Breaking News
Home / Jawa / 10 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Edukatif dan Punya Banyak Kegiatan Positif. Bikin Liburan Jadi Seru

10 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Edukatif dan Punya Banyak Kegiatan Positif. Bikin Liburan Jadi Seru

Ngabisin waktu bareng anak, tuh, jadi momen yang nggak ternilai harganya. Baik di rumah maupun lokasi lain, sama aja. Cuman, kalo pengen yang lebih berkesan, kamu wajib bawa dia pergi liburan ke destinasi favorit. Meski kadang ribet sama bawaan atau susah pas dia rewel terus, sih. Tapi, di situlah letak keseruannya. Jangan melulu ke mall atau café-café, ya. Cari tujuan lain yang anti-mainstream. Seandainya kamu ada di Jawa Barat, singgah aja ke tempat wisata anak di Bandung yang kece-kece.

Kalo udah sampai sana, kamu pasti nggak akan tega menghentikan waktu dia. Karena emang beneran menarik tempat-tempatnya, kayak yang udah dirangkum di bawah. Baca Juga : Eksotisme Kepulauan Karimun Jawa, Jepara Jawa Tengah

Tempat Wisata Anak di Bandung

Bandung Science Centre, Pusat Belajar Ilmu Pengetahuan dengan Media Interaktif dan Metode yang Menyenangkan

Ada waktu di mana anak ngerasa pelajaran di kelas, tuh, terlalu monoton. Kadang mereka juga kesulitan nangkep apa yang dijelasin guru. Agar mereka nggak kehilangan minat belajar, sesekali bawa ke wisata edutainment, kayak Bandung Science Centre. Tempat ini punya banyak spot menarik, di antaranya ruang fisiologi, astronomi, robotik dan lain-lain. Tiap ruang dilengkapi sarana yang menunjang proses belajar. Anak pun boleh menyentuh, menganalisa hingga melakukan eksperimen, lho! Menyenangkan, bukan?

Tempat Wisata Anak di Bandung

Happy Farm Ciwidey, Tempat Wisata Anak di Bandung Untuk Bermain dengan Hewan Bermuka Lucu Sampai Bosan

Lebih dikenal dengan nama Taman Kelinci Ciwidey. Dan sesuai namanya, wisata yang ada di ketinggian 1.400 mdpl dengan luas areal 1,7 hektar ini ngehadirin beraneka jenis kelinci nan imut. Ada sekitar 100 ekor kelinci, di mana setengahnya merupakan jenis lokal, sedangkan sisanya dari luar, kayak Dutch, Rex dan lain-lain. Kamu mesti ngajarin si kecil buat ngelus dan ngasih makan mereka agar rasa cinta kepada binatang tumbuh dalam dirinya. Siapa tau pas pulang dia minta dibeliin satu untuk dirawat di rumah.

  Tempat Wisata di Bogor yang Terkenal dan Populer yang Harus Dikunjungi

Tempat Wisata Anak di Bandung

Kampung Bamboo, Mengemas Tempat Wisata Anak di Bandung yang penuh Petualangan, belajar Budaya dan Wisata Edukatif

Anakmu aktif dan lebih suka ngelakuin kegiatan outdoor? Bisa banget diajakin ke Kampung Bamboo. Coz, objek wisata yang didirikan pada 2006 lalu ini mengusung konsep menarik, yakni “Outbound, Pendidikan Lingkungan dan Konservasi Bambu”. Aktifitas di sini beragam, lho, dijamin mereka bakal tertarik nyobain satu persatu. Mulai dari petualangan di alam terbuka, fun games, bikin kerajinan dari sampah daur ulang, mengenal instrumen Karinding hingga camping. Pasti seru, apalagi didukung dengan keasrian alamnya.

Tempat Wisata Anak di Bandung

d’Fun Station, Arena Bermain dengan Bermacam-macam Wahana yang Seru Sekaligus Edukatif

Satu lagi, nih, tempat wisata anak di Bandung yang edukatif selain BSC. Bahkan, jadi lokasi favorit para guru PAUD, TK dan SD buat ngajak anak didiknya belajar di luar ruangan, lho. Tema yang diusung d’Fun Station sendiri adalah “Physical Play and Learning”. Wahananya beragam, dari yang biasa, menantang sampai mengasah kemampuan otak anak. Contoh, bungy trampoline, spider bridge, labirin, flying fox dan masih banyak lagi. Di sana juga ada café, jadi kamu bisa ngawasin si kecil sambil nyantai dan ngemil.

Tempat Wisata Anak di Bandung

Saung Angklung Udjo, Tempat Wisata Anak di Bandung Buat Ngenalin Si Kecil Sama Alat Musik dan Budaya Indonesia

Ngelesin anak main piano, sih, boleh-boleh aja. Tapi, jangan sampe mereka nggak ngerti kalo Indonesia juga punya alat musik khas. Untuk mengenalkannya, ajak mereka ke Saung Angklung Udjo. Tempat yang didiriin Mang Udjo dan istrinya, Uum Sumiati, pada 1966 ini emang bertujuan untuk melestarikan seni budaya Nusantara, khususnya Sunda. Di sana, si kecil bakal dihibur sama pertunjukan alat musik dan tarian tradisional. Bahkan, di akhir acara, mereka bisa berkesempatan main angklung-nya langsung, lho!

