juga sejauh 30 menit namun dengan jalan yang sudah lebih baik. Air terjunnya sendiri telihat masih asri dengan adanya tiga tingkatan.

4. Air Terjun Kambas Bawah

Kambas Bawah adalah sebuah nama air terjun yang ada di wilayah OKU. Air terjun ini merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempatnya masih asri karena banyaknya tumbuhan yang ada di sekitarnya. Air terjunnya sendiri cukup tinggi dan aliran airnya cukup deras. Bagi wisatawan yang ingin mandi di air terjun Kambas Bawah sebaiknya tidak melakukannya saat air terjun sedang deras karena debit air yang tinggi. terutama saat musim hjan biasanya air akan semakin deras dibandingkan saat musim kemarau.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu air terjun pisang

5. Air Terjun Pisang – Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Untuk Keluarga

Destinasi wisata lain yang berasal dari OKU yakni air terjun Pisang. Air terjun ini ada di wilayah Ulu Ogan. Tempat wisata ini sama menariknya dengan tempat wisata lain yang ada di wilayah OKU. Air terjun sebenarnya berupa aliran anak sungai yakni berasal dari sungai Kepayang yang ada di desa Kelumpang.

Air terjunnya tidak terlalu tinggi dan juga ada lapisan batu-batu sehingga bisa melebarkan aliran airnya. Wisatawan bisa menikmati mandi di air terjun ini karena airnya bersih dan juga di bawah air terjun ada semacam sungai yang merupakan tempat berkumpulnya air terjun. Sehingga pengunjung bisa menikmati mandi disitu. Main air di air terjun ini tidak akan berbahaya karena selain debit airnya tidak terlalu deras juga terdapat tempat khusus di bawah air terjun yang bisa digunakan untuk mandi. Anda yang ingin berlibur kesini bersama anak-anak masih bisa menjaganya dengan aman.

Goa Harimau Sumsel OKU

6. Goa Harimau – Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Untuk Belajar Sejarah

Goa Harimau disebut sebagai rumah peradaban masa silam yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Goa ini berada di Bukit Karang Sialang. Lokasinya yakni ada di desa Bindu. Di Gua ini banyak cerita tentang kehidupan yang berasal dari gambar cadas prasejarah serta kuburan kuno. Banyak sejarah yang diceritakan melalui goa ini. Sehingga goa Harimau ini cocok dijadikan sebagai wisata sejarah. Baca Juga : Yuk Eksplorasi Peninggalan Zaman Megalitikum di Sumatera Selatan

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke goa ini bisa ke wilayah barat dari Baturaja. Jaraknya sekitar 35 kilometer. Banyaknya penemuan di goa ini banyak dijadikan penelitian. Banyak sekali penemuan-penemuan di gua ini.

Goa Putri Wisata OKU, Sumsel

7. Goa Putri – Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Buat Mengutarakan Keinginan

Goa Putri adalah salah satu wisata alam di wilayah OKU tepatnya ada di desa Padang Bindu. Goa ini menghubungkan antara Muara Enim dan Baturaja. Jaraknya bisa sekitar 1 km jauhnya. Menurut beberapa sumber kedalaman Goa Putri ini sedalam 150 meter dan ketinggiannya 20 meter. Sementara untuk lebarnya antara 20 meter hingga 30 meter. Di dalam goa ini mengalir sungai Sumuhun yang mana jika mandi atau hanya sekadar mencuci muka bisa mewujudkan berbagai keinginan.

Jika datang ke tempat ini tidak ada salahnya untuk mencuci muka dan membuat keinginan. Banyak cerita yang ada disini yang merupakan mitos-mitos oleh masyarakat setempat yang dikembangkan. Di Goa Putri ini wisatawan hanya dikenai biaya masuk 5000 rupiah per orang. Di sekitar wilayahnya tidak dijumpai penjual makanan.

