Breaking News
Home / Jawa / Jawa Timur / Cluring Waterpark Banyuwangi

Cluring Waterpark Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki segudang tujuan wisata. Selain terkenal dengan wisata adat suku Osing yang ada di Desa Kemiren, Banyuwangi juga memiliki banyak wisata alam yang indahnya luar biasa. Misalnya wisata gunung Ijen yang sudah terkenal hingga ke mancanegera dan ada juga beberapa air terjun yang sangat indah. Selain itu, Banyuwangi juga memiliki wisata buatan yang tak kalah dengan wisata-wisata buatan yang ada di Indonesia. Salah satu wisata buatan yang terkenal di Banyuwangi adalah wisata Cluring Waterpark yang merupakan wahana permainan air. Hal tersebut membuat Banyuwangi dijuluki The Sunrise of Java atau Matahari Terbitnya Jawa. Cluring Waterpark sendiri bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang menyenangkan bagi keluarga. Kita bisa mengisi akhir pekan atau hari libur kita dengan bermain air sepuasnya di tempat ini.

Wisata Cluring Waterpark merupakan lokasi wisata yang sangat terjangkau dan relatif  murah. Semua kalangan bisa mengunjungi lokasi wisata ini. Lokasi wisata Cluring Waterpark berada di Dusun Kepatihan, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Wahana air ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap serta memiliki area parkir yang cukup luas. Kita bisa pergi bersama keluarga ke Cluring Waterpark untuk menyegarkan kembali pikiran kita dari berbagai aktifikas sehari-hari. Tempat ini sangat mengasyikkan dan menyenangkan karena memiliki banyak permainan air dan juga permainan-permainan yang lain. Selain itu, di Cluring Water Park terdapat banyak kios makanan ringan dan minuman. Kita bisa memilih makanan ringan dan minuman yang kita suka. Bahkan di sana juga ada rumah makan dengan berbagai menu yang bisa memanjakan perut kita.

Wahana air ini dulunya bernama Selecta Waterpark sebelum akhirnya diganti dengan nama Cluring Waterpark sesuai dengan nama kecamatan di mana wahana air ini berada. Perubahan nama terpampang jelas mulai dari pintu gerbang masuk ke lokasi wisata ini. Ada beberapa alasan yang mengharuskan wahana air ini harus berganti nama, salah satunya untuk mengangkat nama lokal sebagai daerah tujuan wisata. Nama Selecta sendiri merupakan nama taman wisata terkenal yang ada di Batu, Malang. Pergantian nama tersebut bertujuan agar tidak terkesan meniru nama yang sebelummya sudah terkenal. Cluring Waterpark memang tidak sebesar taman wisata Selecta yang ada di Batu, Malang, bahkan bisa dikatakan bahwa Cluring Waterpark hanya sebatas miniatur dari taman wisata Selecta Batu, Malang. Meskipun begitu Cluring Waterpark tetaplah wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi anda yang berada di Banyuwangi, tak perlu jauh-jauh pergi ke kota Malang untuk mengisi liburan karena Cluring Waterpark juga bisa membuat liburanmu menyenangkan.

Cluring Waterpark merupakan wahana air yang di dalamnya terdapat dua buah kolam untuk anak-anak, satu buah kolam untuk orang dewasa, dan ada juga kolam arus yang panjang. Kolam untuk anak-anak memiliki kedalaman yang aman untuk tempat bermain air bagi anak-anak. Sedangkan Kolam dewasa bisa digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak, namun orang dewasa harus mendampingi anaknya di kolam ini karena sangat berbahaya bila ditinggalkan sendiri. Untuk kolam arus, kita bisa menggunakannya untuk berenang, kita juga bisa naik floaties atau pelampung yang unik dan berwarna-warni. Kolam arus sangat diminati oleh anak-anak. Dari segi bentuk dan ukuran, kolam dewasa berbentuk persegi dan memiliki ukuran yang besar, sedangkan untuk kolam anak-anak dan kolam arus bentuknya cenderung bulat dan memiliki lengkungan di beberapa bagian.