Museum Geologi Bandung, Tempat Wisata Anak di Bandung Yang Bikin Anak Jadi Lebih Tahu Segala Hal yang Ada di Dunia Ini

Museum yang satu ini sering dijadiin tujuan study tour anak SD, SMP dan SMA. Karena emang layak banget dikunjungi buat keperluan pendidikan. Kamu juga bisa berakhir pekan sama anak ke tempat ini. Dengan begitu, mereka bisa mempelajari ilmu geologi, mengenai terjadinya bumi dalam sistem tata surya, perkembangan manusia dan lain sebagainya. Di sini juga ada koleksi fosil purbakala yang ditemuin di Indonesia dan replika fosil T-Rex alias Tyranosaurus Rex. Tentu anak akan senang bisa melihatnya.

  Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah Objek Wisata Religi yang Indah Arsitekturnya

Kampung Batu Malakasari, Tempat Wisata Anak di Bandung yang Dapat Menumbuhkan Kecintaan Anak Terhadap Budaya Sunda

Kalo Saung Angklung Udjo ngajarin budaya Sunda lewat kesenian, destinasi yang dulu merupakan area pertambangan ini menggunakan tradisinya, walau tetap dibumbui seni. Di Kampung Batu Malakasari, anak-anak bisa main sepuasnya. Ada banyak wahana yang keren abis, kayak outbound, Adventure Kids Park dan Tektona Waterpark. Nggak cuman itu, mereka pun dapat berinteraksi dengan aneka hewan ternak, kelinci dan rusa. Pasti habis dari sana, muka mereka jadi nggak suntuk lagi. Buktiin aja, deh!

Taman Kupu-kupu Cihanjuang, Menampilkan Keelokan Serangga dengan Sayap Menawan yang Bakal Membuat Buah Hati Gemas

Sekarang, tuh, kupu-kupu udah jarang sekali ditemuin. Padahal, dulu suka berkeliaran di sekitar kita. Buat kamu yang pengen nunjukin betapa cantiknya serangga tersebut kepada buah hati, datang aja ke Taman Kupu-kupu Cihanjuang. Di taman yang sejuk lagi asri ini ada lebih dari 35 jenis kupu-kupu yang langka. Warnanya indah banget, sayang kalo punah. Selama berwisata, kalian bakal ditemani guide yang ngasih info-info seputar dunia kupu-kupu. Pas mau pulang, jangan lupa mampir beli souvenirnya, ya!

  10 Wisata Alam Bandung dengan Lanskap yang Bakal Bikin Kamu Membisu. Sayang Banget Kalo Nggak Ditaklukkan

Kebun Strawberry Ciwidey, Mengajari Anak Memanen “Buah Berjerawat” Langsung dari Kebunnya

Kalo destinasi-destinasi sebelumnya ngajarin anak buat mencintai satwa sejak dini, kali ini mereka diajak memetik buah langsung dari kebunnya. Buah itu adalah Si Merah Berbintik alias strawberry. Di Bandung sendiri ada banyak perkebunan strawberry, salah satunya yang ada di Ciwidey. Seru banget, pasti bawa anak yang berumur 3-10 tahun ke sini. Karena dia bisa belajar cara metik strawberry dengan baik. Dia juga bisa ngerasain strawberry yang baru dipetik, lho. Misal diabadikan dalam foto pasti bagus, tuh.

Phantasia Barbie Gallery, Surga Bagi Si Kecil yang Hobi Mengoleksi Boneka Cantik yang Bisa Didandani dan Digonta-ganti Bajunya

Punya anak perempuan? Kalo dia punya ketertarikan sama Barbie, kamu wajib mengantarnya ke Phantasia Barbie Gallery. Lokasinya ada di Bilique Hotel. Setidaknya, di sana ada 300 jenis Barbie dari berbagai dunia imajinasi, kayak wedding, shopping mall serta masih banyak lagi, lengkap dengan busana, aksesoris dan rumah yang unik. Mereka disimpan dalam diorama dengan kondisi vakum. Selain manjain mata dengan melihat kecantikan Barbie, kamu bisa mengetahui sejarah boneka itu dari tahun 60-an, lho.

Ternyata lumayan banyak, ya, tempat wisata anak di Bandung yang seru. Mereka pasti nggak akan bosan diajakin ke destinasi-destinasi tersebut. Sebab, mereka dapat merasakan petualangan dan berbagai aktifitas yang memacu adrenalin. Mereka juga bisa mempelajari ilmu pengetahuan serta melestarikan budaya nasional. Dengan begitu, si kecil nggak cuma dapet senengnya aja setelah pulang dari sana.

Check Also

wisata kuliner di Bandung unik

5 Tempat Bukber Di Bandung yang Unik dan Enak

Tempat bukber di Bandung ini bikin betah kamu yang pengen nongkrong dan menikmati buka bersama bareng keluarga atau teman. Mana saja ya?

pantai ujung genteng

4 Pesona Pantai Ujung Genteng

Pesona keindahan Pantai selatan memanglah tidak ada habisnya. Deburan Ombak ditemani langit biru membentang dan …

error: Content is protected !!