Breaking News
Home / Jawa / Pengalaman Ketika Berwisata Di Pantai Wedi Ireng Yang Mungkin Bisa Kamu Jadikan Referensi Wisata

Pengalaman Ketika Berwisata Di Pantai Wedi Ireng Yang Mungkin Bisa Kamu Jadikan Referensi Wisata

Pantai Wedi Ireng. Menjelang liburan akhir tahun dan merayakan kedatangan tahun baru 2020, para wisatawan ingin memilih tempat wisata. Baik untuk memilih tempat melakukan camp, seperti ke gunung bersama kawan-kawan ataupun keluarga. maupun ke tempat wisata ke beach.

Kali ini saya akan memberikan referensi buat kalian yang ingin mencoba ke tempat wisata wedi ireng beach  yang memiliki tempat eksotis dan cantik. Dan juga pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya. singkat cerita wedi ireng adalah tempat yang baru diketemui oleh wisatawan-wisatawan asing, setelah itu kita kepo dong dengan wisata ini sehingga kita menanyakan kepada penjaga objek wisata wedi ireng beach. Kenapa dinamakan wedi ireng karena lautnya yang tertutup oleh bukit sehingga dinamakan wedi ireng beach yang artinya pantai takut hitam.

Pantai wedi ireng

Tempat wisata ini bertempatan di sumberagung kecamatan pesaranggan, jaraknya hanya sekitar tiga kilo dari pulau merah atau sekitar 65 kilometer sebelah selatan pusat Kota Banyunwangi. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak didatangi oleh para wisatawan, jadi pantai ini masih alami dan belum banyak para wisatawan menyentuhnya. Untuk memasuki tempat wisata Wedi ireng beach kita tidak merogoh cek sebanyak munkin, hanya dengan membayar 8 Ribu Rupiah kita bisa memasuki tempat wisata ini beserta tempat parkir motor juga loh.

Perjalanan kita menggunakan jalur darat dari Cianjur sampai ke Wisata wedi ireng Beach. Kita menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil. untuk sekali tempuh kita menghabiskan bahan bakar yaitu 30 liter, kalo dirupiahkan dengan sekarang kira kira Rp.228.000. perjalanan kita menempuh Jarak kurang lebih sekitar 800 kilo meteran dengan melewati beberapa kota seperti Bandung, Tegal, Semarang, Kediri Hingga sampai Ketitik yang kita ingin ke Banyuwangi meskipun kita di jalan mengalami Transi Transit kebeberapa titik untuk berehapan untuk membeli makanan atau oleh-oleh buat kita makan selama perjalanan.

Pasir hitam Pantai Wedi Ireng

Orang-orang banyuwangi sangatlah ramah-ramah, ketika itu kita sedang bersendaran samping dinding mushola selepas menunaikan sembahyang solat Dzuhur. Seketika ada orang menghampiri kita untuk menawarkan beberapa makanan dan minuman untuk disantap. Seketika kita langsung memakan dan meminumnya dong dan selepas itu, orang yang tadipun menghampiri kembali kepada kita. Langsung saya tanya kepada orang tersebut “ ada apa pa, kok kembali lagi” dan orang tersebut menjawab “ saya mau menagih makana dan minuman yang kalian minum itu dengan berupa Rupiah” dan sentak saya katakan “ saya kira gratis pa” dan jawab kembali oleh orang tersebut” saya itu penjualan asongan makanan tetapi gerobak saya disimpan dibelakang masjid tersebut. Hehehe.

Oke kita kembali melanjutkan perjalanan dari banyuwangi ke wisata wedi ireng beach, tetapi perjalanan kali ini kita hanya menggunakan sepeda motor kita menyewa motor kepada orang-orang yang ada disekitar. dan kitapun menyimpan mobil kepada orang yang menyewakan motor tersebut unyuk penyewaan motor kita mengeluarka uang sebesar Rp.50.000 untuk satu hari, kita pun berwisata hanya 2 hari di wedi ireng beach untuk perjalanan dengan menggunakan sepeda motor kita menghabiskan sebesar Rp.50.000 untuk Pulang pergi.