  Wisata Banyuwangi Yang Dikenal Memiliki Cerita Mistis

Kolam-kolam air di Cluring Waterpark juga dilengkapi banyak fasilitas permainan air, seperti seluncuran, pancuran, ember tumpah, flying fox, dan beberapa floaties atau pelampung dengan beraneka ragam bentuk, ada yang berbentuk buah, makanan dan hewan. Suatu saat nanti, mungkin pemerintah Banyuwangi akan meningkatkan wahana permainan di Cluring Waterpark dengan menambah permainan air yang lebih hebat lagi, misalnya water slider dan kolam ombak. Kita lihat saja perkembangan wahana air ini ditahun-tahun berikutnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang wisata Cluring Waterpark Banyuwangi.

Memiliki Lokasi yang Strategis

Kita bisa menemukan lokasi Cluring Waterpark dengan mudah karena lokasinya sangat strategis. Wahana air ini berada di jalan raya antara Jajag-Benculuk Dusun Kepatihan, Kecamatan Cluring, Kabupaten Bnayuwangi atau tepatnya persis di depan kantor kepala desa setempat. Letak Cluring Waterpark tersebut membuat para pengendara bisa melihat wisata Cluring Waterpark dengan mudah. Setiap orang yang melintasi jalan tersebut pasti akan melihat wahana ini. Sehingga wahana ini memiliki peluang yang besar untuk dikunjungi oleh banyak orang. Jika kita berada di pusat kota Banyuwangi maka kita harus menempuh setidaknya 34 km atau mencapai 1 jam perjalanan. Memang cukup jauh, tapi ketika kita sudah sampai di lokasi maka kita akan dibalas tuntas dengan fasilitas-fasilitas yang menarik di sana.

Fasilitas-Fasilitas yang Ada di Cluring Waterpark

Fasilitas yang ada di Cluring Waterpark tergolong lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut bisa meningkatkan kenyamanan para pengunjung agar mereka betah dan diharapkan bisa berkunjung lagi ke Cluring Waterpark. Berikut fasilitas-fasilitas menarik yang disediakan untuk para pengunjung di wisata Cluring Waterpark Banyuwangi, antara lain:

  1. Kolam Anak-anak

Kita bisa menemukan beberapa kolam anak di Cluring Waterpark. Kolam tersebut dilengkapi berbagai permainan air yang membuat anak-anak semakin betah berlama-lama di dalam kolam. Kolam ini memiliki aliran air yang berganti sehingga semakin menambah kenyamanan kolam ini. Di pinggir kolam juga disediakan kantin dan juga gazebo sehingga menambah kenyamanan bagi orang tua yang menunggu anaknya berenang di kolam.

  1. Kolam Dewasa

Selain kolam anak-anak, pengelola Cluring Waterpark juga menyediakan kolam untuk orang dewasa. Kolam tersebut memiliki ukurang yang besar bahkan layak untuk dijadiakan tempat perlombaan renang. Pengelola juga sangat memberhatikan kebersihan kolam, hal itu bisa kita lihat dengan adanya jaring di atas kolam yang bisa menahan laju sampah daun dari pepohonan.

  1. Ada Banyak Kamar Mandi dan Ruang Ganti

Ada banyak kamar mandi yang disediakan di Cluring Waterpark, Setelah kita berenang di kolam kita bisa membersihkan diri di kamar mandi yang telah disediakan oleh pengelola. Di sana juga ada ruang untuk ganti pakaian. Jumlah kamar mandi dan ruang ganti di Cluring Waterpark sangatlah banyak, sehingga kita tidak perlu antri untuk mandi atau pun berganti pakaian.

  1. Ada Musholla Untuk Sholat

Di sini juga ada musholla untuk tempat ibadah sholat bagi yang beragama Islam. Kita juga boleh beristirahat sejenak di musholla untuk melepas lelah. Hal tersebut menunjukkan bila wisata Cluring Waterpark tidak hanya memikirkan keuntungan pribadi saja, tapi juga memikirkan kebutuhan para pelanggan baik dari segi jasmani maupun rohani.

