Breaking News
Home / Jawa / Tersembunyi, Air Terjun Di Banyuwangi Ini Wajib Dikunjungi

Tersembunyi, Air Terjun Di Banyuwangi Ini Wajib Dikunjungi

Libur panjang sudah tiba, tak sedikit orang yang telah merencanakan liburan mereka dengan mengunjungi destinasi wisata populer air terjun di Banyuwangi yang sedang hits. Apalagi jika liburan diisi dengan mengunjungi tempat wisata bernuansa alam yang masih hijau dan alami. Pasti menyenangkan ya, bisa bersantai sejenak dengan mendekatkan diri bersama alam. Apalagi setelah bekerja selama satu satu tahun penuh dengan penuh tekanan, tentunya ingin melepaskan semua penat tersebut dan menikmati wisata yang bisa membuat kamu lupa dengan stress yang kamu rasakan selama ini. 

Salah satu destinasi wisata alam yang paling sering dikunjungi saat liburan adalah air terjun. Air terjun yang biasanya berlokasi dekat dengan pegunungan ini memang tak hanya memberikan pemandangan alam yang indah namun juga udara yang segar. Sehingga bisa membuat kamu merefresh otak selama beberapa saat dengan menikmati keindahan alam yang masih belum banyak terjamah tangan manusia.

Apalagi jika kamu tinggal dan bekerja di kota yang setiap hari disibukkan dengan pekerjaan dan penat akibat tuntutan hidup yang tinggi. Maka daftar lima air terjun di Banyuwangi yang cocok untuk kamu kunjungi. Wisata banyuwangi sedang diperkenalkan ke wisatawan malaysia sehubungan dengan dibukanya rute penerbangan Kuala Lumpur – Banyuwangi. Baca Artikel : Belasan Influencer Malaysia Jelajahi Wisata Banyuwangi

Air terjun di bawah ini berada di Banyuwangi, sebuah kota yang berada di ujung pulau Jawa Timur dan berdekatan dengan Pulau Bali. Jika kamu berasal dari luar kota, sangat mudah menjangkau kota ini, karena ada banyak sekali transportasi umum yang menuju kota ini. Mulai dari kereta api, bus, kapal feri hingga pesawat.

Meski berada di lokasi yang cukup sulit untuk dijangkau atau tersembunyi namun air terjun ini nyatanya memiliki keindahan yang luar biasa loh, bahkan telah diakui keindahannya tak hanya oleh wisatan lokal namun juga wisatawan asing yang pernah menjajal untuk datang ke lokasi wisata ini. Maka tak salah jika artikel ini memberikan rekomendasi untuk kamu yang rindu rasanya berpetualang di alam, maka kamu bisa memilih satu dari lima air terjun di bawah ini untuk dikunjungi, atau kamu juga bisa loh mengunjungi semuanya, karena ke lima air terjun di banyuwangi memiliki pesona keindahan yang berbeda-beda dan tak boleh kamu lewatkan.

Mau tahu mana saja air terjun mana saja yang bisa kamu kunjungi saat mampir di Banyuwangi? Yuk, lihat daftarnya di bawah ini.

Air Jagir Atau Terjun Kembar

AIR TERJUN KEMBAR / JAGIR Banyuwangi
AIR TERJUN KEMBAR / JAGIR Banyuwangi

Air terjun di Banyuwangi yang pertama dan wajib kamu kunjungi adalah Jagir atau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Kembar. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Banyuwangi, karena bisa ditempuh hanya dalam waktu 15 menit saja dari pusat kota. Air Terjun yang terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Yang membuat air terjun ini istimewa adalah, karena adanya tiga air terjun sekaligus dalam satu lokasi yang berdekatan.

  Taman Wisata Alam Muara Angke Amazon dari Jakarta

Air terjun ini merupakan air terjun kembar yang memiliki air dan kolam yang sangat jernih sehingga sering digunakan untuk berenang oleh wisatawan yang datang. Saking jernihnya air yang ada di kolam tersebut, masyarakat lokal sampai menyebutnya sebagai kolam pemandian bidadari. Sementara air terjun satunya yang disebut dengan Air Terjun Jagir, merupakan air terjun yang difungsikan sebagai sumber air untuk PDAM.

Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk loh, hanya biaya parkir sebesar Rp. 3.000,00 hingga Rp. 5.000,00 saja. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan mereka di lahan milik warga yang memang sudah difungsikan sebagai lahan parkir, kemudian pengunjung akan berjalan turun sekitar 10 menit menuju lokasi air terjun. Dari kejauhan kamu sudah bisa mendengar deru air dan segarnya udara pegunungan yang sejuk. Fasilitas wisata ini juga sudah lengkap loh, ada Mushola, WC umum, Kamar Bilas dan juga Warung Kopi.

Air Terjun Lider

AIR TERJUN LIDER Banyuwangi
AIR TERJUN LIDER merupakan salah satu air terjun di Banyuwangi

Bisa dibilang air terjun satu ini lokasinya masih tersembunyi karena cukup sulit untuk dijangkau. Terletak di Dusun Sragi, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Air terjun ini berada di lereng Gunung Raung dan  bisa dibilang merupakan air terjun tertinggi dan terbaik di Banyuwangi. Berada di ketinggian 1.300 mdpl dan memiliki tinggi sekitar 60 meter. Air terjun ini menjadi destinasi pariwisata wajib bagi kamu yang suka dengan petualangan dan tantangan. Pasalnya, bukan hal mudah untuk bisa mencapai lokasi ini loh.

Untuk sampai di Air Terjun Lider, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh menantang karena harus melewati perkebuan dan hutan yang jalannya belum diaspal. Setengah perjalanan akan kamu lewati dengan menuruni tebing, menyeberangi sungai sebanyak tujuh kali dan melewati hutan lindung yang masih terjaga keasriannya.

Baca Juga : Air Terjun Kedung Pedut, Waterpark Alami

Tapi lelahnya perjalanan akan terbayar dengan pemandangan yang masih asli dan indah. Sehingga tidak rugi menempuh perjalanan sejauh dan sesulit itu untuk tiba di Air Terjun Lider ini ya.

Air Terjun ini juga tidak mengenakan biaya masuk untuk pengunjung, tapi kamu hanya harus membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 5000,00.

  Wisata Kota Tua Yang Bernilai Sejarah Tinggi

Air Terjun Telunjuk Raung

Masih di kawasan yang sama, yakni di kaki Gunung Raung. Ada air terjun yang juga tak kalah indahnya, Air Terjun Telunjuk Raung. Karena letaknya yang berada kaki Gunung Raung dengan keindahan tersembunyi dan belum banyak terjamah manusia, air terjun ini juga sering disebut dengan Air Terjun Telunjuk Dewa Raung.

Berada di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Untuk sampai di lokasi ini, kamu bisa menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Kondisi jalanan terjal berupa bebatuan yang belum diaspal.

Air Terjun Telunjuk Raung
Air Terjun Telunjuk Raung

Setelah tiba di lokasi, kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 5000,00 saja. Dari tempat parkir kamu bisa berjalan menuju Air Terjun, melewati jembatan dan sungai kecil. Di perjalanan kamu akan melihat kolam yang bisa digunakan untuk berenang dan main tubbing, baru setelah itu kamu bisa melihat keindahan Air Terjun Telunjuk Raung dan mempesona, serasa nggak mau pulang kalau sudah tiba di sana.

Air Terjun Pertemon

Ada banyak sekali air terjun di Banyuwangi, salah satunya ya Air Terjun Pertemon. Lokasinya yang tersembunyi memang membuat banyak orang kurang mengetahui tempat ini. Padahal Air Terjun ini tak kalah indah loh. Tebing bebatuan tinggi yang menyembunyikan air terjun ini memberikan keindahan yang berbeda. Berlokasi di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon ini berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari Pusat Kota Banyuwangi.

AIR TERJUN PERTEMON
AIR TERJUN PERTEMON

Akses jalannya sendiri sudah memadai kok, kamu akan melihat papan penunjuk arah yang lengkap sehingga tidak akan tersesat deh untuk menuju wisata satu ini. Setelah tiba di lokasi kamu bisa menitipkan kendaraan kamu di halaman rumah warga dengan membayar sekitar Rp. 5000,00 untuk motor. Lalu kamu akan berjalan menyusuri perkebunan kopi dan lahan persawahan milik warga sekitar lima belas menit.