Jembatan Baturaja, Ogan, OKU

8. Jembatan Ogan Baturaja – Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Cocok Buat Mancing

Jembatan Ogan ini berada diatas sungai Ogan. Jembatan ini merupakan penghubung antara Pasar Lama dan sekitar wilayah Taman Kota Baturaja. Jembatan ini sejatinya sudah ada sejak jaman Belanda. Terbilang tua namun jembatan ini ternyata masih berdiri kokoh. Jembatan ini dulunya bisa dilewati kendaraan dari dua arah, namun saat ini sudah tidak bisa lagi. Kendaraan hanya bisa lewat dari satu arah saja. Adanya jembatan ogan ini banyak dimanfaatkan oleh para pemancing untuk memancing berbagai jenis ikan yang ada di dalamnya.

Bagi anda yang suka memancing bisa mencoba datang ke jembatan ini pada sore hari. Biasanya pada sore hari akan banyak pemancing yang setia duduk disana menikmati waktu bersama untuk menunggui ikan. Selain itu banyak juga anak-anak yang bisa bermain di sungainya. Biasanya anak-anak setempat yang memang sudah terbiasa main di sungai.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Lesung Bintang

9. Lesung Bintang – Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu yang Jarang Orang Tahu

Lesung Bintang merupakan objek wisata yang terletak di desa Laya, OKU. Objek wisata ini tidak jauh dari pusat kota. Berbeda dengan wisata alam lainnya yang tidak terawat, wisata ini sebenarnya masih lebih baik. Namun sayangnya memang belum banyak yang mengetahuinya.

Tempat ini bisa dikatakan sebagai objek wisata yang bernilai sejarah karena memang adanya batu Lesung Bintang yang menjadi salah satu peninggalan sejarah. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dedaunan hijau yang mana dibelah oleh aliran sungai Ogan. Kota Baturaja juga bisa terlihat dari sini karena memang lokasinya yang berada di ketinggian.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Museum Si Pahit Lidah

10. Museum Si Pahit Lidah 

Museum Si Pahit Lidah adalah salah satu museum purbakala yang terletak di desa Pdang Bindu, Kecamatan Semidangaji. Di dalam museum ada temuan arkeolog serta batu-batuan. Disana juga ada banner yang mana menceritakan tentang manusia goa. Wisata Museum Si Pahit Lidah ini bisa menjadi salah satu wisata bersejarah yang cocok sekali untuk anak-anak. Anda bisa mengenalkan wisata sejarah kepada anak dan juga bisa menjelaskannya dengan mudah karena disana ada juga penjelasan di setiap barang yang dipajang.

Destinasi Wisata OKU

11. Sungai Tanjung Lengkayap

Sungai Tanjung Lengkayap adalah salah satu destinasi wisata yang ada di daerah Sumatera Selatan tepatnya di OKU. Di sungai ini airnya cukup deras sehingga bisa digunakan sebagai olahraga arum jeram. Biasanya di sungai ini banyak digunakan oleh anak-anak untuk bermain. Wisatawan yang ingin berkunjung kesini bisa menikmati wahana yang menantang.

12. Taman Kota Baturaja

Taman Kota Baturaja ini merupakan objek wisata yang ada di wilayah OKU. Wisatanya mudah dijangkau karena terletak di pusat kota. Penduduk sekitar dan juga penduduk yang berasal dari luar kota bisa menikmati wisata yang menarik disini. Anak-anak bisa bebas bermain dan para orangtua hanya tinggal mengawasinya saja. Hotel Sekitar Taman Kota Baturaja

13. Air Terjun Curup Datar

Air terjun Curup Datar merupakan air terjun yang berada di wilayah OKU. Wisata Curup Datar ini cukup menarik karena air terjunnya tidak terlalu deras sehingga wisatawan yang berkunjung kesana bisa menikmati mandi di bawah air terjun. Airnya yang jernih juga bisa membuat tubuh mejadi lebih rileks. Ada banyak akses untuk mandi maupun berenang bagi wisatawan yang datang kesini.

14. Air Terjun Bayu Tengah

Wisata Ogan Komering Ulu lainnya yang merupakan air terjun yakni Bayu Tengah. Air terjun ini tidak jauh berbeda dengan air terjun kebanyakan yang ada di OKU. Air terjunnya biasanya hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal mengingat aksesnya yang masih agak sulit.