Untuk memasuki  wedi ireng beach kita harus melewati bukit atau memakai alat transportasi perahu yang ada disekitar pantai mustika. Jadi tempat wisata ini sangatlah lumayan untuk bagi para traveller yang memliki dana seminim mungkin, karena tempat ini menjajalkan beberapa pantai dan bukit. Mungkin perjalanan saya bisa kalian jadikan untuk memilih berjalan kaki atau memakai alat transportasi perahu, berikut cerita nya simak baik kawan agar kamu tidak kecewa atau kelelahan.

  Pelabuhan Sunda Kelapa, Sejarah bahari BATAVIA

Untuk menempuh ke Wedi Ireng Beach pertama-tama kamu harus menyewa perahu kepada nelayan yang menyewakan perahunya untuk mengantarkan kalian ke pantai wedi ireng. 25 Ribu Rupiah kamu bisa menyewa perahu, dengan harga seperti itu menurutku udh murah banget karena untuk kesana kita harus muter melewati beberapa pulau-pulau kecil diantara pantai mustika dan pantai wedi ireng. Dan memiliki ombak-ombak yang cukup lumayan besar sehingga kita merasa takut. Santai aja kawan kita di beri pelampung ko pada saat menaiki perahu untuk perjalanan, 10 menitan mungkin. Bagi kalian yang punya uang punya uang lebih saya saranin untuk memakai alat transportasi perahu. tetapi kalo kalian tidak punya uang kalian bisa menempuh dengan berjalan kaki seperti di bawah ini.

Pertama- tama, kamu harus menempuh dengan perjalanan kaki dengan mendaki bukit, sekaligus kamu bisa merasakan indahnya pantai mustika dan pantai wedi ireng dengan jarak jauh. Selain itu juga kamu bisa sambil berolahraga heheh. Dan ini ketika saya bersama kawan-kawan hendak mendaki bukit tersebut, kita mengalami kelelahan dan akhirnya kita merasakana ngos-ngosan yang jarang melakukan olah raga seperti joging maupun lari, tapi kita memiliki kesan-kesan bersama kawan kita dalam perjalanan mendaki bukit tersebut. Mulai dari kita mengeluh bersama hingga-hingga kita melakukan bernyanyi bersama dan kesan-kesan nya itu loh guys yang ngak bisa dilupakan.

Setalah kalian parkir di pantai Mustika, kalian harus berjalan kaki lurus ke arah kanan menuju bukit kembali. Di sana kalian bakal menemui banyak kapal nelayan, jetty, dan juga sebuah muara. Apabila muaranya pas surut kalian ngak perlu sewa perahu atau semacam Canoe buat nyebrang, tapi kalau air nya lagi pasang kalian harus pake perahu kecuali kalian mau berenang melewati kali tersebut wkwkwk. Untuk sewa perahu kalian harus mengeluarkan uang sebesar 3 Ribu Rupiah saja untuk sekali sebrang kali.

Sehingga kita sampai kepada tempat yang kita tuju, kita melakukan beberapa kegiatan di sekitaran pantai, seperti main bola air dan bermain pasir yang sudah ada disekitar pantai wedi ireng. Ketika itu kita menyewa beberapa tempat untuk ditempati untuk semalam dan membeli beberapa makanan.

Ketika itu kita mensurvey ke beberapa penginapan disekitar pantai wedi ireng mulai dari harga terendah sampai ke paling mahal di penginapan seperti hotel maupun villa-vila yang ada disekitar Pantai Wedi Ireng Banyuwangi.

  1. Home stay Tirta Arum

Penginapan ini cukup lumayan terjangkau harga yang di tawarkan hanya 500 Ribu Rupiah dengan pasilitas yang sudah disediakan seperti AC dan alat-alat untuk masak. Tempat ini sangatlah strategis karena dari penginapan ini berdekatan dengan beberapa tempat-tempat wisata lainnya, seperti tempat pantai pulau merah tempat ini mungkin pasirnya berwarna merah jadi dinamakan pantai pulau merah. Taman Nasional Meru Betiri di tempat ini adalah tempat kebun binatang, yang bisa kalian ajak anak atau pun adik kalian untuk mengenal beberapa hewan yang ada disekitar Taman Nasional Meru.

  1. Red island Panjul Homestay

Red island panjul Homestay menawarkan harga bertarif  Rp.392.000 untuk 1 kamar yang berisi 2 orang, mungkin kalo kalian ingin menghemat kamar tersebut bisa masuk untuk 4 orang dalam satu kamar menurut saya, selain penginapan Red island panjul juga menyediakan beberapa menu makanan seperti breakfast, lunch dan dinner.