  1. Permainan Flying Fox dan Sepeda Angin

Wisata Cluring Waterpark juga dilengkapi dengan permainan yang menantang, seperti Flying Fox dan Sepeda Angin. Ini sangat cocok bagi pengujung yang suka uji nyali dalam kesehariannya. Selain itu, kita juga bisa menikmati pemandangan Cluring Waterpark dari atas karena permainan flying fox di sini memiliki ketinggian yang lumayan. Untuk sepeda angin, kita harus melewati tali yang panjangnya sekitar 30 meter dengan ketinggian 15 meter di atas kolam renang. Selain itu,  sepeda angin hanya diperuntukkan untuk pengunjung yang berusia di atas 17 tahun saja. Meskipun lumayan tinggi, permainan flying fox maupun sepeda angin tetap terjamin keamanannya karena ditangani oleh petugas yang profesional di bidang ini.

  1. Playground Untuk Bermain Anak-Anak
  Gunung Semeru, Legenda Puncak MAHAMERU

Kita juga bisa mengajak anak kita bermain di playground. Di sini, ada beberapa permainan anak-anak, seperti mandi bola, trampoline atau alat untuk bermain lompat-lompatan, dan lain sebagainya. Permainan di playground juga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu bermain di playground bisa mengembangkan imajinasi dan kreatifitas anak-anak, mereka juga bisa belajar untuk memecahkan masalah seperti ketika akan melewati halang rintang. Ketika mereka sudah bisa melewati halang rintang, itu artinya mereka telah belajar meyelesaikan suatu masalah. Bermain di playground juga bisa untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak.

  1. Ada Aula di Cluring Waterpark

Pengelola juga menyediakan aula atau ruang serba guna di Cluring Waterpark. Aula tersebut bisa digunakan untuk menggelar berbagai acara atau event, seperti meeting, ulang tahun, arisan, tasyakuran, resepsi pernikahan, hingga pengajian. Aula di Cluring Waterpark memiliki kapasitas sekitar 500 orang. Aula di Cluring Waterpark juga sering digunakan untuk acara perpisahan atau wisuda anak sekolah.

  1. Kolam Pemancingan

Kolam pemancingan merupakan fasilitas spesial di Cluring Waterpark. Kolam pemancingan sengaja dibangun untuk menambah daya tarik wahana ini, mengingat sebagian besar penduduk Banyuwangi memiliki hobi memancing. Bahkan wisata Cluring Waterpark pernah bekerjasama dengan stasiun televisi JTV dalam menggelar lomba memancing dengan total hadiah sebesar Rp 20 juta. Di acara tersebut juga dihadiri beberapa artis terkenal seperti Vita Alvita dan Fitri Tamara. Acara tersebut mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat. Ada banyak yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba memancing sehingga tiket pun hampir habis terjual. Kolam pemancingan di Cluring Waterpark memiliki motto “Mancing Sak Kesele”, kita hanya perlu membayar Rp. 15.000 untuk bisa mancing di kolam tersebut. Ikan yang kita peroleh bisa kita bawa pulang tanpa harus menimbang atau membayar lagi. Untuk itu, kita harus membawa peralatan lengkap dari umah supaya kita mendapatkan tangkapan yang banyak.

  1. Bioskop Mini

Cluring Waterpark Banyuwangi juga dilengkapi sebuah bioskop mini. Kita bisa menonton film 3D, 4D, hingga 9D. Sebagaian besar film yang diputar di bioskop mini ini adalah film-film yang dikhususkan untuk anak-anak, misalnya kartun dan lain sebagainya. Yang jelas, film-film yang ditayangan adalah film yang menarik dan mendidik.

  1. Sepeda Air

Salah satu fasilitas yang menarik di Cluring Waterpark adalah Sepeda Air. Fasilitas ini merupakan salah satu permainan air yang bisa digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya sepeda air berbentuk seperti binatang, ikan, naga, bebek, dan lain sebagainya. Namun, kebanyakan sepeda air itu berbentuk bebek sehingga sering disebut sepeda bebek. Kita bisa mengajak keluarga dan teman-teman kita bersantai mengelilingi kolam atau danau menggunakan sepeda air ini.

