Home / Jawa / Wisata Banyuwangi Yang Dikenal Memiliki Cerita Mistis

Wisata Banyuwangi Yang Dikenal Memiliki Cerita Mistis

Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi pariwisata terpopuler baik bernuansa alam yang masih terbilang alami maupun wisata mistis supranatural. Maka tak heran ya, jika Banyuwangi semakin sering dikunjungi khususnya bagi traveler sejati yang ingin berwisata sekaligus berpetualang di alam. Di Banyuwangi sendiri kamu akan bisa menemukan jajaran pantai yang indah dan tersebar dari Banyuwangi Utara hingga Banyuwangi bagian selatan. Kamu juga bisa menemukan air terjun yang masih belum banyak terjamah tangan manusia sehingga terbilang masih asri dan alami.

Wisata Banyuwangi juga banyak loh Taman Nasional yang memiliki keindahan alam tak tertandingi. Sebut saja Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo yang begitu dikenal. Di Banyuwangi juga ada gunung yang selalu dikunjungi ribuan wisatawan lokal dan mancanegara setiap harinya, gunung apa lagi kalau bukan Gunung Ijen yang menjadi daya tarik utama destinasi pariwisata terpopuler Banyuwangi.

Tapi tak hanya keindahan alam saja yang menjadi daya tarik utama wisata ini tapi juga wisata yang memiliki aura mistis menjadi daya tarik dari Kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini. Beberapa wisata di Banyuwangi dikenal memiliki cerita atau legenda yang membuat tempat tersebut memiliki daya tarik mistis. Dan sering terjadi beberapa kejadian aneh yang tak masuk akal. Sehingga tempat tersebut sering digunakan untuk kegiatan spiritual. 

Baca Juga : Wisata Supranatural Tempat para Raja di Yogyakarta

peninggalan majapahit di alas purwo
Peninggalan Majapahit di Alas Purwo

Namun meski dikenal mistis beberapa tempat wisata ini cukup populer loh di kalangan wisatawan dan ramai dikunjungi terutama saat weekend tiba. Hal ini tentu tak lepas dari keindahan alam yang dimilikinya. Karena masih asri dan terjaga sehingga membuat banyak wisatawan yang terpukau dengan alamnya. Maka tanpa peduli dengan cerita mistis yang ada, banyak wisatawan tetap mengunjungi beberapa tempat di bawah ini.

Asalkan bisa menjaga perilaku agar tetap sopan dan menjaga keasrian tempat tersebut, pengunjung tetap bisa kon menikmati keindahan alam wisata ini tanpa perlu takut dengan cerita mistis yang menyelimutinya. Karena sebenarnya tak hanya di tempat wisata yang dikenal mistis. Sehingga membuat kamu menjaga perilaku dan perbuatan selama di sana. Tapi di tempat wisata mana pun sebaiknya kita tetap menjaga sopan santu dalam setiap berperilaku, menjaga kebersihan dan tak merusak alamnya. Sehingga menjadikan tempat wisata tersebut tetap alami dan indah agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti ya.

Nah, artikel ini sudah merangkum 4 tempat wisata bernuansa mistis di Banyuwangi, tapi meski terkenal angker dan sering terjadi kejadian tak masuk akal yang di luar nalar. Tempat-tempat tersebut menyimpan keindahan alam yang luar bisa loh sehingga wajib kamu kunjungi jika kamu sedang mampir ke Banyuwangi. Mana saja ya, wisata banyuwangi yang dikenal dengan nuansa mistisnya. Nih, cek di bawah ini ya!

Alas Purwo

Wisata Banyuwangi pertama yang mengandung cerita mistis adalah Alas Purwo. Siapa sih, yang tak mengenal Alas Purwo?. Selain dikenal sebagai salah satu Taman Nasional di Indonesia yang memiliki keindahan panorama alam yang luar biasa. Namun siapa sangka jika tempat wisata ini memiliki cerita mistis yang menyelimutinya. Jika berbicara mengenai tempat wisata mistis di Banyuwangi, tujuan utamanya tentu saja Alas Purwo. Karena tempat wisata yang ada di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi ini dianggap menjadi rumah terbesar bagi jin dari seluruh Nusantara.

hutan alas purwo
Hutan Alas Purwo

Sehingga tak heran ya, jika Alas Purwo sering digunakan sebagai tempat untuk bersemedi guna meminta ilmu atau pun tujuan yang lainnya. Meski konon katanya banyak sekali orang yang masuk ke hutan ini tapi tak bisa kembali lagi, hmm serem ya. Tapi sebenarnya di Taman Nasional yang memiliki luas sekitar 434 Km² ini menyimpan banyak sekali keindahan terlepas dari cerita mistis yang melekat di dalamnya.