  1. Rumah Pondok Mertua

Rumah Pondok Mertua ini melayani 24 jam dalam bidang penginapan maupun akomodasi yang diberikan dari pondok mertua tersebut. Penginapan ini juga menyediakan restoran sehingga kamu tidak perlu repot-repot beli makanan diluar. Fasilitas yang di sediakan oleh penginapan ini seperti kolam renang, recepsionist, jaringan wifi sehingga kamu bisa leluasa dalam menggunakan jaringa internet dan mungkin banyak lagi fasilitas-fasilitas yang tersedia. Oh iya harga yang ditawarkan dari penginapan ini mulai dari harga  Rp.255.000 sampai ke tahap maksimal dan mungkin ini dapat terjadi ke perubahan harga.

  1. Raflesia homestay
  Wisata Jawatan, Banyuwangi Yang Mirip Dengan Dunia Alice In Wonderland

Kenapa dinamakan raflesia homestay mungkin didalam penginapan tersebut ada tanaman raflesia untuk memanjakan kita dalam menginap heheh mungkin ya kawan karena saya tidak mencobanya.

  1. My homestay kita

Penginapan ini menawarkan beberapa fasilitas untuk kalian coba Ac dan beberapa tempat makan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp.503.500 untuk satu malam, mungkin kalian bisa menawarnya dengan harga yang tanggung menjadi Rp.500.000 heheh..

  1. Hotel Panorama Agung

Fasilitas yang ditawarkan yaitu kolam renang berukuran orang Dewasa dan anak kecil dan serta jaringan internet seperti wifi.

  1. Griya kos Guci syariah

Hotel ini adalah hotel yang paling murah selama kami menyurveinya. Selain itu juga hotel ini berdekatan dengan pantai wedi ireng jarak dari hotel ke pantai wedi ireng berkisaran 20 kilo meter, untuk menempuh ke pantai wedi ireng kamu bisa memesan ojeg di sekitar maupun memesan kendaraan online. Fasilitas yang ditawarkan seperti parkir gratis selama kita menginap dari hotel harga yang ditawarkan hotel tersebut relatif murah hanya Rp.170.000 beserta makan dan minum untuk sekali kamu menginap di hotel ini.

  1. Griya Kos Gucci Syariah

Setelah kita mensurvey kembali kita juga menemukan hotel yang cukup relatif murah, mungkin hotel ini yang kedua yang paling murah setelah hotel Griya Kos Guci Syariah dengan harga Rp. 210.000. memberikan pelayanan yang terbaik dan fasilitas-fasilitas fasilitas yang mupuni seperti kolam renang, makan dan minum gratis, jaringan wifi dan parkir gratis.

 

Ngak mungkinvkan, kalo kita bermain ke pantai wedi ireng hanya untuk menginap dan makan-makan saja, pasti kita juga ingin mencoba wahana-wahana di wedi ireng beach. Seperti mancing dan mandi di pesisir pantai. Tetapi saya saranin buat kalian yang masih awam dalam bermain air laut untuk tidak berjauhan dengan orang yang udah terbiasa dengan ombak-ombak air laut, karena pantai tersebut sudah pernah memakan korban dengan ombak-ombak dipantai wedi ireng.

Ketika itu yang saya kepikiran di wedi ireng beach yaitu ingin membuat blog karena keindahan pantai dan bukitnya yang mempesona, untuk menghiasi selembar kertas dengan helai-helaian dari pulpen yang ku genggam heheh. tetapi kehendak mengatakan lain saya bersama kawan-kawan melakukan vlog bersama yang isinya cuman perjalanan kesehari-harian di wedi ireng beach.

Wedi ireng beach menyimpan beberapa keindahan seperti pantainya yang biru, pasirnya yang putih dan terdapat karang-karang yang ada di pesisir pantai menjadi kesempurnaan dari sebuah pantai wedi ireng beach. Sehingga beberapa orang pun untuk menghastage ke instagram wedi ireng beach berikut pernyataan yang mereka rasakan dan beserat poto-potonya.

  10 Wisata Malam Jogja yang Layak Disambangi Buat Sekadar Nongkrong atau Nyari Happy Bareng Orang Tercinta

Testimoni tentang Pantai wedi ireng

Pernyataan dari instagram kurt ata dibalik karang itu tersimpan keindahan. Dan mungkin dari pernyataan tersebut sama dengan saya selain kita bisa melihat pantainya yang indah terdapat karang-karang yang menghiasinya. Selain itu juga kita bisa mengambil spot pada karang bagi kalian yang suka berselfi atau poto bareng.