  1. Persewaan Ban

Pengelola Cluring Waterpark juga menyediakan persewaan ban yang bisa digunakan sebagai pelampung atau untuk bersantai di atas air. Ban yang disewakan pun termasuk unik karena berwarna pink sehingga terlihat lebih menarik daripada ban yang berwarna hitam. Ini menunjukkan bila pengelola wisata di Cluring Waterpark memiliki banyak inovasi dan kreatifitas.

  1. Ruang Khusus Menyusui
  Ranu Kumbolo, Surganya Para Pendaki

Pengelola Cluring Waterpark selalu memperhatikan setiap pengunjung yang datang secara detail. Pengelola mencoba sekuat tenaga agar para pengunjung merasa nyaman berada di tempat wisata ini. Tak terlewatkan pengunjung yang berstatus ibu-ibu yang sedang menyusui. Untuk memberikan kenyamanan bagi ibu-ibu tersebut maka pengelola telah membuat ruang khusus untuk menyusui. Ibu-ibu biasanya merasa canggung atau malu bila menyusui di tempat umum, meskipun ada beberapa yang santai dan tenang-tenang saja. Pembangunan ruang khusus untuk menyusui tentunya sangat membantu ibu-ibu bila ingin menyusui bayinya di area wisata Cluring Waterpark.

  1. Spot Foto Kekinian

Fasilitas lain di Cluring Waterpark adalah spot foto kekinian. Spot-spot foto yang ada di Cluring Waterpark dibuat seindah mungkin, pastinya sangat cocok bila diposting di akun Instagram atau Instagramable. Tempat-tempat tersebut bisa kita gunakan untuk pengambilan foto pribadi maupun foto keluarga. Tempat-tempat seperti itu memang dibutuhkan untuk mengabadikan momen. Selain itu, pengambilan foto juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri kita sehingga pikiran kita akan kembali positif dan hidup kita akan menjadi lebih bersemangat serta terasa lebih nikmat.

 

Harga Tiket Masuk Wisata Cluring Waterpark Banyuwangi

Kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati segala fasilitas yang ada di Cluring Waterpark. Harga tiket untuk masuk di wisata Cluring Waterpark tergolong murah. Untuk masuk ke area taman wisata, kita cukup mengeluarkan uang Rp. 20.000 untuk orang dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak-anak. Bila kita ingin bermain flying fox, kita harus membayar sebesar Rp. 15.000. Bila ingin naik sepeda awan, kita harus membayar sebesar Rp. 15.000. Bila ingin naik sepeda air, maka kita harus membayar uang sebesar Rp. 15.000. Bila ingin menyewa ban, maka kita harus membayar uang sebesar Rp.25.000. Untuk yang suka bioskop mini maka harus mempersiapkan uang sebesar Rp.10.000.

Jam Operasional Cluring Waterpark Banyuwangi

Kita bisa berkunjung di Cluring Waterpark mulai pagi hari. Tempat wisata ini buka pada pukul 07.00 pagi sampai jam 05.00 sore. Pada akhir pekan dan musim libur, pengunjung yang datang lebih banyak jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Kita sebaiknya datang ke Cluring Waterpark ketika hari masih pagi supaya kita bisa menikmati seluruh fasilitas-fasilitas yang ada di Cluring Waterpark. Kita bisa mengajak keluarga kita dan teman-teman kita.

Itulah hal-hal yang perlu kita ketahui tentang wisata Cluring Waterpark salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang menarik dan menyenangkan. Banyuwangi memang gudangnya tempat wisata. Ada banyak pemandangan alam yang indah di Banyuwangi. Kita bisa menjadikan Banyuwangi sebagai tujuan untuk wisata. Di sana, ada banyak tempat wisata yang keren, seperti situs budaya milik suku Osing yang merupakan suku asli Banyuwangi, kita juga bisa menemukan beberapa air terjun yang indah, sepeti air terjun Lider, air terjun Kampung Anyar, air terjun Kalibendo dan lain sebagainya. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua. Jika anda berminat silahkan segera menuju ke Banyuwangi untuk menikmati wisata Cluring Waterpark dan wisata-wisata lainnya.

error: Content is protected !!