Pesona Alas Purwo

Maka tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari penjuru Indonesia. Ditunjang dengan akses jalan yang mudah, tempat ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik buat kamu yang ingin menikmati keindahan panorama alam yang masih terjaga kealamiannya. Di sana kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan hutan yang masih alami. Tapi juga bisa menikmati padang savanna yang ditinggali oleh beberapa fauna liar yang bisa kamu lihat dari atas rumah tingkat. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai lain yang ada di Banyuwangi. Jadi jika kamu mengunjungi Alas Purwo kamu akan mendapatkan beberapa spot wisata sekaligus loh, seru kan.

alas purwo savana
Alas Purwo Savana / Padang Rumput

Untuk bisa masuk ke tempat wisata yang terletak di ujung selatan Banyuwangi ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 6000/orang. Sementara itu untuk masuk ke padang savanna dan pantai tak dikenakan biaya hanya diwajibkan untuk melapor ke pos penjagaan saat akan masuk ke padang savanna. Karena kondisi hutannya yang masih asli dan alami. Jika beruntung kamu bisa melihat fauna liar yang berjalan di pinggir hutan atau menyebrang di jalan. Fauna tersebut seperti monyet, kijang dan burung merak. Baca Juga : Gunung Semeru, Legenda Puncak MAHAMERU

Pantai Watu Dodol

Tempat wisata mistis di Banyuwangi yang berikutnya adalah Pantai Watu Dodol. Pantai yang terletak di utara Banyuwangi ini dikenal dengan keindahan pantainya yang luar biasa. Dari pantai ini kamu bisa melihat selat Bali dan pelabuhan Ketapang yang sibuk dengan hiruk pikuk kapal feri yang berseliweran. Pemandangan ini bisa kamu nikmati dari atas bukit yang letaknya tak jauh dari pantai.

watu dodol
Pantai Watu Dodol

Di sini kamu juga bisa menikmati semilir angin dengan berkeliling menaiki perahu nelayan setempat, atau kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang hadir di sepanjang pantai. Keunikan dari tempat wisata ini terletak pada sebuah batu besar yang berada di tengah jalan penghubung antara Banyuwangi dan Situbondo ini. Konon batu karang besar setinggi 6 meter ini tak bisa dipindahkan loh, meski sudah dilakukan dengan berbagai cara. Namun batu ini masih kokoh berdiri hingga akhirnya jalan yang dibangun untuk menghubungkan Banyuwangi dan Situbondo ini terpaksa dibangun menelewati batu ini.

Mengapa Pantai Watu dodol dikenal Mistis?

Maka tak heran ya, jika pantai ini dinamai Pantai Watu Dodol yang berasal dari batu karang besar yang tak bisa dipindahkan tersebut. Lalu bagian mana yang membuat pantai ini dikenal mistis?. Tak hanya karena cerita batu besar yang tak bisa dipindahkan tersebut, namun juga cerita mengenai bunker yang dulu dibangun oleh Jepang dengan tujuan untuk memata-matai kapal milik musuh. Bunker ini sangat gelap dan menurut cerita yang beredar, ujung bunker ini mengarah ke Alas Purwo loh. Meski kini sudah ditutup dan tak bisa dilewati namun banyak kisah mistis yang menyelimuti bunker ini.

Tak hanya itu saja loh, di pantai yang berada di Parasputih, Bansring, Banyuwangi ini terdapat sebuah patung penari gandrung yang konon bisa bergerak sendiri di malam-malam tertentu, duh serem ya. Di lokasi ini juga terdapat sumur kecil yang konon katanya menjadi tempat lahirnya Sunan Giri. Untuk masuk ke tempat wisata banyuwangi ini tak dipungut biaya alias gratis. Kamu hanya diminta untuk membayar biaya parkir dan biaya masuk jika ingin ke bukit yang berada tak jauh dari pantai.

Rowo Bayu

Berada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi pariwisata mistis di Banyuwangi. Sama halnya seperti Alas Purwo banyak sekali wisatawan yang datang untuk melakukan semedi atau berdiam diri di lokasi ini. Pada dasarnya lokasi ini sendiri merupakan sebuah rawa yang dikelilingi oleh hutan serta kebun kopi. Sehingga suasana di tempat ini cukup sejuk karena alamnya masih asri dan alami.

Lokasi ini menjadi salah satu lokasi pembantaian saat terjadi perang Puputan Bayu, dimana rakyat Blambangan yang berperang melawan Belanda. Meski pertempuran akhirnya dimenangkan oleh Blambangan, namun banyaknya korban yang berjatuhan di lokasi ini membuat tempat ini memiliki hawa mistis yang tak biasa. Konon tempat ini dijaga oleh seorang wanita yang biasa dipanggil dengan Nyai Kresek. Nyai Kresek ini dikelilingi oleh prajurit wanita yang selalu menemaninya. Cerita mistis tempat ini semakin terkenal ketika ada anak kecil yang meninggal karena tenggelam saat berenang di sana.