Baca Juga : Berselancar Di Ombak Terbaik Pulau Merah

Jika kamu sudah melihat sungai yang tersembunyi di balik tebing bebatuan, maka lokasi air terjun sudah tak terlalu jauh. Air terjun ini sendiri memang letaknya tersembunyi di antara tebing bebatuan besar, sehingga cahaya matahari yang berusaha untuk masuk ke celah bebatuan ini membuat air terjun mengeluarkan cahaya keperakan yang indah. Meskipun tinggi air terjun ini masih terbilang kalah dengan air terjun yang lainnya, namun keindahannya tak kalah loh. Jadi kamu bisa tuh coba mampir ke air terjun ini ya.

  Destinasi Wisata Kabupaten Batang, Yuk Eksplore Kota Kecil Dengan Sejuta Keindahannya Ini

Meski hanya dikelola oleh warga setempat, namun fasilitas di air terjun ini sudah cukup memadai loh, seperti WC, kamar ganti hingga rumah pohon yang bisa digunakan sebagai selfie.

Air Terjun Legomoro

Satu lagi air terjun yang letaknya cukup tersembunyi tapi memiliki keindahan yang luar biasa. Wisata ini sendiri baru saja dibuka, karena letak air terjun yang berada di dalam hutan. Maka akses jalan untuk ke sana memang masih sedikit susah namun dengan pemandangan yang indah rasanya rela ya saja ya.

Lokasinya terletak di Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore ini berada di dalam hutan pinus yang warga setempat sendiri menamainya hutan Tengkorak. Tapi meski namanya sedikit serem, pemandangan di sana jauh dari kata seram kok. Karena udara pegunungan yang segar dan pemandangan dua air terjun yang mempesona.

Air Terjun Legomoro
Air Terjun Legomoro

Air Terjun Legomoro sendiri berasal dari kata “Lego” yang artinya lega dan “Moro” yang artinya datang. Sehingga jika diartikan akan memiliki makna, setiap pengunjung yang datang ke sana akan merasa senang dan lega karena keindahan alamnya. Ada dua air terjun di area ini, yang pertama adalah air terjun Legomoro sendiri yang tingginya sekitar 10 meter dan memiliki kolam dan bisa digunakan untuk berenang, sementara air terjun yang berada tak jauh dari lokasi tersebut diberi nama Air Terjun Putri Ayu.

Wisata Banyuwangi lainnya yang mempesona yaitu Wisata Jawatan, Banyuwangi Yang Mirip Dengan Dunia Alice In Wonderland

Di air terjun ini kamu tak hanya bisa melihat air terjun yang indah saja, namun juga bisa berswafoto dengan beberapa spot foto menarik di rumah pohon, gazebo dan juga jembatan bambu. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap. Mulai dari WC, kamar ganti dan juga kantin hingga warung kopi yang bisa kamu temukan dengan mudah di sana. Kamu juga bisa berenang di kolamnya yang memiliki air jernih serta dingin.

Untuk bisa menikmati wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5000,00 untuk per orang dan membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000,00 untuk motor dan Rp. 5000,00 untuk mobil.

Meski tersembunyi lokasinya namun tak bisa dipungkiri ya, jika keindahan dari air terjun yang berada di Banyuwangi ini memang memiliki keindahan yang luar biasa. Sehingga tak salah jika belakangan Banyuwangi menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup diperhitungkan di Jawa Timur.

Dari ke lima daftar air terjun yang sudah disebutkan di atas, manakah yang membuat kamu tertarik untuk mengunjunginya?

Check Also

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Ngehits

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat tersedia berbagai macam. Kamu bisa berkunjung bareng teman, pacar, atau keluarga selama liburan.

Alas Purwo Cerita Mistis

Wisata Banyuwangi Yang Dikenal Memiliki Cerita Mistis

Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi pariwisata terpopuler baik bernuansa alam yang masih terbilang alami maupun …

error: Content is protected !!