15. Candi Batu Kebayan

Candi Batu Kebayan ini lokasinya ada di tengah kebun kopi yang letaknya ada di desa Jepara. Susunan batu yang ada disana memiliki nama yakni batu pengantin dan batu kebaya. Ada legenda dari situs candinya yang mana hingga kini masih banyak diketahui oleh masyarakat OKU selatan. Candi Batu Kabayan sebelumnya pernah diteliti arkeolog Jambi. Batu candi terbuat dari kapur dengan pondasi berdenah empat dan persegi panjang. Namun sayangnya di candi ini tidak banyak dirawat. Akibatnya candi-candinya tidak terlindungi dengan baik.

16. Candi Jepara

Candi Jepara merupakan salah sedikit candi yang ada di wilayah OKU. Candi ini sebenarnya hanyalah reruntuhan dari bangunan kuno. Candi ini juga sudah ada sejak puluhan tahun silam. Hingga kini candinya juga masih berupa reruntuhan. Candi Jepara ini terletak di desa Jepara yang berada di Kecamatan Banding Agung, Ogan Komering Ulu. Mencapai candi ini tidaklah sulit. Sudah ada jalan beraspal jika ingin mengunjungi candi ini. Peninggalan bersejarah berupa reruntuhan bangunan adalah salah satunya yang bisa dilihat pada objek wisata ini.

17. Gunung Seminung

Gunung Seminung terletak di antara dua provinsi yakni Lampung dan Sumatera Selatan. Tepatnya, lokasi gunung Seminung ini ada di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan. Akses menuju lokasi ini cukup mudah dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus. Wisata di Gunung Seminung ini tidak sepopuler gunung lainnya, namun banyak wisata yang menarik disana. Seperti misalnya di kaki gunungnya ada pemandian air panas alami yang mana hanya dikenai tariff 2000 rupiah untuk bisa masuk kesana.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Sumsel Prasasti

18. Prasasti Tapak Tuan Rizal

Prasasti Tapak Tuan Rizal terletak di desa Brunei Mulia. Tapak Tuan Rizal ini tidak hanya ada di OKU melainkan dua tempat lain yakni di Timor-Timur dan daerah Semendawai Timur. Prasasti Tapak Tuan Rizal ini ada tidak hanya sebagai wisata saja tetapi juga ada sebuah legenda. Katanya suatu daerah yang memiliki prasasti ini maka daerah tersebut akan maju, sejahtera, serta ramai.

Sejauh ini Prasasti Tapak Tuan Rizal dijumpai di tiga daerah. Prasasti ini terletak di pinggir sungai Burnai yang ada di dusun Burnai Tapak. Di dekat prasastinya bisa dilihat adanya pohon besar. Prasastinya sendiri kini sudah tidak lagi bisa terlihat karena banyak ditumbuhi rumah rayap.

Destinasi Wisata Ogan Komering Ulu Untuk Anak

19. Water Boom Kartika

Wisata alam di wilayah OKU, Sumatera Selatan mungkin sudah bosan. Kini beralih dengan wisata buatan yakni Water Boom Kartika. Waterboom ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi untuk berlibur yang menarik bagi keluarga. Banyak wahana permainan yang bisa dicoba oleh anak-anak. Selain itu juga ada resto di dalamnya sehingga sehabis berenang bisa mengisi perut dahulu sebelum pulang.

Itulah berbagai jenis destinasi wisata Ogan Komering Ulu mulai dari wisata alam maupun wisata buatan. Tempat wisata di Ogan Komering Ulu memang kebanyakan merupakan wisata alam yang mana cukup banyak juga wisata alam liar yang ada disana. Sehingga mungkin banyak wisatawan bahkan masyarakat setempat yang masih belum tahu beberapa wisata yang disebutkan diatas.

Check Also

Arung Jeram Sungai Selabung

Pacu Adrenalin Di Wisata Arung Jeram Sumatera Selatan

Banyaknya wisata arung jeram sumatera selatan adalah suatu hal nyang harus dilakukan ketika sedang liburan …

Air Terjun Curup Sembilan

Destinasi Wisata Kabupaten MURATARA yang Super Keren

Berlibur adalah hal yang selalu dinanti dan diinginkan oleh setiap orang. Maka dari itu tak …

error: Content is protected !!