Wisata Banyuwangi Rowo Bayu
Wisata Banyuwangi Rowo Bayu
Lokasi kerajaan Blambangan

Tak hanya itu saja, lokasi ini juga dipercaya sebagai lokasi pertama Kerajaan Blambangan sebelum dipindahkan di Kecamatan Macan Putih. Tempat ini dipercaya sebagai salah satu tempat Prabu Tawangalun bersemedi dan berdiam diri. Sehingga tempat ini juga menjadi salah satu petilasan Prabu Tawangalun yang sering digunakan untuk bersemedi. Ada mata air dan candi yang sering digunakan wisatawan yang ingin berdiam diri sejenak di sana.

Seperti wisata mistis lainnya, wisata ini sebenarnya juga memiliki keindahan yang luar biasa loh. Dengan keindahan alamnya yang masih terjaga, di sana kamu bisa menikmati alam sambil merefresh otak sejenak. Dan kamu juga bisa menemukan rumah pohon yang bisa digunakan sebagai spot foto menari. Meski memiliki cerita mistis, tapi Rowo Bayu wajib kamu kunjungi loh. Akses jalan ke tempat ini pun sangat mudah, untuk masuk setiap pengunjung tak dikenakan biaya dan hanya diwajibkan untuk membayar biaya parkir.

Pantai Boom

Jika berkunjung ke pusat Kota Banyuwangi kamu bisa menemukan pantai yang berada di pusat kota ini loh. Pantai ini merupakan pantai yang menjadi destinasi pariwisata terpopuler Banyuwangi. Pantai ini merupakan tempat anak muda biasa berkumpul untuk menikmati senja. Di akhir pekan pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari penjuru kota Banyuwangi dan wisatawan asing. Banyak spot menarik yang bisa kamu temukan di sini, selain itu kamu juga bisa melihat lalu lalang kapal feri dari dari Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk, Pulau Bali.

Di lokasi ini kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang akan memuaskan lidah kamu. Dan kamu akan mudah menemukan penjual makanan yang menjajakan berbagai macam makanan khas Banyuwangi seperti tahu walik, rujak, soto dan lainnya.

Pantai ini juga sering menjadi tuan rumah dari berbagai macam festival. Festival tahunan Gandrung Sewu, festival layang-layang hingga festival music jazz yang bisa kamu nikmati di pantai ini.

pantai boom
Pantai BOOM
Lalu kenapa ya, lokasi wisata Pantai BOOM dianggap mistis?

Ternyata dahulu ada sebuah tragedi yang membuat lokasi bernuansa mistis. Tragedi yang dikenal dengan tragedi INKAI ini menewaskan sekitar 26 orang yang meninggal akibat tergulung ombak. Orang-orang tersebut merupakan anggota karateka beserta pelatihnya yang sedang melakukan latihan di sekitar pantai. Namun tiba-tiba sebuah ombak besar datang menggulung mereka semua sehingga membuat mereka terseret oleh ombak dan ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa.

Untuk mengenang tragedi ini maka dibangunlah Tugu INKAI yang dibangun tak jauh dari lokasi pantai dan menjadi simbol dari kejadian menyeramkan ini. Di tugu ini terukir 26 nama korban tragedi INKAI. Nah, yang bikin serem nih. konon katanya banyak masyarakat yang sering mendengar suara-suara karateka yang melakukan latihan di sekitar lokasi pantai dekat Tugu INKAI.

Tapi meski begitu pantai ini tak pernah sepi pengunjung loh. Terutama ketika akhir pekan, hari raya besar dan ketika diadakan festival. Untuk masuk ke pantai ini, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000,00 untuk motor dan Rp. 10.000,00 untuk mobil.

Meskipun dikenal dengan keangkeran dan cerita mistisnya namun beberapa tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi karena memberikan pemandangan yang indah. Terlepas dari cerita mistis yang menyelimuti tempat wisata tersebut. Sebaiknya setiap kita mengunjungi tempat wisata, kita harus berperilaku dengan sopan dan menghargai peraturan yang berlaku di tempat tersebut.

Tak hanya pada tempat wisata yang dikenal angker saja, namun di semua tempat wisata yang kita kunjungi kita haruslah bisa menjaga sikap ya. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian wisata alam yang kita kunjungi untuk menjaga keindahannya.

Facebook Comments

Check Also

Selancar di Pulau Merah Banyuwangi

Berselancar Di Ombak Terbaik Pulau Merah

Nama Banyuwangi memang tak sepopuler kota lain yang ada di Pulau Jawa. Seperti Jogjakarta yang …

error: Content is protected !!