Beranda Jawa Jawa Timur Sudah Pernah Mampir Ke Pantai Bama Baluran Banyuwangi? Surga Loh!

Sudah Pernah Mampir Ke Pantai Bama Baluran Banyuwangi? Surga Loh!

0
82

Pantai Bama Baluran terletak di Taman Baluran, Banyuwangi. Nah, pantai ini indah banget loh, dan bahkan pasti kamu bakalan berkunjung ke pantai tersebut kalo ada kesempatan yang kedua. Penasaran seperti apa sih cantiknya pantai yang satu ini?

Lokasi Pantai Bama Baluran ini adalah sekitar 15 km dari Taman Baluran itu sendiri. Tepatnya, di desa Sumberwaru, Banyuwangi, Situbondo. Salah satu bagian menarik ketika berkunjung di pantai ini adalah kamu bisa menikmati indahnya sabana serta Gunung Baluran.

Inilah rumah bagi banyak binatang seperti rusa, babi hutan, ayam liar, burung merak, dan spesies monyet serta sapi jantan. Seluruh binatang yang ada di kawasan destinasi wisata ini dilindungi pemerintah daerah loh.

Nggak cuman itu, kamu juga menikmati pemandangan alam dengan burung-burung yang mendominasi di wilayah ini. Ada banyak spesies burung yang ada seperti burung merak, burung enggang,burung bulbul, dan lainnya.

Pantai Bama Baluran

Aktivitas di Pantai Bama Baluran

Ngapain aja selama di pantai ini? Jangan kuatir, ada banyak kok aktivitas menarik yang bikin liburan kamu jadi lebih seru dengan berkunjung ke Bama Baluran, Banyuwangi, sebagaimana berikut:

  • Menjelajahi hutan
  • Snorkeling
  • Diving
  • Mendaki gunung
  • Melewati bukit
  • Naik kano atau mendayung ke Teluk Sejile atau Teluk Air Tawar, atau juga Pantai Bilik
  • Bersafari dengan hewan liar di Bekol Savanah
  • Menikmati pantai pasir putih
  • Menjaga hutan bakau, yaitu Bama dan Mantingan
  • Wisata Kuliner
  Wisata Umbul Bening Banyuwangi Jawa Timur, Kolam Mata Air Jernih

Pantai memanjang ini bukan tempat yang cocok buat berenang. Pasalnya, pantai ini punya ombak besar.

Akomodasi di Pantai Bama Baluran

Penginapan Wisata Pantai Bama Baluran

Buat kamu yang pengen berlama-lama di daerah yang tak jauh dari pantai Bama, kamu bisa kok menginap di penginapan yang tersedia. Ya, ada banyak tempat untuk disewa dengan harga menginap sekitar Rp. 75.000 sampai Rp. 300.000 per malam. Semua tergantung dari jenis penginapan yang pengen kamu gunakan.

Cara Menuju ke Pantai Baluran

Cara Menuju ke Pantai Bama Baluran

Sebagian wilayah taman adalah di Situbondo dan di Kabupaten Banyuwangi. Bagi kamu yang pengen menuju ke pantai ini terutama dari arah Surabaya, berarti kamu harus melewati rute Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo. Sesampai di Banyuputih, belok arah selatan, dan sebelum sampai di Desa Wongsorejo ambil arah kiri. Disitu, bakalan ada plang yang menunjukkan gerbang masuk Taman Baluran.

Kamu juga bisa bergerak dari arah Situbondo ke Bangandengan. Jarak perjalanan adalah 60 km. kamu bisa naik feri menuju ke bagian pantai Barat Bali. Nah, dari Bali kamu bisa mengakses pantai Bama Baluran dengan mudah.

  7 Keunikan Desa Kemiren Dusun Dukuh Banyuwangi

Untuk rute pesawat, kamu bisa menuju ke bandara dari Surabaya atau Denpasar, Bali menuju ke Banyuwangi. Atau, ambil rute pendek yaitu dari Banyuwangi ke Batangan yang cuman sekitar 35 km aja. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan menuju ke Bekol yang hanya sekitar 12 km dari arah ini, dan hanya dibutuhkan waktu 45 menit saja.

Karena taman ini sangat luas loh, nggak bakalan mungkin kalo kamu mau menjelajah dengan cara jalan kaki. Jadi, sebaiknya ambil tawaran wisata dan juga guide yang ditawarkan oleh pihak pengelola taman.

Apa Saja Perlengkapan Yang Harus Kamu Bawa Selama Berkunjung

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang wajib kamu bawa jika kamu pengen berkunjung ke Pantai Bama Baluran dengan lebih nyaman:

  • Tas pantai
  • Sun cream – Wajah bakalan terbakar jika berada di bawah terik matahari secara berjam-jam. Jadi, ada baiknya untuk menjaga wajah agar terlindung dari sinar matahari, ya!
  • Beach mat
  • Pakaian renang
  • Makanan – Ada baiknya untuk bawa cemilan, roti, atau lainnya yang bisa kamu simpan di tas. Kamu nggak mau dong dikit-dikit mengeluarkan duit cuman untuk beli makanan yang ada di tempat wisata yang jelas bakalan bikin budget kamu membengkak. Ya, bolehlah untuk kuliner khas, tapi jangan sampe terlalu berlebihan dan bikin boros.
  • Topi – Topi nggak cuman bikin tampilan kamu saat berlibur tampak kece. Tapi, topi dibutuhkan untuk memberikan perlindungan buat kepala, kulit kepala, rambut, dan lainnya supaya nggak terpapar sinar matahari.
  • Kacamata hitam – Setiap kamu berlibur ke wisata pantai, pastikan juga bahwa kamu melindungi mata dari sinar Ultraviolet. Menyipitkan mata terlalu sering di bawah terik sinar matahari tentu nggak baik untuk kesehatan, karena kamu juga akan merasa pusing.
  • Pakaian hangat – Pakaian hangat ini penting untuk digunakan saat malam hari. Jadi, jangan lupa untuk kemas pakaian hangat kaak pashmina atau lainnya untuk menutupi bahu.
  • Kantong plastik kosong
  Wisata Pantai Banyuwangi Yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Nah, itulah informasi tentang apa sih yang bisa kamu temukan di Pantai Bama Baluran atau Bama Beach yang ada di Banyuwangi. Buat kalian yang doyan banget berwisata, ini adalah salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi selagi mampir di Banyuwangi. Banyuwangi juga punya pantai yang gak kalah cantik kok dari Pantai Bama Baluran yaitu pantai G-land atau Pantai Plengkung.

By: Zee

error: Content is protected !!