Instagram rendra. Pada pantai wedi ireng juga terdapat tulisan wedi ireng yang bisa kita jadikan kenang-kenangan bahwa kita pernah ada disitu. Dan bisa kita ceritakan kepada anak, cucu kita kelak.

Dapat kita lihat poto dari kelamisasi yang menggambarkan batu karang yang sangat besar, bahwa kita juga bisa berpoto di batu karang tersebut dan membayangkan seperti film Titanic heheh, dan kalo kamu jago dalam mendesign batu karang tersebut bisa kamu ganti dengan kapal pesiar yang mirip dengan film yang ada di Titanic.

Pernyataan dari instagram bernama tanianisafanjani bahwa ketempat indah itu butuh perjuangan naik turun ditambah panasnya nampol, tapi kebayar ketika pas sampe sana. Ya sangat pasti kebaya saya pun dengan perjalanan menghabiskan waktu hampir satu hari satu malam, ketika sudah sampai ke pantai wedi ireng rasa lelah yang kita rasakan menjadi hilang setelah melihat keindahan pantai wedi ireng.

Pantai wedi ireng

Ada beberapa karang yang terdapat di pantai wedi ireng contohnya seperti karang yang tadi yang sangat besar, dan setelah ini ada ada karang yang terdampar di pesisir pantai, kalo menurut saya jika kalian suka mancing atau ingin mencari ikan mungkin kalian bisa memancing disekitar kawasan karang tersebut. Mungkin kamu juga kalo dipoto dikarang tersebut poto kamu menjadi bagus apalagi kalo kamu pas waktu pagi kamu juga bisa dipoto menghadap sunset. Dan yang pasti kamu harus menunaikan solat subuh terlebih dahulu ya guys. Supaya perjalanan kamu dilindungi oleh yang maha kuasa.

Setelah kamu melihat spot-spot yang bagus dari keindahan wedi ireng Beach dan beberapa adrenaline. pasti kamu sudah siap dong dengan barang bawaan yang kamu akan siapkan, terutama uang apalagi yang tempatnya jauh seperti saya, selain uang kamu harus menjaga kestabilan tubuh karena dalam perjalanan yang sangat jauh, kalo kamu tidak menjaga kestabilan tubuh yang dikhawatirkan pun takut terjadi seperti mabuk dalam perjalanan dan menjadi tidak fit badan. Bukannya kamu untuk melakukan kesenangan bersama kawan-kawan ini malah kamu meraskan pusing sehingga kamu tidak bisa menikmati keindahan dari pantai wedi ireng beach.

Saya saranin buat kamu ketika kamu ingin berangkat dari perjalanan jauh untuk membawa tenda. Pasti dong dalam perjalanan jauh kamu-kamu ingin berhenti dahulu untuk menghilangkan rasa capek pada tubuh kamu. Karena dalam perjalanan jauh ini kamu bakal menemui tempat-tempat yang cocok buat ngecamp dan gratis pula. Dan kamu juga bisa menginap dipesisir pantai wedi ireng, sehingga kamu tidak bulak-balik kepenginapan yang teramat jauh dari pesisir pantai untuk merasakan sunset maupun sunrise yang diperlihatkan oleh pantai wedi ireng.

Nah, tadi ringkasan-ringkasan untuk buat kamu pertimbangkan ketika mau bepergian jauh maupun kamu yang ingin pergi ke wedi ireng beach. Eith tetapi kamu tidak akan menyesal untuk datang ke pantai wedi ireng ini karena spot-spotnya yang eksotis dan menarik.

Maaf apabila ada kesalahan-kesalahan dari beberapa tempat kami survey tidak sesuai dengan apa yang kalian datangi. Terima kasih.

Check Also

Gunung Semeru

Gunung Semeru, Legenda Puncak MAHAMERU

Gunung Semeru atau puncak Mahameru terletak di taman nasional Bromo tengger, Kabupaten Malang, Jawa timur. …

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo, Surganya Para Pendaki

Ranu Kumbolo mungkin terdengar asing bagi masyarakat secara umum. Namun bagi anak muda terutama para …

error: Content is protected !!